5 Cara Mengajarkan Anak Mengaji Agar Lebih Menyenangkan

by - Mei 26, 2021



Gunakan metode menyenangkan dalam proses belajar mengaji anak untuk hasil yang bagus

Metode yang bagus bisa membuat anak menjadi senang belajar mengaji. Image credit: freepik.com


Bagaimana cara mengajarkan anak mengaji tanpa paksaan dan tidak mudah bosan?

Sebagai seorang muslim, mengajarkan anak untuk mengaji merupakan hal yang penting bagi orang tua. Sangat baik dan dianjurkan untuk mulai mengajarkan belajar mengaji anak sejak usia dini. Namun, salah satu yang sering menjadi keluhan para orang tua yaitu Si Kecil yang tidak mau belajar atau cepat bosan dalam proses pembelajaran.

Tidak hanya saat mengajarkan mengaji, saat memberikan pelajaran lainnya pun kepada anak, orang tua harus menggunakan metode yang tepat dan menyenangkan.

Cara Tepat Mengajarkan Belajar Mengaji Anak


Anak-anak lebih mudah menghafal dengan irama dan visualisasi

Salah satu metode yang dipercaya yang bisa membantu anak lebih mudah menghapal yaitu irama dan visualisasi. Image credit: barnimages.com


Papa dan Mama harus tahu berbagai cara efektif untuk mengajarkan anak mengaji. Mengapa begitu? Tentu saja karena peran orang tua dalam pendidikan anak sangat penting, termasuk dalam pendidikan agama. Inilah 5 cara yang bisa Mama dan Papa gunakan untuk proses. belajar mengaji anak.

1. Biasakan Si Kecil untuk Mendengarkan Bacaan Al-Qur’an

Langkah awal yang harus dilakukan Mama Papa yaitu membuat Si Kecil familiar dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Mama bisa mulai membiasakan si Kecil mendengarkan Al-Qur’an sejak ia mulai belajar berbicara. Usia ketika anak akan mendengarkan suara di sekitarnya lalu mencoba untuk menirukannya.

Mama bisa menggunakan murotal dari handphone atau Mama sendiri yang membacanya dalam berbagai kesempatan. Bahkan, dianjurkan pula untuk biasa memperdengarkan bacaan Al-Qur’an kepada anak sejak dalam kandungan. Pembelajaran akan lebih mudah jika anak sudah terbiasa mendengar bacaan Al-Qur’an.

2. Ajarkan Huruf Hijaiyah dengan Irama

Mengenalkan dan menghafal huruf hijaiyah adalah pembelajaran pertama dalam proses belajar mengaji anak. Metode menghafal menggunakan irama sangat efektif terutama bagi anak-anak. Anak-anak cenderung suka bernyanyi yang membuat hafalan lebih mudah diingat. Cara ini akan lebih menyenangkan daripada menghafalnya tanpa irama.

Banyak pilihan lagu anak yang bisa dijadikan irama untuk menghafal huruf-huruf hijaiyah. Mama bisa berkreasi dengan bebas. Selain itu, Mama bisa juga mengajarkan lagu-lagu hafalan huruf hijaiyah dari berbagai kartun Islami.

3. Berikan Visual untuk Setiap Huruf Hijaiyah

Contoh memberikan visual kepada huruf hijaiyah yaitu huruf alif yang seperti tongkat dan huruf ba seperti bentuk perahu. Mama tidak perlu pusing memikirkannya, Mama bisa menonton dari animasi di video atau membeli buku yang berisikan visualisasi huruf hijaiyah lalu mengajarkannya kepada Si Kecil.

Pembelajaran yang penuh warna dan bentuk akan lebih menyenangkan bagi Si Kecil dan tidak akan cepat bosan. Metode visualisasi juga akan lebih mudah untuk diingat karena biasanya objek-objek yang dijadikan visualisasi huruf hijaiyah ada di lingkungan sekitar atau objek yang disukai anak kecil.

4. Berikan Pemahaman Kewajiban Mempelajari Al-Qur’an

Jika Si Kecil sudah cukup usia untuk bisa menerima pemahaman tentang kewajiban belajar Al-Qur’an, maka Mama dan Papa sebaiknya berikan pemahaman tersebut agar anak mengerti kenapa dirinya harus belajar Al-Qur’an.

Mama juga bisa memberikan kisah-kisah tentang Al-Qur’an untuk diceritakan kepada Si Kecil. Jika anak sudah bisa membaca, berikan buku tentang Al-Qur’an untuk bacaannya. Buku kisah Al-Qur’an untuk anak biasanya akan menggunakan kalimat yang mudah dipahami oleh Si Kecil dan dipenuhi dengan gambar visualisasi, sehingga akan lebih menyenangkan.

5. Daftarkan Kursus Mengaji Di Luar Rumah

Selain diajarkan oleh Mama di rumah, Si Kecil perlu untuk belajar mengaji di tempat kursus ataupun pengajian seperti TPA dan TPQ, terutama jika Mama dan Papa merasa membutuhkan ustadz untuk mengajarkan belajar mengaji anak yang memiliki ilmu agama lebih luas. Anak-anak biasanya lebih senang belajar jika bersama teman-temannya.

Selain di TPA atau TPQ, Si Kecil bisa mengikuti berbagai kelas mengaji online dari merchant pilihan yang ada di platform Kiddo.id. Kiddo.id merupakan platform yang membantu orang tua dalam memaksimalkan potensi anak melalui aktivitas dan kursus pilihan, termasuk kelas mengaji anak dengan metode yang menyenangkakn.

Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua Saat Mengajarkan Anak


Jadilah orang tua sebagai panutan yang baik untuk anak

orang tua memberikan contoh yang baik pada anak dalam beribadah. Image credit: freepik.com



Selain metode pembelajaran, ada beberapa hal yang harus Mama dan Papa lakukan agar proses pembelajaran Si Kecil lebih maksimal baik saat proses pembelajaran maupun di luar jam pembelajaran.

1. Tetapkan Waktu Belajar

Untuk pembelajaran di rumah, sebaiknya Mama membuat jadwal yang rutin untuk Si Kecil. Misalnya belajar di pagi hari, sore hari, atau malam hari. Setiap anak biasanya memiliki waktu belajar terbaiknya yang berbeda. Mama bisa mencoba untuk mencari tahu kapan Si Kecil lebih fokus untuk belajar. Selain itu mengajarkan anak untuk disiplin sejak dini.

2. Menjadi Teladan Untuk Si Kecil

Orang tua akan menjadi contoh pertama bagi seorang anak. Sebelum meniru orang lain, anak akan meniru orang tuanya yang sangat dengan dengan jangkauannya. Maka dari itu, baik saat proses pembelajaran maupun di luar jam pembelajaran, Mama dan Papa harus memberikan teladan yang baik bagi Si Kecil.

3. Memberikan Apresiasi Terhadap Pencapaian Si Kecil

Apresiasi akan membuat Si Kecil senang dan lebih termotivasi. Banyak bentuk apresiasi yang bisa Mama dan Papa berikan. Contoh apresiasi sederhana seperti pelukan atau pujian setelah selesai belajar atau saat berhasil melakukan sesuatu yang baik.

Tidak mudah memang membuat proses belajar mengaji anak agar menyenangkan. Karena itulah Kiddo.id hadir untuk membantu Papa dan Mama untuk memudahkan dalam memaksimalkan proses belajar Si Kecil. Saat ini Kiddo.id memiliki fitur baru bernama Milestone Tracker. Fitur tersebut memudahkan Mama Papa memantau tumbuh kembang anak dengan maksimal menggunakan rekomendasi aktivitas sesuai usia.


Sumber

http://www.sdi.id/blog/read/parenting-dan-anak/923/7-cara-menglasi-kesuangan-meng]-anak-ngaji.html

https://kiddo.id/mengajar-anak-mengaji/

https://www.orami.co.id/magazine/4-cara-mengajarkan-anak-mengaji-agar-lebih-menyenangkan/

https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bella-lesmana/cara-tepat-mengajarkan-anak-balita-mengaji-yang-efektif







You May Also Like

1 Comments

  1. Aku tuh bisa ngaji tapi jujur ga bisa ngajarin Rin. Ga sabaran, dan memang aku gampang bgt emosi kalo anak ga lgs bisa. Cuma aku tahu sih, itu bakal ngerusak mood dan keinginan mereka belajar kalo aku begitu. Makanya anak2 aku les in ngaji di tetangga yg kebetulan ustad :D. Udah pas pake begitu sih. Emosi ku terjaga, anak2 lebih cepat bisa :D

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah