Bukan cuma soal limit kredit, faktor keamanan dan kredibilitas juga penting untuk dicermati ketika memilih fasilitas pinjaman dana cepat, apalagi yang berbasis online seperti fintech. Selain bisa menjaga keamanan data pribadimu, fintech yang aman dan kredibel juga wajib memiliki transparansi dalam hal perjanjian pinjaman dan suku bunga. 

Pinjaman dana cepat & tanpa survey yang ditawarkan lembaga multifinansial atau fintech biasanya mematok suku bunga cukup besar sebagai ganti ‘tanpa jaminan’. Sebab, bisa dibilang, pinjaman dana cepat yang tanpa jaminan, memiliki risiko kredit macet yang lebih tinggi. Baik fintech atau perusahaan multifinansial tentulah nggak mau dirugikan apabila terjadi kondisi tersebut, maka alternatif terbaiknya adalah memberikan suku bunga di atas rata-rata bagi calon debitur. 

Kalau mau aman dari segi data dan juga kondisi keuangan, apabila butuh pinjaman tunai cepat, idealnya, kamu perlu memilih lembaga multifinansial atau fintech yang bisa menjamin keduanya: baik keamanan data dan juga memiliki suku bunga rendah. Apakah ada? Nggak perlu berandai-andai, jawabannya tentu ada, Kredivo adalah solusinya. 


Diawasi OJK dan Memiliki Jaminan Enkripsi Data Pengguna 

Sebagai bentuk inovasi teknologi di bidang keuangan, fintech adalah lembaga keuangan nonperbankan yang pengoperasiannya wajib mendapat izin dan diawasi oleh institusi resmi negara seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berdasarkan rilis berita yang diterbitkan OJK dalam situs resminya, per Oktober 2018, ada sekitar 73 fintech legal yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK, termasuk Kredivo. Dengan terdaftar di OJK, artinya, fintech-fintech tersebut termasuk Kredivo memiliki izin yang jelas dan OJK juga menjamin perlindungan dan hak-hak konsumen yang menggunakan fasilitas fintech tersebut. 

Selain diawasi OJK, Kredivo sendiri juga memiliki jaminan enkripsi data pribadi serta data transaksi penggunanya. Teknologi enkripsi data membuat semua informasi yang diinput pengguna dalam aplikasi Kredivo tidak bisa dibaca tanpa pengetahuan atau kode khusus oleh pihak-pihak yang tidak diizinkan, sehingga keamanannya sangat terjamin. Dalam kebijakan keamanan pada situsnya, Kredivo juga memiliki jaminan untuk tidak menjual ataupun menyewakan data-data pribadi nasabah kepada pihak ketiga. 


Suku Bunga Paling Rendah & Sesuai dengan Kebijakan Bank Indonesia 

Kalau mau kondisi keuangan stabil dan aman meski punya angsuran pinjaman, maka jangan tergiur dengan fintech-fintech yang membebankan suku bunga 1% per hari atau mencapai hingga 30% per bulannya. Meski pinjaman cair cepat, kalau ternyata menyulitkan dalam penyelesaian angsurannya, tentu bakal merepotkan. 

Baik untuk belanja cicilan di merchant online ataupun pinjaman online tanpa jaminan, Kredivo memiliki suku bunga tetap 2,95% per bulannya. Suku bunga ini kurang lebih setara dengan suku bunga kartu kredit perbankan konvensional dan sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI Rate) untuk lembaga keuangan atau pinjaman, yaitu maksimal 5,76% per 2018. 

Sementara untuk tenornya, Kredivo memberi opsi tenor 3, 6, hingga 12 bulan untuk belanja cicilan barang, sedangkan untuk pinjaman tunai, pilihan tenor yang tersedia adalah mulai 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Kamu bisa belanja cicilan dengan menggunakan Kredivo di 200 merchant online ternama yang sudah bermitra dengan Kredivo, di antaranya adalah Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, JD.id, dan masih banyak lagi yang lainnya. Supaya bisa cicilan dengan tenor hingga 12 bulan, pastikan minimal total belanjaanmu di merchant online adalah Rp 1 juta. 

Daftar Online & Proses Approval Hanya 1 x 24 Jam 

Supaya bisa mengajukan pinjaman di Kredivo, kamu perlu mendaftar akun lebih dulu lewat aplikasi Kredivo. Download aplikasi di Google Play Store atau App Store, kemudian ikuti instruksi pendaftaran yang ada pada aplikasi. Pastikan kamu mendaftar untuk opsi kedua yaitu “Cicilan”. Sebab, fasilitas pinjaman dana cepat hanya berlaku bagi pengguna yang sudah terdaftar sebagai pengguna Cicilan. 

Apabila sudah selesai daftar, kamu hanya tinggal tunggu proses approval dalam waktu 1 x 24 jam. Jika disetujui, kamu akan mendapat notifikasi konfirmasi persetujuan di aplikasi Kredivo dan juga email terdaftar. Saat pendaftaranmu disetujui, saat itu juga kamu sudah mendapat limit kredit di akun Kredivo-mu. Jumlah limit kredit maksimal, terutama untuk Cicilan, yang bisa diberikan Kredivo mencapai hingga Rp 30 juta. Menarik, kan? 

Ajukan Pinjaman Dana Cepat, Satu Hari Cair 

Kalau sudah punya limit kredit di akun Kredivo-mu, pengajuan pinjaman bisa langsung dilakukan kapan pun. Dengan kata lain, kamu bisa mengubah atau mencairkan limit tersebut menjadi pinjaman tunai. 

Ada dua fitur pinjaman dana yang tersedia di aplikasi Kredivo: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Untuk pinjaman mini, jumlah pinjaman minimal yang bisa diajukan adalah Rp 500 ribu dengan tenor maksimal pengembalian 30 hari. Sementara untuk pinjaman jumbo, jumlah pinjaman minimal yang bisa diajukan adalah Rp 1 juta dengan pilihan tenor angsuran 3 bulan dan 6 bulan. 

Jumlah pinjaman maksimal yang bisa kamu ajukan adalah sebesar limit kredit yang kamu punya untuk tenor 6 bulan pada akun Kredivo-mu. Misalnya, kamu mendapat limit Rp 20 juta, kemudian untuk tenor 6 bulan, yang tersedia adalah Rp 15 juta, maka, maksimal pinjaman tunai yang bisa kamu ajukan adalah Rp 15 juta dengan tenor angsuran maksimal 6 bulan dan suku bunga 2,95% per bulannya. 

Jangan sampai kalap. Kemudahan yang ditawarkan fintech seperti Kredivo untuk pinjaman dana tentunya perlu disikapi dengan bijak dan penuh pertimbangan. Supaya aman dan terhindar dari kredit macet, sesuaikan jumlah pinjaman yang diajukan dengan kebutuhan dan juga kondisi keuanganmu dalam membayar angsurannya nanti. 








0 Komentar