Program Filterisasi Air Danau Toba

August 04, 2018

Hai kawan,

Aku mau ajak kamu ke danau toba, melihat sumber daya yang tersedia dan kehidupan masyarakat disana. By the way, siapa yang belum pernah mengunjungi danau yang digagas sebagai Monacco of Asia ini?. Aku sendiri sudah berulang kali mengunjungi danau ini sejak kecil.

Well, danau toba sudah terkenal yang mana merupakan sebuah danau tekto-vulkanik terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Berdasarkan informasi wikipedia bahwa danau toba memiliki panjang sekitar 100 km, lebar sekitar 30 km dan kedalaman hingga 505 m (1666 kaki). Namun dengan luas danau toba terebut masyarakat masih butuh pemahaman tentang pemanfaatan air nya.





Kebutuhan Air Bersih


Air bersih menjadi sumber kebutuhan masyarakat perkotaan maupun daerah. Ketersediaannya bisa membantu jalannya aktivitas warga. Nah, danau toba ini sendiri juga memiliki kualitas air yang baik dan belum tercemar, hanya saja masih dibutuhkan sedikit sentuhan teknologi untuk menjadikannya bisa dikonsumsi oleh masyarakat.




Oh yeah, menurut informasi bahwa Indonesia sendiri berada di peringkat ke -6 dari 10 negara atau sekitar 32 juta orang di Indonesia tidak memiliki akses air bersih. Data tersebut merupakan data yang diambil versi Wateraid (2016).

Air Danau Toba Tidak Tercemar

Masalah air bersih menjadi perbincangan yang hangat mengingat banyaknya timbul masalah baru dalam penggunaan air bersih. Salah satunya adalah di kawasan Danau Toba. Kebanyakan masyarakat mulai tidak yakin dengan kondisi air bersih disana sehingga mereka mengeluhkan masalah ini. Masyarakat mulai mencari kesana kemari untuk air bersih padahal tidak perlu jauh-jauh untuk mencari sumber air karena danau toba sendiri masih memiliki kualitas air yang baik,

Well, beberapa cara dilakukan masyarakat untuk memanfaatkan air danau toba secara tepat meskipun beberapa di antaranya sudah pesimis dengan kondisi air danau toba. Masyarakat sudah yakin bahwa air sudah tercemar oleh banyaknya aktivitas masyarakat di danau tersebut.

Dalam mendukung Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Sistem Penyediaan Air Bersih (KSNP-SPAM) Pemerintah, pembangunan Filter Air Bersih Danau Toba dilakukan dan diresmikan di Tambun Raya.

Dibutuhkan Sentuhan Teknologi

Hal yang harus diketahui bahwa sistem filtrasi yang dibuat di Danau Toba menggunakan Ultra Filtration Water Treatment, dimana air danau toba melewati penyaringan berlapis untuk memastikan kualitas air yang dihasilkan stabil dan baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Selanjutnya secara periodik, diperlukan pemeliharaan atas filter air ini agar selalu dapat bekerja dengan optimal. Oh yeah, sample air hasil filter ini juga telah diuji di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta,Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan dinyatakan memenuhi syarat untuk air minum. So, masyarakat tidak perlu khawatir lagi mengenai air danau.

Sebelumnya masyarakat Dusun Tiga Baru dan Dusun Sait Borno-Nagori Tambun Raya hanya dapat mengharapkan air dari mata air, padahal mata air yang ada sering kali kering di musim kemarau dan cukup jauh dari tempat tinggal mereka. Nah sekarang, tidak hanya masyarakat Dusun Tiga Baru dan Dusun Sait Borno-Nagori Tambun yang dapat merasakan air Bersih Danau Toba, tetapi masyarakat sekitar dan para wisatawan luar dapat merasakan manfaatnya juga.

Semoga program filter air Danau Toba berkelanjutan selamanya sampai anak-cucu kita juga turut menikmati. Aamiin.



You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan kesan yang baik ketika bertamu. Komentar yang menarik dan asik yah kawan melalak cantik.

Like us on Facebook