Halo Hola Kawan Melalak Cantik.

Happy New Year Everyone.


Hari pertama pada bulan Januari 2019 tentu masih ada yang berlibur,baik di dalam maupun luar negeri. Kamu yang ingin liburan ke Hat Yai, Thailand mungkin mencari referensi kuliner yang halal dan enak. Aku ingin merekomendasikan beberapa yang sudah kunikmati saat kunjungan ke Hat Yai dua bulan yang lalu.


Kawan melalak cantik pasti banyak yang menunggu nih segala informasi travelling yang sudah kulalui selama 2018. Aku melalui beberapa perjalanan menarik dan menyenangkan selama tahun lalu. Selain mengunjungi banyak tempat yang berkesan tentu juga ada aneka kuliner halal dan enak yang kumakan saat perjalanan.

Nah, aku mau rekomendasikan terlebih dahulu beberapa kuliner yang ada di Hat yai, Thailand. Siapa yang penasaran dengan kota Hat Yai, Thailand?. Banyak teman yang menanyakan tentang kuliner di Thailand karena menurut informasi memang susah menemukan yang halal disana. Kota Hat Yai ini masih banyak penduduk muslim dibandingkan kota lain di Thailand sehingga tidak perlu khawatir kesulitan mencari yang halal tapi pasangan untuk dihalalkan aku juga belum ketemu disana lah,hahhaha (just kiding).

Btw, boleh donk singgah ke artikel Travelling Rempong Penang-Hat Yai 2018 (Part 2) ,banyak hal menarik dan informatif juga loh. Well, beberapa referensi makanan ini harganya juga terjangkau kok sehingga tidak perlu khawatir menguras kantong dan budget travelling yang sudah direncanakan. Saat itu, kurs untuk 1 baht sekitar Rp.450,- sehingga kawan melalak cantik juga bisa sedikit membuat estimasi pengeluaran nantinya.

Beberapa kuliner halal dan enak di Hat Yai, Thailand versi Melalak Cantik sebagai berikut:

1. Mango Sticky Rice

Kuliner Mango Sticky Rice ini menjadi incaran utama saat aku mengunjungi Thailand pertama kali. Pada tahun 2017, saat ke Bangkok juga mencari Mango Sticky Rice ini loh. Warna kuning mangga yang menggoda berdampingan bersama ketan lembut. Kemudian keduanya disiram oleh santan putih segar menjadikan tampilan semakin nikmat untuk disantap. Saat malam pertama tiba, aku mengajak kawan trip untuk berkeliling seputaran hotel yaitu di sekitar Lee Gardens Plaza Hat Yai, Thailand. Ada banyak berjajar penjual Mango Sticky Rice, kami bisa menentukan pilihan sesuai keinginan. 

Saat itu, aku dan Nanang langsung menjatuhkan pilihan ke penjual yang menggunakan hijab. Ia berjualan tidak jauh dari Store Watsons. Kami melihat si ibu penjual dikerumuni oleh pembeli, aku pikir pasti rasanya enak tuh karena kan ramai yang membeli Mango Sticky Rice nya. Penjual hanya meletakkan perlengkapan jualan di sebuah meja tanpa tenda sehingga mudah untuk melihat apa yang dijualnya apalagi banyak mangga yang belum dikupas terlihat di sekitarnya.

Harga untuk seporsi Mango Sticky Rice masih terjangkau, aku cukup mengeluarkan 50 baht untuk menikmati kelezatan mangga dan pulut yang disiram santan segar tersebut. Kemasan yang simple dengan tempat plastik yang biasa digunakan untuk tempat pulut kuning di Medan. Kamu tidak perlu khawatir tangan kotor saat makan karena diberikan sendok plastik kok. Hal yang menyenangkan juga adalah saat penjualnya ramah apalagi saat aku dan Nanang meminta untuk menuangkan santan sendiri sambil membuat video. So, inilah tampilan Mango Sticky Rice, siapa yang mau?

Kuliner halal dan enak di Hat Yai, Thailand
Mango Sticky Rice Hat Yai, Thailand
2. Coconut Ice Cream

Di beberapa kota memang ada yang menjual Coconut Ice Cream. Tahun lalu, aku mencoba es krim sejenis di Kuala Lumpur namun tidak memiliki cita rasa yang sama. Menurutku di Thailand memang memiliki kenikmatan rasa yang lebih dibandingkan tempat lain. Malam pertama di Hat Yai, Thawi yang membeli seporsi Coconut Ice Cream yang penjualnya di seputaran areal street food Lee Gardens Plaza. Aku ikut mencicipi juga dan memang enak loh apalagi yah gratisan,hahahah.

Harga untuk seporsi Coconut Ice Cream 50 baht dan bisa gratis semua topping, yeay asik kan kalo uda ngomong gratisan,hahhahaa. Ada variasi lainnya untuk es krim di tempat penjual yang kami temui saat itu, namun wadah batok kelapa ini tetap menjadi pilihan utama. Hayo, siapa yang mau? Segera meluncur ke Hat Yai yukkk.

Kuliner halal dan enak di Hat Yai, Thailand
Penjual Coconut Ice Cream

3. Soup Thailand

Aku menyebut kuliner yang satu ini adalah bakso Thailand meskipun sebenannya adalah soup. Makanan ini kutemukan di Asian Night Bazaar Hat Yai. Alasan akhir membeli soup karena sudah lelah apalagi Fajar mulai merepet dikarenakan Nanang dan Thawi terlalu lama berkeliling mencari kuliner sesuai keinginan mereka. Ada beranekaragam kuliner di Asian Night Bazaar, hanya saja penjual soup ini berada di depan tempat duduk kami sehingga aku tidak perlu berjalan jauh lagi.

Berbicara mengenai rasa memang masih lebih suka soup maupun bakso di Indonesia. Kuah soup ini memang segar dan lezat hanya saja terlalu cair menurutku. Semangkuk soup ini diisi dengan tauge, sayur sawi, mie tiaw yang lebih lebar ukurannya, ayam, daun sup dan bakso tentunya. Rasa bakso memang lezat apalagi untuk menikmati soup ukuran mini cukup mengeluarkan duit 50 baht saja. Oh yeah, mangkuk ini juga langsung dibuang setelah selesai makan karena penjual tidak akan mencuci mangkuk tersebut.

Kuliner halal dan enak di Hat Yai, Thailand
Soup Thailand
4. Gorengan Tusuk Thailand

Kuliner murah meriah dan enak adalah deskripsi untuk kuliner ini. Aku menyebut gorengan Thailand karena memang jajanan ini digoreng terlebih dahulu setelah kita memilih yang diinginkan. Ada berbagai variasi pilhan, rasa udang, ayam dan yang pasti memang halal. Aku menemukan penjual ini di seputaran Samila Beach tapi di tempat lain seputaran Hat Yai juga ada kok. Setelah digoreng, kamu bisa meminta kuah cabai yang dituangkan ke plastik berisi gorengan tersebut. Harga pun murah lah, satu tusuk 10 baht. Saat itu, aku membeli 4 tusuk saja karena kami mau makan siang sehingga aku gak mau kekenyangan,

Kuliner halal dan enak di Hat Yai, Thailand
Kuliner Gorengan Thailand

Kuliner halal dan enak di Hat Yai, Thailand
Jajanan Gorengan yang Kubeli

5. Thai Tea

Selama ini, aku menikmati Thai Tea di Medan dengan rasa ala ala. Nah, ini bisa langsung menikmati di negara asal maka sudah pasti berbeda rasanya. Ketika aku dan teman ngetrip pergi ke Khlong Hae Floating Market, Thai Tea ini langsung menjadi incaranku. Wadah Thai Tea yang unik ingin segera kumiliki,biasanya beli di Medan cuma menggunakan cangkir plastik kemasan gitu. Dengan mengeluarkan duit 30 baht, aku sudah bisa menikmati Thai Tea di wadah dari tanah liat yang lucu gini. Btw, harga bisa lebih murah jika menggunakan kemasan cangkir plastik tapi itu sudah biasa menurutku. Kamu cukup mengeluarkan 20 baht untuk Thai Tea dalam cangkir plastik.

Kuliner halal dan enak di Hat Yai, Thailand
Penjual Thai Tea

Well, apakah kawan melalak cantik mulai tertarik untuk berkunjung ke Hat Yai, Thailand?. Ada masih banyak aneka kuliner lainnya, aku hanya mereview yang sudah kunikmati dan harga terjangkau menurutku. Jika kamu punya referensi lainnya, boleh donk kasi masukan di kolom komentar yah.





Blog: http://www.melalakcantik.com/

Instagram: https://www.instagram.com/melalakcantik/
Instagram: https://www.instagram.com/ririnwandes/

Twitter: https://twitter.com/Ririnwandes





11 Komentar

  1. thai tea di Hat Yai enak bangeeeeet haduh jadi ingin hehehe :")

    BalasHapus
  2. Wah, bisa dibookmarked nih, pengen juga jalan-jalan ke Thailand

    BalasHapus
  3. Makanan di Thailand emang yahud, yang masih aku ingat adalah coconut shakenya yang endeus bingit sama Tomyam, slurp jadi kangen euy sama makanan sana.

    BalasHapus
  4. liat sticky mang rice nya bikin ngiler sebadan badan, enak banget ya kak kesana, apalagi jajanan thai tea nya. ngiler kak

    BalasHapus
  5. pengen makan nasi tapi apalah daya yang ada cman manggo rice...
    KFC pke nasi ada gak y dsana

    BalasHapus
  6. Penasaran sama mango sticky rice seenak apa sihh...

    BalasHapus
  7. Mango Sticky Rice udah yang paling juara kalau makan di Thailand langsung. Mangganya manis, trus pulutnya pulen maksimal. Nasi goreng Thai yang di depan Lee Garden Plaza itu juga enak, Rin. Aku pernah icip tapi ga tau apa masih jualan sekarang, ya :D.

    BalasHapus
  8. Mango sticky rice kayak e enak ya?penasaran...

    BalasHapus
  9. wah...
    aku tuh penasaran sama mango sticky rice nya deh, enak apa ya mangga sama ketan jadi satu gitu?

    BalasHapus
  10. Setelah baca postingan ini saya merasa lapar

    BalasHapus
  11. aku kangeeeeen thailaaaaand, trutama kulinernyaa :(... memang ga ada yg ngalahin deh rasanyaa.... walo di indo banyak resto thai, tp ttp yaaa mba, yg asli di sana jauh lbh enak lg... eh eskrim kelapa aku blm sempet coba tuh... itu kelapanya bisa dikerok? udh sempet liat padahal pas ke bangkok, tp krn baru makan, ga terlalu pgn wkt itu.. nyesel ga cobain... udh lama bgt ih aku ga ke thailand

    BalasHapus

Hai, Silahkan Berkomentar Yah