Ada Apa di Bin Dawood Mekkah dan Madinah? Temukan Selengkapnya di Artikel Ini!

by - Februari 15, 2023

Sebelum berangkat umroh tahun 2022 lalu, saya suka mencari informasi berbagai hal tentang umroh termasuk tempat membeli oleh-oleh. Ternyata banyak youtuber yang mengulas tentang Bin Dawood sehingga membuat penasaran ingin langsung melihat di Mekkah dan Madinah. Apa sih Bin Dawood ini?



Well, awalnya saya pikir hanya sekedar menjadi tempat penjualan oleh-oleh saja. Namun ternyata memang sebuah supermarket yang banyak menjual beragam hal dengan harga yang masih masuk di kantong pula.

Sejak tiba di Madinah, sudah bertanya tentang Bin Dawood ke pak ustadz pembimbing ibadah umroh kami. Begitu pula ketika ngobrol dengan teman-teman seperjalanan yang sudah pernah umroh sebelumnya. Mereka pun merekomendasikan untuk mencari oleh-oleh makanan atau sekedar ingin coba cemilan lokal juga bisa ditemukan di Bin Dawood.



1. Beli 7 Days Croissant Aneka Rasa

Nah, saya akan bercerita pengalaman saat memasuki Bin Dawood ini pertama kali di kota Madinah. Saat itu, kami sedang jalan-jalan bersama ustadz pembimbing dan langsung saja meminta dibawa ke Bin Dawood. Alasannya adalah ingin cari roti seven days yang hits itu lho. Tentunya akan mudah dicari di Bin Dawood karena supermarket yang besar.



Varian rasa yang lebih beragam bisa ditemukan di Bin Dawood, bukan hanya rasa biasa pada umumnya saja. Tetapi saya pun beli aneka rasa lain yang akan dinikmati di kamar hotel nantinya. Ingin beli lebih banyak untuk dibawa pulang ke Indonesia namun lebih baik beli di Mekkah saja agar tidak terlalu kelamaan disimpan dalam koper.

Harga untuk croissant ini akan lebih murah jika beli satu box sih yang mana isinya sekitar 6 karena ada promo isi 5 plus 1 sehingga totalnya ada 6 bungkus. Saat di Madinah, saya hanya beli eceran dengan beragam rasa saja. Saat sudah di Mekkah langsung beli beberapa box untuk dibawa pulang ke Indonesia. Harganya sekitar hampir 10 ribuan untuk satuannya dan seingat saya sekitar 40 ribuan untuk per box.

2. Beli Aneka Coklat

Penggemar coklat mana suaranya? Well, kalian bisa memasukkan Bin Dawood juga deh untuk mencari coklat. Saya pun menemukan beragam brand coklat dengan bermacam bentuk pula. Ini sih memang puas memilih deh karena banyak pilihannya disesuaikan pula dengan budget yang mau dikeluarkan. Sebut saja beli Cadbury, Nutella B ready dan masih banyak jenis lainnya.

3. Beli Kurma

Kenapa beli kurma di supermarket? Nah, memang lebih murah atau lebih seru bisa beli langsung di kebun kurma. Tetapi saya tetap beli kurma juga di Bin Dawood karena menemukan yang sudah dibaluri dengan wijen. Rasanya semakin gurih pastinya karena saya beli dua box untuk dinikmati selama di Indonesia. 

Beragam kemasan lainnya juga ada kok, saya dan teman perjalanan banyak yang beli kurma disini aja. Dengan aneka pilihan kemasan dan harga bisa disesuaikan dengan selera sih dan isi kantong pula tentunya.

4. Beli Snacks

Jauh ke Arab beli snacks? Ih ngapain sih, mungkin itu yang bakalan diucapkan oleh beberapa teman. Hmm, tentu snacks dengan rasa yang berbeda donk. Jika rasa rumput laut, ayam panggang pasti sudah biasa. Kali ini, saya beli snacks dari brand yang sudah ada di Indonesia tapi varian rasa yang tidak ada donk. Sebut saja rasa kurma dan olive untuk brand Lays yang pastinya belum pernah saya temukan di Indonesia sih.



Selain itu, saya pun beli beragam snacks lainnya dari brand berbeda. Tentunya ini untuk dinikmati di hotel sih. Eh, tetapi akhirnya ada juga yang dibawa pulang ke Indonesia termasuk pop corn rasa caramel yang nikmat banget. Nyesal ketika cuma beli satu bungkus doank ih.

5. Beli Parfum

Nah, untuk parfum ini sih memang saya tidak beli di Bin Dawood. Tetapi teman-teman yang bepergian pada hari itu ke Bin Dawood belanja parfum sih. Harga terjangkau yang akhirnya membuat mereka beli parfum. Saat itu, saya belum berkeinginan beli parfum sehingga tidak ada membawa satu pun dari Bin Dawood. Harga parfumnya pun bervariasi lho, ada yang sekitar 20 ribuan juga dengan isi lumayan banyak.

Well, tentunya masih ada banyak lagi yang dijual di Bin Dawood donk. Beragam kebutuhan sehari-hari termasuk buah dan sayuran juga ada disana. Yogurt atau susu serta keju pun tersedia donk. Saya juga beli beberapa items lainnya dari sana. Bin Dawood ini memang sangat familiar baik di Mekkah maupun Madinah. Pastikan kamu singgah juga disana saat mengunjungi Arab Saudi yha.










You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.