Seiring berkembangnya bisnis-bisnis di Indonesia terlebih perusahaan online, maka kehadiran jasa logistik pun semakin berkembang pula. Hal ini dikarenakan salah satu bentuk pengelolaan bisnis adalah di bidang distribusi. Di maraknya perkembangan jasa atau perusahaan logistik ini, tentu membuat pemilihannya pun cukup membingungkan. 

Untuk itu, Anda pun harus berhati-hati dalam menentukan pilihan jasa logistik yang tepat. Dalam memilih jasa yang tepat, banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Berikut inilah beberapa tips yang harus Anda pertimbangkan ketika akan memilih perusahaan jasa logistik yang tepat. 



1. Lihat Bagaimana Kredibilitas Penyedia Jasa 

Salah satu tips pertama yang penting dan harus Anda pertimbangkan ketika memilih jasa logistik adalah melihat bagaimana kredibilitasnya. Kreadibilitas ini tentunya sangat penting diperhatikan karena akan mempengaruhi berbagai hal lain nantinya. Ketika Anda memilih perusahaan dan menjalin kerjasama dengan yang kredibel, tentu keamanannya lebih terjamin. 

Untuk melihat bagaimana tingkat kredibilitas sebuah penyedia jasa, maka Anda cari tahu bagaimana penilaian pelanggan sebelumnya. Sebuah perusahaan tentu akan mempunyai penilaian pelanggan seperti testimoni. Jika memang testimoninya positif, maka itu patut dipertimbangkan sebagai pilihan Anda. 

2. Ketahui Informasi Lengkapnya 

Tips yang juga tidak kalah pentingnya adalah melihat dan mencari tahu informasi secara detail perihal perusahaan yang akan Anda pilih. Perusahaan yang baik, tentunya mempunyai informasi yang jelas. Dari mulai syarat dan ketentuan, hingga halaman kontak. Kontak ini lah yang paling penting karena untuk mempertimbangkan kejelasan perusahaan. 

Jika kontaknya tersedia dan bisa dihubungi, maka bisa jadi pertimbangan Anda. Lebih baik lagi jika Anda mengetahui tempat atau kantornya langsung. Sehingga Anda bisa lebih mudah dan juga lebih baik untuk mendatangi langsung pihak jasa ke kantornya. Dengan begitu, pastinya lebih aman dan terjamin. 

3. Lihat Bagaimana Fasilitas yang Disediakan 

Tips selanjutnya ketika Anda akan memilih perusahaan logistik adalah melihat bagaimana fasilitas yang ditawarkan. Sebagai pihak penyedia jasa logistik, tentu sarana dan prasarana harus sangat menunjang. Anda bisa tanyakan langsung pada perusahaan perihal armada apa saja yang dimilikinya. Hal ini harus diperhatikan untuk kelancaran distribusi barang. 

Sebaiknya, pilihlah penyedia jasa yang memang mempunyai fasilitas lengkap. Fasilitas ini pun bisa dilihat dari sumber daya manusianya, hingga alat-alat dan moda transportasi. Semakin lengkap moda transportasi dan semakin bagus kualitas sumber dayanya, maka semakin baik juga kualitas nantinya yang akan Anda dapatkan. 

4. Perhatikan Penawaran Harga 

Hal lain yang patut jadi pertimbangan adalah perihal harga. Bisa dibilang, harga ini sangat sensitif dan harus dipertimbangkan dengan matang. Dengan begitu, kesesuaian harga dengan kemampuan Anda sangat penting dihitung terlebih dahulu. Sebelum Anda melakukan kerja sama, ada baiknya menanyakan terlebih dahulu perihal harganya. 

Biasanya, akan ada macam-macam paket tentunya dengan harga yang berbeda. Setelah Anda mengetahui kisaran harganya, baru kemudian lihat bagaimana kemampuan budgeting yang Anda miliki. Pilihlah tawaran harga yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan serta budgeting, hal ini agar tidak merugikan Anda di lain waktu. 

5. Ketersediaan Garansi 

Selain harga, ada juga hal lain yang bisa menjadi pertimbangan dan perhitungan ketika Anda memilih suatu jasa logistik. Di mana hal ini adalah perihal garansi. Garansi ini sangatlah penting karena untuk menjamin barang atau produk yang Anda kirimkan. Jika sebuah perusahaan menyediakan garansi, maka kualitasnya bisa dikatakan baik dan aman. 

Setidaknya, sebuah jasa harus memuat beberapa hal tersebut. Namun, jika Anda merasa sulit dalam memerhatikannya, Anda bisa memilih SERA (Serasi Auto Raya). Merupakan sebuah perusahaan jasa logistik terbaik di Indonesia. Selain mempunyai kualitas baik, ketersediaan fasilitas lengkap, keamanan pun sangat terjamin dengan pembiayaan yang terjangkau.


0 Komentar