Ngopi di Starbucks Madinah, Saudi Arabia. Lho Kok Bisa?

by - Februari 08, 2023

 Pengalaman umroh 2022 lalu masih meninggalkan banyak kesan dan memori yang tidak begitu mudah terlupakan. Banyak yang penasaran cerita pengalaman umroh beberapa bulan yang lalu itu. Hanya saja, saya pun masih mengumpulkan niat dan beberapa kepingan cerita agar tersusun lebih menarik dan buat kawan melalak cantik lebih tertarik membacanya.

Well, kali ini mau bahas cerita ngopi di Madinah. Sebelum umroh, saya membayangkan bahwa tidak ada produk asal Amerika di Saudi Arabia. Namun ternyata dugaan salah karena sudah ada beberapa Starbucks store di beberapa kota di negara Arab. Saya pun sudah coba kopinya di dua kota yang berbeda, nantinya akan diulas secara terpisah saja.

Berbicara tentang Starbucks memang sudah cukup dikenal donk. Jaringan kedai kopi yang besar dan sudah banyak tersebar di berbagai negara seluruh dunia. Saya pun sudah coba pula di beberapa kota lainnya terutama untuk Starbucks Medan. Hampir semua store yang ada di kota Medan sudah pernah dikunjungi, bahkan untuk Starbucks Reserve Medan juga lho. Kalian bisa baca pada artikel Nongkrong Sendiri di Starbucks Reserve.



Cerita Ngopi di Starbucks

Awal mula bisa singgah di kedai kopi Starbucks yang ada di Madinah ini adalah saat bertemu kawan sesama jamaah yang ternyata hobi ngopi. Kakak ini sebut saja Kak Nov begitu bersemangat ngopi sejak berada di bandara Soetta. Saya sudah memperhatikan sejak awal mau keberangkatan meskipun pada saat itu belum saling kenal. Pemantauan hanya sebatas melihat cangkir Starbucks yang dipegang kesana kesini.

Setelah tiba di bandara Dubai, saya pun bercerita mau coba Starbucks yang ada di kota tersebut. Namun, saat tiba sudah tengah malam yang artinya bukan waktu tepat untuk nikmati kopi. Nah, saat keesokan harinya, saat kembali ke bandara sebelum ke Madinah, kami sudah masuk melewati bagian imigrasi yang artinya tidak bisa lagi donk menuju store Starbucks yang ada di luar.

Finally, kami pun merencanakan untuk ngopi di Arab Saudi saja. Ternyata, ada kedai kopi Starbucks di Madinah yang lokasinya pun tidak jauh dari Masjid Nabawi. Keputusan pun dibuat untuk berkeliling sepulang shalat, tentunya sambil berjalan-jalan melihat keindahan kota Madinah.

Akhirnya kami pun memutuskan melihat toko pakaian seperti H&M yang juga berada satu gedung dengan gerai Starbucks. Well, ternyata ada dua Starbucks di sekitar kawasan tersebut. Hanya saja dikarenakan cuaca panas siang itu maka kami memutuskan untuk naik ke Starbucks yang berada di lantai atas saja.

Sebuah pengalaman baru pastinya bisa nikmati Starbucks di kota berbeda bahkan negara baru yang pertama kali dikunjungi. Nah, apalagi di tanah Arab lho! Awalnya membayangkan bahwa tidak akan ada produk Amerika di negara tersebut.



Apakah Ada Hal Berbeda?

Dari segi varian minuman dan aneka cake sih tidak jauh berbeda, hanya ada beberapa saja yang menunya ada di Indonesia tetapi tidak ada di Saudi. Melihat jajaran cake yang terpampang di stelling pun hampir mirip semua kok. Pastinya paling mencolok yang berbeda adalah para pengunjungnya, sudah jelas terlihat wajah para warga lokal. Kegantengan maksimal terpampang nyata di hadapan saat sedang mengantri untuk memesan. Ada juga anak perempuan cantik ikut antri bersama kami dan tentunya jadi rebutan teman jamaah lainnya untuk diajak berfoto bersama.




Dari segi suasana pastinya juga beda sih karena suara yang terdengar lebih banyak berkomunikasi dengan bahasa Arab. Keriuhan pun terdengar syahdu dengan intonasi dan aksen khas Arab. Pastinya suasana ngopi makin asik deh melihat yang ganteng ngobrol dengan tampang menyejukkan untuk dipandang berlama-lama.

Harga Starbucks di Madinah

Beragam makanan dan minuman yang dijual masih hampir mirip dengan yang ada di Indonesia. Namun, menurut saya untuk harga masih ada perbedaan sih meskipun tidak terlalu jauh. Disana memang lebih mahal sih, ini pastinya efek kurs juga. Biasanya pegang uang rupiah saja, eh ini pembayaran sudah pakai Riyal. Bayangin aja 1 Riyal sudah Rp 4.400 lho! Secangkir Starbucks masih dapat Rp 50.000 di Indonesia dan di Madinah bisa sampai Rp 100.000.

Overall, ini bukan tentang harga sih. Bagi saya yang memang hobi melakukan perjalanan dan mencoba banyak hal baru maka ini bukan menjadi sebuah permasalahan utama.  Suasana berbeda dengan sentuhan tangan yang beda pula maka dapat dijadikan sebuah kenangan dari perjalanan umroh di Madinah. 



Well, apakah kalian punya pengalaman ngopi juga di negara lain? Yuk share ceritanya di kolom komentar bawah ini!












You May Also Like

21 Comments

  1. Harganya jadi 2x lipat ya kak kalau di Madinah hehe.
    Namun bener sih, kalau gak begitu kan gak punya pengalaman baru ya, baik dari segi rasa, suasana dan juga harga

    BalasHapus
  2. Vibes Sbux kayaknya selalu sama ya di setiap outlet bahkan di negara lain kalo dr fotonya. Kayaknya udh jadi ciri khasnya. Harganya di sana bisa sampe 2x Indo ya ternyata. Kalo rasnaya gmn kak? Ada bedanya? Aku waktu umroh nggak cobain soalnya 🤣

    BalasHapus
  3. Engga punya pengalaman ngopi di negara lain.
    Hahha, soalnya waktu ke Jepang, masku gak saranin buat ke cafe.. Jadi kalau mau makan atau minum, ke tempat makan yang sudah pasti halal.

    Tapi kalau di Arab dan Madinnah kan in syaa Allah ya..

    BalasHapus
  4. waahhhhhh, aku jadi mau cerita, dulu nih aku kalo mau ngopi starbuck kudu ke negara lain hehehehe. 3-4 tahun lalu di Pontianak belum ada starbuck, kalau mau nikmatin kopinya kudu ke Malaysia dulu. Baru deh bisa nikmatin kopinya

    BalasHapus
  5. Saya pernah ngopi di Singapura dulu zaman belum ada kopitiam di Indonesia, Mbak. Hehehe.

    BalasHapus
  6. Wah kemarin pas umroh Mandiri nggak kepikiran nih cobain starbuck-nya. Malah explore kuliner lokal yang ada di sana.

    BalasHapus
  7. Wahh harganya 2 kali lipat yaaa mba
    Lumayan pricey Starbucks

    BalasHapus
  8. Kalau di Madinah lagi panas-panasnya dan minum kopi dingin dari Starbucks maknyuss bener ya. Cuma harganya yg bikin berat di dompet.

    Tapi asline yg mahal adalah experiencenya, kapan lagi bisa ngopi di negara lain?

    Oh ya kak di tulisan menu pake alfabet biasa apa hijaiyah?

    BalasHapus
  9. waah gak ada euy pengalaman ngopi di negara lain, paling ngopi antar cafe dan itupun duluuu banget. karena udah stop ngopi sejak tahun 2020, hiks. tapi emang sih yang paling seru dari traveling itu nyobain cafe/resto yang ada di indo di negara lain, cobain vibenya gimana apakah sama atau tidak. tapi kayaknya kalo ada gitu nemu, pasti ada feeling berasa dirumah ya meski beda bahasa. ibarat nemu Macdy di jepang gitu ya, aman lah cari makan, hehehe.

    BalasHapus
  10. Wah cerita lain dari umroh ya mbak
    Bisa merasakan ngopi di Starbucks Madinah seperti ini
    Meksi harganya hampir dua kali lipat ya mbak

    BalasHapus
  11. wah saya malah nggak kepikiran dulu pas umroh mau ngopi mbak. Sukanya blusukan di pasar-pasar itu, nyari yang murah-murah, sepatu, baju, sandal, wkwkwkwkw

    BalasHapus
  12. Umroh makin asik ya, Kak saat bertemu dengan apa yang kita cari. Pastinya kalau udah beda negara costnya juga beda. Tapi kalau ngitungnya ga di rupiahkan tetap aja murah.

    BalasHapus
  13. Sayangnya saya baru memiliki pengalaman menjelajah daerah-daerah di Indonesia. Belum Pernah sekalipun ke luar negeri. Semoga tahun ini bisa mengikuti jejak mbk Ririn yang bisa ngopi di tanah Madinah

    BalasHapus
  14. Wahh manteepp wkwkw udahlah coffeenyaa dimana-mana adaa, eh tapi jadi penasaran, di sana pelayanannya gimana dan rasa kopi yang biasa aku pesan sama ngga ya rasanya kayak di sana hihi kalo sama berarti kan sesuai standart yah

    BalasHapus
  15. Ngopi di Starbuck Indonesia aja aku jarang, apalagi di Madinah wkwk. Harganya dua kali lipat ya tergantung UMR nya hahaha

    BalasHapus
  16. Wah, ada yang Starbucks di Arab Saudi? Mataku langsung tertuju ke deretan koleksi tumblernya dan banyak yang belum aku lihat juga ada di Indonesia... Rasa kopinya sama tidak, kak?

    BalasHapus
  17. Wah Starbucks ada di Saudi juga ya, pastinya perjalanan jd ga terasa asing ya karena menemukan kuliner yg sdh akrab spt di Indonesia

    BalasHapus
  18. Sayaang gak suka kopi baik aku ma suami tapi kalau hot coklat pada suka.
    Pengalaman pertama ke starbuck pas 2019 di toyama jepang efek kedinginan beli hot coklat harga hampir2 100rban / gelas ukuran large, ...Banyolan saya suami n anak2 gini seumur2 cobain minuman harga sultan nih

    BalasHapus
  19. Arab Saudi dan Amerika itu sahabat karib Rin 😁, jadi udah dipastikan produk Amerika pasti ada di sana 😄. Produk Amerika cuma terlarang di Negara2 yang dia kenain sanction, kayak Korut, Syuriah, Kuba, Rusia, Iran. Myanmar pas masih kena sanction juga ga ada barang2 US, tapi setelah lepas sanction, baru masuk tuh.

    Aku bukan penggemar Starbucks, kec 1 menunya yg aku suka bangetttt, green tea latte + 1 shot espresso. Jadi tiap ke Starbucks yg aku Pesen itu, ga mau yg lain.

    Dan lagi tiap kali aku ke LN yg ada Starbucks ya, temrn2 banyak nitip Tumbler. Makanya pasti mampir 😁,

    BalasHapus
  20. Wah berkah ya insya Allah
    Jauh banget ngopi-nya tetapi itu namanya nikmat yang tiada tara
    Meski memang harga agak susah bersahabat dengan dompet haha

    BalasHapus
  21. bakalan betah nongkrong di starbuck Madinah, banyak yang bisa diliat warga lokalnya hahahaha. Waduhh adem ayem gitu liatnya ya
    gemes aku liat printilan Starbucks dimana-mana, meskipun ada produk yang juga dijual di Indo, tapi nemu barang yang sama di luar negeri tetp seneng aja

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.