Hotel Kapsul menjadi semakin hits dan berkembang di berbagai kota, baik di dalam maupun luar negeri. Sebelumnya banyak ditemui di dekat bandara namun sekarang bisa dinikmati di tengah kota yang lokasinya berjajar juga dengan hotel-hotel mewah. Kota Medan pun tak mau tertinggal, sudah ada Capsule Inn Medan.

Menurut Wikipedia, hotel kapsul atau kapuseru hoteru adalah sejenis hotel yang dikembangkan di Jepang yang menyediakan ruang-ruang kamar yang sangat kecil dengan jumlah yang banyak dan dinamakan dengan kapsul.

Capsule Inn Medan
Kapsul yang tersedia di Capsule Inn Medan

Menikmati sensasi tidur malam di hotel yang berada di luar negeri mungkin sudah biasa terutama untuk kawasan Asia Tenggara. Berbagai tipe dormitory juga sudah pernah dicoba selain hotel yang mewah dengan fasilitas dan harga yang tak sedikit tentunya. Seminggu sebelum memutuskan untuk staycation, aku dan beberapa teman trip di dalam grup WhatssApp sudah merencanakan jadwal menginap ini meskipun saat menjelang staycation justru aku demam nih. Semua teman sudah heboh untuk ikut meramaikan keseruan ini hingga akhirnya hanya beberapa orang saja yang menginap di Caspule Inn Medan ini,hiks hiks.

Sore itu, jari mulai menggatal untuk membuka Traveloka, yeah memang seperti biasanya aku sering memesan tiket pesawat dan hotel pada aplikasi tersebut. Aku mulai mencari hotel yang menarik dan kekinian di kota Medan walaupun sebenarnya sudah ada tujuan untuk membuka Traveloka adalah memesan Capsule Inn. Ada beberapa hotel yang awalnya ingin dijadikan tempat bermalam untuk malam minggu namun aku berfikir baru saja menikmati hotel bintang 5 yang mewah bersama teman-teman blogger seluruh Indonesia. 

Akhirnya aku membaca review pada aplikasi dan melihat ketersediaan kamar pada malam minggu untuk tanggal 15 Desember 2018. Well, kesan dari para pengunjung yang sudah menginap banyak hal positif, yeah secara baru sekitar dua bulan diresmikan yaitu pada Oktober 2018 lalu. Aku pun tidak berfikit lama menjatuhkan pilihan untuk Single Bed in Female Room Dormitory seharga Rp.118.400,- , ini sudah diskon karena harga normal hampir seratus lima puluh ribuan. Aku langsung membayarnya dengan transfer via Mobile Banking BCA. Oh yeah, Capsule Inn juga mengadakan promo pembelian melalui Deal Java loh, bisa hanya seharga Rp.90.000,- saja.

Capsule Inn Medan


Sejarah Hotel Kapsul

Well, kawan melalak cantik harus makin banyak pengetahuannya yah, beberapa mungkin sudah paham tentang hotel kapsul namun aku tetap ingin berbagi kepada yang lainnya. Dari beberapa artikel yang pernah kubaca salah satunya adalah Wikipedia bahwa hotel kapsul ini sendiri pertama kali dibuka adalah Capsule Inn di Osaka. Hotel yang di desain oleh Kisho Kurokawa ini terletak di distrik Umeda, Osaka dan dibuka pada tahun 1979. Di China, hotel kapsul pertama kali dibuka pada tahun 2012 di kota Xi'anKemudian di Singapura dengan nama Woke Home Hostel.

Di Indonesia sejak tahun 2017, di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan di Bali, hotel kapsul bermunculan walau jumlahnya belum terhitung banyak. Pada bulan Agustus 2018, Soekarno Hatta Int. Airport mengoperasikan hotel kapsul bandara pertama dengan nama Digital Airport Hotel di Terminal 3.

Well, dengan harga yang terjangkau maka hotel kapsul tentunya berfasilitas standar, ini memang cocok bagi pengunjung yang tidak memerlukan pelayanan seperti umumnya pada hotel-hotel konvensional untuk semalam saja. Awalnya hotel ini banyak digunakan oleh pekerja yang terlambat pulang karena lembur dan harus kembali bekerja di pagi hari berikutnya. Ada pula yang menyewa mingguan atau bulanan karena alasan ekonomisnya. Bagi para traveler yang ingin menekan budget saat berwisata, khususnya mereka yang melakukan perjalanan dengan gaya wisata ransel seperti aku maka sudah jelas ini menjadi pilihan donk.

Pilihan Room di Capsule Inn Medan

Kawan melalak cantik bisa memilih beraneka ragam room yang ada dengan fasilitas berbeda serta harga juga tidak sama. Berikut aku informasikan beberapa yang tersedia di Capsule Inn Medan.

1. Single Bed in Female Dormitory Room


Capsule Inn Medan


Satu ruangan kapsul khusus perempuan ini dengan ukuran kamar 2.0 m2 untuk seorang tamu dikenakan biaya harga normal Rp.157.867,-. Namun ada potongan pada aplikasi Traveloka hanya seharga Rp. 118.400,- saja dengan fasilitas dan ketentuan sebagai berikut:

a. Sarapan gratis
b. WiFi gratis
c. View balkon / teras
d. Tidak bisa refund

2. Single Bed in Male Dormitory Room

Satu ruangan kapsul khusus lelaki ini dengan ukuran kamar 2.0 m2 untuk seorang tamu dikenakan biaya harga normal Rp.157.867,-. Namun ada potongan pada aplikasi Traveloka hanya seharga Rp. 118.400,- saja dengan fasilitas dan ketentuan sebagai berikut:

a. Sarapan gratis
b. WiFi gratis
c. AC
d. Tidak bisa refund

3. Single Bed in Female Dormitory Room


Satu ruangan kapsul khusus perempuan ini dengan ukuran kamar 2.0 m2 untuk seorang tamu dikenakan biaya harga normal Rp.170.667,-. Namun ada potongan pada aplikasi Traveloka hanya seharga Rp. 128.000,- saja dengan fasilitas dan ketentuan sebagai berikut:

a. Sarapan gratis
b. WiFi gratis
c. View balkon / teras
d. Kebijakan pembatalan berlaku

4. Single Bed in Male Dormitory Room

Satu ruangan kapsul khusus lelaki ini dengan ukuran kamar 2.0 m2 untuk seorang tamu dikenakan biaya harga normal Rp.170.667,-. Namun ada potongan pada aplikasi Traveloka hanya seharga Rp. 128.000,- saja dengan fasilitas dan ketentuan sebagai berikut:

a. Sarapan gratis
b. WiFi gratis
c. AC
d. Kebijakan pembatalan berlaku

Fasilitas Capsule Inn

Hotel kapsul ini menyediakan beberapa fasilitas yang tentunya bisa digunakan oleh seluruh tamu diantaranya adalah:

a. Ruangan umum untuk tempat kapsul tersedia AC dan kipas angin sehingga selain di dalam kapsul tetap bisa menikmati udara dingin apalagi dengan cuaca Medan yang sering hangat yah.

b. Resepsionis siap 24 jam untuk melayani proses check in, check out dan kebutuhan kamu yang lain sehingga tidak perlu khawatir saat memerlukan bantuan.

c. Sarapan gratis terdiri dari teh yang bisa dibuat sendiri dan roti yang juga dipanggang sendiri dengan beberapa selai.

d. Cafe pada lantai 1 akan membantu saat kelaparan dan tidak ingin jalan keluar penginapan. Yeah, ada Kedai 27 namanya yang terdapat pada Capsule Inn tersebut.


Capsule Inn Medan


e. WiFi gratis sudah pasti ada donk di seluruh ruangan Capsule Inn Medan ini, apalagi di dalam kapsul nya sangat kencang sehingga aku bisa nyaman saat menulis blog dan nonton youtube.

f. Loker sepatu diberikan untuk masing-masing tamu, nah saat berada di dalam ruangan menggunakan sendal yang dipinjamkan oleh pihak hotel, tentunya saat check out harus dikembalikan.

g. Loker barang bawaan juga disediakan sehingga aku dan tamu lainnya tidak perlu merasa sempit di dalam kapsul dengan banyak barang karena bisa dimasukkan ke dalam loker dan diberikan kunci kok sehingga tidak perlu khawatir kondisi barang yang disimpan yah.

h. Handuk juga disediakan jika kamu malas membawa terlalu banyak bawaan namun yang pasti juga tetap dikembalikan. Pihak hotel memberikan sebuah goodie bag yang berisi sendal, headset, air kemasan mineral dan handuk namun seluruhnya dikembalikan saat check out.

i. Air minum gratis di lantai 1 disediakan untuk menghemat juga nih, bisa isi ulang saja botol minuman dengan air yang ada disana.

j. Kamar mandi berbagi yang bersih dengan 4 ruangan dimana dua bilik khusus mandi dan 2 lagi ada tersedia WC juga. Kaca wastafel dan air keran bersih serta ada hair dryer jika kamu habis keramas dan langsung ingin mengeringkan rambut.


Capsule Inn Medan

Capsule Inn Medan
Add caption

Capsule Inn Medan


Isi Room Capsule Inn

Menarik sekali untuk membahas isi room dari Capsule Inn karena dengan kapsul yang tampak hanya bisa masuk seorang diri yang selonjoran tapi banyak fasilitas menarik juga di dalamnya. Nah beberapa diantaranya adalah:

a. LCD TV ukuran mini dengan Remote dan diisi dengan channel dari Indonesia, nah ini yang masih kurang menarik karena tidak ada channel dari internasional.

b. Pemadam api juga tersedia di dalamnya nih, kejadian tuh saat kawan menghidupkan flash kamera dan pemadam api nyala otomatis dan sempat merasa heboh sendiri kawan tersebut katanya.

c. Lampu DJ warna-warni, aku menyebutnya seperti itu karena ada beberapa variasi warna lampu kapsul sesuai selera, ada biru, kuning, ungu dan lainnya.

d. Lampu membaca untuk membuat nyaman saat ingin menikmati buku di dalam kapsul juga ada, cukup tekan tombol Sleeping Mode maka ada keterangan tingkat kecerahan lampu yang di sebelahnya tertera Reading.

e. Brankas mini di dalam kapsul juga ada loh, bisa digunakan untuk menyimpan benda berharga kamu yang ukurannya tidak terlalu besar pastinya.

f. Kipas angin dalam kapsul bisa hidup saat kamu memutar tombol yang tersedia dengan tulisan Fan, so jangan lupa diputar kalo mau tidur lebih dingin yah.

g. Kaca yang cukup lebar untuk menampakkan wajah disediakan agar nih untuk make up tidak perlu juga kan keluar lagi apalagi aku yang di lantai atas rasanya malas keluar dari kapsul.

h. Meja belajar mini bisa digunakan jika mau mengerjakan tugas atau saat menggunakan laptop sehingga tetap nyaman di dalam kapsul saja. Namun, tidak ada colokan yang standard biasanya sehingga tidak bisa mencolok laptop jika butuh, harus keluar dari kapsul karena colokan dekat loker.

i. Colokan USB, yeah hanya ini yang ada di dalam kapsul dengan pilihan fast dan slow sesuai selera mau cepat atau lambat mengisi daya nya.

j. Kasur, selimut dan sebuah bantal sudah cukup lah untuk memfasilitasi tidur malam yang mungkin hanya butuh tempat untuk rebahan saat liburan keliling kota yah. Aku nyaman di ruangan juga karena ada sandaran pada ujung dekat bantal yang lembut saat mengerjakan tugas di laptop, berasa ada sandaran hidup gitu lah.


Kebijakan Capsule Inn

Setiap hotel pasti memiliki kebijakan sendiri yang memang harus dipatuhi oleh para tamu yang ingin menikmati tidur nyaman pada penginapan tersebut. Nah, Capsule Inn memiliki beberapa fasilitas sebagai berikut:

a. Sarapan pagi hanya dilayani mulai pukul 07.00 hingga 09.00 wib
b. Hewan peliharaan tidak diizinkan masuk
c. Merokok dilarang di dalam gedung akomodasi, namun tamu diperbolehkan merokok pada tempat yang telah disediakan.

Cara Masuk Capsule Inn

Beberapa kawan melalak cantik mungkin masih pemula yang belum pernah masuk ke Capsule Inn maka harus mengetahui bahwa untuk membukanya adalah dengan menempelkan kartu yang diberikan pada mini layar di sebelah pintu pembuka kapsul. Ssst,,, tapi sebelumnya juga harus dihidupkan dulu pada bagian depan agar kapsul bisa berfungsi untuk digunakan. Saat kartu sudah discan maka keluar bunyi dan pintu terbuka otomatis. Nah, saat berada di dalam, langsung letakkan kartu pada tempat yang tersedia di bawah kaca sehingga semua fasilitas di dalam kapsul bisa berfungsi dan lampu pun hidup otomatis juga.

Capsule Inn Medan


Kawan melalak cantik yang berada di dalam kapsul dan ingin menguncinya, cukup tutup pintu dengan rapat maka terkunci otomatis. Saat ingin membuka pintu dan keluar dari kapsul, cukup tekan tombol yang bertuliskan Door Lock maka akan terdengar bunyi dan pintu terbuka otomatis juga. Ssst.. saat keluar cabut lagi kartunya yah karena jika tidak nanti tidak bisa masuk lagi deh.

Alamat Capsule Inn

Setelah tahu mau ngapain di kapsul dan sudah mengenal fasilitas yang tersedia maka kamu harus tahu donk lokasinya yah. Berikut alamat dari Capsule Inn:

Jalan K.H Zainul Arifin Medan Polonia, Sumatera Utara

Posisinya berada di tempat yang sama dengan Kedai27 Medan sehingga jika tidak langsung bisa menemukan nama hotel pada aplikasi ojek online maka ketik saja nama cafe tersebut. Saat melewati Sun Plaza maka jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tersebut. Sekitar 0,21 km dari Cambidge, 0,24 km dari Shri Mariaman Temple, 0,31 km dari Sun Plaza dan 0,36 km dari Bika Ambon Zulaikha.

Well, aku sudah selesai berbagi dengan kawan melalak cantik inilah saatnya untuk langsung mencoba Capsule Inn Medan tersebut. 

Siapa yang sudah kesana?
atau
Siapa yang mau kesana?

Respon jawaban kamu pada kolom komentar di bawah yah, aku menunggu kawan melalak cantik semua atau kalo mau kita bisa juga staycation bersama-sama.






Blog: http://www.melalakcantik.com/

Instagram: https://www.instagram.com/melalakcantik/
Instagram: https://www.instagram.com/ririnwandes/

Twitter: https://twitter.com/Ririnwandes


9 Komentar

  1. Bawa anak bayi nginap boleh gak ya kira2 di hotel capsule ini?

    BalasHapus
  2. Eh baru tahulah ada hotel kapsul di kota medan. Pas baca lokasinya cukup strategis di tengah kota, jadinya bisa deh menikmati kota Medan

    BalasHapus
  3. Wah keren nih Medan. Must Visit nih! hhehehe

    BalasHapus
  4. aduh kok aku malah kurang suka serasa dikerem , kurang leluasa

    BalasHapus
  5. Duuuh ga jd2 mau tidur di capsule begini dr zaman dulu huahahahah. Abisnya, suami ga mau mba. Dia ga suka tidur dlm tempat yg sempit tertutup gitu. Nah, akukan kalo traveling bareng dia, ya kali dia tidur di hotel lain, aku di hotel kapsul :p

    Pas traveling ama temen, rata2 tertarik, tp pas tau kamar mandi sharing lgs mundur wkwkwkwk. . Duuuh, jd ampe skr blm kesampaian nyobain hotel model gini

    Lucuuuk ya yg di medan ini. Futuristik gitu model pintunya :). Berasa naik pesawat luar angkasa :p

    BalasHapus
  6. Mantabs MEDAN, di Jakarta atau SG pengen cobain tapi nggak berani wkwkwkwk. Agak sesak kalau di ruangan sempit kelamaan wkwkwkwkk, makanya maju mundur cantik :D

    Buat yang kemalaman di bandara atau emang kemahalan di hotel cuma beberapa jam aja sih memang lumayan banget. Mana kamar mandi nya full tertutup (medan) ga cuma 3/4 nya, jadi nyaman deh...smg ada keberanian mencoba :D

    BalasHapus
  7. Wahh baru tau kalo ada hotel dormitory gitu di medan.. nanti coba ahh.. oya wifi nya kira2 gimana kak.. kencang ga ?

    BalasHapus
  8. Belum pernah nyobain stayvacation di sana sih. Btw, untungnya kakaknya share cara masuk ke hotel kapsul

    BalasHapus
  9. Terima kasih review dan infonya, ini salah satu dari 4 hotel kapsul di kota Medan 2019

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan tinggalkan kesan