4 Cara Menjaga Kesehatan Kandungan

by - Desember 08, 2020

Hamil adalah salah satu hal terbaik yang hanya bisa dirasakan oleh wanita. Ketika mengalami kehamilan, maka sudah sewajarnya seorang ibu menjaga janin dalam kandungannya tersebut. Penting sekali untuk menjaga kesehatan kandungan.

4 Cara Menjaga Kesehatan Kandungan

Bagi Anda yang sedang hamil, berikut ini adalah 4 cara menjaga kesehatan kandungan:

1.       Menjaga Asupan Gizi

Status kesehatan selama kehamilan sangat bergantung pada gaya hidup sehat yang dianut oleh ibu hamil. Ibu hamil bisa mengisi piringnya dengan berbagai makanan sehat dan bergizi. Tujuannya adalah untuk menunjang kesehatan diri dan janin di dalam kandungan.

Bagi para ibu, mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, terhindar dari risiko komplikasi kehamilan, mengontrol berat badan saat hamil dan menjaga kesehatan. Dengan menerapkan kebiasaan makan yang sehat, kesehatan ibu hamil akan jauh lebih baik.

2.       Rutin Berolahraga

Seringkali orang hamil berpikir bahwa olahraga tidak baik untuk kesehatannya. Padahal, kehamilan bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga masih menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat agar ibu hamil tetap sehat selama masa kehamilan.



Olahraga bisa membantu ibu hamil untuk meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh. Tidak hanya itu, olahraga juga bisa membantu memperkuat otot dan mengurangi stres selama kehamilan. Olah raga juga dapat menunjang kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

Berolahraga selama 30 menit setiap hari akan sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Tentunya, Anda harus memilih olahraga yang aman untuk ibu hamil. Aktivitas fisik yang ringan seperti berjalan kaki atau yoga biasanya aman untuk dilakukan. Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter kandungan.

3.       Menjaga Berat Ideal Janin

Cara ketiga untuk menjaga kesehatan saat hamil adalah mempertahankan agar berat badan janin tetap dalam kondisi ideal. Selain untuk menjaga kesehatan, pola makan teratur juga dirancang untuk mencapai berat badan ideal ibu hamil.

Ibu dengan berat badan normal sebelum hamil dianjurkan untuk meningkatkan berat badannya menjadi 11.5 sampai 16 kilo selama kehamilan. Bagi ibu hamil yang memiliki tubuh kurus, maka Anda harus menambah 13-18 kg selama kehamilan.

Kenaikan berat badan ini ternyata sangat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan bayi. Idealnya, Anda disarankan menambahkan 300 kalori sehari untuk menambah berat badan dan menjaga kesehatan ibu hamil.

4.       Minum Banyak Air Putih

Ibu hamil tidak boleh malas minum air putih. Ibu hamil disarankan untuk minum cukup air setiap hari. Asupan cairan yang cukup membantu aliran darah dari jantung ke bagian tubuh lainnya, termasuk ke dalam rahim untuk diterima janin. Selain itu, menjaga pola hidup sehat ibu hamil melalui rajin minum air juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang sehat.

Tak hanya itu, kebiasaan minum air putih ini juga membantu mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan ibu hamil. Biasanya, ibu hamil seringkali mendapatkan masalah atau gangguan seperti dehidrasi, kelelahan, anemia, sembelit dan infeksi saluran kemih. Semua masalah ini bisa dicegah dengan banyak minum air putih.

Usahakan minum 8 hingga 10 gelas air sehari. Agar tidak bosan minum air murni, Anda bisa menambahkan irisan lemon, strawberry atau jeruk nipis untuk menambah kesegaran. Tetapi, perlu diingat bahwa frekuensinya tidak boleh terlalu sering. Jangan lupa untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter kandungan.

Itu dia 4 cara untuk menjaga kandungan. Baik trimester pertama, kedua ataupun ketiga, masing-masing memiliki tantangannya sendiri. Apabila Anda menjaga kesehatan diri dan janin, maka persalinan bisa berjalan dengan lancar.


You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.