Rapid Test Sebelum Berpergian di Era New Normal

by - Juni 24, 2020

Kawan melalak cantik sudah lama tidak menikmati suasana liburan bahkan sekedar berpergian untuk melakukan perjalanan mengunjungi keluarga pun lama sudah tidak bisa dilakukan. Sejak pandemi menghampiri,traveling menjadi hal asing dan tidak pernah lagi dilakukan oleh banyak orang.


Memasuki masa new normal yang mulai diberlakukan oleh beberapa daerah tentunya sudah ada yang bisa berpergian lagi menggunakan transportasi umum. Ada yang mulai ramai bersiap-siap melakukan perjalanan untuk refreshing maupun mengunjungi kerabat. Namun,sudah pasti harus tetap memperhatikan beberapa hal agar kegiatan berpergian dilakukan dengan nyaman dan aman.

Saya belum memiliki pengalaman langsung berpergian saat masa pandemi maupun masa new normal. Namun,adik saya baru saja pulang dari kota lain yaitu dari Batam untuk kembali ke kota Medan. Ia pun menceritakan beberapa hal atau prosedur yang harus diikuti selama sebelum keberangkatan hingga turun di bandara tujuan.

Well, memang harus ada pemeriksaan yaitu mengikuti tes kesehatan terlebih dahulu dari rumah sakit setempat sehingga mendapatkan surat keterangan sehat untuk bisa melakukan perjalanan. Rapid test pun wajib dilakukan sebelum berpergian di era new normal ini. Biaya sekitar hingga 500 ribuan dan hanya bertahan hingga 3 hari saja.



Biaya yang dikeluarkan memang tidak sedikit untuk berpergian di masa pandemi. Namun,bukan berarti tidak bisa melanjutkan perjalanan jika memang sangat urgent untuk berpergian. Efek kelamaan lockdown dan berdiam diri di rumah tentu saja bisa juga menyebabkan sakit secara psikologis. Ada banyak masyarakat yang mulai depresi efek kebanyakan berdiam diri. Apalagi para traveler yang biasanya rutin melakukan perjalanan. Kini harus menikmati suasana dalam rumah saja sehingga banyak yang tidak dapat menahan rasa was-was di dalam rumah.

Kawan melalak cantik yang mau melakukan perjalanan tentu masih diperbolehkan setelah masa pandemi ini tapi perhatikan hal-hal yang dianjurkan oleh tim kesehatan maupun pemerintah setempat. Ikuti rapid test yang disarankan sebelum keberangkatan yang mana biasanya hanya berlaku 3 hari.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpergian di Era New Normal


Beberapa tips yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan saat berpergian di era new normal adalah sebenarnya yang pertama hindari transportasi umum namun jika memang harus antar kota dan tidak memiliki transportasi pribadi maka kesehatan selama di transporasi umum harus tetap terjaga.

1. Pakai Masker dan Penutup Wajah


Dulu memang terkesan menjadi hal yang aneh menggunakan masker kemana-mana. Namun,sekarang sudah menjadi hal biasa menggunakan masker dan penutup wajah. Saya pertama kali lihat yang sering menggunakan masker saat naik MRT atau LRT di Kuala Lumpur. Sekarang bahkan keluar depan rumah pun memakai masker.

Meskipun tidak menunjukkan gejala covid-19 namun harus tetap memakai masker sebab tetap ada kemungkinan kamu akan tertular virus corona. 

2. Lakukan Check in Online


Kawan melalak cantik harus mengunduh mobile boarding pass dan lakukan check in online. Bawa sendiri barang bawaan dan kurangi berinteraksi dengan petugas di bandara meskipun tetap harus menunjukkan identitas. 

3. Sering Cuci Tangan dan Pakai Hand Sanitizer


Sebelum pandemi ini menghampiri memang kita sering lupa dan malas melakukan cuci tangan. Nah,saat sekarang pastinya aktifitas cuci tangan menjadi rutinitas. Lakukan cuci tangan sesering mungkin minimal selama 20 detik. Kamu harus rutin cuci tangan setiba di bandara,turun dari pesawat dan toilet.



4. Bawa Alat Makan dan Minum Sendiri


Saya merupakan orang yang terbiasa bawa bekal makan dan minum sendiri kemana pun sebelum masa pandemi. Apalagi saat sekarang ini,kamu dianjurkan untuk bawa alat makan dan minum ketika berpergian.

5. Tetap Tenang Selama Perjalanan


Dalam situasi apapun kita harus tetap tenang termasuk saat melakukan perjalanan. Yang penting tetap terapkan batas jarak aman dengan orang lain agar terhindar dari percik orang lain yang mungkin terinfeksi virus corona.

Btw,saat sekarang ini mencari dokter bukan lagi hal yang sulit apalagi bisa hanya dengan menggunakan smartphone saja. Aplikasi halodoc kini hadir di tengah masyarakat untuk memudahkan konsultasi dan mencari dokter.



Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kamu. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dari aplikasi yaitu tanya dokter,beli obat,rumah sakit maupun cari dokter.

So,apakah kawan melalak cantik sudah memiliki rencana perjalanan?. Nah,ikuti aneka tips yang ada serta anjuran yang diarahkan agar tetap nyaman dan aman dalam perjalanan. Oh yeah,mencari referensi wisata dalam kota Medan bisa langsung berkunjung juga ke T-Garden Resort.




























You May Also Like

1 Comments

  1. Jujurnya belum ada. Kayaknya selama pandemi aku mau banyakin nulis kulineran, ato staycation di Jakarta :D.kluar dr Jakarta sepertinya ga dulu Rin. Masih serem :D.

    Hotel yg bakal aku book itu juga hrs aku pastiin bahwa mereka menjalankan prosedur covid dgn benar. Jd ga asal book hotel. Dan banyak syarar lain yg bakal aku cek :D.

    Abisnya gimana yaaa,aku punya 2 anak kecil di rumah. Jd kalo ajakin mrk traveling dengan kendaraan umum, malah serem.mnding yg bisa ditempuh Ama mobil sendiri. Yg artinya ga jauh2 .

    Tapi kewajiban masker itu wajib aku terapin ke mereka.

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah