Saturday, March 11, 2017

Mengenal Multiple Intelligences dari Az-Zakiyah Islamic School

If a child can't learn the way we teach, maybe we should teach the way they learn.
-Ignacio Estrada-

Siapa yang setuju dengan pernyataan dari Mr.Ignacio Estrada tersebut?
Saya setuju dengan pernyataannya karena memang setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Kita sebagai pendidik,baik guru maupun orang tua harus mengetahui gaya belajar anak karena mereka memiliki kemampuan yang berbeda sehingga cara belajarnya juga berbeda.

Era milenial saat ini, metode pengajaran untuk anak semakin berkembang dan beraneka ragam. Dengan mengenali kondisi anak maka kita akan tahu cara yang tepat untuk mengembangkan kemampuan anak sesuai dengan kondisinya. Pendidik tidak bisa memaksakan kehendak untuk tumbuh kembang anak karena mereka mempunyai dunia sendiri yang sebagai pendidik harus mampu menyelam dalam dunia mereka.

Apa itu Multiple Intelligences?

Pendidik, baik orang tua maupun guru mungkin masih ada yang belum mengetahui dan memahami secara mendalam apa itu multiple inteligences. Multiple Intelligences adalah istilah atau teori dalam kajian tentang ilmu kecerdasan yang memiliki arti “kecerdasan ganda” atau “kecerdasan majemuk”. Teori ini ditemukan dan dikembangkan oleh Howard Gardner, seorang psikolog perkembangan dan profesor pendidikan dari Graduate School Of Education, Harvad University, Amerika Serikat.

Anak yang memiliki beraneka ragam kecerdasan harus mendapatkan arahan yang tepat dari pendidik sehingga anak akan menjadi sosok yang tepat di masa depan. Orang tua juga harus tepat memilihkan sekolah sebagai wadah pembelajaran untuk si anak. Dengan bersekolah di sekolah yang tepat dan memahami kebutuhan anak yang memiliki kecerdasan berbeda-beda tersebut maka anak akan lebih terarah dan bahagia menjalani pendidikan yang sedang dijalaninya hingga bisa mewujudkan impiannya.

Sekolah Berbasis Multiple Intelligences

Kota Medan sebagai salah satu kota metropolitan tentu memiliki anak-anak penerus bangsa yang bervariasi. Lembaga-lembaga pendidikan pun bermunculan sebagai wadah yang menampung anak-anak tersebut. Dengan banyaknya pilihan lembaga pendidikan, sebagai orang tua harus tahu menentukan lembaga pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak. "Ramah Anak Ramah Otak", itulah salah satu taqline yang tepat untuk mendeskripsikan lembaga pendidikan multiple intelligences. 

Az-Zakiyah Islamic School sebagai lembaga pendidikan memiliki tujuan untuk menjadikan anak-anak bersemangat dalam belajar.tanpa adanya pemaksaan. Az-Zakiyah Islamic School memiliki beberapa tingkatan sekolah yaitu dimulai dari Balita Schooling yang mana sebagai Pre School islami yang ramah terhadap anak dan otak anak. Balita Schooling Az-Zakiyah Islamic School percaya bahwa setiap anak itu jenius, unik dan berbeda. Setiap anak yang bersekolah akan diobservasi terlebih dahulu mengenai karakter, kecerdasan dan gaya belajarnya. Setelah mengetahui semuanya, barulah pendidik akan mengajar sesuai dengan karakter dan gaya anak belajar.

Selain Pre School seperti balita schooling tersebut, Az-Zakiyah Islamic School juga memiliki tingkat sekolah dasar (SD) yang mana sebagai sekolah berbasis leadership yang nantinya akan menjadi sekolah islami yang menginspirasi dalam mendidik anak-anak muslim Indonesia bercirikan shiddiq, amanah, fathonah dan tabligh, SD Az-Zakiyah juga menjadi bagian dari International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) yang mana Az-Zakiyah sebagai juara bertahan International Islamic School Robotic Olimpiade.



Dalam mendukung pembelajaran berbasis multiple intelligences tentu diperlukan fasilitas-fasilitas pendukung  diantaranya Leadership Zone, Play Ground, Sport Centre, Lab ICT, Robotic Corner, Listening Corner, Lab Science, Library, Green Lab, Swimming Pool, UKS, Musholla, Saung, Islamic Room, Kitchen & Dining Room, Park & Waiting Area dan tentunya di era teknologi ini sekolah juga tersedia free Wifi.

Nah, selain dengan fasilitas yang lengkap tersebut. Az-Zakiyah Islamic School juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan bisa meningkatkan kemandirian anak-anak diantaranya yaitu kegiatan Perayaan Hari Gizi Nasional dengan tema," Aku Sayang Tubuhku". Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang tahun 2017 ini diikuti lebih dari 500 peserta diantaranya siswa-siswi Az-Zakiyah, Balita Schooling, tamu undangan dari 6 SD dan TK di wilayah Medan Tembung dan sekitarnya, para orang tua/wali siswa, komunitas guru, blogger dan tokoh masyarakat.



Ayu Sinta Ramadani, S.Pd selaku ketua panitia mengatakan bahwa hari gizi penting untuk diperingati di sekolah, sebab orang tua harus menyadari kelengkapan asupan gizi yang diterima anak berdampak besar bagi pertumbuhannya. "Kegiatan ini melibatkan anak-anak supaya setiap anak bisa bekerjasama dengan orang tuanya, memilih makanan sehat untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi makanan sehat bergizi itu tidak perlu mahal dari sisi ekonomis karena masih banyak bahan makanan yang murah dan lengkap gizi,"ujarnya.



Well, kedan melalak yang ingin mengetahui lebih lanjut atau mungkin mau langsung membawa anak, saudara atau siapa saja, bisa langsung datang ke Az-Zakiyah Islamic School.

Az-Zakiyah Islamic School

Alamat: Jalan Meteorologi IV Ujung, Pancing, Medan,Indonesia
Website: azzakiyah-ils.sch.id
Kontak Person: 081264788505

2 comments:

  1. Sekolah kalau yang nasional plus, apalagi udah bilingual dan international, kegiatan non akademiknya lebih beragam. Anak2 jadi makin semangat sekolahnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak
      makasih sudah mampir
      iya mbak,masa sekarang sekolah lebih kreatif menghadirkan kegiatan-kegiatan bermanfaat untuk anak.

      Delete

Silahkan tinggalkan kesan yang baik ketika bertamu. Komentar yang menarik dan asik yah kawan melalak cantik.

About

authorHello, my name is Ririn Wandes. I'm lifestyle & travel blogger from Medan, Indonesia.
Learn More →




Newsletter