Menelusuri Masjid Indah di Dunia Versi Melalak Cantik

by - April 17, 2021

 Memulai puasa pertama di Ramadhan 1442 H begitu menyenangkan meskipun dalam situasi masih pandemi. Umat islam di berbagai belahan dunia akan selalu bahagia menyambut bulan suci ini. Dengan berbagai tantangan yang dihadapi dalam kehidupan bukan berarti terus bersedih ketika ramadhan sudah tiba.

Menelusuri Masjid Indah di Dunia

Setiap manusia punya cara tersendiri untuk menguatkan iman pada diri. Cara mensyukuri nikmat yang Tuhan beri pun berbeda-beda. Sebagai orang biasa yang suka jalan-jalan maka menjelajahi masjid indah di berbagai negara adalah cara yang dimiliki untuk kesenangan tersendiri. Setiap negara yang dikunjungi punya ciri khas arsitektur yang membuat para pengunjung berdecak kagum.

Beberapa masjid yang sudah saya kunjungi membuat terkagum-kagum. Halaman masjid yang bersih,indah dengan berbagai bunga hingga yang interiornya menunjukkan jiwa seni yang tinggi. Akhir-akhir ini masjid yang saya kunjungi berada di benua Eropa tepatnya negara Turki. Unsur sentuhan Arab tentunya masih terasa meskipun Turki bukan negara Arab.



Sebelumnya saya pun pernah menuliskan masjid-masjid yang saya kunjungi di Kawasan Asia Tenggara,selengkapnya boleh dibaca pada artikel Inilah 6 Masjid Kawasan Asia Tenggara yang Dikunjungi Selama Traveling di Luar Negeri .

Di belahan dunia lainnya tentu masih banyak masjid-masjid yang indah. Impian selanjutnya tentu bisa menjelajahi masjid di Arab Saudi, Moroko, Yordania, Mesir dan negara lainnya. Saya bersyukur mendapat kesempatan melihat ciptaan Allah SWT yang indah di beberapa negara. Dalam waktu dekat,saya pun ingin segera bisa melihat negara-negara impian lainnya.

Well,sebelum berkelana lebih jauh,saya ingin menunjukkan beberapa masjid di Turki yang sudah saya kunjungi diantaranya sebagai berikut:

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque)

Menurut informasi yang saya baca dari Wikipedia bahwa Masjid Sultan Ahmed adalah sebuah masjid di Istanbul, kota terbesar di Turki dan merupakan ibu kota Kesultanan Utsmaniyah. Masjid ini dikenal dengan juga dengan nama Masjid Biru karena pada masa lalu interiornya berwarna biru. Bahkan hingga saat ini,saya melihat langsung bagian cat eksterior juga masih berwarna biru. Keindahan lainnya ada pada taman-taman yang dipenuhi bunga indah memanjakan mata.




Masjid Suleymaniye (Suleymaniye Mosque)

Lokasi Masjid Raya Sulaimaniah ini pun tidak jauh dari pusat kota bahkan untuk traveler yang tinggal di kawasan Sultan Ahmet bisa berjalan kaki saja kesini. Suleymaniye ini adalah masjid yang dibangun oleh Dinasti Utsmaniyah pada masa Sultan Sulaiman Al-Qanuni yang terletak di bukit ketiga di antara Tujuh Bukit, Kota Istanbul, Turki. Mulai pembangunan sejak tahun 1550 dan selesai 1557 dengan arsiteknya Mimar Sinan. Di dalam area masjid juga terdapat kuburan-kuburan dan memiliki halaman luas dengan taman yang indah serta view menakjubkan yang menghadap kota Istanbul.




Hagia Sophia


Hagia Sophia atau Aya Sofya adalah sebuah tempat ibadah di Istanbul, Republik Turki. Dari masa pembangunannya pada tahun 537 M sampai 1453 M, bangunan ini merupakan katedral Ortodoks. Dengan berbagai sejarah panjang hingga akhirnya sekarang menjadi masjid kembali. Umat islam sudah bisa beribadah di dalamnya tanpa membayar tiket masuk sebagaimana sebelumnya yang merupakan museum. Menelusuri Hagia Sophia tidak puas jika hanya beberapa jam saja,saya menghabiskan waktu hampir setengah hari dan kemudian berjalan ke Blue Mosque karena posisinya yang memang berseberangan.





Saya ingin melihat lebih banyak lagi masjid yang indah di dunia bahkan di Turki pun masih ada yang lainnya. Saya tidak mengunjungi semua masjid namun beberapa ada juga yang sekedar saya lewati namun tidak sempat memotret. Semoga kawan melalak cantik bisa mengunjungi tempat-tempat ibadah yang indah di berbagai dunia.

You May Also Like

20 Comments

  1. Wah, dari sini jadi tau sejarah masjid yang ada di dunia ini, ga sebatas masjid yang ada di Indonesia saja yang sekarang berlomba-lomba untuk menjadi megah, tapi di zaman terdahulu juga banyak masjid yang bagus bahkan mungkin lebih bagus dari pada yang ada sekarang, jadi pengen keliling dunia liat apa aja yang ada di dunia yang luas ini...

    BalasHapus
  2. Keren kali, Kak Rin. Duh aku terkagum-kagum dengan keagungan bangunan dan sebagainya. Terima kasih tulisannya, Kak Rin.

    BalasHapus
  3. MasyaALLAH....
    bener2 ya mbaaa
    kalo lihat bangunan masjid tuh, bawaannya adeeemm
    apalagi kalo masjidnya indaahh seperti ini
    hati jadi makin teduh ya

    BalasHapus
  4. Masya Allah, impian banget nih Mbak pengen ke mana-mana dan mampir ke tiap masjid yang ada di situ. jangankan di luar negeri ya, bahkan di dalam negeri pun pas mengunjungi kota-kota baru, selalu terpesona dengan masjid-masjid yang ada di kota tersebut.

    Apalagi dengan masjid yang ada di negara lain yang penuh dengan sejarah.

    BalasHapus
  5. MashaAllah. Berkunjung dan berwisata religi di berbagai tempat di Turki adalah salah satu impian saya yang sampai saat ini belum tercapai. Liat foto-foto yang ditampilkan Mbak Ririn membangkitkan lagi kerinduan itu. Kebayang betapa tersentuhnya hati saat diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk berkunjung ke rumahNya dan menikmati setiap sudut keindahan lalu menuliskannya. Semoga suatu saat Allah berkenan mengabulkan doa-doa saya.

    BalasHapus
  6. Masya Allah mbaaakkk... Turki ininsalah satu negara dalam listku jika Allah ngasih kesempatan bisa jalan2 ke LN. Baca ini jadi ikut jalan2 juga.. Masjid disana indah2 ya mbaa... Kayaknya bukan hanya indah tapi juga penuh sejarah... Makasih mbaa sudah berbagi keindahan dibelahan lain bumi ini..

    BalasHapus
  7. Bener banget kalau cara bersyukur kita bisa berbeda-beda
    Aku jadi ikut seperti travelling liat foto-foto Mbak
    waktu jalan-jalan ke Masjid-Masjid Indah di Turki
    Rasanya hebat banget arsitektur di berbagai belahan dunia
    pasti punya keunikan masing-masing
    MasyaaAllah
    Semoga nanti bisa juga ke sana aamiin

    BalasHapus
  8. wow cantikkkkkk.....
    karena saya belum pernah ke luar negeri, saya cuma motret masjid dalam negeri
    Ternyata indah indah ya?
    Karena dirancang dengan penuh dedikasi, salah satunya masjid Cipaganti Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 1933

    BalasHapus
  9. Bagus peradaban muslim bangkit diawali dari masjid, Turki memang mengilhami muslim seluruh dunia dengan karya arsitek masjidnya.

    BalasHapus
  10. Masjid indah yang direkomendasikan ini makin membuat saya yang membacanya ingin ziarah masjid ke sana. Semoga suatu saat bisa berkesempatan juga

    BalasHapus
  11. wahh iya, banyak banget ya mbak masjid masjid indah di dunia
    Sekarang aku juga suka melihat masjid masjid ini melalui virtual tour.
    Doaku semoga someday bisa mengungkapkan kaki di masjid masjid indah ini, amin

    BalasHapus
  12. Masha Allah bener-bener indah. Alangkah senangnya saat bisa lihat langsung, apalagi beribadah di dalamnya ya mbak. Jadi semakin bersyukur pada Allah. Suatu hari saya masih ingin keliling Turki, liat banyak hal, tempat2 bersejarah dengan kisah-kisah yang menakjubkan.

    BalasHapus
  13. Pas aku ke Hagia Siphia tahun 2019 lalu, masjid tersebut sedang dalam renovasi. Jadi cuma bisa sholat aja deh, itu pun di pojokan khusus perempuan hehehe. Keindahan masjidnya belum terasa. Semoga kapan2 bisa remedial ke Turki, maunya sama anak2 juga aamiin.

    BalasHapus
  14. Eh, maksudku Blue Mosque yang lagi direnov hahaha :D Kalau Hagia Sophia aku ga sempat masuk hiks, ya kareana cuma seharian kayaknya ga ada di agenda deh, syedih.

    BalasHapus
  15. cantik-cantik banget masjidnya, semoga suatu saat nanti bisa plesiran ke sini dan menikmati secara langsung keindahan masjidnya..

    BalasHapus
  16. Saya baru ini melihat Masjid Raya Sulaimaniah mba. MasyaAllah. Kalo yg lain saya sudah lihat beberapa kali di TV atau IG. Megah sekali.

    BalasHapus
  17. Luar biasa sekali Mbak, masjid yang ditulis di sini. Bagus-bagus.
    Saya tiba-tiba ingat sebuah harapan untuk bisa sambang masjid tiap hari yang pernah saya dan suami rencanakan dulu. Lokal di kota saya dulu, dan ternyata memang butuh niat yang sangat besar untuk melakukannya.
    Makasih sudah mengingatkan kembali

    BalasHapus
  18. kapaan aku bisa mengunjungi masjid masjid indah tersebut, semoga dimudahkan rezeki. Biar nggak nganan sama kakak Melaak cantik hehehehe

    BalasHapus
  19. Semoga kesampaian ke turki buat liat mesjid-mesjid indah ini dan disaat keadaan tentram :D

    BalasHapus
  20. Ooh tau nya blue mosque aja ternyata aslinya namanya Mesjid Sultan Ahmed ya...

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.