Ide Resep Masakan Lebaran Paling Diminati Para Perempuan

by - Maret 30, 2024

Lebaran menjadi momen yang selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, bukan hanya menjadi waktu untuk merayakan kemenangan spiritual setelah berpuasa selama sebulan penuh, tetapi juga menjadi momen untuk berkumpul dengan keluarga dan menikmati hidangan lezat bersama-sama.




Ide Resep Masakan Lebaran Diminati Perempuan


Pada hari lebaran biasanya beragam menu masakan disajikan baik untuk dikonsumsi oleh keluarga utama maupun tamu-tamu yang datang berkunjung ke rumah. Di tengah riuhnya persiapan menyambut lebaran, salah satu hal yang tak boleh terlewat adalah persiapan hidangan khas dari masing-masing daerah.

Makanan yang disajikan tentu saja akan memanjakan lidah para tamu yang datang berkunjung. Kali ini, melalak cantik akan mengajak para pembaca untuk jelajahi beberapa resep masakan lebaran paling diminati perempuan yang tak tergantikan untuk menyemarakkan suasana di hari idul fitri.

Btw, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai resep masakan lebaran yang paling diminati para perempuan. Yuk, pahami terlebih dahulu tentang makna dari lebaran tersebut.

Apa itu lebaran?


Menurut Wikipedia lebaran atau idul fitri adalah hari raya umat islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan kalender Hijriah. Karena penentuan 1 Syawal didasarkan pada fase bulan, maka Idul fitri jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi.





Tentu saja, idul fitri bukan sekadar tentang hari perayaan, pakaian baru, dan hal-hal lainnya yang serba baru. Meskipun memang pada dasarnya umat muslim disunnahkan untuk menggunakan pakaian baru, tetapi secara hakikat, bukan itu makna sesungguhnya dari hari raya idul fitri.

Seperti yang diketahui bahwa lebih dari itu, idul fitri dimaknai sebagai bentuk refleksi diri, bentuk rasa syukur, dan kegembiraan. Dalam hal ini, refleksi diri berarti setiap umat muslim dianjurkan untuk introspeksi diri dan kembali kepada fitrah islamiyah.

Setelah dibersihkan dengan puasa ramadan selama 1 bulan penuh maka diharapkan kembali suci, yang kemudian disempurnakan dengan mengeluarkan zakat fitrah sebagai bentuk rasa syukur dan berbagi kepada sesama, serta saling memaafkan atas kesalahan yang pernah terjadi.

Masakan Lebaran Wajib Tersedia di Rumah


Setiap rumah memiliki beragam menu makanan lebaran yang khas dan tentu saja ada masakan lebaran yang memang wajib tersedia untuk dinikmati bersama-sama. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:




1. Ketupat Lebaran


Ketupat adalah hidangan khas lebaran yang sudah menjadi ikonik. Masakan lebaran ini dibuat dari nasi yang dikukus dalam anyaman daun kelapa. Ketupat memiliki cita rasa yang unik dan tekstur yang kenyal. Hidangan ini biasanya disajikan dengan opor ayam, rendang, atau semur daging.

Resep ketupat lebaran ini pun banyak sekali dicari oleh para perempuan menjelang hari raya idul fitri. Untuk membuat ketupat, Kamu hanya perlu nasi, daun kelapa untuk membungkus, dan sedikit keterampilan dalam menganyam.

Semua wanita ingin menyajikan menu terbaik dengan cita rasa yang terkenang oleh para tamu yang berdatangan ke rumah. Serta tentu saja membuat keluarga makin sayang ketika menikmati kelezatan dari ketupat lebaran.

2. Rendang


Rendang adalah hidangan daging yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia. Daging dimasak dalam santan dan rempah-rempah yang kaya, seperti serai, lengkuas, dan daun jeruk, hingga kuahnya mengental dan bumbunya meresap sempurna ke dalam daging.

3. Lontong Daun


Lontong adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari nasi yang dimasak dalam anyaman daun kelapa atau daun pisang sehingga membentuk silinder panjang. Tentu saja selain resep ketupat lebaran, banyak para perempuan yang mencari tahu mengenai resep lontong daun.

Makanan ini adalah nasi yang dimasak dalam daun kemudian dipadatkan dan dikukus hingga matang. Setelah itu, lontong biasanya dipotong menjadi potongan-potongan kecil sebelum disajikan bersama masakan lainnya.

4. Sambal Goreng Kentang


Sambal goreng kentang adalah hidangan yang terdiri dari kentang digoreng hingga renyah dan kemudian dimasak dengan bumbu pedas kaya rasa. Resep sambal goreng kentang ini pun mudah ditemukan di berbagai sumber karena memang sangat enak dinikmati menjadi menu pendamping.

Biasanya disajikan dengan telur, tahu, tempe, dan kadang-kadang daging sapi atau ayam, sambal goreng kentang adalah hidangan pendamping yang sempurna untuk menemani nasi putih hangat di meja makan lebaran.

5. Opor Ayam


Opor ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sering disajikan pada acara-acara istimewa, termasuk saat lebaran. Hidangan ini terdiri dari potongan-potongan daging ayam dimasak dalam santan yang kental dan bumbu rempah yang kaya. Opor ayam biasanya memiliki cita rasa gurih, creamy, dan sedikit manis karena penggunaan santan dan rempah-rempah khas Indonesia.

6. Kue Lebaran


Lebaran tidak akan lengkap tanpa kue-kue khas yang hanya muncul saat musim lebaran tiba. Mulai dari kue nastar yang manis dan lembut hingga kue putri salju yang renyah dan berselimut gula halus. Kue-kue ini selalu dinantikan dan disajikan dengan bangga kepada tamu-tamu yang datang berkunjung.

Well, lebaran bukan hanya tentang makanan, tetapi juga tentang kedekatan keluarga, kebersamaan, dan berbagi kebahagiaan dengan sesama. Dengan adanya kehadiran hidangan-hidangan tradisional yang lezat ini, suasana lebaran akan semakin meriah dan penuh kenangan yang tak terlupakan.

Resep masakan lebaran tersebut yang paling diminati para perempuan pun bisa Kamu coba di rumah. Semoga menu yang dibuat bisa sesuai harapan dan disukai oleh seluruh anggota keluarga serta tamu yang berdatangan ke rumah.






You May Also Like

23 Comments

  1. Kalau di rumah lebih suka masak opor, tapi kalau saya sendiri lebih prefer bikin salad saat lebaran, karena pas lebaran kalau ke rumah saudara selalu makan. Apalagi saudara dari bapak dan ibu sama-sama di satu kecamatan. Kata orang jawa warek jadinya.

    BalasHapus
  2. Wah ini mah bukan ide masakan tapi memang masaka wajib khas banget lebaran

    BalasHapus
  3. Aku kalau lebaran tuh malah males makan yang kayak opor atau rendang gitu. Pengennya tuh makan bakso, mie ayam kalau gak soto. Makanya tiap lebaran nyetok bahan2 untuk menu tersebut. Soalnya berasa lebih enak aja gitu dan beda dari yang lain.

    BalasHapus
  4. Wah ini sedap dan mantep banget. Terutama opor dan lontong, ditambah sambal dan kerupuk udang. Momen idul fitri makin terasa dengan menu-menu khas lebaran ini.

    BalasHapus
  5. Kalau di kampung saya tiap lebaran pada masak lodeh pedas, dimakan pakai lontong atau ketupat.

    BalasHapus
  6. Makanan Hari Raya Idul Fitri enak semuaaa. Apalagi dilengkapi kue-kue kering dan camilannya.

    BalasHapus
  7. Ketupat lebaran sama opor ayam akan selalu menjadi makanan khas lebaran.

    Kadang ketupatnya coba bikin sendiri tapi sampai sekarang belum juga bisa.

    BalasHapus
  8. Masakan dan suguhan wajib yang harus ada di saat lebaran ya kak. Duh jadi ngiler deh baca ini siang-siang gini hehe

    BalasHapus
  9. Masakan lebaran yang aku nantikan adalah opor ayam lengkap dengan sambel goreng kentang
    Plus kue kue kering khas lebaran

    BalasHapus
  10. Ketupat dan opor ayam sudah menjadi makanan yang wajib tersedia di rumah ketika hari raya

    Entah kenapa rasanya tuh kurang afdhol kalau lebaran kagak makan opor

    BalasHapus
  11. Lebaran itu jadi momen untuk kumpul dg keluarga besar, jadi hidangan spesial harus ada.

    Di keluarga kami wajib bangrt ada ketupat, rendang, dan peyek.

    BalasHapus
  12. Wah, saya tidak yakin program diet saya bakal berhasil kalau ada makanan-makanan ini saat lebaran nanti hahaha

    BalasHapus
  13. Rendang dan sambal kentang goreng selalu jadi favorit. Apapun itu yang bikin tambah lezat itu ya karena berkumpul bersama keluarga merayakan hari kemenangan

    BalasHapus
  14. Tim opor ayam lontong daun si paling favorit karena lezat banget bisa habis 2 piring

    BalasHapus
  15. Mantap, Mbak Ririn! Ini sih jangankan perempuan, laki-laki juga minat banget! Eh tapi lebih minat makan dan ngabisinnya sih. Hahahaha. Kalau urusan masak-masak dan bikin menunya tetap aja diserahkan ke perempuan yang lebih bisa diandalkan. Hahahaha. Jadi gak sabar mau icip-icip menu lebaran. Wkwkwk.

    BalasHapus
  16. Yang selalu ada saat lebaranku opor ayam sama lontong daun sambel goreng ati juga harus ada sih enak2 deh smuanya

    BalasHapus
  17. Akhir-akhir ini keluargaku malah lebih sering bikin bakso dan sop janda kak, sementara rendang dan opor untuk menyambut tamu. Soalnya kami sudah ngurang-ngurangin konsumsi yang serba santan selama lebaran

    BalasHapus
  18. alhamdulillah tahun ini saya bikin kue kering sendiri, hihihi. seri sih tapi melelahkan kak, karena bikinnya banyak dan variannya juga banyak. sekalian bikin banyak buat dikirim ke rumah ortu juga. tapi saya gak bikin rendang karena emang gak penah bikin, juga gak bikin lontong. mending beli aja deh, praktis, hahaha

    BalasHapus
  19. Di rumah kalo semisal udah ada ketupat, maka nggak pakai lontong. Atau sebaliknya. Soalnya sama-sama dari beras hihi. Kecuali isinya ketan wkwk

    BalasHapus
  20. Ketupat, rendang dan opor masih jadi menu masakan andalan keluarga ketika momen lebaran. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  21. kupat dan opor ayam adalah kunci lebaran. kayaknya aku di keluarga seumur-umur ga pernah bikin rendang pas lebaran, kok jadi pengen ya

    BalasHapus
  22. Wkwkw...semuanyaa favorit. Makanya kalau berkunjung ke rumah kenalan yang lagi open house lebaran pasti langsung kalap liat hidangan seperti ini. Hihi

    BalasHapus
  23. Aku uda siap rendang..
    Heheh, paket dari Ibuk dan tinggal bikin lontong sama opornya yaa.. Kalo ini kudu bikin ndadak. Seru yaa.. Ramadan di Indonesia itu suka ada yang dirindukan seperti ini.

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.