Cara Mengenal Indonesia Lebih Dekat Melalui Wisata Alam dan Budaya

by - Agustus 10, 2021

 Berbicara tentang wisata Indonesia memang tidak ada habisnya,negara yang kaya dengan segala potensi alam yang dimiliki. Perkembangan era digital membuat berbagai wisata kita dikenal oleh masyarakat luas baik di dalam maupun luar negeri. Selama menjalani hobi traveling ini,saya pun sudah menjelajahi berbagai provinsi di Indonesia dan menikmati berbagai kekayaan alam,budaya dan lainnya.

Cara Mengenal Indonesia Melalui Wisata Alam dan Budaya

Provinsi yang terakhir saya kunjungi sebelum pandemi adalah Kalimantan Barat tepatnya kota Pontianak. Mengenal beragam potensi budaya dan alam yang menambah pengetahuan dan tentu kecintaan terhadap Indonesia. Melestarikan budaya artinya ikut menjaga lingkungan. Ketika kita mengunjungi sebuah kota di Indonesia tentu akan melihat keberagaman kebudayaan dan ikut menjaga kelestarian lingkungannya.


Berwisata Tanpa Merusak Alam

Anak muda masa kini semakin menikmati hobi menjelajahi tempat wisata terutama ada sebuah spot baru yang ditemukan dan instagammable. Aneka wisata alam semakin dipenuhi sesak manusia dan tentu terkadang sampah pun tidak ketinggalan memenuhi lokasi tersebut. Belum semua para wisatawan sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Datang ke tempat wisata hanya sekedar eksis dan memiliki foto yang dijadikan kenangan.

Sebagai rakyat Indonesia tentu kita harus bangga dengan negeri yang kaya raya ini. Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau yang indah dan memiliki potensi dan khas daerah masing-masing. Saat saya berkunjung ke Turki beberapa waktu lalu pun,banyak bertemu warga asing dan mereka menanyakan tentang keindahan Bali. Beberapa sudah pernah ke Pulau Dewata,hanya saja disayangkan mereka hanya kenal Bali tapi tidak paham bahwa provinsi tersebut bagian dari Indonesia.

Btw,saat saya mengunjungi tempat wisata alam di Provinsi Sumatera Utara ini pun masih banyak sekali yang tidak peduli dengan alam. Paling penting sudah bisa update status pernah main ke wisata tersebut saja. Beberapa tahun lalu,saya masih punya nyali untuk mengendarai sepeda motor menuju wisata alam yang ada di Sumut. Sepanjang jalan menuju lokasi masih tampak sampah dan bahkan seenaknya saja membuang dari kaca jendela mobil. 

Saat itu,saya dan beberapa teman yang memang bagian komunitas pecinta alam langsung memiliki inisiatif untuk melakukan kegiatan bersih-bersih tempat wisata alam. Pernah juga saat ada kegiatan 1000 tenda di Paropo, Silalahi, Sumut ,kami turut bantu bersihkan sampah di sekitar danau toba. Memang menakjubkan saat bisa mengumpulkan sampah hingga bergoni-goni. Itulah dampak para pengunjung yang suka asal saja melemparkan sampahnya ke alam.

Tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan anak muda untuk lebih peduli dengan kelestarian alam,budaya,flora fauna dan pangan tradisional dari suatu daerah di Indonesia. Semua bisa dimulai dari diri sendiri. Memiliki hobi traveling menjelajahi Indonesia bukan berarti sekedar jalan-jalan saja tapi tentu harus miliki jiwa-jiwa kesukarelaan yang bisa mendukung Indonesia semakin bersih dan terjaga kelestariannya.

Cara Menjaga Lingkungan

Hal ini memang terkesan sepele tapi jika dilakukan dengan bergotong-royong maka akan menjadikan sebuah tempat wisata menjadi bersih. Saya pernah mengunjungi sebuah tempat wisata alam di salah satu kota di Indonesia. Tentunya sangat disayangkan ketika menemukan sampah yang berserakan di setiap sudutnya. Saya pun harus menggeserkan sampah terlebih dahulu agar tidak tampak pada foto yang ingin diabadikan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan sebagai berikut:

1. Buanglah Sampah Pada Tempatnya

Ada banyak orang yang tidak sanggup melakukan hal tersebut padahal sangat sederhana dan dimulai dari diri sendiri. Sebelum menemukan tong sampah tentu tidak ada salahnya menyimpan sampah tersebut di dalam tas. Jika tidak mau kotor maka selalu siapkan sebuah kantongan yang bisa digunakan untuk mengumpulkan sampah selama perjalanan. 

Seketika saya teringat perjalanan yang lumayan panjang menuju Yogyakarta beberapa tahun lalu. Beberapa sampah saya simpan sampai menemukan tempat sampah sehingga sebuah tempat yang dikunjungi tidak ternodai oleh kotoran yang kita bawa.

2. Menjaga dan Melindungi Hutan

Anak muda di era digital memiliki pengaruh yang sangat besar untuk kelestarian alam negeri ini. Bayangkan jika tiap-tiap anak muda yang menggunakan media sosial bisa mengkampanyekan untuk jaga dan lindungi hutan. Di dalam hutan tentu terdapat juga berbagai satwa liar yang harus dilindungi. Oleh sebab itu,kita harus saling mengingatkan betapa pentingnya hutan untuk keberlangsungan hidup manusia dan juga para satwa.

3. Menanam Pohon

Salah satu kegiatan volunteering yang suka diikuti ketika berwisata adalah turut andil menanam pohon. Jika kawan-kawan melalak cantik punya halaman yang cukup untuk tanam pohon tentu boleh dilakukan di kawasan sekitar rumah. Tentu lebih seru menanam bersama-sama dengan yang laiinnya sehingga semakin banyak pohon yang ditanam akan semakin hijau lingkungan kita.



Nah,kapan nih kawan-kawan mau memulai untuk berkontribusi dalam memelihara keanekaragaman yang ada di Indonesia? Yuk dimulai dari sekarang untuk kebermanfaatan kita bersama-sama.





You May Also Like

3 Comments

  1. Pontianak, pengen banget bisa kesana, kulinernya banyak dan enak enak
    semoga setelah pandemi kelar bisa ke Pontianak juga

    memang ya mbak kalau pas kita jalan ke alam misalnya, nemuin tempat wisata yang banyak banget sampah hasil dari pengunjung lainnya suka sebel. view disekitar jadi jelek juga kalau banyak sampah

    BalasHapus
  2. Keren banget deh kegiatanmu bareng teman-teman ikut bebersih lingkungan...

    BalasHapus
  3. Pontianak, wah saya tinggal di Pontianak. Wajib coba kuliner nya mah kalau di kota ini.

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah