Saatnya Kenali Penyakit Kanker yang Umum Ditemukan Sejak Dini

by - Oktober 18, 2021

Semakin kesini seiring berkembangnya jaman pasti kita ada mendengar beragam penyakit yang bermunculan. Paling sering mendengar penyakit kanker yang dialami oleh orang-oang baik tua maupun muda. Setiap orang punya gambaran tersendiri jika sudah mendengar kata kanker tersebut. Enggak semua bisa senang mendengarnya apalagi jika sudah punya pengalaman di keluarga bahkan jika diri sendiri yang mengalami penyakit itu.

Apa sih yang ada di bayangan kawan-kawan ketika mendengar kanker? Kemoterapi, tumor, rambut rontok, atau biaya pengobatannya yang mahal? Kanker memang semengerikan itu sih. Data menunjukkan, kematian akibat kanker bahkan kian bertambah di banyak negara. Kita ingin mengelak tapi tentunya jika sudah terjadi sungguh sulit menjauhi. Nah, sebelum kita membahas lebih detail,mari kita kenali terlebih dahulu bahaya penyakit kanker!



Kenali Penyakit Kanker yang Umum Ditemukan

Apa sih itu kanker?


Selama ini masih suka bertanya-tanya juga sih apa kanker itu sebenarnya ya. Suka cari informasi dan referensi juga untuk tambahan data dan pengetahuan. Nah,ketika sel abnormal berkembang dengan cepat melebihi batasnya, sel ini menyerang bagian tubuh yang berdekatan dan menyebar ke organ lainnya atau disebut metastasis.

Nah, metastasis adalah penyebab utama kematian akibat kanker. Data dari WHO menyatakan, kanker adalah penyebab kematian no. 1 dan 2 di 112 negara loh! (Sumber: https://acsjournals.onlinelibrary.wiley.com/doi/10.3322/caac.21660). Kita mungkin merasa ini hanya sekedar sumber informasi saja tapi jika saja kita bisa memahami angka tersebut tentu mulai sadari bahwa ini berbahaya.


Sebanyak itukah penyakit kanker di dunia?


Beberapa di antara kita mungkin masih banyak yang belum percaya jika hanya melihat data tetapi faktanya memang sebanyak itu! Pada tahun 2020 sendiri, hampir 10 juta kematian terjadi akibat kanker. Dalam satu tahun, tercatat banyak kasus baru, seperti kanker payudara (2,26 juta), paru-paru (2,21 juta), kolon (1,93 juta), prostat (1,41 juta), kulit non-melanoma (1,2 juta), dan perut (1,09 juta). Kanker payudara ternyata sebagai kasus terbanyak,hal ini tentu harus diwaspadai juga loh oleh para kaum perempuan.

Kanker apa yang jadi penyebab umum kematian?


Jumlah kematian pada tahun 2020 tercatat disebabkan oleh kanker paru-paru (1,8 juta), kolon (935.000), liver (830.000), perut (769.000), dan payudara (685.000). Meskipun kanker payudara memiliki kasus tertinggi namun ternyata penyakit kanker paru-paru yang masih menjadi penyebab umum kematian yang tertinggi. Disini kita bisa mulai mewaspadai dan lebih mejaga kesehatan tentunya donk.


Ada gak bedanya kanker yang umum pada perempuan dan laki-laki?


Pada tahun 2020, jumlah kasus baru yang umum ditemukan pada perempuan di Indonesia adalah kanker payudara (65.858), serviks (36.633), paru-paru (34.783), kolon (34.189), liver (21.392), dan kanker lainnya (204.059). Nah, pada laki-laki, kanker yang banyak tercatat adalah kanker paru-paru (25.943), kolon (21.764), liver (16.412), nasofaring (15.427), prostat (13.563), dan kanker lainnya (90.259).


Apakah penyakit kanker bisa dicegah?


Risiko kanker sendiri bisa dikurangi dengan tidak merokok, memiliki berat badan yang sehat, konsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, menghindari alkohol, mendapatkan vaksinasi untuk melawan HPV dan hepatitis B, dan menjauhi radiasi ultraviolet.

Ada gak cara mengantisipasi beban penyakit kanker?


Kematian akibat kanker sendiri bisa berkurang risikonya, jika terdeteksi dan dirawat sedini mungkin. Kalau terdiagnosis kanker, kamu gak perlu stres dengan biaya perawatan, karena dengan FWD Cancer Protection dari FWD Insurance, 100% Uang Pertanggungan langsung diberikan di tahap awal sejak terdiagnonis kanker sehingga kamu bisa fokus pada kesembuhanmu saja. Klaimnya pun mudah dan cepat, selama dokumen lengkap. Kawan-kawan melalak cantik yang masih penasaran bisa lihat terlebih dahulu deh fitur utama asuransi kanker dari FWD di gambar bawah ini. 




Oh ya,kawan-kawan bisa juga membaca referensi informasi tentang FWD Insurance yang sudah hadirkan FWD hospitcal care protection,selengkapnya langsung meluncur ke artikel di blog melalak cantik.




Asuransi kanker mahal? Eits, premi FWD Cancer Protection mulai dari Rp10 ribu/bulan loh! Belinya pun mudah secara online dan dengan tiga pertanyaan kesehatan saja. Mudah beneran kan? Yuk, kenalan lebih lanjut dengan FWD Cancer Protection di https://www.ifwd.co.id/asuransi-kanker/cancer-protection.

You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.