Beberapa khasiat bawang putih untuk masakan dan kesehatan

By Ririn Wandes Lubis - December 27, 2014


Garlic a.k.a bawang putih

Kawan melalak banyak yang suka bertanya mengenai bawang putih. Ternyata bumbu dapur yang satu itu memiliki banyak khasiat yang tidak hanya untuk masakan, tetapi juga untuk kesehatan.
Kawan melalak pernah memanfaatkan bawang putih untuk sehari-hari?

Kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan rempah-rempah memang masih bisa memanfaatkan bahan-bahan bumbu tradisional karena manfaatnya yang luar biasa untuk kebutuhan kita sehari-hari.
Pernahkah kawan melalak mengetahui khasiat bawang putih untuk masakan?
Berbagai masakan Asia menggunakan bawang putih dan resep India juga menambahkan bawang putih untuk tahap awal memasak. Biasanya bawang putih tersebut digoreng matang bersama dengan bawang bombay dan rempah-rempah lain untuk membuat masakan dasar sehingga rasa bawang putihnya tidak begitu terasa lagi.
Masakan Indonesia dan China biasanya dimulai dengan menggoreng beberapa siung bawang putih terlebih dahulu, untuk yang suka aromanya tenang saja karena bawang putihnya masih tercium sampai saat penyajian karena waktu penggorengan yang lebih singkat.
Dalam masakan Indonesia,campuran yang menggunakan bawang putih sering digunakan untuk membumbui potongan daging sebelum dipanggang atau dibakar. Sedangkan masakan Thailand menghindari penggorengan bawang putih tetapi lebih memilih mendidihkannya perlahan-lahan dengan sup pedas atau kari bersantan. Kebiasaan penggunaan bawang putih seperti di Thailand itu juga terjadi di Kamboja, biasanya sering kita jumpai campuran bawang putih dengan cabai, daun jeruk atau jahe ditambahkan ke sup atau rebusan.

Ikan Bakar dibumbui Garlic
Sekarang kawan melalak sudah mulai mengetahui khasiat bawang putih untuk masakan. Dalam dunia obat-obatan tradisional, bawang putih juga sangat banyak manfaatnya seperti:
1. Mencegah radang dengan menghindari konversi asam arakidonat dan melindungi kerusakan hati akibat obat-obatan serta zat kimia sintetis
2. Kawan melalak juga bisa mengetahui bahwa bawang putih ini memiliki efek antioksidan sehingga dapat melindungi diri dari serangan radiasi.
3. Dalam pengobatan herbal, bawang putih ini biasa digunakan secara tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Kawan melalak jangan bingung jika bertemu penyakit seperti asma, ketulian, kusta, sesak napas, arterioklerosis, demam, cacingan, masalah kantung kemih, wasir, radang, selaput lendir di hidung dan batuk. Cobalah untuk memanfaatkan bawang putih tersebut. Semoga bermanfaat untuk kawan melalak

Sumber:
Rahasia Kesehatan Rempah dan Bumbu Dapur by Vijaya Kumar
http://warteggaziantep.blogspot.com
bawangputih.org

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Silahkan tinggalkan kesan yang baik ketika bertamu. Komentar yang menarik dan asik yah kawan melalak cantik.