Inilah Beberapa Keutamaan Yang Bisa Didapatkan Jika Anda Selalu Membaca Surat Al Mulk Sebelum Tidur

by - Agustus 19, 2022

Dari 114 surat yang ada didalam alquran, surat Al Mulk menjadi salah satu surat yang dianjurkan untuk dihafal oleh seluruh umat muslim. Mengapa demikian? Itu karena surat Al Mulk memberikan banyak syafaat atau keutamaan kepada siapapun yang membaca dan mengamalkannya. Meski nyatanya semua bacaan yang ada didalam alquran adalah bacaan yang baik, tapi tetap saja ada beberapa surat yang bisa memberikan syafaat lebih dan salah satunya adalah surat Al Mulk.




Bahkan keutamaan dari membaca dan mengamalkan surat Al Mulk ini juga dibahas didalam beberapa hadits. Salah satu waktu terbaik untuk membaca surat Al Mulk ini yaitu setiap sebelum tidur atau selepas sholat isya. Dengan membaca surat Al Mulk ini maka diyakini orang yang membacanya akan dibebaskan dari siksa kubur dan juga diberikan pertolongan di hari akhir oleh Allah SWT.

Didalam hadits riwayat Turmudzi pun dijelaskan bahwa Rasulullas SAW tidak akan beranjak tidur sebelum beliau membaca surat Al Mulk. Dari hadits tersebut tentunya dapat disimpulkan bahwa membaca surat Al Mulk sebelum tidur akan memberikan beragam syafaat terlebih amalan tersebut juga dilakukan oleh Rasulullah SAW. Lantas keutamaan apa saja yang bisa dirasakan jika kita rajin membaca surat Al Mulk ini? Berikut beberapa keutamaan yang bisa dirasakan.

1. Menyelamatkan diri dari siksa kubur

Dengan membaca surat Al Mulk ini setiap sebelum tidur maka kita bisa dibebaskan dari yang namanya siksa kubur. Selain selalu berbuat baik dan menjaga amalan selama hidup ternyata membaca surat Al Mulk ini juga bisa menjadi salah satu yang membebaskan kita dari siksa kubur. Hal ini juga dijelaskan didalam hadits yang mengatakan:

“Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah azza wajalla menghindarkannya dari azab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah SAW (masih hidup) menamainya 'al-Mani’ah' (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.”

2. Mendapatkan 70 kebaikan

Dengan membaca surat Al Mulk ini maka Allah akan janjikan 70 kebaikan kepada orang yang membacanya. Hal ini juga dijelaskan dalam hadits riwayat Turmuzi yang mengatakan bahwa membaca surat Al Mulk akan mendapatkan 70 kebaikan dalam hidup dan akhiratnya kelak.

3. Dicintai oleh Rasulullah SAW

Dengan membaca surat Al Mulk ini secara rutin setiap sebelum tidur maka kita bisa menjadi salah satu umat yang dicintai oleh Rasulullah. Alasannya karena Rasulullah juga semasa hidupnya selalu mengamalkan amalan ini, sehingga Rasulullah pun akan mencintai umatnya yang selalu menjaga dan mengamalkan bacaan alqurannya, terlebih surat Al Mulk ini termasuk kedalam salah satu surat yang dianjurkan untuk dihafalkan semasa hidup.

4. Dijauhkan dari maksiat

Dengan membaca surat Al Mulk ini secara rutin maka Allah akan jaga keimanan kita dan menjauhkan diri dari godaan maksiat dan selalu disibukan dengan mengingat Allah SWT. Hal ini juga dijelaskan secara jelas didalam surat Al Mulk ayat 12 yang mengatakan:

“Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah.”

You May Also Like

1 Comments

  1. Aku selama ini rutin sih, setiap abis isya. Tapi pernah juga kelupaan , apalagi kalo sedang traveling. Tapi mau diusahain utk ga pernah skip kecuali sedang masa period 😁

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.