Monday, November 21, 2016

Mengawali Liburan ke Luar Negeri Dadakan, Apa yang Perlu Disiapkan?



Mengawali liburan hanya dari sebuah obrolan, bisa?

It is good to have an end to journey toward, but it is the journey that matters, in the end.

Ernest Hemingway-



Happy monday buddies,
Kita ngobrolin liburan yuk.
Ada yang mau liburan?
Uda mulai berasap kepala kah?
Yeah,yuk liburan.
Ada yang mau ikut liburan?

Aku dan beberapa teman akan berangkat liburan nekat, hemat dan harus nikmat.Keberangkatan liburan ini hanya berawal dari obrolan ngalur ngidul di sebuah resto cepat saji yang ujungnya pembahasan obrolan bisa sampai di topik liburan. Kami hanya memiliki waktu beberapa minggu untuk menuju jadwal keberangkatan liburan. Everything is dadakan namun tetap harus ada perencanaan.

Ide liburan nekat, hemat dan harus nikmat ini yang hanya muncul begitu saja benar-benar memacu adrenalin. Kami yang bekerja harus meminta izin dadakan juga untuk liburan dan tentu ini semua bukan hal yang mudah tentunya. Apalagi aku yang belum memiliki passport, hanya dalam waktu 2 minggu untuk menyiapkan passport. Syukurnya sih sekarang mengurus passport itu mudah dan tidak ribet, tanpa calo juga bisa mengurus passport dalam waktu singkat.

Liburan itu menjadi kebutuhan manusia masa kini, apalagi untuk kamu yang sibuk dengan segudang aktivitas sehari-hari, pasti butuh liburan maupun piknik kecil-kecilan. Menikmati liburan tidak harus pergi ke luar negeri sebenarnya karena kemana pun asal nyaman pasti bisa buat bahagia dan menghilangkan stres rutinitas pastinya.

Nah, kedan melalak yang ingin berlibur walaupun hanya berawal dari sebuah obrolan tetap harus ada persiapan, dadakan bukan berarti asal berangkat donk, minimal siapkan keperluan administrasi untuk keberangkatan. Aku akan bagi sedikit informasi mengenai yang harus disiapkan oleh kedan melalak yang akan liburan meskipun tanpa rencana sejak bertahun-tahun maupun berbulan-bulan. Apa aja yang perlu disiapkan? Baca dulu yuk kelanjutannya.

1. Semangat

Kenapa harus semangat?
Yeay, namanya juga liburan, itu artinya kan kita bakalan happy-happy, bersenang-senang bersama teman maupun ketika solo travelling. Kita harus miliki semangat yang besar untuk menyambut liburan. Semangat itu juga perlu disiapkan, jangan sampai liburan malah nambah beban karena dadakan. Aku akan bercerita bagaimana rasa semangatnya aku saat ide liburan dadakan ini diucapkan oleh seorang teman. Aku yang belum memiliki passport harus segera mengurus kesana kesini dalam waktu singkat karena kami merencanakan liburan ini hanya dalam waktu beberapa minggu saja.

Jika aku tidak memiliki semangat sudah tentu akan bermalas-malasan donk apalagi harus mengurus passport sendirian. Namun ternyata rasanya berbeda, dengan semangat yang besar itu, aku tidak merasakan kelelahan hambatan-hambatan. Bayangin aja deh, aku harus mengatur waktu permisi di tempat kerja untuk keluar bolak balik membayar uang passport apalagi saat itu aku belum banyak dapat informasi mengenai tempat pembayaran passport yang diurus secara online sehingga aku harus berkeliling mencari bank yang kuketahui dari teman hanya bisa dibayarkan di  teller BNI, foto di imigrasi dan mengambil passport yang sudah siap.

Nah, berhubung aku sudah punya semangat yang gede tuh, aku pun rela kesana kesini demi passport yang segera siap maka aku tetap nikmat menjalani proses menuju liburan ini.  kesini demi passport yang segera siap maka aku tetap nikmat menjalani proses menuju jadwal liburan ini. Kamu yang ingin liburan santai dan asik meskipun dadakan tetap harus punya semangat ya.

2. Passport

Yeah, passport itu administrasi utama juga yang harus disiapkan, apabila kamu sudah memiliki passport maka langkah selanjutnya adalah melihat masa berlakunya. Jika passport sudah mau habis masa berlaku maka harus segera diperpanjang dan apabila kamu belum punya maka sudah pasti kamu harus mengurus passport kamu.

Zaman sekarang mengurus passport itu mudah loh,kita gak perlu menggunakan jasa calo untuk melengkapi segala administrasi pembuatan passport hingga sampai di tangan kita. Saya hanya membutuhkan waktu seminggu untuk memiliki passport. Teknologi internet membantu kemudahan proses pembuatan passport itu. Aku mendaftaronline, data diisi melalui website imigrasi dan kemudian membayarkan di bank, saya berfoto dan 3 hari kemudian passport sudah bisa dipegang dan dimiliki serta tentunya dibawa untuk perjalanan ke luar negeri. Informasi lengkapnya akan aku bahas secara terpisah mengenai kemudahan mengurus passport online.

Oh yah, untuk kamu yang ingin berlibur ke luar negeri menuju negara-negara yang mengharuskan visa maka kamu harus mengurus visa juga tentunya. Berhubung aku dan teman-teman hanya berlibur ke negara tetangga yang memberikan izin selama 30 hari disana tanpa memerlukan visa maka aku tidak mengurus visa. Namun, tahun depan aku akan mengurus visa karena negara impian yang harus dikunjungi mengharuskan memiliki visa. InshaAllah sampai di negara tujuan yah, bantu doa kedan melalak.aamiin

3. Tiket Pesawat PP

Namanya mau liburan ke luar negeri, pasti butuh tiket. Liburan domestik pun juga butuh tiket kok. Nah, untuk yang ingin liburan murah meriah tentu harus sudah membeli tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan. Namun dikarenakan aku hanya pergi ke negara tetangga yang harga tiketnya juga masih terjangkau dari Medan maka seminggu sebelum pergi pun masih bisa dipesan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Tiket pesawat PP harus disiapkan agar kita sudah aman aja dan tenang sehingga pikiran tidak terbagi lagi ketika berlibur untuk memikirkan tiket pesawat pulang. Kita hanya bisa menikmati liburan sambil berbelanja dengan rasa happy. Tiket pesawat yang dibeli untuk liburan dadakan tentu dengan harga bervariasi namun jika maskapai belum memenuhi kuota saat akan keberangkatan maka mereka akan banting harga dan kita akan mendapatkan harga murah tentunya. Siapa yang mau tiket murah banting harga?

4. Pakaian dkk

Nah,meskipun liburan dadakan dan tidak direncanakan sejak lama maka untuk menyiapkan pakaian juga terkadang menjadi dilema para traveller yang akan liburan. Ada banyak traveller yang lebih suka membawa pakaian seadanya meskipun liburan berhari-hari. Pemilihan pakaian yang akan dibawa ini tergantung jenis traveller seperti apa kamu. Jika kedan melalak seorang traveller yang simple dan gak mau ribet dengan banyak barang bawaan, mungkin dengan membawa pakaian seadanya sudah bisa berangkat liburan.

Ketika aku berangkat liburan sudah tentu tidak hanya menyiapkan pakaian yang akan dibawa. Oleh karena itu, aku mengatakan pakaian dkk alias dan kawan-kawan. Perlengkapan lainnya tentu banyak untuk liburan, selain pakaian tentunya harus menyiapkan perlengkapan mandi, obat-obatan dan lain sebagainya.

5. Aplikasi

Aplikasi itu penting banget, apalagi di zaman serba teknologi seperti sekarang ini. Kedan melalak yang seorang traveller pasti butuh aplikasi untuk mencari informasi, melihat peta maupun untuk membagikan cerita dan foto-foto selama perjalanan. Aplikasi juga sudah banyak disedikan gratis maupun yang berbayar di play store untuk pengguna android.

Kedan melalak yang ingin segala sesuatu serba simple maka mendownload beberapa aplikasi sudah menjadi kewajiban, misalnya aplikasi peta, info bus maupun mengenai cuaca jika berlibur ke negara yang memang memiliki beberapa musim. Dan aplikasi ini juga sangat membantu ketika kita tidak ingin membawa uang tunai karena banyak perbankan yang sudah memiliki kecanggihan teknologi dimana kita bisa membayar tanpa uang tunai. Dengan sentuhan jari maka akan bisa banyak dilakukan transaksi.

Well, gimana kedan melalak?
Sudah mau liburan minggu depan?
Dua minggu lagi?
Yuk, segera siapkan perlengkapan.
Meskipun tanpa perencanaan bertahun-tahun atau berbulan-bulan namun kamu tetap bisa menikmati liburan. Yuk liburan nekat, hemat dan nikmat. Tungguin info liburanku selama di Malaysia yah.
Silahkan komentar untuk berbagi cerita kita di bawah yah.







8 comments:

Silahkan tinggalkan kesan yang baik ketika bertamu. Komentar yang menarik dan asik yah kawan melalak cantik.

About

authorHello, my name is Ririn Wandes. I'm lifestyle & travel blogger from Medan, Indonesia.
Learn More →




Newsletter