Monday, April 30, 2018

Tips Mengatasi Mabuk Darat Ketika Naik Bus


Halo kawan melalak cantik, biasanya saat liburan pasti ada yang pernah merasakan mabuk darat apalagi ketika naik bus yah. Apakah kamu salah satu yang pernah merasakannya juga?



Mabuk darat kadang tidak bisa dihindari meski sudah sering melakukan perjalanan dengan jarak yang jauh sekalipun. Ada banyak faktor penyebab mabuk darat yang membuat perjalanan jadi kurang nyaman, terutama ketika kamu naik bus dengan banyak penumpang lain yang tak dikenal.

Penyebabnya  ada bermacam-macam, kondisi badan yang kurang fit, salah makan sebelum berangkat, rute perjalanan yang kurang bersahabat, pengemudi yang kurang lihai dan banyak faktor yang mempengaruhi sekaligus membuat kamu mual dan ingin muntah. Namun mabuk darat sebenarnya bisa dihindari dengan beberapa tips mudah berikut ini:

1. Cukup Makan Ketika Berangkat

Hal utama yang menyebabkan seseorang mengalami mabuk darat adalah karena kondisi perut yang kosong ketika berangkat. Karena itulah, sebaiknya isi perut dengan cukup sebelum kamu melakukan perjalanan, pastikan naik bus dengan kondisi kenyang namun tidak berlebihan. Karena jika isi perut berlebihan, bisa membuat mual jadi semakin parah.


Perhatikan jenis makanan yang kamu makan sebelum berangkat. Hindari makanan pedas dan mengandung banyak gas seperti kubis atau ketela. Gas di dalam perut akan membuatmu tidak nyaman dan berujung begah atau mual.


2. Hindari Minuman Bersoda
Sama seperti makanan yang mengandung gas, minuman bersoda pun bisa membuat perut jadi tidak nyaman. Sebaiknya minum air hangat secukupnya, dan bawa air putih untuk teman selama di perjalanan. Pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik agar tidak mudah pusing dan badan terasa lebih fit.

Sumber: google


3. Kurangi Bermain Ponsel dan Baca Buku

Terlalu banyak melihat ponsel akan membuat kepala pusing. Demikian pula jika kamu membaca buku selama perjalanan. Gambar bergerak yang intens dan fokus mata yang terus menerus saat melihat ponsel atau membaca buku akan membuat mata lelah. Jika dipaksakan, maka kamu bisa pusing dan mual yang akhirnya mabuk darat.


Sebaiknya menggunakan ponsel seperlunya saja ya! Setelah memastikan pesanan tiket bus di Traveloka untuk perjalanan berikutnya sudah aman, simpan ponsel di saku. Alihkan pandangan mata untuk menikmati pemandangan dari dalam bus.

4. Sugesti Fikiran Dengan Hal Positif

Sumber: google
Bukan hanya fisik yang membuat mabuk darat bisa terjadi dalam perjalanan kamu, tapi juga faktor fikiran alias psikis. Ketika kamu sudah berfikir negatif bahwa pasti akan mabuk kalau naik bus, maka hal itu yang akan disugestikan oleh fikiran ke tubuh dan kemudian menjadi nyata. Pernah melihat penumpang yang muntah bergantian? Seolah mual dan pusing bisa ditularkan ke penumpang lainnya.

Tanamkan fikiran positif kepada diri sendiri bahwa perjalanan kamu akan baik-baik saja. Yakinlah bahwa mabuk darat tidak akan terjadi dan hasilnya akan mengikuti fikiranmu.


5. Pilih Armada Bus Yang Terpercaya

Sumber: Media Tata Ruang
Selain faktor dari diri sendiri, faktor orang lain juga bisa mempengaruhi kemungkinan mabuk darat. Salah satunya adalah bus yang kondisinya kurang bagus atau pengemudi yang kurang lihai.

Pilihlah bus yang bagus dan terpercaya. Tak perlu pusing ketika mencarinya, kamu bisa melihat detail setiap armada bus di aplikasi Traveloka. Selain beli tiket bus, kamu juga bisa melihat spesifikasi dan juga review dari pengguna untuk armada yang kamu pilih.

Cari tiket bus sudah mudah dengan Traveloka. Sekarang tinggal memberi sugesti positif dan berangkat dengan badan sehat agar perjalanan kamu makin nyaman tanpa gangguan mabuk darat.

Selamat naik bus. Yeayyyy












4 comments:

  1. Terutama membaca di atas kendaraan darat, itu paling gak bisa aku lakuin sampai sekarang. Udah pasti mabuk abis. Kirain cuman buku. Eh liat ponsel pun kadang bisa bikin pusing juga. Bener banget itu apa yang Mbak Ririn bilang

    ReplyDelete
  2. No.3 itu dihindari banget. Jangankan main ponsel atau baca buku, misalnya nyari sesuatu di tas, jadinya nunduk-nunduk, atau noleh ke belakang juga bikin pusing dan mabok. Tapi kayaknya pengaruh sugesti juga. Kok ya kalau jalan sebentar gak masalah, cuma kalo dari awal udah tahu jalannya lama, mulai deh haha. Antimo selalu jadi penyelamat.

    omnduut.com

    ReplyDelete
  3. Beruntungnya aku ngga pernah mabok darat,kak.
    Cuman pernah punya pengalaman ngga ngenakin saat naik bis karena aku minum minuman bersoda ...
    Mungkin karena fisik saat itu lagi ngga fit, jadi setelahnya abis 1 botol ... ngga gitu lama langsung mual pusing berat, perut melilit2 ngga karuan ...

    Setelah itu aku jera ngga berani lagi minum bersoda saat di perjalanan.

    ReplyDelete
  4. Kalo nenekku dulu malah selalu sangu minuman soda di perjalanan. Katanya bisa ngurangin kembung dan angin di perut. Tapi ga berlaku buat aku. Haha

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan kesan yang baik ketika bertamu. Komentar yang menarik dan asik yah kawan melalak cantik.

About

authorHello, my name is Ririn Wandes. I'm lifestyle & travel blogger from Medan, Indonesia.
Learn More →




Newsletter