Tips Membeli Produk Original

by - Februari 25, 2020

Belanja tentunya sudah banyak menjadi gaya hidup bagi sebagian besar orang, tentunya hal ini juga mesti dipertimbangkan dalam beberapa aspek seperti barang apa yang kita beli, semakin berkembangnya zaman maka semakin berkembang pula pada barang atau produk yang dijual secara online. Maraknya produk illegal atau sering kita sebut barang ‘KW’ menjadikan para pengguna internet yang ingin membeli produk secara online menjadi ragu untuk fashion wanita 2020.
Maka dari itu kami telah merangkum beberapa Tips Membeli Barang Original agar anda terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan saat berbelanja online, ayo simak tips tips berikut ini :

1. Periksa Identitas Penjual

Selalu periksa rincian kontak dari penjual online untuk memverifikasi apakah itu benar-benar ada, dan dimana lokasi penjual terserbut serta bagaimana pertanggung jawaban penjual jika ada masalah. Contoh detail untuk memverifikasi penjual meliputi nama perusahaan penjual, alamat penjual, alamat email atau kontak dari penjual, serta nomor ponsel penjual.




2. Cari Ulasan dari Konsumen Lain
Gunakan pencarian Internet untuk memeriksa apakah konsumen lain telah memberi komentar baik atau buruk tentang pedagang. Baca komentar ini dengan cermat, dan awasi dengan kritis.

Akan tetapi ada beberapa penjual nakal yang sengaja memberi ulasan yang sangat positif kepada toko yang mereka miliki menggunakan akun lain. Terlebih lagi jika anda menemukan orang/akun yang sama memberi ulasan yang sama di produk tertentu di beberapa situs web, kemungkinan besar itu merupakan ulasan yang diberikan oleh para penjual nakal tersebut.

3. Menilai Layout Website/Merchant Penjual

Sebagian besar website atau merchant ecommerce yang menjual produk palsu terlihat sangat tidak professional, mereka sering melakukan kesalahan pengejaan dan kesalahan tata bahasa dan juga foto atau gambar dari produk yang dijual berkualitas buruk.

4. Cek Foto Produk

Apakah gambar yang ditampilkan si penjual terlihat tidak profesional dan terlihat buruk? Apakah ada yang salah dengan logo atau apakah latar belakangnya terlihat aneh? Apakah foto-foto yang ditampilkan berkualitas rendah? Apakah hanya sebagian dari produk yang ditampilkan di foto? Ini mungkin indikator website atau merchant yang menjual produk palsu.

5. Perhatikan Harga Barang

Produk palsu sering dijual dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga yang ada di toko penjual resmi. Harga yang tidak masuk akal seringkali ditawarkan oleh para penjual barang palsu ini, seperti contohnya sebuah sepatu yang ada di toko resmi dengan harga 800ribu, para penjual produk ini bisa mencantumkan harga pada website mereka dengan harga 100ribu. Tidak masuk akal bukan? Jangan ragu untuk membandingkan harga di beberapa website atau toko online lainnya, dan selalu memperhitungkan harga total (termasuk PPN, Biaya pengiriman, asuransi barang dan lain sebagainya)

6. Lakukan Pembayaran dengan Sistem yang Aman


Ketika Anda membayar pembelian secara online, ada 3 prinsip emas yang mungkin bisa anda ikuti demi menjadikan berbelanja online lebih aman :

- Lakukan pembayaran hanya pada website yang pada awalan URL nya memiliki "https" .

- Pembayaran dengan kartu kredit dengan preferensi, karena dengan cara ini anda mungkin dapat memulihkan uang anda jikalau terjadi hal penipuan.

- Hindari Direct Transfer atau transfer langsung kepada ATM milik penjual serta hindari pula jika penjual menginginkan pengiriman uang langsung melalui jasa pengiriman uang seperti Western Union, Worldremit, Worldpay, Moneycorp dan lain sebagainya.

You May Also Like

3 Comments

  1. klo belanja OL skrg aku tu lebih sering di MP hehe... tapi memang iya sih.. merhatiin bgt bintang, review customer, and respon penjual jg, kadang lwt IG juga, tapi brasa lbh aman klo yg jualan di IG juga ada MP nya hehe..

    BalasHapus
  2. iya, sih. sedih pasti ya, kalau pinginnya beli barang ori malah dapat yang palsu.

    BalasHapus
  3. Wahhh ak dah jarang beli online, sekarang yang offline aja dan original tentunya. Selain bisa liat langsung barangnya juga menghindari penipuan sih, dah kapok aku huwa

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah