Halo kawan melalak cantik,

Hari ini aku mau berbagi tentang pentingya pendidikan sejak usia dini untuk anak-anak. Mari kita lihat sekolah yang ada di lingkungan sekitar rumah masing-masing. Sejauh ini bermacam-macam tipe sekolah yang ditawarkan namun ternyata berbeda pula manfaat yang dirasakan masing-masing anak.

Orang tua harus memahami bagaimana pendidikan yang sesuai untuk anak-anak usia dini. Nah, saat sekarang ini dimana revolusi industri 4.0 sedang digalakkan maka keberadaan pendidikan untuk anak usia dini sudah harus mulai diterapkan kepada anak-anak. Itulah kenapa sekarang ini mulai banyak bermunculan sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan pentingnya PAUD harus ada di lingkungan rumah. Nah, saat mencari sesuatu untuk kebutuhan di tempat PAUD bisa juga cari penawaran harganya di iPrice yah.

source: google.co.id

Apa Itu PAUD?

Beberapa orang tua mungkin masih belum memahami konsep dari PAUD ini sendiri. Dengan bermacam definisi tentunya seharusnya bisa dipahami bersama-sama tentang PAUD tersebut. Menurut Wikipedia, PAUD adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal dan informal.

Tujuan PAUD

Well, kawan melalak cantik mungkin sering yang masih bertanya-tanya kenapa harus ada nih PAUD. Apa sih sebenarnya tujuan dari PAUD ini? Hayo, adakah yang bisa memberikan jawabannya?. Nah, melalak cantik akan membagikan sedikit informasi mengenai tujuan dari PAUD ini sendiri yaitu:

1. Untuk membentuk anak yang berkualitas yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.

2. Untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar di sekolah sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.

Pentingnya PAUD

Kawan melalak cantik harus mengetahui bahwa ada beberapa hal pentingnya keberadaan PAUD ini yaitu:

1. PAUD sebagai titik sentral strategi pembangunan sumber daya manusia dan sangat fundamental.

2. PAUD memegang peranan penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, sebab merupakan fondasi dasar bagi kepribadian anak.

3. Anak yang mendapatkan pembinaan sejak dini akan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar, etos kerja, produktivitas, pada akhirnya anak akan mampu lebih mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

4. Merupakan Masa Golden Age (Usia Keemasan). Dari perkembangan otak manusia, maka tahap perkembangan otak pada anak usia dini menempati posisi yang paling vital yakni mencapai 80% perkembangan otak.

5. Cerminan diri untuk melihat keberhasilan anak dimasa mendatang. Anak yang mendapatkan layanan baik semenjak usia 0-6 tahun memiliki harapan lebih besar untuk meraih keberhasilan di masa mendatang. Sebaliknya anak yang tidak mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai membutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk mengembangkan hidup selanjutnya.

Nah, terus apa donk pentingnya PAUD ini ada di sekitar lingkungan rumah kita?

1. PAUD ini penting berada di sekitar rumah agar orang tua juga mudah untuk menjangkau dan mengontrol ke tempat PAUD dari rumah sehingga semakin memudahkan aksesnya si anak mendapatkan pendidikan.

2. Penghematan ongkos untuk si orang tua mengantarkan anak menuju tempat PAUD apaalagi untuk keluarga menengah ke bawah tentunya keberadaan PAUD ini sangat penting dan bisa menghemat.

3. Selain itu, dengan semakin banyaknya keberadaan PAUD tentunya daya tampung semakin banyak juga sehingga annak-anak Indonesia makin bertambah yang mendapatkan pendidikan sejak usia dini.

Well, kawan melalak cantik yang sudah menikah maupun belum mungkin bisa mulai memasukkan anak-anak ke PAUD agar dimulai pendidikan sejak usia dini.


1 Komentar

Hai, Silahkan Berkomentar Yah