Alasan Kenapa Asuransi Mobil All Risk Sangat Penting

by - Agustus 13, 2020

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi Mobil All Risk


Kendaraan seakan menjadi hal wajib yang harus dimiliki untuk mengantarkan Anda bepergian jauh. Untuk Anda yang hidup di kota besar, mungkin hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, Ada banyak transportasi umum yang siap mengantarkan kemanapun tujuan Anda. Tetapi, bagaimana yang tinggal di daerah minim transportasi umum? Maka, memiliki mobil atau motor sebagai kendaraan pribadi seakan menjadi barang wajib. Selain itu, mempunyai kendaraan pribadi harus dibarengi dengan adanya asuransi mobil all risk yang dapat menjamin keamanan dan keselamatan kendaraan Anda. 



Alasan Mengapa Harus Asuransi Mobil All Risk?


Asuransi mobil all risk merupakan jenis asuransi yang akan memberi jaminan untuk setiap kerusakan yang Anda alami serta mengganti kendaraan yang hilang. Cakupannya begitu luas. Namun, inilah alasan terpenting mengapa harus memilih asuransi mobil all risk.

1. Menjaga Kendaraan dari Risiko Kehilangan 

Kehilangan bisa saja terjadi kapan pun dan di mana pun, sekalipun Anda sudah menjaganya begitu baik. Maka, untuk membantu mengatasi risiko kehilangan, Anda bisa mengikutsertakan kendaraan yang dimiliki dalam asuransi mobil all risk. 

Tidak seperti asuransi lainnya, asuransi mobil all risk akan melindungi Anda ketika terjadi kehilangan akibat pencurian atau begal di jalan. Pihak perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan ketentuan perusahaan ketika Anda mengklaimkan kejadian pencurian tersebut dengan melampirkan bukti-bukti yang diminta. 

Ada pula yang langsung mengganti kendaraan sesuai harga premi yang Anda bayarkan berdasarkan jenis asuransi mobil all risk-nya. 

2. Menjaga Kendaraan dari Risiko Akibat Kecelakaan Baik Kecil Maupun Berat

Musibah siapa yang tahu datangnya. Tentu, semua orang ingin menghindarinya jika bisa. Sayang, hal itu tidak mungkin. Maka, sebelum hal buruk terjadi, Anda dapat melakukan persiapan dengan mengikuti asuransi mobil all risk. 

Bukankah sedia payung sebelum hujan adalah yang terbaik? Begitu pula ketika Anda memutuskan untuk menggunakan asuransi mobil all risk, yang akan memberikan perlindungan ketika terjadinya kecelakaan baik sebab kelalaian orang-orang sekitar atau bencana alam. 

Asuransi mobil all risk akan memberi jaminan perbaikan untuk kendaraan yang rusak akibat kecelakaan ringan seperti lecet sebab goresan atau penyok. Pun dengan kecelakaan berat yang membuat badan mobil tidak lagi utuh, akan mendapat ganti rugi sebesar yang sudah ditentukan oleh perusahaan asuransi. 

Begitu juga ketika musibah bencana alam terjadi Dan menyebabkan kerusakan. Penggantian akan tetap diberikan oleh perusahaan asuransi ketika Anda mendaftarkannya dalam asuransi mobil all risk. 

3. Membantu untuk Bertanggung Jawab Terhadap Pihak Ketiga Ketika Terjadi Kecelakaan 

Faktor penyebab terjadinya kecepatan di jalan raya memang bermacam-macam. Selain kelalaian pengendara lain, Anda pun bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan pada kendaraan orang lain. 

Ketika hal itu terjadi, Anda pasti panik dan kebingungan, sebab bukan hanya biaya perbaikan mobil sendiri yang harus ditanggung, tetapi milik orang lain juga. 

Namun, hal tersebut tidak akan terjadi ketika Anda mengikutsertakan kendaraan dalam asuransi mobil all risk. Sebab, pihak asuransilah yang nantinya akan membantu Anda untuk bertanggung jawab terhadap kerusakan yang dialami pihak ketiga. Mereka yang akan mengurus segalanya. Anda tidak perlu lagi bingung mencari dana untuk perbaikan dan sejenisnya. 

Pertimbangan Klaim Asuransi Mobil All Risk untuk Kendaraan Anda 


Semua keuntungan yang sudah dijabarkan akan menjadi milik Anda jika mendaftarkan kendaraan pada asuransi mobil all risk. Namun dalam proses pengklaiman, besaran yang akan Anda terima tentu disesuaikan dengan besaran premi yang Anda berikan kepada pihak asuransi setiap bulannya. Umumnya, mereka akan memberikan sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan berikut. 

1. Harga Serta Jenis Kendaraan 

Hal utama yang akan dipertimbangkan sebelum pihak asuransi menentukan besaran biaya premi asuransi mobil all risk adalah jenis kendaraan yang Anda miliki. Umumnya jenis Kendaraan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu kendaraan bukan bus dan bukan truk, kendaraan truk dan bus, serta kendaraan roda dua. 

Usai mengategorikan jenis-jenis kendaraan, harga di pasaran juga menjadi pertimbangan pihak asuransi sebelum akhirnya menentukan besaran dari biaya premi asuransi mobil all risk yang harus dibayarkan. Harga tersebut nantinya masih akan dikategorikan lagi. Biasanya, semakin tinggi harga kendaraan yang didaftarkan, semakin mahal pula besaran premi yang harus dibayarkan. 

2. Daerah yang Akan Menjadi Pertanggungan Pihak Asuransi Mobil All Risk 

Selain mempertimbangkan jenis dan harga kendaraan, wilayah yang menjadi pertanggungan merupakan poin pertimbangan selanjutnya. Wilayah pertanggungan nantinya akan dibagi menjadi 3, yaitu:
● Wilayah 1, mencakup: Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Bangka-Belitung, Bengkulu, Lampung, dan Jambi.
● Wilayah 2, mencakup: Jakarta, Banten, Bandung, Bogor, Cirebon, Karawang, Purwakarta, Subang, Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Sumedang, dan Banjar.
● Wilayah 3, mencakup wilayah lain yang belum tercantum dalam wilayah 1 dan 2. 
 
3. Usia Kendaraan 

Pertimbangan selanjutnya didasarkan dari usia kendaraan sewaktu terdaftar dalam asuransi mobil all risk. Fasilitas yang akan diperoleh serta aturan asuransi mobil all risk sudah pasti akan berbeda-beda tergantung dari masing-masing perusahaan jasa asuransi. 

Namun, umumnya pihak asuransi mobil all risk akan memberikan harga premi tinggi ketika usia kendaraan sudah semakin tua. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun memberikan aturan tambahan khusus untuk asuransi mobil all risk, yang mana adanya penambahan 5% per tahun untuk tiap-tiap jenis kendaraan yang sudah berusia lebih dari 5 tahun. Maka, bila umur kendaraan Anda sudah mencapai satu windu, besaran preminya akan semakin tinggi. 

Melindungi kendaraan yang sudah dimiliki menjadi hal penting dan wajib dilakukan. Bukan hanya untuk keselamatan diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar. Jadi, mari daftarkan segera kendaraan Anda pada asuransi mobil all risk. Rasakan manfaatnya. Bila bingung mencari perusahaan jasa asuransi mobil all risk terbaik, gunakan saja Cekaja.com untuk membantu memilih yang sesuai dengan kriteria Anda. Sekali klik, semua bisa Anda dapatkan. Kunjungi situsnya di https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/

You May Also Like

1 Comments

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah