Saturday, September 2, 2017

Ketertiban Lalu Lintas Kota Medan Cermin Kekompakan




Horas kawan melalak cantik, hari ini saya ingin mengajak kawan semua untuk ngobrolin lalu lintas kota Medan masa kini. Aman dan nyaman berlalu lintas pasti banyak yang menginginkannya. Namun, kita bisa melihat sekeliling bahwa banyak yang ingin aman namun tidak mau berbuat agar terhindar dari kecelakaan di jalan. Lalu lintas semakin semrawut saat ini, budaya tertib selama ini pun sudah memudar seiring perkembangan zaman dan keinginan untuk melaju cepat sampai tujuan. Padahal Medan itu dikenal dengan kuliner yang enak-enak loh apalagi ada durian yang sudah semakin dikenal oleh banyak orang di kota lainnya. Hayo, siapa mau durian? Yuk tertib berlalu lintas nya.

Sumber: melalakcantik.com

Saya sering merasakan keresahan berlalu lintas di kota Medan yang mana kota ini adalah tempat saya mencari nafkah dan melakukan segala aktivitas. Saya selaku pengendara sepeda motor masih melihat kota Medan yang semrawut dalam hal kedisiplinan berlalu lintas. Ketertiban berlalu lintas tentu menjadi idaman warga Medan namun jika tidak dimulai sendiri oleh warga nya maka ketertiban lalu lintas hanya sekedar impian. Ketertiban lalu lintas kota Medan cermin kekompakan seluruh elemen yang terkait dengan kota ini, baik warga, pemerintah maupun pendatang yang ke kota Medan.

Keresahan Berlalu Lintas

Sumber: melalakcantik.com
Sumber: melalakcantik.com

Sumber: melalakcantik.com

Sumber: melalakcantik.com


Ada beberapa hal yang sering saya rasakan di jalanan mengenai kurang tertib nya lalu lintas di kota Medan, masing-masing moda transportasi memberikan keresahan masing-masing yaitu:

1. Dari Moda Transportasi Mobil Pribadi

Jalur sepeda motor di perlintasan lampu merah sering disalahgunakan oleh pengendara mobil. Jalur yang sudah disediakan khusus dengan lukisan serta tulisan jalur motor pun seperti tidak dihiraukan. Beberapa pengendara mobil justru memenuhi jalur tersebut dan hal itu sering menyebabkan pengendara motor harus berada di belakang mobil yang berada di jalur sepeda motor. 

2. Dari Moda Transportasi Sepeda Motor

Jalur pejalan kaki masih sering digunakan oleh pengendara sepeda motor. Banyak yang tidak memperdulikan kondisi kendaraan roda dua nya yang akan rusak maupun terjatuh jika naik ke atas trotoar. Dalam pikiran pengguna hanya segera sampai tujuan dan tidak berlama-lama terkena macet dan menikmati lampu merah. Hal ini tentu mengambil hak para pejalan kaki, bahkan semrawut nya banyak yang pengendara motor justru marah ketika pejalan kaki berjalan di trotoar menghalangi mereka yang akan melintas di atas trotoar tersebut.

3. Dari Moda Transportasi Becak

Pengendara becak sering tidak memperhatikan kondisi dan situasi jalan. Mereka sering menerobos tanpa memperhatikan pengendara lain yang berada di sekitarnya. Becak juga sering memutar arah tanpa memperhatikan kanan dan kiri serta sering mengebut dan berkendara sesuka hati di jalanan.

4. Dari Moda Transportasi Angkutan Umum (Angkot)

Moda transportasi ini yang paling sering dicemaskan warga di Medan. Pengendara lain tidak tahu kapan angkutan umum akan berhenti maupun melaju. Supir angkot sering berkendara sesuka hati dan sering tiba-tiba berhenti dan bahkan banyak yang sering menerobos lampu merah. Ada banyak kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh angkutan umum di kota Medan ini.

Sumber: melalakcantik.com


Beberapa moda transportasi tersebut sering memberikan keresahan dalam berlalu lintas namun beberapa hal yang sering dilakukan dan juga sangat meresahkan warga Medan maupun pendatang yang ke Medan adalah sebagai berikut:

a. Suara klakson yang berlebihan itu juga salah satu hal yang mengganggu ketertiban jalanan. Dengan suara yang berlebihan tentunya terganggu pengendara lainnya. Terkadang jalanan masih macet namun banyak yang tidak sabar terus menghidupkan suara klakson. Teman-teman saya yang berasal dari luar kota Medan juga sering meresahkan hal ini, padahal pengendara sudah tahu bahwa sedang berada di lampu merah namun klakson masih saja dihidupkan seolah yang di depan menghalangi jalan kecuali jika ia ingin berbelok ke kanan dan jalannya tertutup, baru deh boleh membunyikan klakson.

b. Selain suara klakson yang sering meresahkan, menerobos lampu merah juga suatu keresahan. Warna lampu di rambu lalu lintas sudah tidak dikenali para pengguna jalan, dimana terkadang lampu berwarna merah pun terus saja melaju. Sementara dari arah lawan sedang berwarna hijau, sehingga sering terjadi adu mulut di jalan dan hal itu bisa menyebabkan kecelakaan. Begitu juga saat lampu berwarna kuning, dari arah yang berwarna merah sering tidak sabar sementara pengendara lain masih waspada karena lampu masih berwarna kuning.

c. Penggunaan helm juga masih disepelekan, beberapa pengendara masih tidak tertib di jalan yang mana tidak menggunakan helm sebagai benda yang dapat mencegah terjadinya luka yang parah di bagian kepala saat terjadi kecelakaan.

d. Polisi hanya sosok yang menakutkan namun bukan untuk disegani. Di persimpangan jalan, memang sering banyak terdapat polisi namun sering hanya sekedar untuk ditakuti oleh masyarakat. Dalam hal ini, terkadang masyarakat hanya sering takut ditangkap dan mengeluarkan uang namun masih suka melanggar aturan dimana sering tidak melengkapi surat-surat penting dalam berkendara di jalan raya.

e. Parkir jalanan yang berantakan juga meresahkan karena banyak nya transportasi yang parkir di pinggir jalan menjadikan jalan menjadi sempit dan menyebabkan kemacetan.

Dari beberapa keresahan kurang tertib nya para pengguna jalanan tersebut, saya sangat menginginkan kota Medan yang tertib dan aman. Saya sering menuliskan di status media sosial mengenai keresahan-keresahan ini dan banyak teman-teman yang memberi komentar bahwa mereka juga merasakan hal yang sama, tidak nyaman berkendara di Medan karena budaya tertib dan rasa sabar yang sudah berkurang.

Kawan melalak cantik diharapkan tidak melakukan beberapa keresahan-keresahan tersebut agar kota Medan ini menjadi idaman para warga dan juga pendatang yang ingin berwisata ke kota Medan. Dari keresahan-keresahan tersebut, tentulah sebenarnya Medan ini juga mendambakan kota yang tertib berlalu lintas.

Saya yang suka menjelajah melalak cantik ke beberapa kota dan negara tetangga melihat sekali perbedaan ketertiban lalu lintas di tempat lain. Kota Medan sendiri pun sebenarnya bisa tertib karena ketertiban lalu lintas kota Medan ini cermin kekompakan seluruh elemen yang berada di dalamnya. Malaysia sendiri dengan adanya fasilitas transportasi umum yang nyaman memudahkan para warga untuk menggunakan fasilitas tersebut dan mengurangi volume kendaraan pribadi. Hal ini tentu menjadikan kota ini lebih nyaman dilalui oleh warga setempat maupun wisatawan yang berkunjung kesana.

Sumber: melalakcantik.com


Kota yang tertib, aman dan nyaman tentu menjadi idaman. Kita bisa juga melihat dengan kota Yogyakarta, kota nya juga tidak terlalu besar namun nyaman karena jalanan yang tidak terlalu semrawut apalagi ada pedestriannya maka kendaraan umum berjalan sesuai dengan jalur masing-masing. Pejalan kaki pun tidak perlu resah karena sudah ada jalurnya sendiri.

Sumber: melalakcantik.com


Solusi Ketertiban Berlalu Lintas

Sumber: melalakcantik.com


 1. Alarm Setiap Rambu Lalu Lintas

Saat saya pergi ke kota Semarang, kota ini memang tidak terlalu besar seperti kota Medan yang mana Medan memang masuk dalam 5 besar kota terbesar di Indonesia. Saat berada di persimpangan lampu merah di Semarang, saya mendengar ada alarm pemberitahuan yang mengingatkan pengendara kapan harus berjalan dan mengingatkan mengenai pemakaian helm.

Selain itu, saya pernah melihat biasanya di beberapa tempat ada terdapat mobil yang sudah hancur akibat kecelakaan. Ada baiknya itu sebagai alarm atau pengingat warga Medan agar tidak kebut-kebutan, menerobos lampu merah maupun tidak memakai seat belt maupun helm sehingga mereka bisa melihat dampak dari kelakukan mereka adalah kerusakan seperti mobil maupun motor yang sudah hancur tersebut.

2. Animasi Notifikasi 

Ada baiknya jika plank-plank yang di jalanan dibuat lebih menarik seperti adanya animasi. Sejauh ini, memang sudah banyak plank di jalanan yang memberitahukan mengenai ketertiban lalu lintas maupun rambu-rambu dalam bentuk plank kapan harus berhenti, dilarang parkir, belok kanan maupun kiri serta plank notifikasi (pemberitahuan) lainnya. Namun terkadang warga Medan ini memang kurang senang membaca sehingga ada baiknya diberikan tampilan yang lebih menarik.

Rambu-rambu jalanan seperti ini ada baiknya ditampilkan lebih menarik dalam bentuk animasi sehingga warga yang mengendara lebih memahami dan bisa tertib berlalu lintas di jalan raya.
Sumber: toyotarentacar.net
Selain itu, warga juga harus ketahui beberapa aturan lainnya dalam berlalu lintas dan dibuatkan animasi yang menarik, bisa saja dengan ditampilkan di videotron yang ada di persimpangan jalanan protokol.

3. CCTV 

Polisi memang ada namun seperti pajangan saja dianggap warga Medan ini. Dari kejauhan melihat polisi langsung putar arah dan bahkan ada yang kebut-kebutan mengelak polisi dan akhirnya ada yang terjatuh dan terjadi kecelakaan. Nah, dengan adanya CCTV yang lebih bagus sehingga lebih mudah terlihat plat kendaraan bermotor dari pengendara yang melanggarnya. Sejauh ini memang sudah ada di beberapa titik kota Medan yang menggunakan CCTV namun belum terlalu efektif karena tidak terlalu tampak. Hal ini saya ketahui, saat saya melihat informasi kecelakaan dari beberapa akun anonim instagram pengelola info kota Medan maupun dari instagram @atcsmedan.

4. Fasilitas Transportasi Umum yang Memadai

Dengan adanya fasilitas transportasi umum yang memadai seperti adanya MRT maupun LRT yang nyaman bisa mengurangi volume kendaraan pribadi di kota Medan ini saat jam sibuk ngantor maupun jam anak sekolah. Saat saya berada di Malaysia, saya merasa nyaman dengan fasilitas transportasi umum yang ada, begitu juga di Jepang, warga lebih cepat bisa sampai tujuan dan mengurangi kemacetan.

5. Didik Anak Budaya Tertib

Well, budaya tertib berlalu lintas ini sebenarnya memang tidak diajarkan khusus di bangku sekolahan namun orang tua bisa mendidik anak agar memiliki budaya yang tertib dalam berlalu lintas. Anak sebagai generasi masa depan yang akan terus melanjutkan dan menggunakan jalanan kota Medan tentu butuh pemahaman dan contoh yang baik dari orang tuanya yang tertib dalam berkendara di jalanan.

6. Seminar / Workshop Ketertiban Berlalu Lintas

Dengan adanya seminar maupun workshop mengenai ketertiban berlalu lintas sangat baik untuk para warga. Hal ini seperti yang akan diselenggarakan oleh Astra International Tbk yang mana workshop tersebut akan dilaksanakan di kota Medan dengan tema "Perempuan Ayo Berkendara Aman. Edukasi mengenai berkendara seperti ini sangat bagus apalagi memang diperuntukkan juga untuk perempuan. Saya sering melihat emak-emak yang terkadang sering bersalahan dalam berkendara dan berlalu lintas di jalanan. Hayo, siapa yang sering lihat emak-emak pasang lampu sen ke kiri tapi belok nya ke kanan?

Nah, saya pun sering lihat meme lucu mengenai kesalahan-kesalahan dalam berlalu lintas tersebut. Astra International Tbk menghadirkan edukasi Queenrides yang mana dengan tagline "I Support #Woman Ride Safe". Acara ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 23 September 2017 di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Oh yah, kawan melalak cantik boleh ikutan event ini karena terbuka untuk para perempuan kota Medan dan ini gratis. Boleh selengkapnya klik bit.ly/perempuanberkendara.



7. Servis Kendaraan Secara Berkala

Sumber: melalakcantik.com

Yah, salah satu penyebab kecelakaan juga kendaraan yang sudah usang dan kurang perawatan. Apalagi jika sangat ribut mesin knalpot nya tentu sangat mengganggu pengendara lain serta menjadikan ketertiban lalu lintas tidak terjaga. Meskipun kendaraan yang digunakan bekas namun tetaplah lakukan perawatan. Nah, untuk kawan melalak cantik yang mencari kendaraan bekas yang berkualitas boleh mengunjungi Mobil 88 Medan. Selengkapnya bisa baca review melalak cantik yang berkunjung ke Mobil 88 Medan disini.

Sumber: melalakcantik.com
8. Keimanan pada Tuhan

Yups, semua elemen yang terkait dalam pengembangan kemajuan kota Medan harus memiliki keimanan pada Tuhan. Pihak kepolisian yang harus lebih tegas dalam menindaklanjuti yang tidak tertib berlalu lintas karena jika sudah tegas maka warga tidak sepele lagi. Ketika polisi bisa dibayar Rp.50.000,- di jalanan dan banyak pengendara lain yang melakukan hal yang sama maka polisi tidak lagi disegani karena ketegasan nya mengatur ketertiban berlalu lintas namun hanya sekedar ditakuti agar warga tidak keluar uang membayar polisi akibat si pengendara yang melanggar aturan ketertiban jalanan.

Begitu juga dengan pengendaranya harus lah memiliki keimanan pada Tuhan bahwa menyogok itu juga termasuk dosa. Ketika iman kuat tidak melanggar aturan ketertiban berlalu lintas maka itu lah hal yang baik. Saat menyadari bahwa Tuhan tidak terlihat namun melihat maka sadarilah ketika tidak ada nampak polisi tetaplah taat dan tertib dalam berlalu lintas. Jangan saat ada polisi saja takut dan tertib namun ketika tidak nampak polisi pun haruslah tertib karena kita percaya ada Tuhan yang memantau dan menjaga kita dimana pun berada apalagi saat berkendara.


Inspirasi 60 Tahun Astra


Sumber: Webstie PT Astra International Tbk


Well, ketika kita berbicara mengenai ketertiban lalu lintas tentu memiliki hubungan dengan moda transportasi yang digunakan oleh warga. Moda transportasi tersebut tentunya juga berasal dari perusahaan yang memproduksinya. Sebagai anak muda yang menggunakan kendaraan pribadi tentu saya memilih menggunakan produk dari perusahaan terbaik dan sudah dikenal oleh masyarakat banyak. Saya menggunakan produk-produk yang didistribusikan oleh PT Astra International Tbk, salah satunya seperti Honda.

Sejauh ini, banyak warga yang mengenal PT Astra International Tbk hanya bergerak pada bidang otomotif dan layanan yang bergerak pada bidang itu saja. Saya pun awalnya begitu, namun seiring mengenal lebih mendalam, saya ketahui bahwa PT Astra International Tbk ini memiliki segmen usaha lainnya.

Oh ya, sebagai informasi untuk teman-teman bahwa PT Astra International Tbk telah berdiri sejak 60 tahun silam. Didirikan pada tahun 1957 lalu di Jakarta tentu Astra sudah semakin dikenal sebagai perusahaan yang terus bergerak dan berkembang di Indonesia. Awal pertama berdirinya PT Astra International ini bernama PT Astra International Inc yang kemudian pada tahun 1990 dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk.

Sumber: astra.co.id


PT Astra International Tbk melakukan perubahan nama dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseoran kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseoran di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

PT Astra International Tbk memiliki beraneka ragam segmen usaha yang mana bisa teman-teman lihat di bawah ini perincinannya. Dalam keseharian kita sehari-hari, kita sudah menggunakan banyak produk dan layanan dari segmen usaha Astra seperti menggunakan sepeda motor dan mobil, jalan tol, printer hingga layanan pembiayaan, perbankan dan asuransi milik Astra.

Sumber: melalakcantik.com


Satu Indonesia Astra

Inspirasi 60 tahun Astra
Astra yang memiliki misi "Sejahtera Bersama Bangsa dengan Memberikan Nilai Terbaik Kepada Stakeholder Kami" tentunya benar-benar memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Astra yang terus berkembang dan berkarya untuk Indonesia memiliki beberapa hal yang difokuskan sehingga bisa terus menjadi inspirasi bagi warga Indonesia. Astra mampu menginpspirasi dari berbagai sisi, mulai dari perkembangan sumber daya manusia, beberapa lini bisnis nya hingga kepedulian terhadap sosial di Indonesia.

Kita bisa mengatakan Satu Indonesia Astra dikarenakan saat ini Astra telah memiliki karyawan yang berjumlah 215.338 pada 213 anak perusahaan nya yang mana itu artinya Astra tidak melulu beforkus pada profit oriented namun juga berkontribusi besar pada pengembangan Indonesia dalam hal membuka lapangan kerja sehingga banyak anak bangsa yang tergabung dalam Astra dan tidak menganggur. Astra mampu mengelola karyawan sebanyak itu tentunya dengan berbagai strategi dalam pengembangan sumber daya manusianya.

Astra meyakini bahwa sumber daya manusia merupakan aset dan faktor utama yang menentukan kesuksesan perusahaan. Astra memiliki hubungan kerjasama yang baik kepada seluruh karyawannya, membina hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan sehingga tumbuh ikatan yang kuat dan saling menjaga kebersamaan dan silaturahmi yang baik antara karyawan dan perusahaan. Astra juga memiliki jenjang karir pegawai dari profesional dan juga fresh graduate.

Sumber: astra.co.id


Nah, kota Medan yang ingin tertib dalam berlalu lintas ini tentunya dimulai juga dari sumber daya manusia. Kita bisa menyontoh dari Astra International Tbk yang mampu menciptakan sumber daya manusia yang tepat guna menjadikan Astra semakin besar dan berkembang di Indonesia dan dunia. Kota Medan yang tertib akan semakin dikenal dan disukai oleh warga sendiri maupun para wisatawan dari kota maupun negara lainnya. Ketertiban lalu lintas kota Medan menjadi cermin kekompakan para elemen-elemen yang terkait di dalamnya.



.

Kawan melalak cantik yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengembangan karir di Astra International Tbk maupun jika ingin bergabung menjadi sumber daya manusia yang terbaik di Astra. Boleh follow sosial media karir Astra International Tbk di bawah ini.




Well, kawan melalak cantik sudah mengetahui aturan-aturan ketertiban lalu lintas di kota Medan dan lebih baik jika seluruh kawan melalak mengaplikasikan solusi-solusi terbaik agar Medan menjadi "Rumah Kita" yang nyaman dan aman sehingga kota Medan tercinta bisa menjadi contoh dan panutan untuk kota lainnya dalam hal ketertiban berlalu lintas di jalanan.













31 comments:

  1. Nice artikel, Mba. Saya punya sahabat di Medan, jadi pengen ke Medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Medan,mbak.
      Saya ajak keliling2 kota Medan.

      Delete
  2. Paling kesal kalo trotoar diembat sama pengendara motor. 😑

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,mbak.
      Hal yang paling tidak baik dilakukan oleh pengendara.

      Delete
  3. Belum pernah ke Medan, tepatnya ke Pulau Sumatera. Belum pernah sama sekali T_T

    Masalah ketertiban lalu lintas ini rasanya sama aja ya di sejumlah kota. Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Sumatera,mbak.
      Aku juga pengen kali ke timur sana,ke Lombok gitu.

      Delete
  4. Wah, sekarang ini sudah saatnya yah smua kota membangun ketertiban lalu lintas biar gak ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups
      Benar sekali,dimulai dari warga nya ya :)

      Delete
  5. Aku dari kota lain kak kalo uda k e medan memang paling pening tengok lalu lintas dan klakson nya.

    ReplyDelete
  6. Aku dari luar kota kak. Aku paling malas suara klakson yang bising kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheeheh
      kalo di Medan sudah biasa dengar klakson ya.
      Ya,nanti kita edukasi juga penggunaan klakson yg harus tepat dan sesuai dengan kondisi.

      Delete
  7. Replies
    1. Boleh langsung follow sosial media nya ya bang��

      Delete
  8. Aku dua kali ke Medan dan pengen juga datang lagi ke Medan. Bagus kotanya dan banyak kuliner asiknya. Smoga makin tertib ya kota Medan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,
      Ketertiban lalu lintasnya yang sangat diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat nya mbak.
      Semoga menjadi contoh baik untuk kota lainnya.

      Delete
  9. aku mah tertarik sama durennya mbak hehehehe

    ReplyDelete
  10. Medan ayo saatnya merubah diri menjadi lebih baik dalam berlalu lintas
    Jangan ketinggalan dengan daerah lain. Semangaaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,
      Ayo semangat memperbaiki kota Medan yang jauh lebih baik lagi.

      Delete
  11. Ternyata problemnya di manapun sama, ya. Suka pada gak tertib di jalan raya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,
      Tugas besar untuk seluruh warga Indonesia memperbaiki tata tertib di lokasi masing-masing.

      Delete
  12. Panjangnya ini tulisan lho.

    Hih, jangankan di medan. Di jakarta aja bena suka pusing kalo liat jalanan semerawut gitu. Bena lebih memilih transportasi umum yg disediakan drpada harus bawa kendaraan. Anggaplah membantu pemerintah mengurangi macet dan polusi udara. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya panjang mbak Bena.

      Seharusnya memang harus mulai sadar berlalu lintas sehingga tidak asal-asalan di jalan raya.

      Delete
  13. pengalaman saya bergelut dengan angkot, sopirnya nggak sabaran. pengennya duluan aja sehingga dipersimpangan susah diatur. semua pada serentak ke tengah persimpangan akhirnya macet. kayak di simpang mandala menuju UIN SU.. pengendara motor juga gitu. bahasa saya"kayak dikejar kejar setan". jadi numplek di tengah persimpangan n bikin macet. Kok buru-buru amat.. Ah tapi mobil pribadi juga gitu.. motong kendaraan lain nggak kira-kira. Badan jadan dimakan semua untuk saling mendahului.. Orang Medan kayaknya pada pemarah ya, nggak sabaran, mudah emosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,
      Dikatakan tidak sabaran memang tepat.
      oleh karena itu,uda saatnya kota Medan memperbaiki lalu lintas nya agar menjadi lebih tertib dan contoh untuk kota lain.

      Delete
  14. iya diaman2 ya kita belum bsia punya budaya tertib termasuk berlalu lintas,dan tetmasuk kategori payah krn hampir sebagian besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,payah sekali memang untuk urusan lalu lintas ini.
      Budaya tertib memang diidamkan oleh semua.

      Delete
  15. aku pernah ke medan th 2010 apa 2012 ya mbak, itu semrawut banget gara2 banyak bentor yg ga tertib. Alhamd kl sekarang sdh tertib, ikut senanggg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,
      tata tertib nya memang harus terus dirapikan agar tidak semrawut dan mengganggu kenyamanan berlalu lintas.

      Delete

Silahkan tinggalkan kesan yang baik ketika bertamu. Komentar yang menarik dan asik yah kawan melalak cantik.

About

authorHello, my name is Ririn Wandes. I'm lifestyle & travel blogger from Medan, Indonesia.
Learn More →




Newsletter