Mau Tahu Tips Lolos SNBP 2024? Yuk Belajar di Ruangguru

by - Januari 18, 2024

 Memasuki tahun 2024, tentunya sudah memiliki beragam target baru yang mau dicapai. Bagi siapapun yang mau meraih impian pastinya perlu siapkan perencanaan dan terus berjuang. Begitu pula dengan siswa/siswi Sekolah Menengah Atas/Kejuruan/Aliyah (SMA/SMK/MA) yang ingin meraih impian untuk lolos SNBP 2024. Lalu, bagaimana agar bisa lolos seleksi SNBP 2024? Yuk cari tahu tipsnya dengan belajar di Ruangguru!

Tips Lolos SNBP 2024


Tips Lolos SNBP 2024

Mengenal SNBP 2024

SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Jika sebelumnya kita mengenal dengan nama SNMPTN sekarang sudah berganti menjadi SNBP. Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dilakukan dengan hasil penelusuran prestasi akademik siswa melalui nilai rapor dan prestasi non akademik. Nilai yang digunakan adalah nilai semester satu hingga lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun.

Perlukah menyiapkan segala sesuatunya sejak pertama memasuki jenjang SMA/SMK/MA? Tentunya sangat penting untuk disiapkan sejak awal agar nilai-nilai yang diharapkan bisa diraih dengan belajar bersungguh-sungguh dari semester pertama memasuki bangku menengah atas.

Kawan melalak cantik perlu ketahui pula bahwa pendaftaran calon peserta/sisiwa melalui jalur SNBP ini tidak dipungut biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Selain itu, jalur SNBP ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah namun memiliki prestasi akademik yang baik.

Cara Lolos SNBP 2024

Ada begitu banyak pertanyaan mengenai cara lolos SNBP 2024 dikarenakan hampir semua yang mengikuti daftar SNBP 2024 ingin agar lolos pula pada tahapan seleksi dan diterima di kampus impian. Berikut ini cara yang bisa dilakukan oleh calon pendaftar SNBP 2024:

1. Miliki Impian


Kenapa diawali dengan miliki impian? Agar tahu apa yang mau dicapai sehingga bisa memutuskan kampus dan jurusan apa yang mau dipilih. Kampus maupun jurusan yang ditentukan pun sesuaikan pula dengan minat dan keterampilan yang sudah ada dimiliki.

Tips Lolos SNBP 2024



2. Pilih Program Sesuai Minat dan Bakat


Kita punya keunggulan masing-masing, tentu setiap siswa/siswi punya minat dan bakat yang diunggulkan dan bisa jadi arahan untuk tentukan program atau jurusan dalam perkuliahan. Kamu bisa saja rendah dalam satu atau dua pelajaran tetapi setidaknya tentu ada pula unggul dalam pelajaran lain. Nah, ini bisa membantu pula sebagai pertimbangan saat menentukan program pilihan.

3.Tanya Alumni yang Sudah Lolos


Kenapa penting untuk bertanya dengan alumni? Salah satunya pasti dikarenakan mereka sudah lebih pengalaman menghadapi prosesnya sehingga bisa cari tahu pula ada tips tambahan untuk cara lolos SNBP 2024.

4. Cari Tahu dan Pelajari Aturan Dasar


Sebagai calon pendaftar perlu cari tahu dan pelajari aturan dasar mengenai daftar SNBP 2024. Banyak informasi yang bisa diperoleh dari berbagai sumber termasuk melalui internet. Dengan mengetahui apa saja yang menjadi aturan dasar maka bisa disiapkan dengan matang.

Tips Lolos SNBP 2024

Setelah mengetahui cara lolos SNBP 2024 maka perlu sekali untuk pelajari dan lakukan tips lolos SNBP 2024 di bawah ini:

1. Analisis Nilai Rapor

Jika kamu sudah berada di kelas 12 saat ini pastikan lakukan analisis terhadap nilai raport terlebiih dahulu. Tips lolos SNBP 2024 adalah dengan menganalisis nilai rapor merujuk pada kebijakan terbaru dari Kemendikbud Ristek. Dengan melakukan analisis sangat penting mengingat proses dari SNBP 2024 sendiri berdasarkan nilai yang ada di dalam rapor. 

2. Sesuaikan Nilai Rapor 


Sudah menganalisis nilai rapor maka selanjutnya sesuaikan dengan nilai rapor untuk menentukan jurusan yang dipilih. Jika nilai rapor tidak memenuhi standar yang ditetapkan, maka harus bijak dalam mempertimbangkan jurusan lain yang sejalan dengan prestasi akademik yang dimiliki.

3. Buat Portfolio yang Menarik


Salah satu tips lainnya yang tidak kalah penting adalah dengan membuat portfolio yang menarik dan bagus. Meskipun tidak semua jurusan menuntut portfolio, namun hal itu bisa memberikan nilai tambah yang signifikan dalam menunjukkan kualitas diri.

4. Pantau Jadwal SNBP Terbaru

Selanjutnya terus lakukan pemantauan terhadap jadwal SNBP 2024 dan membuat pengingat pada smartphone kamu atau tempat yang mudah diakses sangat penting. Tentu penting pula untuk Kerjasama dengan teman untuk saling mengingatkan tentang informasi terkait jadwal dan pendaftaran sehingga bisa saling dukung.

5. Kembangkan Pengetahuan dan Skill di Ruangguru

Demi mengembangkan pengetahuan dan skill maka perlu sekali ikuti pelatihan atau kursus tambahan yang mendukung bidang studi atau minat. Ini dapat menunjukkan inisiatif dan kemauan untuk terus belajar. Ada banyak cara untuk belajar baik secara online maupun offline, platform untuk belajar pun semakin beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu tempar belajar menyenangkan adalah di Ruangguru.

Tips Lolos SNBP 2024



Cari Tahu Tentang Ruangguru

PT RUANG RAYA INDONESIA (Ruangguru) adalah perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan nonformal yang didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia serta telah memperoleh Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal dan Izin Operasional Lembaga Kursus Pelatihan.

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Kenapa Harus Ruangguru?


Karena banyaknya keunggulan Ruangguru tentunya menjadi pilihan utama untuk menyiapkan diri daftar SNBP 2024. Kalian mau tahu apa saja yang menjadi keunggulan dari Ruangguru?

a. Banyak Latihan Soal

Jika sering latihan maka akan terbiasa, itulah pentingnya untuk banyak latihan soal. Nah, jika kamu mengambil kursus persiapan untuk seleksi SNBP 2024 di Ruangguru maka akan diajak untuk mengerjakan latihan soal. Tentu ini membantu agar terbiasa untuk lakukan persiapan menjelang seleksi.

b. Bisa Ikut Tryout

Sebelum menghadapi ujian, tentu akan lebih baik jika mengikuti tryout. Nah, kamu yang mengambil kelas belajar di Ruangguru akan diberikan kesempatan pula untuk ikutan tryout yang bantu kamu buat dapat gambaran ujian.

c. Harga Terjangkau

Biaya sering menjadi kendala ketika mau mengikuti sebuah kursus. Nah, kamu yang ingin belajar di Ruangguru tidak perlu khawatir karena harga terjangkau lho!

d. Banyaknya Pilihan Produk dan Program

Ruangguru memiliki beragam produk unggulan seperti Ruang Belajar, Skill Academy, Ruang Kerja, Ruang Kelas, English Academy dan masih banyak lagi.

Inilah saatnya kamu tentukan pilihan untuk mengambil kursus di Ruangguru agar semakin matang persiapan untuk lolos SNBP 2024.







You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.