Mengenal 5 Penyebab Flu yang Mengganggu

by - Maret 03, 2022

Flu merupakan penyakit yang perlu diwaspadai terutama saat pandemic virus corona. Flu merupakan salah satu ciri orang tersebut terpapar virus corona, meskipun begitu tidak semua flu disebabkan virus corona.

Banyak penyebab flu, salah satu yang paling sering yaitu karena terpapar virus influenza dari orang lain. Biasanya kamu akan merasakan gejala influenza selama 1-2 hari setelah terpapar virus influenza, kamu akan merasakan badan pegal dan seri, demam, hidung tersumbat, sakit kepala, dan gejala khas lainnya.

Untuk mengetahui penyebab flu lebih lengkap dan lebih jelas, serta berkonsultasi dengan dokter yang tepat melalui aplikasi Klik Dokter, download di sini. Melalui aplikasi klik dokter kamu akan mendapatkan semua informasi kesehatan yang kamu mau.

Penyebab flu yang mengganggu



Berikut dibawah ini penyebab influenza yang harus kamu ketahui. Silahkan simak dengan baik!

1. Perubahan Cuaca

Ketika musim hujan orang-orang lebih banyak terserang flu dibandingkan musim panas. Karena virus influenza penyebab utama flu lebih mudah berkembang di dalam udara kering dan suhu yang dingin.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa virus influenza akan lebih mudah tersebar saat udara dingin karena pada saat itu orang-orang menutup jendela dan berkumpul dalam satu ruangan.

Hal ini terjadi karena kamu akan menghirup udara yang sama dengan orang lain, sehingga meningkatkan resiko tertular influenza.

2. Kurang Istirahat

Istirahat merupakan salah satu cara meningkatkan daya imun tinggi agar tidak mudah terserang virus ataupun bakteri. Salah satu istirahat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yaitu tidur.

Tidur merupakan cara tubuh agar menjadi selalu bugar. Namun, sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan waktu tidur dengan begadang atau tidur larut malam, padahal hal tersebut merupakan salah satu penyebab flu.

Akhirnya kebiasan begadang tersebut akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, dan membuat kesehatan tubuh menjadi melemah secara menyeluruh. Ketika kamu kurang tidur maka tubuh tidak akan memproduksi sitokin secara normal.

Hormon sitokinin akan diproduksi tubuh ketika tidur, hormon ini berfungsi untuk melawan penyakit dalam tubuh dan menyembuhkan peradangan. Karena hormon sitokin tidak diproduksi dengan normal sehingga imunitas tubuh menjadi lemah, dan tubuh menjadi rentan terserang influenza.

Resiko ini semakin tinggi ditambah dengan cuaca buruk dan stres. Oleh karenanya kamu harus memiliki jam tidur yang teratur yaitu sekitar 7 jam hingga 8 jam setiap harinya.

3. Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih merupakan penyebab influenza selanjutnya yang jarang diketahui banyak orang. Tubuh manusia sebagian besarnya tersusun dari air, oleh karenanya kamu sangat membutuhkan air minum atau cairan agar terhindar dari dehidrasi.

Ketika kamu mengalami dehidrasi maka beberapa kinerja organ tubuh menjadi tidak normal atau terganggu. Sehingga akan membuat kesehatan kamu menjadi rentan.

Banyak minum air putih juga akan membuat bau mulut kamu terjaga, dan tetap menjaga tenggorokan dan hidung tetap lembab. Hidung, mulut, dan tenggorokan kering akan membuat kamu mudah terserang penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, salah satunya yaitu pilek atau flu.

Untuk mengatasi salah satu pencegah flu ini kamu perlu minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Meskipun begitu kebutuhan setiap orang berbeda-beda, jadi kamu harus bisa mengetahui seberapa banyak tubuh kita memerlukan air putih.

4. Kekurangan Vitamin D

Vitamin D bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang dan otot, akan tetapi juga sangat berperan untuk melawan dan mencegah peradangan pada pernapasan akut. Oleh karenanya kekurangan vitamin D merupakan salah satu penyebab flu.

Kekurangan vitamin D juga akan membuat sistem kekebalan tubuh kamu menjadi berkurang. Nah, ketika imunitas tubuh kamu melemah, maka kamu akan mudah terserang penyakit seperti flu ini.

Untuk mencegah tertular atau terserang virus flu kamu bisa mendapatkan Vitamin D dari sinar matahari. Jadi, kamu bisa berjemur selama 10-15 menit setiap paginya dibawah sinar matahari, untuk mendapatkan asupan Vitamin D secara alami.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dari makanan sehari-hari seperti dari kuning telur, hati sapi, jamur dan susu.

5. Tangan Kotor

Penyebab flu selanjutnya yang jarang disadari banyak orang yaitu tangan kotor. Tangan setiap harinya selalu bersentuhan dengan benda-benda yang tanpa disadari ternyata terpapar virus dan bakteri.

Benda tersebut bisa berupa gagang pintu, keyboard komputer, telepon, dan benda keseharian lainnya. Tangan kotor tersebut yang tanpa disadari terpapar virus dan bakteri menyentuh muka, hidung, pipi, mulut, dan mata yang membuat virus influenza akan menyebar ke tubuh kamu, sehingga kamu terserang penyakit flu.

Oleh karenanya mencuci tangan merupakan kebiasan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan diri kamu dan orang-orang disekitar. Tangan yang kotor akan membuat tubuh kamu dapat dengan mudahnya terserang penyakit.

Kamu harus melakukan cuci tangan dengan benar, agar kuman-kuman dan bakteri yang menempel di tangan benar-benar hilang terbawa air. Setidaknya kamu harus mencuci tangan selama 20 detik, dengan air mengalir.

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu lakukan dengan mencuci tangan sebelumnya, yaitu:

- Sebelum dan setelah berinteraksi dengan orang sakit

- Sebelum, setelah, atau selama menyiapkan makanan

- Sebelum dan setelah makan

- Sebelum dan sesudah mengobati luka yang terbuka

- Sesudah membuang sampah atau menyentuh sampah

- Sebelum bersin, mengeluarkan ingus, dan batuk

- Sesudah menggunakan kamar mandi

- Sesudah mengganti popok bayi

Kamu dapat terhindar dari penyakit flu dengan menjaga pola hidup dan kebiasan yang sehat. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan pola makan, yang harus seimbang gizi dan nutrisinya.

Nah, sekarang kamu sudah tahukan penyebab flu. Oleh karenanya kamu harus menghindari penyebab-penyebab tersebut dan hidup dengan gaya yang sehat.

You May Also Like

1 Comments

  1. yaampunn listnya kok aku banget, beberapa hari lalu, tiba tiba flu, bersin bersin mulu terus pilek tapi nggak tentu
    memang aku jarang minum air putih, vitamin D juga dibiarin aja juarang diminum
    waduhh kudu rajin minum nih

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah