Jakarta memang biasanya bukan menjadi tujuan berlibur bagi warga Indonesia. Orang-orang di kota tersebut pun memilih kota lain yang dikunjungi. Namun, ketika aku mempunyai kesempatan berkunjung kesana ternyata ada lokasi menarik dikunjungi meskipun dalam waktu singkat saja.


Tempat wisata menarik dikunjungi di Jakarta
Monumen Nasional (Monas)


Halo kawan melalak cantik,
Penuh cinta di tahun yang baru,
Kiss kiss muahhh muahhh


Kesempatan menghabiskan akhir pekan selama 3 hari di Jakarta ternyata sangat menyenangkan apalagi bisa berkolaborasi bersama teman-teman blogger dari beberapa kota lainnya di Indonesia. Jakarta yang dikenal dengan kepadatan penduduknya dan gedung pencakar langitnya tetap asik dinikmati meskipun tetap ada rasa gerah saat berada di dalam kemacetan.

Perjalanan ke Jakarta kali ini bukanlah yang pertama bagiku, sejak masih berstatus mahasiswi juga sudah sering mendapatkan perjalanan gratis ke ibukota maupun kota di pulau Jawa lainnya. Sebelumnya saat ke Jakarta pasti liburan ala kadarnya saja namun kali ini memang masuk kategori mewah menurutku karena maskapai penerbangan dan hotel yang disediakan bukan ala biasanya melalak cantik lah.

Well, kawan melalak cantik tentu tidak mau terlalu lama menunggu informasi tempat wisata yang menarik dikunjungi tersebut. Berikut tempat wisata yang menarik dikunjungi selama 3 hari di Jakara versi melalak cantik:

1. Monumen Nasional

Monas yang biasa disingkat untuk sebutan Monumen Nasional ini memang selalu menjadi tujuan awal saat pendatang baru datang ke Jakarta. Biaya masuk yang gratis tentu memudahkan siapa pun bisa berkunjung kesana, hanya saja jika ingin naik ke puncak Monas dikenakan biaya. Saat itu aku dan Faizah membayar Rp.45.000,- untuk dua orang.

Tempat wisata menarik dikunjungi di Jakarta
Meneropong dari puncak Monas

2. Wisata Kota Tua

Aku sebagai penikmat sejarah tentu suka mengunjungi aneka wisata sejarah di mana pun tempat yang kukunjungi. Nah, meskipun sudah beberapa kali datang ke ibukota tapi belum pernah sampai di kota tua. Finally, aku bisa sampai disini merupakan kesenangan tersendiri karena salah satu daftar wisata di Indonesia yang belum dikunjungi bisa dicoret.

Tempat wisata menarik dikunjungi di Jakarta
Pose Manja di depan Cafe Batavia Kota Tua
3. Museum Macan

Well, museum Macan adalah salah satu yang sedang hits saat ini. Ada banyak spot instagrammable disana yang pastinya hampir tiap sudut ingin mengabadikan moment. Aku tidak memotret semua pameran seni yang ada karena ada beberapa yang memang dilarang juga. Btw, museum Macan ini merupakan karya seni dari para seniman baik dalam Indonesia maupun luar negeri. Saat aku berkunjung, salah satu seniman Indonesia yaitu Arahmaiani juga ikut memamerkan hasil karya nya.

Guide yang ada di museum menjelaskan bahwa setiap 3 bulan sekali biasanya karya yang dipamerkan akan diganti. Kawan melalak cantik mungkin mau tahu kepanjangan dari museum Macan tersebut. Nah, Macan itu adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara sehingga bukan berarti ada macan di museum itu yah.

Tempat wisata menarik dikunjungi di Jakarta
Project penulisan surat untuk seseorang di museum Macan

4. Pasar Tanah Abang

Belanja menjadi kesenangan sendiri bagi wanita, nah aku pun tidak ingin melewatkan liburan singkat ini tanpa mengunjungi salah satu pasar yang terbesar di Asia Tenggara ini. Aneka barang dijual disana, aku pun memilih beberapa pakaian wanita yang harganya jauh lebih murah dibandingkan beli di kota Medan. Setelah berbelanja, aku pun menikmati soto betawi yang khas dari kota asalnya langsung, yeayy.
Tempat wisata menarik dikunjungi di Jakarta
Pintu masuk timur pasar tanah abang

5. Restoran Jimbaran Pantai Ancol

Setelah lelah berjalan mengelilingi tempat wisata budaya maupun sejarah, lanjut menikmati kuliner lezat di pinggir pantai. Nah, restoran jimbaran yang berada di ancol ini menjadi pilihan menikmati sunset di sore hari. Aku begitu bersemangat saat tiba di lokasi pantai karena ini pertama kalinya juga masuk pantai ancol. Sebelumnya saat kunjungan ke Jakarta hanya bermain di wahana Dunia Fantasi (DuFan). Suasana di resto juga menyenangkan karena ada alunan dan tarian musik Bali yang membuatku ingin segera berkunjung ke kota tersebut.
Tempat wisata menarik dikunjungi di Jakarta
Sunset di pantai Ancol

0 Komentar