Review WE Hostel Hat Yai Thailand, Penginapan Budget Solo Traveler

by - April 16, 2023

 Siapa yang berkeinginan untuk solo traveling ke Hat Yai Thailand dalam waktu dekat? Pastinya banyak yang cari referensi penginapan yang murah meriah terutama para solo traveler. Ini kedua kalinya menginap di WE hostel yang harganya cuma 100 ribuan di Thailand. Cari tahu review selengkapnya di bawah ini yuk!



Review WE Hostel Hat Yai 

Kenapa cari hostel saat solo traveling? Sebenarnya tidak selalu mencari hostel sih karena terkadang memilih hotel berbintang yang memiliki fasilitas bath tub dan kolam renang. Nah, berhubung hanya beberapa hari saja di Hat Yai maka memilih WE hostel saja.

Sebelumnya sudah pernah menginap disini sekitar tahun 2018 dimana saat itu saya dan teman-teman traveler lainnya sedang berlibur ke Hat Yai. Kami tidak memesan penginapan sebelumnya sehingga ketika mendatangi hostel yang diinginkan sudah penuh. Berjalan menyusuri kawasan Lee Garden Plaza hingga menemukan WE hostel ini dan sebelumnya juga menanyakan rekomendasi dari resepsionis hostel sebelumnya yang didatangi sih.

Pelayanan WE Hostel

Saya memasukkan pelayanan di awal review ini karena memang menyenangkan sih ketika berada disana. Pertama sampai di depan hostel langsung bertemu seorang wanita yang sedang duduk di depannya.

Sempat kaget karena bagian depan sudah berubah, ruangan bagian depan di lantai dasar sudah berubah menjadi tempat Thai Massage. Siapa yang tidak kaget ketika sudah melakukan pembayaran dan hostelnya ada namun yang terlihat hanya ruangan massage.

Nah, saya pun berusaha berbicara dengan wanita tersebut dengan Bahasa Inggrisnya yang lumayan menguji kesabaran. Ia bisa berbahasa Inggris, hanya saja logat atau aksen yang tidak begitu mudah untuk dipahami. Saya hanya bisa menunjukkan bukti pemesanan dan sudah bayar dari aplikasi Tiketcom.

Ternyata ia memang kurang mengerti tentang pemesanan dan biasanya yang mengurus adalah anaknya. Saya pun diminta untuk menunggu beberapa menit sambil menunggu anaknya datang ke hostel. Dikarenakan belum ada bawa duit baht, saya pun menanyakan lokasi ATM terdekat karena pastinya harus bayar deposit nantinya untuk hostel.

Ia pun menunjukkan dengan ramah bahwa hostel berada di seberang hostel yang tentunya sangat dekat sekali. Sebelum anaknya datang maka saya pun bergegas menuju ATM di seberang jalan. Selesai mengambil duit langsung kembali ke hostel dan ternyata anaknya sudah datang.

Saya pun langsung memberikan bukti pemesanan kepada seorang pria yang merupakan anak dari wanita tadi. Ia pun melayani dengan ramah sambil bolak balik tertawa karena sedikit kesulitan untuk berbahasa Inggris. Memang ini masih termasuk musim sepi traveler makanya hostel pun tidak perlu merekrut pekerja lainnya.



Setelah beres urusan check ini, ia pun terheran ketika saya memesan mix dormitory. Kenapa tidak pilih female dormitory saja apalagi ketika dilihatnya saya seorang wanita berhijab. Saya pun menjawab dengan ramah tidak apa-apa di mix dormitory saja. Syukurnya memang tidak ada tamu lainnya, hanya saya seorang diri di dalam room tersebut.

Ia pun menjelaskan beberapa hal tentang hostel termasuk ruang buang air, ruang mandi dan ruang ganti baju. Menurut saya, ini sudah cukup oke dengan harga 100 ribuan per malam. Seorang solo traveler yang cuma mau jalan-jalan tanpa berlama-lama di penginapan maka cocok pilih hostel begini.

Saya mendapatkan kunci pintu untuk akses masuk jika pulang ke hostel di atas pukul 12 malam. Nah,itulah ada deposit yang dibayarkan sekitar 200 baht. Sebenarnya tidak terlalu perlu juga punya kunci pribadi karena saya pasti akan kembali ke hostel tidak sampai tengah malam.

Menurut saya, memang pelayanan di Thailand selalu paripurna meskipun sekedar hostel biasa. Biasanya senyum ramah dan helpful itu yang membuat kita akan betah berlibur di Thailand sih. Ketika saya di WE hostel pun merasakan keramahan dari para staff baik ketika mau ke luar hostel atau pun saat datang balik ke hostel.

Fasilitas WE Hostel

Namanya hostel 100 ribuan tentu tidak mengharapkan fasilitas yang berlebihan sih. Sekedar bisa mandi,ganti pakaian dan tidur dengan tenang pasti buat hati senang. Menurut saya, kamar mandi termasuk kategori bersih dan beragam informasi tentang peraturan juga ditempel sehingga tamu bisa membacanya dan ikut aturan yang dibuat.

Kamar yang ditempati tentu disesuaikan dengan pilihan kita saat lakukan pemesanan. Apakah memilih kamar dengan 4 bed atau lebih. Dulu pertama kesini juga, saya dan teman pilih 4 bed dengan kamar mandi di dalam kamar. Hal ini dikarenakan kami memang datang berkelompok maka lebih asik ada toilet sendiri.



Sebuah dapur pun tersedia apabila kita mau makan nikmati makanan yang dibeli dari luar. Pada tahun 2018 sebelum pandemi, hostel ini punya fasilitas dapat sarapan gratis tetapi kini sudah tidak ada lagi. Mungkin dikarenakan tamu masih sepi makanya tidak ada fasilitas sarapan. Saya pun memanfaatkan dapur untuk nikmati makan sahur karena berkesempatan bisa ramadan di Thailand pada saat itu.

Oh ya, sebenarnya pun tersedia juga air minum yang bisa diambil jika kita bawa botol minuman sehingga bisa isi ulang berkali-kali. Tetapi, saya lebih sering beli minum air mineral di Seven Eleven karena lebih segar dengan pilihan yang dingin dari kulkas.

Seperti saya katakan bahwa bagian depan hostel ini sudah berubah menjadi tempat Thai Massage sehingga ruangan terang benderang sebagaimana kebanyakan tempat massage kaki sepanjang jalan di Thailand. Tentu tidak ingin melewatkan fasilitas Thai Massage ini donk meskipun harus mengeluarkan budget lagi. Nanti mau review khusus deh tentang cerita pengalaman massage di Thailand karena sudah beberapa kali coba selama di Thailand khususnya Hat Yai.



WE Hostel Hat Yai, Thailand

Niphat Uthit 3 Rd, Hat Yai, Hat Yai District, Songkhla 90110, Thailand

You May Also Like

1 Comments

  1. Aku tuh sbnrnya penasaran nginep di dorm gini Rin, belum pernah soalnya 😅. Cuma kadang mikirnya bukan masalah tidur, tapi mandi 😂. Soalnya aku tuh tipe yg lama kalo mandi. Makanya kepikiran kalo pake shared bathroom, kasian tamu lain yg nungguin 😅😄. Itu kenapa kalopun tinggal di hostel, aku pasti pilih private room yg kamar mandi di dalam

    Menarik nih tempatnya, Krn kayaknya Deket banget Ama tempat belanja dan makan Yaa. Thai massage memang enak sih. Trakhir ke Bangkok aku cobain pijat kaki doang, itu aja udh mantep. Soalnya kalo pijat badan aku ga kuat geli wkwkwkwkwk

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.