Liburan bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk para traveler. Selain menyenangkan tentunya ada sisi lain yaitu bisa meningkatkan pengetahuan. Siapa yang mau liburan sambil mencerdaskan diri? Yuk, baca terus artikelnya hingga selesai.




Saat menghabiskan waktu selama 3 hari 2 malam di Pontianak, aku tidak ingin membiarkan kesempatan untuk belajar banyak hal berlalu begitu saja. Ilmu pengetahuan dan pengalaman baru harus diraih ketika melakukan perjalanan. Waktu, energi dan materi yang sudah dikeluarkan harus bermanfaat untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Silahkan dibaca juga cara untuk mendapatkan tiket murah ke Pontianak 

Kawan melalak cantik yang mau berlibur mungkin sering mencari referensi tempat liburan. Nah, tempat liburan bermanfaat yang bisa dikunjungi bersama keluarga maupun teman inilah yang akan saya rekomendasikan untuk kawan melalak cantik. Beberapa mungkin sudah tahu tempat wisata yang ada di Pontianak. Well, saat ini saya mau rekomendasikan tempat wisata wajib dikunjungi yang gratis di Pontianak serta bisa tingkatkan pengetahuan saat liburan. Berikut 5 tempat wisata gratis di Pontianak yang wajib dikunjungi:

1. Rumah Radakng

Rumah Radakng adalah sebutan untuk rumah panjang suku Dayak Kanayatn di Provinsi Kalimantan Barat. Saat mengunjungi suatu daerah memang paling asik untuk melihat langsung kebudayaan dan sejarah dari masyarakat lokal. Nah, awalnya saya mengetahui hanya ada satu tempat wisata replika rumah tradisional dayak yang ada di Pontianak dengan sebutan Rumah Betang. Namun ternyata ada yang terbaru lebih besar dan digunakan untuk berbagai kegiatan yaitu Rumah Radakng. Saat itu, driver ojek online yang mereferensikan Rumah Radakng yang baru tersebut untuk dikunjungi dan ia pun mengantarkan ke rumah tradisional tersebut.

Tempat wisata gratis di Pontianak


Rumah Radakng memiliki ciri khas yaitu memiliki kolong atau pondasi rumah yang tinggi untuk perlindungan binatang buas dan musuh, bentuk arsitekturnya pun unik khas Kalimantan pada atap dan bangunannya. Rumah Radakng ini juga biasanya dilengkapi dengan bilik-bilik untuk dihuni beberapa keluarga yang mana jumlahnya bisa mencapai 100 orang.

Replika Rumah Radakng ysng terbaru ini tentunya lebih modern dan kokoh serta lebih diberi beberapa modifikasi dari bangunan aslinya seperti beberapa struktur bangunan terbuat dari beton, arsitektur pahatan di dinding, dan atap yang lebih modern. Para wisatawan pun senang untuk berkunjung kesini. Selain menikmati arsitektur Rumah Radakng juga sekaligus mendengarkan permainan musik tradisional khas dayak yang dimainkan oleh para pemuda disana Btw, ada cafe juga loh untuk santai makan maupun minum setelah kelelahan berkeliling sambil berfoto di Rumah Radakng.


Alamat Rumah Radakng:

Sungai Bangkong, Kec: Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Jam Buka:

Senin-Minggu : 07.00-18.00


2. Keraton Kadriah

Keraton ini adalah istana kesultanan Pontianak yang dibangun dari tahun 1771 sampai 1778 masehi. Sayyid Syarif Abdurrahman Al Kadri adalah sultan pertama yang mendiami istana tersebut. Saat saya mengunjungi keraton tersebut tampak ramai pengunjung yang ingin melihat langsung sejarah yang sudah ada sejak dahulu.





Selamat siang, guys. Hari ini kota Medan memiliki suhu panas yang lumayan buat makin eksotis yah. Apalagi saat di Pontianak kemarin tuh, uhh pokoke makin jadi lah warna kulit ini. Well, aku mau cerita perjalanan ke Pontianak beberapa waktu yang lalu. Sebagai penikmat sejarah dan budaya tentu keraton, museum dan beberapa tempat lainnya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Saat itu,aku mengunjungi Keraton Khadariah Kerajaan Melayu di Pontianak. Aku bertemu dengan petugas yang dengan setia menunggu kendaraan milik para pengunjung. Ia bercerita banyak hal seolah menjadi guide disitu. Ada banyak informasi yang didapatkan termasuk tentang permaisuri di Keraton tersebut. Dan, aku tidak menyangka baru saja juga berbicara dengan permaisuri yang sederhana dan bersikap ramah. Bapak petugas tersebut pun juga mengatakan keluarga di Keraton itu baik-baik. Yeah, terkadang gitu yang justru punya sesuatu akan tampak lebih sederhana dan ramah. Nah, jadi inilah foto di depan Keraton Khadariah Pontianak. Senang rasanya banyak belajar sejarah dan budaya baru. . . . . . 📸 Petugas Keraton 🌏 Pontianak, West Kalimantan, Indonesia #melalakcantik #bloggermedan #likeforlike #lifestyleblogger #photooftheday #wanderlust #keratonpontianak #wonderfulindonesia #influencermedan #folkindonesia #folktale #pesonaindonesia #pesonapontianak #diaryhijabers #travelphotography #travelhijabers #bloggerperempuan #rironwandes #contentcreator #travelbloggermedan #travelblogger #canonindonesia #eosm6
A post shared by Content Creator (@ririnwandes) on


Bangunan yang khas melayu berwarna kuning memancarkan sinarnya apalagi saat saya kesana matahari sedang sangat terik. Para wisatawan bisa masuk ke keraton ini secara gratis namun ada disediakan seperti kendi yang dibolehkan untuk memberikan uang. Fungsinya adalah untuk sumbangan bagi petugas kebersihan atau keamanan di keraton tersebut.

Tempat wisata gratis di Pontianak


Alamat Keraton Kadriah:

Jalan Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243

Jam Buka:

Senin-Minggu: 10.00-17.00


3. Tugu Khatulistiwa

Tugu khatulistiwa menjadi salah satu ikon kota Pontianak yang rasanya sah sudah berada disana jika sudah sampai di tugu tersebut. Kawan melalak cantik mungkin sudah tahu tentang garis khatulistiwa yang sudah dipelajari sejak jaman sekolah dasar. Garis khatulistiwa itu merupakan sebuah garis imajinasi yang digambar di tengah-tengah planet di antara dua kutub dan paralel terhadap poros rotasi planet.

Tempat wisata gratis di Pontianak


Di Indonesia, garis khatulistiwa melewati beberapa titik yang mana salah satunya adalah kota Pontianak. Nah, saat kamu mengunjungi Pontianak tentunya tidak boleh melewatkan untuk datang ke tugu khatulistiwa. Memasuki areal tugu tentunya tidak dikenakan biaya namun kita harus tetap menjaga areal agar tetap terjaga ketertiban dan kebersihan. Oh yeah, setelah tiba di tugu khatulistiwa, kamu akan mendapatkan sertifikat bahwa sudah menginjakkan kaki di garis ekuator tersebut.

Alamat Tugu Khatulistiwa:

Jalan Khatulistiwa ,Kel Batu Layang, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78244

Jam Buka:

Senin-Minggu: 07.30-19.00

4. Tugu Digulis

Tugu Digulis merupakan monumen yang berbentuk bambu runcing dimana posisinya tidak jauh dari kampus Universitas Tanjung Pura. Monumen ini awalnya berbentuk sebelas tonggak yang kemudian dicat warna merah putih dan pada akhirnya sekarang berwarna kuning. Nah, untuk bisa berfoto di depan tugu ini, kawan melalak cantik juga tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun, hanya saja harus mengambil momen yang pas sehingga tidak terlalu kelihatan kendaraan yang lalu lalang.

Alamat Tugu Digulis:

Jalan Jendral Ahmad Yani, Kel Bansir Laut, Kec Pontianak Utara, Pontianak

Jam Buka:

Setiap Hari : 24 Jam


5. Masjid Jami Pontianak

Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Sultan Syarif Abdurrahman adalah yang tertua dan terbesar di kota Pontianak. Ketika saya mengunjungi masjid ini sedang direnovasi sehingga tidak bisa masuk dan melihat keindahan arsitektur dari masjid tersebut. Saya hanya melihat dari luar yang mana posisinya juga tidak terlalu jauh dari Keraton Kadriyah sehingga cukup satu hari tour mengunjungi keduanya.

Tempat wisata gratis di Pontianak


Masjid ini merupakan satu dari dua bangunan yang menjadi pertanda berdirinya kota Pontianak pada tahun 1771 M. Bentuk masjid memang sangat tradisional dan tampak ciri khas yang unik sehingga banyak juga wisatawan yang berkunjung ke masjid tersebut.

Alamat Masjid Jami:

Dalam Bugis, Kec Pontianak Timur Kota Pontianak.

Jam Buka:

Setiap Hari: Waktu Shalat

Well, itulah rekomendasi dari melalak cantik yang bisa kamu kunjungi ketika sudah berada di kota Pontianak. Liburan menambah pengetahuan dan pengalaman baru sehingga travelling menjadikan diri semakin cerdas.


















8 Komentar

  1. aku belum pernah ke Pontianak mbak, tapi temanku ada yang orang sana, kapan2 mau coba main ke tempatnya ah

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah main ke kalimantan sih tapi berkat baca blog kamu seenggaknya jd ada gambaran wisata di sana kayak apa 😉

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah ke Pontianak sama sekali nih. Jd emg blm ada gambaran gimana disana tp jd terwakilkan sedikit dr foto2 ini ya

    BalasHapus
  4. belum pernah ke pontianak nih, jadi pengen deh kesana btw tugu kadriah terkenal banget ya, sering masuk di stasiun televisi nih

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah ke Pontianak, Sis. Lain kali deh kalau udah sehat hehe... Tempat rekomendasinya ok juga.

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah ke pontianak. Kayaknya asik ya main di sana masih banyak rumah adatnya

    BalasHapus
  7. salah satu hal menarik dan wajib diusahakan kalau ke sebuah kota itu mampir ke Masjid Jami, itu kelihatan masih sederhana

    BalasHapus
  8. belom pernah kesana nih, belom pernah keluar jawa huhu

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan tinggalkan kesan