Menjelajah Sudut Asik 7 Kabupaten Sekeliling Danau Toba

April 05, 2018

Penjelajahan mengelilingi Indonesia bagaikan sebuah perasaan cinta terdalam ku yang tak pernah padam meskipun ia telah hilang. -Ririn Wandes-

Kaki tak pernah ragu melangkah untuk mengunjungi beranekaragam tempat-tempat indah di Indonesia. Penjejahan dari satu pulau ke pulau lainnya seperti langkah yang sulit dihentikan meskipun jiwa dan raga ini masih sendirian. Awal memulai perjalanan sendirian sejak masa kuliahan, pulau Jawa sebagai destinasi pertama kali yang mengajarkan banyak hal hingga akhirnya berani menginjakkan kaki di destinasi indah lainnya baik di Indonesia maupun belahan dunia lainnya.

Setelah memberanikan diri dalam penjelajahan keliling Jawa, lanjut mengelilingi negara Asia Tenggara hingga tentunya tidak terlupakan area-area indah di Sumatera Utara, tepatnya seputaran Danau Toba yang sudah tak diragukan lagi keindahannya. Ada 7 kabupaten di Sumatera Utara yang mengelilingi Danau Toba di antaranya Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Samosir.



Dari beberapa kabupaten tersebut, beberapa di antaranya sudah saya singgahi sambil melihat keanekaragaman wisata yang tersedia seperti wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam, serta wisata kulinernya. Beberapa perjalanan mengelilingi kabupaten yang berdekatan dengan kawasan Danau Toba seperti keindahan Paropo Silalahi bisa dibaca dalam artikel Menikmati Keindahan Silalahi Sumatera Utara.

Memulai Perjalanan

Ada beberapa cara untuk menikmati penjelajahan menuju kabupaten yang berada di sekeliling Danau Toba. Perjalanan bisa dimulai dari kawasan kabupaten Tapanuli Utara, di daerah ini terdapat bandara yaitu Bandar Udara Internasional Silangit yang terletak di Siborong-borong, Tapanuli Utara.

Maskapai penerbangan Garuda yang sudah membuka penerbangan langsung dari Jakarta menuju Siborong-borong tentu menjadikan penjelajahan lebih mudah untuk kawan melalak cantik yang berasal dari kota-kota lainnya di Indonesia. Kamu bisa langsung mencari tiket pesawat Garuda Indonesia yang memiliki penerbangan langsung kesana.

Selain melalui Bandar Udara Internasional Silangit, kamu juga bisa membeli tiket pesawat menuju Bandar Udara Internasional Kualanamu yang berada di kabupaten Deli Serdang. Saat sudah tiba di Deli Serdang, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Danau Toba via jalur darat. Ada beberapa bus yang tersedia menuju kota Siantar dari bandara sehingga kamu bisa memilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

Wisata Asik Sekeliling Danau Toba

Menikmati danau toba tidak hanya melalui jalur Simalungun namun bisa dari arah yang berbeda. Kamu bisa memilih aneka wisata dari beberapa kabupaten yang mengelilingi kawasan danau toba tersebut. Ada apa saja sih di seputaran kabupaten yang mengelilingi Danau Toba?



Well, saya akan memberikan informasi beberapa kawasan wisata asik yang berada di beberapa kabupaten di antaranya :

1. Kabupaten Tapanuli Utara

Kamu yang ingin mengunjungi danau toba melalui jalur Tapanuli Utara maka bisa membeli tiket pesawat dari Skyscanner karena memang pada aplikasi ini memudahkan kamu sebagai pembeli untuk mencari tiket pesawat Garuda Indonesia yang memang memiliki jadwal penerbangan langsung menuju Bandar Udara Silangit yang ada di Tapanuli Utara.

Ketika sudah tiba di Tapanuli Utara, ada beraneka ragam wisata yang bisa dinikmati diantaranya Air Soda Parbubu, Salib Kasih, Bukit Doa dan masih banyak wisata lainnya. Jika kamu tidak puas hanya mengelilingi satu daerah Tapanuli maka bisa mencoba kawasan Tapanuli lainnya seperti Tapanuli Selatan maupun Tapanuli Tengah yang juga memiliki aneka wisata yang super indah. Saya sendiri juga sudah menjelajahi kawasan wisata di Tapanuli Selatan seperti Aek Sijornih, Sibio-bio, Bukit Simarsayang dan lain sebagainya. Silahkan baca mengenai wisata di Tapanuli Selatan untuk menambah referensi informasi wisata.

2. Kabupaten Simalungun

Kawan melalak cantik yang membeli tiket pesawat dan mengambil penerbangan menuju Bandar Udara Kualanamu maka bisa melalui jalur darat menuju Kabupaten Simalungun. Kamu bisa menikmati aneka kuliner, wisata sejarah suku-suku batak juga disini serta menikmati kawasan danau toba.


3. Kabupaten Samosir

Yeah, kamu yang sudah mengenal danau toba pasti juga mengetahui pulau yang ada di tengah nya yaitu pulau Samosir. Nah, kawasan ini juga banyak terdapat wisata yang asik untuk kamu jelajahi.

4. Kabupaten Karo

Ketika kamu mengetahui tentang gunung Sinabung maka kabupaten ini tidak begitu asing tentunya karena gunung tersebut merupakan bagian dari kabupaten ini. Kawasan brastagi dan gundaling juga termasuk bagian dari Kabupaten Karo ini. Ada banyak wisata menarik loh di kawasan ini, saya sering menikmati udara yang sejuk aura pegunungan itu di seputaran tanah karo, menikmati susu segar dari tempat pasteurisasi susu yang ada disini.




5. Kabupaten Tobasa

6. Kabupaten Humbang Hasundutan

7. Kabupaten Dairi

Ibukota dari kabupaten Dairi ini adalah Sidikalang. Kopi yang berasal dari daerah ini juga cukup dikenal di Indonesia. Apakah kamu salah satu penikmatnya?

Well, saya juga sudah pernah menjelajahi kabupaten Dairi ini yang mana sebelumnya saya pergi terlebih dahulu ke kabupaten Pakpak Barat. Di kabupaten Dairi juga banyak terdapat wisata yang menarik dan asik, seperti wisata iman. Nah, kamu yang ingin menikmati seputaran Tao Silalahi maka disini lah tepatnya. Pemandangan danau toba juga sangat indah dari kabupaten Dairi, pinggiran danau toba itu akan tampak lebih indah dari biasanya.




Biaya Perjalanan

Berbicara tentang biaya yang paling sering ditanyakan ketika saya melakukan perjalanan karena alasan beberapa orang tidak pergi liburan juga terkendala oleh dana. Saya tidak bisa menentukan nominal untuk biaya keseluruhan dalam perjalanan karena masing-masing orang memiliki kebutuhan dan keinginan berbeda-beda saat perjalanan. Saya memang lebih sering berlibur ala backpacker yang mana biasa budget lebih besar dikeluarkan untuk biaya transportasi udara namun untuk keliling antar daerah biasanya menggunakan transportasi darat yang lebih hemat atau berpergian dengan mobil pribadi teman-teman baru yang saya temui di kota tersebut.

Selain biaya transportasi, akomodasi juga memiliki biaya tersendiri namun saya juga akan menghemat dengan menginap di rumah warga setempat. Yeah, warga tersebut tentunya haruslah sudah saya kenal sebelumnya yang mana saya menjalin komunikasi terlebih dahulu dengan mencari dan berkenalan via online sebelumnya. Hmm,,, untuk makan juga saya tidak terlalu menghabiskan budget karena saya juga bukan tipikal yang hobi makan sehingga keperluan untuk makan disesuaikan dengan jadwal makan dan untuk makanan khas lah yang akan saya berikan budget besar karena mencoba makanan khas dari suatu daerah merupakan pengalaman yang nantinya selesai perjalanan akan saya tuliskan di blog.

Well, kawan melalak cantik tidak hanya bisa menikmati danau toba saja jika berkunjung ke Sumatera Utara karena ada terbanyak wisata lainnya yang bisa dinikmati dari berbagai kabupaten lainnya. Kamu bisa memilih sesuai keinginan dan budget yang tersedia. Silahkan pilih tiket pesawat yang sesuai budget menuju Sumatera Utara kemudian bisa cari harga yang diinginkan di aplikasi Skyscanner Indonesia.

Skyscanner Indonesia

Apakah kamu sudah mengetahui Skyscanner Indonesia?
Yeah, skyscanner adalah sebuah situs mesin pencarian tiket pesawat, rental mobil secara global yang mana orang-orang diinspirasi untuk merencanakan dan memesan langsung dari jutaan pilihan perjalanan dari harga-harga terbaik.

Skyscanner memiliki tujuan yaitu to inspire travellers around the world and make travel search as easy as possible through our world-class technology.

Skyscanner sudah membantu para traveller dari seluruh dunia dan tentunya untuk para traveller yang berasal dari Indonesia agar lebih mudah dalam memesan tiket pesawat. Dari mana pun keberadaan selama ada koneksi internet maka memesan tiket pesawat bisa langsung cepat dan mudah. Nah, kamu yang ingin berkeliling Sumatera Utara dan menikmati keindahan danau toba, bisa dengan mudah mencari tiket pesawat murah nya di Skyscanner Indonesia aja.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.














You Might Also Like

8 komentar

  1. Nice info nih.
    Aku pun belum mengunjungi semuanya sis.
    Next time,nyobain juga ke kabupaten lainnya deh.
    Good luck yoo

    ReplyDelete
  2. Btw di Dr fotonya sekitaran danau Toba di izin kan camping.

    Wah rekomend nih buat hemat ala backpacker tanpa sewa hotel

    ReplyDelete
  3. aku pernah kelilingin danau ini.. btw sidikalang ngak masuk kak? kan ada tuh wkkwkw

    ReplyDelete
  4. Setiap sudut Danau Toba memang cantik dan siap di kunjungi. Sayang terbatas transportasi dan akomodasi jd bikin turis cuma disitu-situ aja, kalo ga Parapat ya Samosir..

    ReplyDelete
  5. kalau di danau toba boleh berenang gak?

    ReplyDelete
  6. Ingn deh nyoba camping disana

    ReplyDelete
  7. wahhh camping disana pingin coba juga :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan kesan yang baik ketika bertamu. Komentar yang menarik dan asik yah kawan melalak cantik.