Backpackeran Budget Pengangguran ke Negeri Jiran Tanpa Perencanaan,Siapkah Kamu Ikutan?

By Ririn Wandes Lubis - January 06, 2017

Backpackeran mengelilingi dunia dengan budget terjangkau ala pengangguran pasti sudah menjadi impian para penjelajah dunia. Mengunjungi tempat berbeda di belahan dunia  tentunya sangat menarik dan menyenangkan. Menjadi bagian backpacker akan memiliki pengalaman sendiri yang tentu akan berbeda dari yang lainnya. Misalnya, ketika si A mengunjungi suatu tempat di negara Jepang kemudian si B juga ke tempat yang sama di  negara tersebut maka bisa saja mereka memiliki cerita dan kenangan yang berbeda meskipun di tempat yang sama.


Traveling – it leaves you speechless then turns you into a storyteller – Ibn Battutara


Well, ketika kita menjalani sebuah perjalanan ada cerita yang layak untuk dibagikan kepada orang lain baik sedih maupun senang karena itu merupakan pelajaran dari sebuah perjalanan yang memberikan banyak pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan. Dari sebuah cerita bisa menghasilkan manfaat untuk orang lain. Apakah kamu seorang backpacker yang juga senang melakukan aktifitas sebagai seorang storyteller?

Yeah, Saya dan 3 orang teman baru saja pulang melalak cantik dari negeri jiran, menjadi hal yang sangat menyenangkan jika bisa berbagi cerita yang terjadi selama disana kepada kedan melalak semuanya. Sebuah perjalanan dalam waktu yang tidak terlalu lama namun meninggalkan banyak kisah yang layak diceritakan kepada semua. Awal perjalanan kami dengan gaya ala backpacker tersebut juga tanpa perencanaan dari jauh-jauh hari, bahkan perjalanan ini hanya dari obrolan ringan yang membahas harga tiket pesawat hingga akhirnya sampai terealisasi pergi ke negeri jiran tersebut.

Kamu ingin menjelajah negeri jiran ala backpacker dengan budget minim? Hmm,, semua itu mungkin jika kamu percaya dengan impian kamu dan Tuhan akan membantu merealisasikan mimpi-mimpi tersebut. Saya memiliki impian untuk keliling negeri sendiri, Indonesia dan menjelajah dunia tentunya. Namun, mewujudkan impian tersebut tentu tidak mudah karena ada hal-hal yang dibutuhkan tentunya termasuk juga membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk melakukan perjalanan jauh tersebut.

Jika kamu memiliki impian pergi ke negara lain, cobalah dengan penjelajahan ala backpacker. Kamu harus siap menghadapi hal-hal di perjalanan dengan budget seadanya yang kamu miliki. Bagi warga Medan yang berada tidak terlalu jauh dari negeri jiran Malaysia tentu berkunjung kesana masih layak diwujudkan. Kamu yang dari kota lainnya juga masih memungkinkan untuk berkeliling ala backpacker ke negara tersebut.

Saya yang melakukan perjalanan ala backpacker ke negeri jiran Malaysia sudah siap dengan segala kondisi di lapangan karena saya selalu menyukai proses sebuah perjalanannya. Saya dan 3 orang teman memang membudgetkan dana yang tidak banyak, kami mengkondisikan ala pengangguran sehingga tidak ingin mengeluarkan uang yang terlalu banyak untuk perjalanan ke negeri jiran Malaysia tersebut.

Sebuah perjalanan memang bisa saja dilakukan tanpa perencanaan sebelumnya, yah seperti penjelajahan yang kami lakukan. Sebuah perjalanan mengalir begitu saja dari sebuah obrolan bahkan saya yang tidak memiliki passport langsung seketika menyiapkan semua dalam waktu singkat. Perjalanan kami pun tidak melebihi anggaran, semua budget disesuaikan dan kami membagi setiap pendanaan yang bisa dibagi bersama. Backpackeran budget pengangguran ke negeri jiran tanpa perencanaan, siapkah kamu ikutan?

Backpackeran Budget Pengangguran



Begini guys, 3 orang yang merupakan teman perjalanan saya saat ke negeri jiran adalah orang-orang yang memang tidak ketergantungan kerja dengan siapa pun, yah bisa dikatakan pengangguran. Satu orang masih mahasiswa, satu lagi baru saja wisuda, dan yang satu lagi baru saja resign dari tempat kerjanya. Lalu bagaimana bisa tetap melakukan perjalanan? Yah, backpackeran budget pengangguran jawabannya.

Kami melakukan perjalanan ini memang tanpa perencanaan namun bukan berarti kami tidak ada persiapan. Dikarenakan kami adalah backpacker dengan budget minim ala pengangguran maka persiapan untuk perjalanan ini harus dilakukan. Dua minggu sebelum keberangkatan, kami melakukan 2-3 kali pertemuan untuk membahas kapan membeli tiket pesawat, apa-apa saja yang dibutuhkan, dimana harus menginap,dan apa saja yang harus dibawa ke negeri jiran Malaysia. 

Tiket pesawat dibeli beberapa hari sebelum keberangkatan. Beli dadakan mahal donk, adakah yang akan merespon seperti itu? Yah, pasti banyak mendengar respon begitu. Kamu tidak perlu khawatir karena kita yang tinggal tidak jauh dari negeri jiran Malaysia bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang terjangkau, tentunya dengan pesawat low fare cost. Sudahkah kamu tahu tips mendapatkan harga tiket pesawat yang murah?

Nah, setelah kamu mengetahui tips untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang murah maka kamu sudah bisa berpergian ala backpacker dengan budget terjangkau. Jika sudah tahu, yah selanjutnya adalah waktunya untuk melakukan eksekusi untuk sebuah perjalanan. Sttt....urusan perjalanan belum selesai di tiket pesawat saja, kamu juga harus memikirkan mengenai penginapan. Melakukan perjalanan tidak harus menginap di tempat yang mewah namun bukan berarti juga tidak ada istirahat kan karena kamu juga butuh energi untuk melakukan aktifitas lainnya di siang hari. Pilihlah penginapan yang murah ala backpacker atau mungkin bisa cari teman selama disana yang bisa disinggahi, kamu bisa cari host yang mau menerima kamu melalui couchsurfing.



Penjelajahan Negeri Jiran

Jika kita berbicara mengenai negeri jiran, maka yang lebih tepat terlintas adalah negara tetangga terdekat yaitu Malaysia. Warga Indonesia banyak yang berlibur ke negara tersebut dikarenakan budget yang tidak terlalu tinggi dan ada banyak juga tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi serta intinya sih ke luar negeri, bukan begitu?

Yeah, mengawali perjalanan ke negeri jiran memang tidak perlu ada banyak perencanaan karena memang kita masih serumpun. Penggunaan bahasa juga belum menjadi kendala yang besar, makanan yang akan kita makan juga masih normal di lidah kita serta mata uang yang tidak terlalu tinggi dengan rupiah kita sehingga masih terjangkau dana yang akan dikeluarkan untuk penjelajahan di negeri jiran. Well, bagaimana? Siapkah kamu ikutan?

Cerita lengkap perjalanan ala backpackeran di negeri jiran akan segera saya ceritakan dalam tulisan.
Kamu harus selalu disini bersama saya di melalakcantik.com.



Selamat menjelajah ala backpacker
















  • Share:

You Might Also Like

5 comments

  1. Aku juga pengen ... Semoga bisa terwujud tahun ini 😇

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. penasaran menunggu cerita selanjutnya y mbak,eehee

      Delete
  3. Ah penasaran sama cerita dan keseruannya
    Tentunya pasti banyak kejutannya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan kesan yang baik ketika bertamu. Komentar yang menarik dan asik yah kawan melalak cantik.