Alasan Pentingnya Perempuan Mandiri Secara Finansial

by - Mei 12, 2021

Akhir-akhir ini,Saya melihat video Priyanka Chopra yang merupakan salah satu artis bollywood. Dalam video tersebut,ia sedang menyampaikan speech yang menarik sekali tentang perempuan yang harus memiliki kemampuan finansial secara independen. Dalam artian tidak bergantung pada siapapun yang ada di sekelilingnya. Meskipun ayah atau suami kaya namun sebagai wanita tetap harus punya penghasilan sendiri dan bisa mandiri secara finansial.

Pentingnya Perempuan Mandiri Secara Finansial


Sebelum melihat video tersebut,saya pun sudah baca beberapa buku tentang pengelolaan keuangan yang mana didalamnya juga terdapat kalimat-kalimat yang menguatkan bahwa perempuan harus miliki penghasilan sendiri. Salah satu bukunya yang saya baca adalah karya Meuthia Rizki yang mana sering menginspirasi perempuan untuk bisa mandiri secara keuangan.

Era digital ini tentunya semakin memudahkan perempuan untuk paham literasi keuangan. Ada banyak artikel-artikel maupun seminar yang bisa diikuti secara daring. Dalam menjalani kehidupan ini tentu penting setiap orang memahami literasi finansial agar bisa tepat mengelola keuangan saat jalani hidup.




Perjuangan Kartini Masa Kini


Bulan april ini diperingati sebagai hari kartini yang mana kita ketahui bahwa sudah banyak hal-hal yang dilakukan ibu kartini pada jaman dahulu sehingga perempuan masa kini bisa melakukan banyak kegiatan yang menghasilkan uang. Saya selalu teringat kalimat,"habis gelap terbitlah terang" yang membuat saya semakin terbuka pola pikir betapa beruntungnya sekarang bisa cari duit lebih bebas daripada masa ibu kartini.

Perempuan Indonesia masa kini tentu sudah lebih leluasa untuk mencapai karir dan berpenghasilan dari manapun. Perempuan sekarang diingatkan kembali untuk berani meraih impian dan memperjuangkan hak-haknya. Tentunya harus memperjuangkan cita-cita, kuat, dan memiliki sikap mandiri seperti sosok kartini.

Dengan memiliki penghasilan sendiri tentunya bisa semakin bijak dalam mengambil keputusan. Saya pun teringat dengan seorang teman yang harus bertahan dengan suami yang berselingkuh karena hanya kepadanya digantungkan biaya untuk hidup. Dari situ saya semakin banyak belajar bahwa wanita harus bisa menghasilkan uang dan mengelola keuangan dengan bijak sehingga ketika suatu hari punya masalah dalam berumah tangga tetap bisa bebas memberi keputusan akan kehidupannya.

Saya sedih ketika mendengarkan cerita teman yang harus bersikeras bertahan demi anak-anaknya karena ia tidak berpenghasilan dan ketika anak sakit lebih sulit berhubung tidak adanya asuransi yang dimiliki. Oleh karena itu,perempuan masa kini baik single maupun sudah menikah perlu adanya asuransi untuk jaga-jaga hal tidak enak di masa depan. Memang semua kita selalu berdoa untuk hal-hal baik dalam kehidupan namun tidak ada yang pernah tau apa yang terjadi di kemudian hari.

Kemandirian Secara Finansial


Beberapa waktu lalu saat saya bepergian ke Turki,bertemu dengan seorang wanita berusia 45 tahun yang masih single bisa keliling dunia. Dari dia saya pun belajar tentang pentingnya kemandirian secara finansial. Tentunya segala hal yang diraihnya tidak seketika saja terjadi,ada usaha yang dilakukannya hingga bisa menggapai impiannya. Saya semakin terinspirasi karena sejak kecil punya impian untuk keliling dunia juga.




Ia bisa melakukan aktivitas menjelajahi banyak negara tentu sudah berpenghasilan yang bisa membiayai segala hal kebutuhan dalam hidupnya. Selain itu,pastinya sudah memiliki asuransi agar perjalanannya untuk berpetualang tidak terasa begitu sulit ketika terjadi sesuatu di kemudian hari misalnya saja mengalami sakit atau ada hal-hal di luar dari perencanaan.

Apakah kawan-kawan sudah memahami yang dikatakan memiliki kemandirian finansial? Sudah menikah atau belum tetap penting pada poin-poin berikut ini:

1. Memiliki Penghasilan

Yeah,sebagai perempuan yang ingin mandiri mengelola duit sendiri tentu donk harus punya penghasilan ya.

2. Memiliki Tabungan

Setelah punya penghasilan tentu donk harus bisa alokasikan beberapa persen untuk dimasukkan menjadi tabungan makanya penting nih perempuan punya tabungan agar semakin mandiri secara finansial.

3. Memiliki Proteksi Diri / Asuransi

Sadar banget nggak bakalan tau apa yang terjadi di masa depan makanya harus miliki proteksi diri ini alias asuransi.

4. Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Nah,cocok untuk yang sudah menikah sejak awal sudah siapkan dana pendidikan anak agar semakin besar sudah tau mau memasukkan anak ke sekolah-sekolah terbaik.

5. Memahami Pentingnya Investasi

Era digital ini juga semakin digalakkan tentang investasi ya,duit bisa semakin berkembang tentunya ketika dimasukkan untuk investasi.

6. Menyiapkan Dana Pensiun

Saya paham bahwa usia tidak muda terus dan tubuh tidak kuat selamanya maka masa pensiun sudah harus disiapkan juga dananya.

Pentingnya Berasuransi


Kawan melalak cantik pastinya sudah sering mendengar tentang asuransi. Kita sebagai perempuan bekerja maupun hanya di rumah saja tetap perlu memiliki asuransi. Saya sebagai wanita aktif yang bekerja pagi hingga sore serta suka berpetualang ke beberapa negara pastinya tidak selalu bertubuh fit. Dengan menyiapkan diri dengan asuransi semakin meringankan hal-hal yang tidak diketahui akan terjadi di kemudian hari.

Beberapa waktu ini,saya semakin tertarik dengan FWD insurance yang mana awal mengenalnya saat pertama kali buka kantor di Medan. Pada masa itu,saya dan teman-teman blogger Medan hadir dan melihat langsung kantor FWD yang ada di Medan. Awalnya masih bertanya-tanya juga tentang kelebihan dari asuransi tersebut. Setelah banyak mempelajari dan semakin paham dengan FWD Insurance yang sudah berdiri sejak tahun 2013. Kawan-kawan juga bisa baca artikel tentang FWD Ajak Perempuan Semakin Berkembang di blog melalak cantik.

Selain itu,saya semakin paham setelah melakukan diskusi secara online bersama para FWD Blogger Squad. Kami mendiskusikan banyak hal tentang perempuan yang harus bisa mandiri secara finansial serta tentunya salah satu produk asuransi dasar yaitu asuransi kesehatan seperti Asuransi Bebas Handal dari FWD insurance.


Keunggulan Gunakan Aplikasi FWD Max


Apakah kawan melalak cantik sudah pernah dengar tentang FWD Max? Kamu yang masih mau mulai berasuransi pastinya perlu menambah pengetahuan tentang asuransi. Hal-hal mendasar yang juga harus dipahami agar tidak salah dalam memilih produk yang mau dibeli. Nah,semakin memudahkan nih jika sudah mengunduh aplikasi FWD Max karena selain bisa cek polis dan bayar premi. Kawan-kawan juga bisa loh klaim langsung dari smartphone saja. Nah,buruan deh download FWD Max,mudah dan simple kok untuk mengunduhnya. Oh yah,kawan-kawan yang mau cari informasi atau cek apakah ada quiz terbaru boleh donk mampir ke instagram FWD @fwd_id.

Well,itulah beberapa hal yang bisa saya informasikan ke kawan melalak cantik agar semakin melek tentang literasi keuangan. Menyiapkan segala sesuatu sejak dini lebih baik daripada menyesal di kemudian hari. Perlu mandiri secara finansial serta tentunya punya asuransi untuk diri sendiri sebagai perempuan. Kamu yang punya pengalaman berasuransi boleh donk berbagi di kolom komentar ya.



































You May Also Like

15 Comments

  1. Such a beautiful blog! Thanks for posting wonderful places in Indonesia. I really loved it.

    BalasHapus
  2. Saya sebagai laki2 juga setuju nih kalo perempuan perlu sekali melek literasi keuangan. Selain itu, mandiri secara finansial penting bagi wanita untuk menambah kas keluarga selain suami yang menafkahi.

    Saya juga suka kalo ada perempuan2/ibu2 dan remaja puteri yang membuka usaha rumahan termasuk jual pecel, soto, gorengan. Ya ini supaya mereka produktif setiap harianya, juga ada uang harian yang masuk kantong untuk menambah2 pemasukan.

    Syukur2 remaja/ibu2 yang paham cara memperoleh uang secara online, ini juga bagus bisa diterapkan... sebagai usaha offline gitu..

    Thanks artikelnya kak, keren sekali !

    BalasHapus
  3. Sepakat bangett Kak Ririn.
    Memang perempuan nih kudu mandiri dalam hal apapun ya.
    Kudu empowered dan strong!

    BalasHapus
  4. Asuransi sekarang banyak jenis, namun intinya membantu perencaaan keuangan di masa mendatang

    BalasHapus
  5. Perempuan memang kudu pinter mengolah keuangan dan bisa mandiri dari segi finansial, karena tampuk kebahagiaan pernah denger daku adanya pada perempuan

    BalasHapus
  6. sepakat mbak
    perempuan harus melek finansial ya
    salah satunya dengan memiliki asuransi
    asuransi itu penting
    ibarat sedia payung sebelum hujan

    BalasHapus
  7. Sejak kecil orangtuaku (terutama ibu) mengajarkan keenam putrinya untuk mandiri termasuk secara finansial. Maka ketika aku dulu memutuskan jadi ibu rumah tangga, Beliau yang paling nyesel karena kuatir ...Dan ternyata benar adanya, salah satu kakakku jadi korban KDRT suaminya. Dan karena dia perempuan bekerja dan mandiri secara finansial (diantaranya), dia berani gugat cerai dan pilih jadi single mom dan mengasuh anak-anaknya.
    Aku sependapat dengan misi FWD Insurance ini...coba kepoin aplikasi FWD Max nanti

    BalasHapus
  8. Bangkit itu solusi sama teman mba. Yakin rezeki dari Allah bukan dari suami yang bangsat.

    Sakit hati di derita setiap hari ngelihat suami selingkuh. Lebih baik cerai dan mulai usaha kecil kecilan. Dengan begitu hati tentram dan insya Allah kemandirian finansial bisa di dapat

    BalasHapus
  9. #toss setuju banget

    karena itu suka gemes lihat perempuan yang ngga bisa mandiri finansial

    apalagi kalau ngga mau memproteksi finansial dengan asuransi

    mirip bundir finansial tuh

    BalasHapus
  10. FWD Max itu suka kasih poin yang bisa ditukar sama voucher2 makanan. asik loh.

    BalasHapus
  11. Mandiri secara finansial akan memberikan ketenangan hati saat kita beranjak tua. Mampu mandiri tanpa (harus/terpaksa) bergantung kepada orang lain. Rutin menabung dan memiliki asuransi adalah cara-cara yang pas untuk mewujudkan tekad itu.

    BalasHapus
  12. Dengan menabung dan investasi, ibu rumah tangga pun akan lebih tenang ya kak. Aku juga gak pernah minta ini itu ke suami, aku minta sama Tuhan aja supaya dimudahkan segalanya

    BalasHapus
  13. Saya banyak memperhatikan type keluarga di sekitar saya. Kebetulan saya tinggal di desa. Kebanyakan memang bukan perempuan yang mandiri secara finansial. Mereka bergantung pada sang suami. Sebenarnya ini nggak masalah. Tapi tiba giliran suaminya bertingkah, si istri jadi terpaksa nerima meski dengan hati yang berdarah.
    Jadi, mau nggak mau perempuan kudu melek literasi keuangan. Salah satunya mengenai asuransi.

    BalasHapus
  14. Setuju mba, memang perempuan harus mandiri ketika suami meninggal kita sebagai ibu pun sudah terlatih kuat dan bisa diandalkan tidak terpuruk dalam kesedihan

    BalasHapus
  15. Menurutku, perempuan memang harus punya penghasilan sendiri, bukan agar lebih mandiri tapi sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah