Kaymakli Yeralti Sehri, Kota Bawah Tanah di Nevsehir, Turkiye

by - April 15, 2022

Kaymakli Yeralti Sehri mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. Namun, traveler yang sudah bepergian ke Turki atau suka baca info dari komunitas mungkin pernah mendengar tentang tempat tersebut. Kota bawah tanah pada jaman dulu, begitulah kira-kira yang bisa digambarkan. Biasa juga disebut sebagai underground city. Nah, kali ini saya mau ajak ke Nevsehir, Turkiye.

Kaymakli Yeralti Sehri


Silahkan baca juga Suleymaniye Mosque Istanbul

Sebagai pengunjung yang baru pertama kali melihat suasana bawah tanah pastinya akan merasa takjub. Saat ini masih ada sisa-sisa musim dingin, bongkahan salju yang menumpuk masih tampak di beberapa sudut luar dari Kaymakli Yeralti Sehri.

Kaymakli Yeralti Sehri


Teman saya yang merupakan warga Nevsehir mengantarkan saya ke Kaymakli Yeralti Sehri ini. Ia hanya menunggu di mobil bersama seorang temannya. Saya pun diberikan informasi olehnya sebelum masuk ke dalam kota bawah tanah. Kaki mulai melangkah setelah turun dari mobil, melihat kanan kiri banyak penjual souvenir namun tampak sepi. 

Efek pandemi ini memang cukup keras menghantam pelaku pariwisata. Mata saya bisa melihat dari sekitar tempat wisata bersejarah Kaymakli Yeralti Sehri ini. Pengunjung tidak banyak, begitu pula penjual tampak lesu dengan barang dagangan yang belum laku. Saya ingin membeli sesuatu tetapi duit lira tidak banyak untuk berbelanja. Perjalanan saya masih begitu panjang lagi di Turkiye dan tidak tampak banyak ATM di daerah yang jauh dari kota seperti ini.

Kaymakli Yeralti Sehri


Kawan saya mengantarkan sampai pintu masuk saja. Selanjutnya saya pun mulai memanfaatkan skill komunikasi untuk berbicara dengan petugas counter yang menjual tiket. Ia pun mengatakan bahwa harga tiket agar bisa memasuki tempat tersebut adalah 50 TL. Jika mengaku sebagai jurnalis terkadang bisa dapat potongan atau bahkan gratis. Namun, pastinya belum tentu juga dapat kesempatan itu, bisa saja tergantung petugasnya juga sih.

Memulai Penjelajahan di Kota Bawah Tanah

Siapa yang takut gelap? Mungkin bayangan kawan melalak cantik bahwa underground city ini akan sangat gelap. Namun, tentunya tidak perlu khawatir karena ada pencahayaan loh meskipun tidak terlalu terang. Namanya berada di bawah tanah, tentu harus ada sensasi remang-remang juga donk.

Kaymakli Yeralti Sehri


Begitu mulai melewati pintu masuk, saya pun membaca beragam petunjuk sehingga tidak tersesat berada di dalam. Ada beberapa tanda panah dengan warna yang bisa diikuti ketika ingin belok , turun bisa lebih terarah. Sstt, tetap aja bisa kesasar sih karena saya dan ada dua orang mengalami hal sama. Selain harus jalan pelan-pelan, tergelincir juga bisa terjatuh loh. Sesekali juga harus menunduk dan badan seketika ramping melewati jalur sempit.

Kaymakli Yeralti Sehri


Paling asik jika menggunakan jasa tour guide sih, informasinya pasti akan lebih lengkap. Sangat disayangkan budget tidak mencukupi untuk bayar jasanya. Berbekal informasi yang tertera di sekitarnya saja deh untuk mengetahui ruangan-ruangan apa saja yang sedang dilihat.

Underground City Turkiye


Tampak terpesona dengan bebatuannya yang kuat meskipun ada rasa takut juga sih. Berada di bawah bebatuan ini sangat dingin dan pastinya tidak tahu apa yang terjadi di luar sana. Beberapa orang lebih banyak berbahasa Turki, mungkin kebanyakan turis lokal sedang berlibur disana.

Saya menemukan seorang wanita dan anaknya yang mencari jalan keluar. Kami pun sedikit kesulitan karena ia tidak bisa berbahasa Inggris sementara saya pun tidak bisa ngomong dengan bahasa Turki. Intinya tetap mencari exit sih tetapi harusnya ada bahasa-bahasa yang harus diucapkan ketika memberikan petunjuk. Alhasil, saya hanya mengarahkannya untuk bertanya ke warga lokal lain yang lebih memahaminya.

Cukup lama berkeliling melihat beragam tempat yang dulu digunakan untuk beribadah, menyimpan makanan, ruang kumpul keluarga, tempat tidur dan aktifitas lainnya pada jaman itu. Saya seperti tidak kenal waktu berada didalamnya bahkan menghabiskan sejam lebih. Kawan pun menunggu dengan bosan di luar sana dan lebih  menyedihkan tidak ada sinyal sehingga susah berkomunikasi.

Meskipun kota ini memiliki delapan tingkat, hanya empat yang terbuka untuk umum. Tingkat atas digunakan sampai saat ini. Pemilik rumah di sekitarnya membuat pintu masuk dan menggunakannya sebagai gudang bawah tanah.

Awalnya tingkat ini digunakan terutama sebagai kandang untuk hewan peliharaan. Tingkat kedua menunjukkan gereja kristen dan kuburan, beberapa ruang tamu, dan batu besar yang digunakan untuk memblokir pintu masuk. Lantai ketiga adalah untuk penyimpanan biji-bijian, lantai dan anggur, dan berisi kilang anggur dan pabrik lantai. Lantai keempat memiliki dapur umum dengan banyak area penyimpanan makanan dan oven. 

Underground City Turkiye

Underground City Turkiye

Underground City Turkiye

Underground City Turkiye


Sejarah Kaymakli Yeralti Sehri

Kaymakli Yeralti Sehri in pertama kali dibuka pada tahun 1964 berlokasi sekitar 19 km dari kota Nevsehir. Tempat ini merupakan kota bawah tanah yang kompleks dengan 8 tingkat, cukup besar sehingga bisa menampung sekitar 5000 orang.

Underground City Turkiye


Nama kuno dari tempat ini adalah Enegup. Usia kota bawah tanah sangat sulit untuk ditentukan, tidak ada metode fisik untuk menentukan kapan batu dipotong. Menurut Departemen Kebudayaan Turki bahwa gua mungkin pertama kali dibangun di bebatuan vulkani lunak oleh Phrygians (bangsa Frigia), orang Indo-Eropa pada abad ke 7-8 SM.

Ketika bahasa Frigia mati pada zaman Romawi kemudian digantikan dengan bahasa Yunani yang terkait dengan penduduknya. Kota ini sangat diperluas dan diperdalam di era Romawi Timur (Bizantium). Saat itu digunakan untuk perlindungan dari serangan muslim Arab selama empat abad perang Arab-Bizantium. Sejarahnya tentu masih sangat panjang sampai masa Utsmani yang juga masih digunakan untuk tempat perlindungan. 

Sesungguhnya memang lebih asik ketika melihat langsung ke Kaymakli Yeralti Sehri ini. Aura di dalamnya akan lebih terasa dan rasakan sensasi pada masa itu digunakan sebagai tempat perlindungan dari beragam serangan di luar. 

Underground City Turkiye




Lokasi Kaymakli Yeralti Sehri

Cami Kebir Mahallesi yeraltı şehri, Belediye Cd., 50760 Nevşehir, Turki

Opening Hours: Senin-Minggu: 08.00 -16.15 (Waktu Turkiye)












You May Also Like

21 Comments

  1. huwaaa mainnya udah jauh banget nih mba, aku jadi inget nih sama seriel Netflix tentang Turki juga nih, ada mitos-mitos tentang kekuatan supranatural di lokasi serupa kaya kaymakli yeralti sehri. Terus liat suasana underground city nya tuh ngebayangin dulu pas masih ada aktivitas masih rame dan penuh orang yaa

    BalasHapus
  2. Keren banget. Ternyata nggak hanya Cappadocia yang bisa jadi tujuan impian wisata. Kota bawah tanah Turki juga nggak kalah keren. MashaAllah. Kayak amaze gitu aku. Padahal cuma lihat foto-fotonya doangan.

    BalasHapus
  3. Ingin ih ke Turki, semoga rejeki ya. Mana sekarang ke Turki lagi "murah-muranya". Bismillah kota bawah tanah ini mau aku masukin ke wishlist

    BalasHapus
  4. Perjalanannya seru banget. Ini kelanjutannya dari ulasan masjid d Turki kemarin ya? Ditunggu semua kisah perjalanannya ya

    BalasHapus
  5. mash Allah ada kota di bawah tanah, yg jadi pertanyaan di pikiran aman ya ? Kok bisa ya membangun kota seprti ini di bawah tanah, suka takjub dengan ilmu manusia dan ekkuasaan Allah

    BalasHapus
  6. Seru banget ya mba kunjungan ke Turki nya. Kalau dibayangin ada di bawah tanah gitu memang agak serem sih ya, tapi kalau dilihat batunya cukup kokoh. Dingin-dingin seru pasti :)

    BalasHapus
  7. Kalau melihat foto-fotonya yang terbayang oleh daku kisah orang-orang shaleh yang berkhalwat.
    Semoga suatu saat bisa singgah ke sana

    BalasHapus
  8. Wah, baru tahu ttg Kaymakli Yeralti Sehri. Klo bisa menampung 5000 orang, berarti banget dong. Nggak kebayang rasanya tinggal di batu di bawah tanah.

    BalasHapus
  9. Bismillah mudah2 an juga bisa liburan kesini. Dari kemaren ngeplan jalan2 tapi dilema pilih thailand apa turki.

    BalasHapus
  10. bener sekali kalo berkunjung ke wisata yanga da nilai sejarah atau natural lebih enak saat datang kesana pasti beda nuansanya ya

    BalasHapus
  11. Selain Hagia Sophia sama Cappadocia bisa banget buat dimasukin itinerary kalau jalan-jalan ke Turki. Keren ya kirain kota bawah gini tuh cuma ada film-film aja.

    BalasHapus
  12. Wow wisata underground memang menarik banget ya kak. Belum pernah kesini nih Apalagi jika di telaah dari sisi sejarahnya. Ini yang paling saya suka

    BalasHapus
  13. Masya Allah, jadi inget pengalamanku ke Turki thn 2018. Sayangnya cuma bisa ke Istanbul, belum pernah ke kota lain.
    Benar2 takjub karena ada ya kota bawah tanah di Turki?

    BalasHapus
  14. Kaymakli Yeralti Sehri ini bisa jadi referensi saat ke Turki nanti mba, semoga ada rezeki buat kesana, aamiin hehe

    BalasHapus
  15. huaaa keren banget kak ke kota bawah tanah, mana di turki pula. ini mesti jadi wishlist jangka panjang nih

    BalasHapus
  16. Nah kan jadi nambah penasaran main ke sana langsung kalau kaya gini. Petualangan banget ya kak

    BalasHapus
  17. Ini modelannya kayak Lobang Jepang di Bukittinggi nih. Moga suatu saat nanti saya bisa mengunjungi juga. Iya enaknya memang pake guide ya, tapi bisalah kita pelajari sendiri, haha...

    BalasHapus
  18. View di bawah tanah cantik juga ya mba. Penasaran nih sama Turki ini, banyak tempat bersejarah yang jadi destinasi wisata.

    BalasHapus
  19. Lihat kota bawah tanah ini jadi teringat Petra,sih mbak. Mungkin dibangunnya zaman orang masih suka tinggal di dalam tebing-tebing batu gitu ya. (konsep bangunannya)
    Btw selalu menarik berbicara tentang destinasi wisata di Turki, peradaban lampau yang masih terjaga hingga hari ini.

    BalasHapus
  20. sekilas mirip kayak cu chi tunnels. Masuk goa-goa kecil kayak gini dan dulunya juga pernah ada kehidupan
    turki emang bagus-bagus ya wisatanya

    BalasHapus
  21. Aku ga kebayang sih Rin kalo harus tinggal dalam gua batu begini 🤣. Apa ga sesak napas Yaa, trus blm lagi ancaman longsor dll. Salut lah bagi warganya yg bisa.

    Kasian ngeliat penjual2 souvenirnya :(. Apalagi dengan kondisi turkiye yg sedang inflasi parah . Semoga aja keadaan mereka semakin membaik yaaa, makin banyak turis yg kesana

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.