Selama menghabiskan waktu 3 hari 2 malam di Pontianak tentunya saya harus mengisi energi dengan cara makan dan minum. Ketika mengunjungi sebuah tempat baru tentunya mencicipi langsung makanan lokal adalah sebuah kepuasan tersendiri. Saya pun mencari informasi seputaran masakan setempat dan mencari tahu cara menuju tempat-tempat kuliner tersebut.

Berikut 5 kuliner enak yang wajib dicoba di Pontianak versi melalak cantik:

1. Bubur Ikan Ahian

Bubur ikan Ahian ini memiliki citarasa yang lezat. Sebagai pencinta kuliner lokal maka campuran bumbu yang dicampur pada bubur menjadi kenikmatan tiada tara. Pagi hari setelah bangun tidur, saya memutuskan untuk mengunjungi bubur ikan Ahian. Lokasinya berada di sekitaran warung penjual makanan sehingga akan terlihat ramai. Bubur ikan ini terdiri dari campuran ikan fillet yang dipotong-potong. Harga semangkok bubur sekitar 40 ribuan, dan jika menambah segelas teh manis dingin maka pengeluaran hampir 50 ribuan.

Kuliner Enak dan Lezat Murah Meriah di Pontianak


Alamat Bubur Ahian:

Jl. WR Supratman No.A3/27, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243

Jam Buka:
Senin-Minggu: 06.00-14.00

2. Es Krim Angi

Salah satu warung penjual es krim yang juga bersejarah di Pontianak adalah es krim Angi. Kelembutan es nya dengan cita rasa yang lezat serta variasi rasa menjadikan pengunjung semakin ramai yang datang berkunjung kesini. Sore itu, matahari sudah tidak terlalu terik namun saya dan Dwi memutuskan untuk mencoba es krim yang berada tepat di depan sekolah Petrus. Ketika sore hari sudah ramai pegawai kantoran yang berkumpul untuk nongkrong disini. Namun, siang hari tentu akan melihat keramaian anak sekolah.

Kuliner Enak dan Lezat Murah Meriah di Pontianak


Alamat Es Krim Angi:

Jl. Karel Satsuit Tubun No.8, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121

Jam Buka:
Senin-Minggu: 09.00-17.00

3. Kwetiau Apollo

Sebagai seseorang yang suka dengan kwetiau maka ketika ke Pontianak, saya tidak ingin melewatkan untuk mencoba yang terkenal dan legendaris disana. Awalnya sih berfikir bahwa bentuk kwetiau mirip dengan yang di Medan, ternyata di Pontianak lebih kecil dari segi ukuran. Jika biasanya saya menikmati kwetiau yang ukuran lebar maka berbeda dengan kwetiau Apollo ini. Warna ketika sudah diolah juga menjadi kecoklatan dengan campuran kecap tentunya. Saat itu, Lidya mentraktir saya sepiring kwetiau yang harganya sekitar 15 ribuan. Btw, kawan melalak cantik yang muslim tetap bisa menikmati kwetiau Apollo ini kok karena mereka mengklaim bahwa masakannya halal.

Kuliner Enak dan Lezat Murah Meriah di Pontianak


Alamat Kwetiau Apollo:


Jl. Patimura No.63, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243

Jam Buka:
Senin-Minggu: 14.30-01.00


4. Bubur Paddas Pa'Ngah


Beberapa kawan melalak cantik yang menyukai bubur pedas mungkin sangat direkomendasikan untuk mencoba bubur paddas Pa'Ngah ini. Salah satu lokasi yang terkenal di Pontianak untuk menyantap bubur pedas. Saya yang selama ini belum pernah makan bubur tersebut tentu merasa aneh saat pertama kali menyantap langsung masakan khas melayu ini. Namanya memang masakan lokal sudah pasti penduduk sekitar banyak yang menyukainya. Seharga 13 ribuan sudah bisa menyantap bubur pedas tersebut, saat itu saya mencoba bubur pedas dengan topping daging. Makanan pun tambah lezat dengan aneka topping lainnya seperti kacang tanah goreng dan ikan teri yang juga digoreng.



Alamat Bubur Paddas Pa'Ngah:

Jl. P. Natakusuma No 74 Sungai Bangkong, Kota Pontianak

Jam Buka:
Senin-Minggu (kecuali jumat) : 08.00-22.15
Jum'at: 15.00-22.15


5. Es Lidah Buaya

Kota Pontianak yang panas menjadi segar saat sudah menikmati segelas es lidah buaya. Di kota ini cukup terkenal tanaman lidah buaya tersebut. Beberapa warung makan akan menyediakan es lidah buaya dibarengi dengan menu masakan lainnya. Harga untuk segelas es lidah buaya ini juga masih terjangkau, siang itu saya membayar sekitar 10 ribuan untuk es tersebut. Nah, waktu itu saya membeli es lidah buaya di warung mie tiaw Melayu yang bersebelahan dengan lokasi penjual souvenir sekitar jalan S Parman.



Alamat Es Lidah Buaya Mie Tiaw Melayu:


Komp. PSP, Jl. Patimura, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243

Jam Buka:
Senin-Minggu: 09.00-22.30

1 Komentar

  1. Waaah baru tau bubur ikan harganya sampai 40 ribu,...alamak mahalnya untuk sebuah sarapan..hehehe

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan tinggalkan kesan