Ngapain Aja di Central Festival Mall Hat Yai?

by - April 23, 2023

 Apakah kawan melalak cantik pernah mendengar Central Festival Mall Hat Yai ? Apa sih yang dibayangkan dari sebuah mall di Thailand? Jangan bayangkan besar atau lengkapnya seperti yang ada di Bangkok. Tetapi tentu tidak akan mengecewakan ketika memasuki Central Festival Mall Hat Yai.

Ngapain di Central Festival Hat Yai?

Sebelumnya mau nanya nih,apakah kalian tipe yang suka ngemall saat liburan di sebuah negara baru? Jika jawabannya iya maka mari memberikan toss karena punya selera yang sama. Tentunya bukan sekedar untuk shopping sih tetapi lebih ingin melihat aktifitas warga lokal juga.

Central Festival Mall


Selain melalui pasar tradisional, mall atau pasar modern lainnya juga bisa memberikan kesan menarik dari kegiatan warga lokal. Biasanya kita bisa melihat bagaimana ketika mereka berkumpul, makan di sebuah restoran atau saat berbelanja di toko-toko pakaian di mall tersebut.

Hobi memasuki mall terutama baru pertama kali ke sebuah kota atau negara karena menjadi pengalaman tersendiri bisa melihat situasi masyarakat lokal sih. Jika ada keinginan belanja barang jasa titip (jastip) tentulah tidak masalah. Hobi sekaligus menambah cuan pastinya bisa dilakukan bersamaan gitu.

Cara Menuju Central Festival Hat Yai

Bagi solo traveler tentu akan lebih murah dan mudah untuk tinggal di hostel atau dormitory yang berada di downtown atau pusat kota. Saya pun memilih untuk menghabiskan beberapa malam di WE Hostel Hat Yai yang review selengkapnya bisa dibaca pada artikel tersebut. 

Dari downtown seperti Lee Garden Plaza, kamu bisa naik TukTuk atau songthaew menuju Central Festival. Berhubung saya pun sendiri maka memilih naik ojek online sepeda motor saja. Selain hemat waktu juga harganya tidak terlalu mahal. Pada saat itu, saya memesan melalui aplikasi Indrive sekitar 45 baht untuk sekali jalan. 

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Central Festival Mall?

1. Shopping, Beli Fashion and Beauty Items Beragam Brand

Jika kalian mencari brand ternama yang biasanya ada di mall besar ibukota, mungkin tidak semua ada di Central Festival Mall. Namun, untuk beberapa brand seperti Uniqlo, H&M, Victoria Secret, Charles & Keith dan beberapa brand masih bisa ditemukan di mall tersebut. 

Local Brand Thailand


Saya sendiri pun tergoda untuk memasuki beberapa toko fashion baik brand internasional maupun lokal Thailand. Hingga akhirnya tersadar sudah banyak saja barang yang dibeli,huhuhu. Padahal biasanya paling jarang membeli barang-barang saat traveling. Tentu memikirkan bagasi yang khawatir kelebihan atau biaya mahal dibayar di bea cukai.

Meskipun semua produk dibeli untuk dipakai sendiri tetapi tetap saja ada rasa kekhawatiran jika ternyata barang belanjaan melebihi minimum ketentuan bea cukai Indonesia. Sampai akhirnya, saya pun beli beberapa fashion items dari Uniqlo, H&M dan brand lokal Thailand tetapi jika dihitung dari receipt tentu masih aman masuk ke Indonesia sih.

Kamu yang hobi belanja bisa banget deh cek aneka produk fashion dari brand lokal karena tidak kalah keren dari brand internasional. Begitu pula dengan harganya, tentu bersaing dan jauh lebih murah. Saya tergoda beli mini dress dan sebuah tas dari brand lokal seperti PREM Bag and Clothes.

Oh ya, kamu yang suka bertransaksi cashless tentunya bisa donk karena beberapa toko menerima penggunaan debit card. Tetapi ada juga merchant yang maunya hanya dengan uang cash seperti toko PREM Bag and Clothes. Padahal saat itu, duit cash sudah terbatas dan tidak mau ngambil dari ATM lagi. Namun, akhirnya keluar juga sekian ribu baht demi bayar baju dan tas yang sudah membuat jatuh cinta,caelahhh.

2. Nonton di Bioskop, Hat Yai Cineplex

Suka coba aneka bioskop di berbagai negara? Pasti tidak mau juga melewatkan bioskop di Hat Yai donk. Nah, kamu bisa nonton bioskop di Hat Yai Cineplex ini,tentunya mayoritas isi penonton adalah warga lokal. Saya cuma melihat dari luar beberapa list film yang tentu tidak semua diketahui dan wajah penonton pun kebanyakan memang wajah-wajah warga Thailand.

3. Nongkrong di Cafe atau Makan di Restoran Mall

Anak nongkrong mana suaranya? Pastinya tidak perlu khawatir mencari tempat asik buat duduk santai di dalam mall karena ada Starbucks lho. Saya tidak melewatkan beragam kedai kopi internasional ini dimana pun. Saat berada di kota atau negara baru tetap mencoba Starbucks, sekedar ingin tahu rasanya atau membandingkan dengan yang ada di Indonesia.

Central Festival Hat Yai


Beragam cafe maupun restoran juga ada lho di Central Festival Mall Hat Yai. Enggak perlu khawatir cari makanan halal deh karena masih banyak masyarakat muslim di kawasan Thailand Selatan. Selain mau duduk santai, juga bisa nikmati kuliner yang ada di bazaar. Saat itu, ada bazaar di sisi halaman mall sehingga ramai pilihan street food bisa dipilih. Oh ya, foodcourt di lantai atas juga menarik karena banyak tenants yang menjual aneka makanan dan minuman patut dicobain.

4. Hunting Buku di Aneka Bookstore

Bukan seorang bookworm sejati tetapi membeli buku atau sekedar baca pun sudah menyenangkan hati di sebuah negara baru. Nah, kebetulan sudah beli buku ketika berada di Penang maka kali ini coba cek aja deh. Setelah puas melihat dan jika ada yang tertarik bisa langsung beli aja. Memasuki beberapa toko buku tetapi akhirnya beli penghapus karet saja karena memang mengoleksi barang tersebut.

Dari beberapa toko yang dikunjungi, menarik berada di salah satunya yaitu Naiin Bookstore yang mana hampir semua bukunya berbahasa Thailand. Apakah saya langsung keluar ketika berada di dalamnya? Tentu tidak,hahaha. Nikmati saja aneka tulisan cacing itu meskipun tidak paham maknanya. Bisa difoto dan diterjemahkan melalui apps sih tetapi entah kenapa tidak kepikiran saat itu,huhuhu.

Naiin Bookstore


5. Cuci Mata Saja

Kenapa ada pilihan cuci mata? Yah, jika semua hal yang ada di atas tidak begitu menarik maka bisa sekedar cuci mata saja donk. Banyak juga cowok Thailand yang cakep kok,wew haha. Enggak lho, maksudnya bisa sekedar cuci mata untuk melihat saja beragam toko yang ada disana. Memanjakan mata tentu tidak ada yang salah. Tetapi jika akhirnya membeli tentu jangan salahkan saya,hahaha

Fasilitas Central Festival Mall

Jika kamu sudah menyewa mobil dan butuh tempat parkir maka tidak perlu khawatir karena cukup luas parkirannya sih. Dan bagi masyarakat muslim yang butuh tempat beribadah juga bisa shalat di mushola mall yang luas. Bahkan untuk perempuan dan laki-laki pun terpisah sehingga tidak akan saling senggol deh. Kamar mandi juga masuk kategori bersih meskipun saat itu sedang ramai sekali pengunjung menjelang ramadan tetapi sepertinya petugas rajin membersihkannya.

Prayers Room Central Festival Mall



Well, itulah beragam aktifitas yang bisa dilakukan saat berada di Central Festival Mall Hat Yai. Bisa dimodifikasi sesuai kesenangan sih, tidak perlu menjadi patokan tetapi bisa jadi referensi. Eh, kalau mau pergi, jangan lupa ajak saya juga donk. Wah, rasanya memang ingin kembali jalan-jalan ke Hat Yai meskipun sudah berkali-kali sih.




Central Festival Hat Yai

1518 Kanjanavanich Rd, Kho Hong, Hat Yai District, Songkhla 90110, Thailand
Opening Hours: Sunday to Monday : 10.00 - 21.00














You May Also Like

1 Comments

  1. Aku masih galau ntr mampir Ke hatyai atau ga. Secara kuatir panasnya Thailand masih menggila 😂😂😂. Skr aja suhu mereka lagi mendidih banget kan.

    Tapi kalopun Juli aku ga jadi kesana, ntr bakal aku masukin ke ITIN pas Dec. Temen ngajak ke Thailand Krn dia belum pernah Rin. Sbnrnya Bangkok sih, tapi kalo lagi nekad bisa aja sih kami mampirin hatyai hahahahah

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.