Cara Membuat Nasi Liwet Sunda Komplit

by - April 05, 2021

 Sebagian orang yang berpikir bahwa liwet merupakan nama suatu produk dari makanan, tapi yang sebenarnya adalah cara memasak. Cara memasaknya pun beragam, mulai dari dengan cara tradisional menggunakan ketel dimasak dengan menggunakan kayu bakar, kompor minya, sampai cara modern dengan menggunakan rice cooker atau magic com. Proses memasak nasi liwet Sunda disebut ngaliwet, umumnya memakai panci atau ketel, nasi dan air dimasak dengan bumbu-bumbu seperti garam, bawang, daun salam, sereh, lengkuas, cabe, minyak kelapa namun tanpa santan. Ternyata tidak hanya nasinya saja yang dimasak, pada nasi liwet Sunda, lauknya pun ikut dimasak bersama dengan nasi. Misalnya lauk pindang ikan kembung, ikan peda merah, atau ikan asin. Semua dimasak bersama dengan nasi setengah matang di dalam ketel. Oleh karena itu, mengapa nasi liwet memiliki citarasa yang kaya. Untuk penyeimbang juga dimakan dengan sayur mentah alias lalapan. Nasi liwet sunda komplit ini sangat cocok untuk keluarga karena alasannya membuatnya mudah dan praktis. Berikut adalah cara memasak nasi liwet komplit beserta cara membuat bahan pelengkapnya.

Source: Google


                1. Bahan-bahan

Pertama sebelum kamu memasak nasii liwet komplit, siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, yaitu 500 gram beras, 1200 ml santan, 4 lembar daun salam, 1 batang serai, 1 iris laos, dimemarkan, dan 1 sdm garam. Dan untuk bahan sayur lalapnya yaitu tomat, timun, daun selada, dan daun kemangi.

                2. Cara Memasak Nasi Liwet

Pertama, didihkan santan bersama daun salam, laos, serai, dan garam, masukkan beras yang telah dibersihkan. Lalu masak dengan api sedang hingga mendidih sambil sesekali mengaduknya, sesudah mendidih dan sedikit mengental. Selanjutnya setelah cairannya tinggal sedikit, kecilkan api, masak dengan cara diliwet selama kurang lebih 1 jam. Terakhir, dimasak dan sisihkan.

                3. Bahan Pelengkap Nasi Liwet Balado Teri

Sebenarnya bahan pelengkap nasi liwet ini bisa sesuai selera kamu, misalnya dengan ikan asin goreng, telur kukus pedas pakai plastik langsung dimasukkan ke dalam magic com, lalu rebusan labu siam, sambal tomat atau sambal terasi pedas, rebusan buncis rebus, tahu, tempe goreng, kerupuk, dan masih banyak lainnya. Misalnya balado teri, bahan yang perlu kamu siapkan yaitu 250 gram teri medan (cuci bersih), 50 gram cabai merah, 2 sdm irisan bawang merah, 1 sdm irisan bawang putih, 2 sdm minyak untuk menumis, dan minyak untuk menggoreng. Cara membuatnya yaitu teri digoreng kering, sisihkan, haluskan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih, tumis dengan minyak cabai yang telah dihaluskan hingga matang, dan langkah terakhir yaitu masukkan ikan teri yang telah digoreng, aduk rata, dan angkat.

                4. Bahan Pelengkap Nasi Liwet Ayam Goreng Bacem

Sekali lagi untuk bahan pelengkap bisa sesuai selera tidak perlu mengikuti resep yang ada disini, namun tidak ada salahnya mencoba bahan pelengkap yang satu ini. Selanjutnya ada bahan pelengkap nasi liwet ayam goreng bacem. Pertama kamu siapkan bahan-bahannya, 250 gram ayam (dipotong jadi 5 potong), 200 ml air, 2 lembar daun salam, 1 iris lengkuas, 3 siung bawang putih dimemarkan, 50 gram gula merah, dan garam secukupnya. Setelah semua bahan sudah siap, berikutnya kamu tinggal membuatnya. Pertama rebus air bersama bumbu bacem, masukkan ayam, dimasak sampai air habis/tinggal sedikit, angkat. Dan ayam digoreng jika akan dihidangkan.

You May Also Like

0 Comments

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah