7 Cara Murah Liburan di Singapura Selama 3-4 Hari

By Ririn Wandes Lubis - January 26, 2018

Kawasan Marina Bay Sands

Melalak Cantik (Travel Blogger Indonesia)- Cara murah liburan di Singapura begitu dinantikan oleh kawan melalak cantik. Tips hemat liburan di Singapura, cara berlibur ke Singapura bagi pemula, cara liburan dengan budget pas-pasan ke Singapura dan cara menghemat lainnya banyak dicari kawan melalak cantik yang ingin berlibur ke Singapura. Saya tahu bahwa ada banyak warga Indonesia yang sudah berlibur ke Singapura namun masih banyak juga yang belum pernah dan ingin sekali mengunjungi salah satu negara termahal tersebut. Kisah perjalanan saya memulai petualangan di Singapura bisa dibaca selengkapnya disini.

Liburan bukan sekedar PENGHEMATAN namun cara PENGELOLAAN KEUANGAN

Kawan melalak cantik setuju dengan statement saya di atas?

Yeah, liburan yang tidak menghabiskan duit banyak apalagi gratis tanpa keluar uang sepeser pun pasti selalu diinginkan oleh siapa saja. Namun, jika kamu bukanlah artis, blogger, youtuber, influencer maupun pemenang undian atau quiz berhadiah maka tidak mudah mendapatkan liburan gratisan kecuali memang dibayarin orang tua, kantor atau memang ada kekasih di negara yang ingin dikunjungi sehingga semua biaya ditanggung tanpa kamu mengeluarkan uang sedikit pun.

Liburan yang murah memang selalu diupayakan, penghematan dilakukan dengan totalitas tanpa batas. Namun, cobalah diperhatikan lagi apakah memang membuat nyaman atau justru liburan semakin melelahkan dan membosankan. Yeah, saya tuliskan di kalimat sebelumnya bahwa Liburan itu bukan sekedar PENGHEMATAN namun cara PENGELOLAAN KEUANGAN. Jika kita mengelola keuangan dengan baik dan benar ketika liburan maka bukan hal yang sulit untuk bisa berkeliling negara Singapura 3-4 hari dengan budget minimalis.

Hayo, kawan melalak cantik sudah menunggu informasinya kan? Siapa yang mau tahu dan butuh informasi cara murah liburan di Singapura nya? Melalak cantik akan kupas tuntas, buka-bukaan mengenai cara murah dan tips liburan di Singapura. Kawan melalak cantik harus baca sampai habis, please. Selengkapnya baca terus sampai ke bawah yah, berikut cara murah liburan di Singapura selama 3-4 hari, check it out :

1. Sediakan Botol Minuman ( thumbler, termos, tempat minum, botol aqua atau apalah sebutan lainnya )

Kenapa langsung membahas botol air minuman untuk cara menghemat yang pertama?

Karena kita sebagai makhluk hidup yang selalu membutuhkan air, beberapa orang bisa tahan tidak makan seharian namun sulit bertahan tanpa minum hitungan jam. Tubuh kita yang sehat ini membutuhkan cairan karena memang sekitar 80% tubuh kita terdiri dari air. Otak dan darah merupakan dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. That's why, sedikitnya secara normal kita itu butuh 2 liter air sehari atau sekitar 8 gelas sehari. Informasi seputar air mineral yang bisa dikonsumsi ketika travelling silahkan baca selengkapnya disini.

Singapura itu panas, sungguh saya saja selalu merasa haus ketika berjalan sendirian maupun saat bersama teman baru disana mengelilingi negara tersebut. Singapura memang negara yang kecil namun tetap saja akan kelelahan ketika mengunjungi satu tempat ke tempat lainnya. Air mineral adalah salah satu yang kita butuhkan agar tetap bisa bertahan liburan di Singapura. Apa kamu mau liburan terhambat hanya karena sakit dan capek akibat kurang cairan? Duh, saya sih sungguh tidak mau karena memang liburan yang total, bisa menjelajah kesana kemari dengan kondisi tubuh yang fit menjadi idaman.

"Kak, beli aja kan bisa sih, repot kali yah kan bawa botol segala kesana kemari."

Yeah, sungguh bisa sekali donk kalo mau beli dan gak mau repot tapi kan kamu sedang baca tips cara murah liburan di Singapura maka hal yang terlihat sepele begini harus diperhitungkan loh. Kamu harus tahu harga sebotol air mineral ukuran sedang di Singapura sehingga kamu akan berfikir ulang untuk selalu beli air mineral disana. Saya membeli air mineral di Singapura sebanyak 2 kali. Jika kamu membeli air mineral berkali-kali dalam sehari, kan bisa habis duit dan sudah tidak cara murah lagi liburan kamu di Singapura. Harga untuk sebotol air mineral adalah 20 dollar Singapura, yang dikonversikan ke mata uang Indonesia pada Desember 2017 itu sekitar Rp.20200,- untuk per botol nya. Sementara kita biasa beli di Indonesia hanya sekitar Rp.3000,- saja di beberapa warung maupun mini dan supermarket. Ketika berada di Singapura, saya membeli air mineral tersebut di Seven Eleven seputaran Merlion Park karena memang saat mengunjungi tempat tersebut tidak membawa botol minuman.

Well, salah satu cara murah liburan di Singapura yang pertama sudah kamu ketahui maka kamu harus bawa botol minuman jika mau hemat. Kamu bisa mengisi botol minuman ketika tiba di bandara karena penerbangan internasional dari Indonesia tidak memperbolehkan membawa air, jika masih tidak mematuhi juga maka akan diambil pihak imigrasi ketika kamu akan masuk melewati pemeriksaan imigrasi. Selanjutnya jika sudah habis, kamu bisa mengisi di tempat penginapan maupun di beberapa tempat lainnya di Singapura yang menyediakan tempat air mineral gratisan. 


2. Cari Penginapan Murah, Gratisan Sekalian lah

"Singapura kan negara mahal kak, apa ada harga penginapan murah di Singapura?."

Yeay, bersyukurnya ada loh kawan-kawan melalak cantik. Penginapan murah di Singapura itu bukan sekedar fiktif belaka karena memang ada banyak penginapan murah di Singapura yang menjadi lokasi idaman para backpacker yang mau menghemat biaya liburan. Kawasan Little India, Bugis Street, Geylang dan beberapa kawasan lainnya masih banyak terdapat hostel maupun guest house yang terjangkau kok. Saya sendiri memesan hotel di kawasan Little India.

Pemesanan hotel dari Indonesia berguna untuk mengisi white card ketika tiba di bandara. Selain itu,saat melewati imigrasi lebih aman ketika petugas memberikan pertanyaan dimana saya memiliki bukti lokasi tempat tinggal selama di Singapura. Saya lebih tepatnya memesan penginapan di Footprints Hostel Singapura selama dua malam yang beralamat di 25A Perak Road, Singapura 208136, selengkapnya boleh mampir ke website Footprints Hostel Singapura.

3. Beli EZ-Link Card atau Singapore Tourist Pass (STP)

Apakah EZ-Link Card dan Singapore Tourist Pass (STP) itu?

Well, kawan melalak cantik yang ingin mengetahui informasinya, EZ-Link Card dan Singapore Tourist Pass itu adalah kartu yang bisa digunakan untuk naik transportasi umum di Singapura. Ada banyak pilihan transportasi di Singapura namun untuk menghemat maka gunakanlah transportasi umum dengan menggunakan kartu tersebut. EZ-Link Card dan Singapore Tourist Pass (STP) mirip namun tak sama. Keduanya memang merupakan kartu yang bisa digunakan untuk pembayaran naik MRT, LRT dan bus, hanya saja harga kartunya berbeda.

Kawan melalak cantik yang tidak ingin ribet mengeluarkan uang koin dan bolak-balik membeli di setiap stasiun serta akan lebih mahal biayanya maka EZ-Link Card dan Singapore Tourist Pass ini sangatlah cocok dibeli ketika berada di Singapura. Kedua kartu tersebut memiliki keunggulan serta harga yang berbeda-beda, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ingin dikeluarkan. Kamu bisa menemukan kedua kartu tersebut di beberapa counter seputaran Changi International Airport Singapore, Transit Link Ticket Office maupun Seven Eleven.

Saya lebih memilih EZ-Link Card karena memang keunggulannya adalah saya tidak perlu repot mengembalikan kartu tersebut ke transit link ticket office ketika liburan saya berakhir dari Singapura sehingga jika saya ingin liburan kembali ke Singapura suatu hari nanti, cukup mengisi deposit saja tanpa perlu membeli kartu baru karena masa berlakunya 5 tahun. Selain itu juga, jika berlibur lebih dari 3 hari dan tidak terlalu banyak kesana kemari mengunjungi tempat wisata dalam sehari maka EZ-Link Card merupakan pilihan yang tepat daripada Singapore Tourist Pass (STP). Selengkapnya kamu bisa baca Perbedaan antara EZlink dan Singapore Tourist Pass (STP).

EZ-Link Card Singapore

4. Hunting Internet Gratisan di Singapura

Ciey, kawan melalak cantik makin bersemangat kali bah melanjutkan bacaannya setelah melihat tulisan gratisan. Kamu yang ingin tetap hits dan up to date menginfokan tentang liburan kamu ke seluruh teman-teman di Indonesia maupun di mana saja dalam sosial media pasti butuh koneksi internet. Singapura memang negara yang menurut saya sudah masuk kategori modern dan memfasilitasi warga masyarakatnya dengan sangat baik. Koneksi internet gratisan pun bisa kamu dapatkan di beberapa tempat umum termasuk lah juga di penginapan kamu karena hampir keseluruhan penginapan menyediakan wifi gratis.

Namun, kawan melalak cantik yang tidak maup nunggu internet gratisan bisa membeli SIM Card lokal Singapura. Berhubung saya sebagai seorang blogger serta instagrammer yang selalu up to date di sosial media maka saya ingin selalu terkoneksi internet tanpa menunggu tiba di sebuah tempat yang menyediakan wifi gratis. Hal yang lakukan untuk bisa mengupdate seluruh cerita perjalanan di sosial media setiap saat serta bisa lebih memudahkan browsing, mencari lokasi wisata dan melihat peta maka saya membeli SIM Card lokal Singapura. Ketika tiba di Changi International Airport Singapore, saya langsung mencari counter tiket yang menjual SIM Card lokal. Harga di beberapa counter bandara pun bervariasi dan memang cukup mahal, saya membeli dengan harga SGD 34. Namun, kawan melalak cantik bisa membeli di Seven Eleven jika ingin mendapatkan harga lebih murah dengan paket kuota data yang juga tidak terlalu banyak.

SIM Card Singapore

5. Makan dan Minum di Food Court atau Resto Murah

Singapore itu kan salah satu negara mahal maka kebanyakan memang harga makanan juga tidak murah. Kawan melalak cantik tidak perlu khawatir karena ada banyak food court dan resto yang masih bisa terjangkau kok. Makanan halal tidak terlalu banyak di Singapura namun kamu tetap bisa menemukannya kok apalagi di kawasan Arab maupun Bugis Street yang memang banyak terdapat beberapa hal yang berhubungan dengan keislaman.

Saya sering makan di restoran cepat saji selama di Singapura namun beberapa kali juga makan di restoran India yang harganya masih bisa dijangkau oleh saya. Alhamdulillah bersyukurnya saya adalah hanya dua kali mengeluarkan budget untuk makan pribadi karena selebihnya teman selama disana sering membayar terlebih dahulu makanan dan minuman yang saya pesan. Bagaimana bisa punya teman di Singapura? Saya akan menginformasikan selengkapnya nanti dalam artikel yang berbeda untuk kawan melalak cantik.

Biaya makan dan minum untuk sekali waktu memang bervariasi tergantung menu yang kamu ingin nikmati. Namun, kawan melalak cantik yang memang ingin harga murah namun tetap sehat dan mengenyangkan maka bisa membeli di beberapa food court maupun resto yang murah tapi jangan di resto mewah dalam mall yah karena harganya bisa mencekik kamu semua. Restoran cepat saji juga banyak di Singapura dan harga menu bervariasi, sekitar SGD 5-6 sudah bisa dapat minum dan burger. Saya makan di restoran India dengan menu nasi ayam serta minum longan sekitar SGD 8, memang tidak murah karena memang saya makan di Restoran Al-Azhar kawasan Beauty Center Singapore. Kamu yang menghemat tentu lebih baik makan di food court yang terjangkau dimana dengan SGD 3 sudah bisa dapat makanan dan untuk minuman nya kamu bawa air mineral yang sudah kita bahas pada poin pertama.

6. Kunjungi Tempat Wisata Gratisan

"Minum gratis,
makan murah,
nginep di hostel murah,
kesana kesini beli kartu biar murah,
internet uda yang gratis pakai wifi aja.
So, selanjutnya mau ngapain di Singapura?."

"Yeah, menikmati liburan donk kakak sambil foto-foto cantik ala Princess Syahrini, kan kawan melalak cantik harus tetap posting foto-foto cantik di sosmed biar hits, ngeksis kayak kakak melalak cantik. Tapiiiiiiii, kami mau wisata yang murah lah kak apalagi gratis namun tetep bisa ngeksis (gubrak,hahaha)."

Melalak cantik seputaran Garden by the Bay


Well, kawan melalak cantik yang ingin menghemat dan liburan murah maka hal yang tepat adalah mengunjungi tempat wisata gratis di Singapura. Kamu yang pertama kali mengunjungi Singapura tentu akan memilih berkunjung ke tempat wisata mainstream yang memang sudah banyak dikenal sebagai ikon di Singapura. Saya juga memilih ke tempat wisata yang mainstream untuk pertama kali ke Singapura apalagi memang gratis maupun murah. Tempat wisata gratis di Singapura nanti bisa kamu baca selengkapnya di artikel terpisah pada link berikut ini.

7. Cari Gebetan di Singapura

"Sihiy, jomblo mana suaranya?
Ngacung?
Sama lah kita, cint."

Saya yang suka berlibur kesana kesini sendiri memang sering dibilang orang pasti jomblo, yah tidak menjadi masalah ketika orang-orang berkata apa tentang status saya, asalkan saya dan mereka bahagia (mulai bijak sejak pulang melalak cantik dari tiga negara,hahaha).

Saran saya ini sih memang tidak harus diikuti jika kamu sudah punya kekasih maupun suami/istri. Kamu yang masih single dan ingin liburan sendiri bisa kok cari gebetan di Singapura untuk liburan murah disana.

"Serius pada mau cari gebetan?."
Kamu membaur aja dengan warga lokal jika liburan di Singapura, liburan sendiri maupun bersama teman-teman tetap berusaha menjadi sosok yang ramah dan tidak sombong selama di Singapura namun, bukan berarti menjadi cewek kementelan juga lah sama semua orang disana (entar malah jijik mereka,hahaha).

Saya sendiri memang tidak mencari gebetan di Singapura tetapi menemukan teman selama berjalan dan baru pertama kali ketemu ketika tiba disana. Seorang pria yang memang warga lokal Singapura namun keturunan Pakistan. Ia juga mengenalkan saya dengan seorang temannya yang juga pria sehingga saya berjalan dengan dua orang pria selama di Singapura. Bagaimana sosok mereka? Well, saya akan menceritakan nanti di artikel terpisah yah.

Sekian cara murah liburan di Singapura selama 3-4 hari karena memang sih waktu normal bagi pekerja untuk bisa cuti yah 3-4 hari. Apalagi memang Singapura bukan negara besar sehingga cukuplah menikmati negara modern itu dengan waktu 3-4 hari.



Kamu tanya cara agar segera sampai di Singapura gimana?
Beli tiket sekarang juga atau pinjem pintu doraemon aja (hahaha)



Selalu Bahagia
Nikmati Hasil Kerja
Segera Liburan Sana























  • Share:

You Might Also Like

15 comments

  1. Aih berguna banget nih informasinya mbaaa. Pas banget aku pengen suatu saat bisa ke Singapura tapi dengan harga yang terjangkau ya. Makasih tipsnya ya mba. Bawa botol tuh emang wajib banget. Kalau wifi di hotel backpackeran gitu bagus ggak mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbk Rach,
      Terima kasih sudah berkunjung ke melalak cantik.

      Iya mbak,
      Bawa botol minum itu harus apalagi model seperti saya yang selalu bolak balik minum.

      Wifi lumayan mbak tapi gak sempurna.hihihi

      Delete
    2. Hai mba Rach,
      terima kasih sudah berkunjung kemari.

      Bawa botol minum memang harus yah mba apalagi yang model suka bolak balik minum seperti saya.

      Wifi lumayan mba namun tetep kadang suka lemot.hehe

      Delete
  2. Ini juara ya Mbak tipsnyaa haha. Well noted. :) thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Dessy,
      Terima kasih sudah mampir di melalak cantik.

      Semoga bermanfaat yah.

      Delete
  3. Uhui, seru banget cara bertuturnya, informatif juga. Saya lagi mupeng bgt pengen balik SG lagi, secara dulu bolak-balik gratisan dr akntor aja krn ada training. Rasanya kurang menantang. Next balik lagi sama rombongan bocil ah. TFS ya Mbak. Eh, betewe, Buku Geography geniusnya favotirku juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Damar,
      Terima kasih sudah berkunjung ke melalak cantik.

      Wah,
      Membawa bocil lebih menantang nanti tuh. Saya juga berdoa suatu saat kembali ke SG tidak sendirian lagi.aamiin
      Sama donk mbak,saya suka baca buku nya untuk inspirasi negara2 yang akan saya kunjungi selanjutnya.

      Delete
  4. Yawdah mau kemanalah lagi next trip? biar bareng kita cari gebetan, huahahahaha.

    ReplyDelete
  5. Salfok sama cari jodohnya haha, kakak inilah memang.

    ReplyDelete
  6. Makin nggak terikuti aja kakak melalak cantik ini ya. Moga kalau jalan-jalan lagi, jumpa gebetan di sana ada tiga. Wkwhkwhkwhk

    ReplyDelete
  7. Jadi kapan kita jalan bareng edak... Eaakk

    ReplyDelete
  8. Tipsnya patut dipraktekan nih. Makasi kak :)

    ReplyDelete
  9. ini tipsnya ngebantu banget mbak, pas banget ntar mau ke spore dari medan..mumpung uda ada AA dr medan hehehe...udah lupa gmn jalan2 disana hehehe

    ReplyDelete
  10. mbak ini bener2 berguna banget tips nya hehehhe...makasih ya mbak

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan kesan yang baik ketika bertamu. Komentar yang menarik dan asik yah kawan melalak cantik.