USB OTG SanDisk menjadi pusat perhatianku saat ini. Beberapa teman bercerita tentang kemampuan dari USB tersebut dalam hal back-up data dan penyimpanan. Aku pun tertarik untuk segera memilikinya dan mulai mencari ke Official Store SanDisk di Shopee. Sebagai content creator yang hobi travelling dan fotografi tentu koleksi foto menjadi sesuatu yang selalu dibawa pulang sebagai kenangan. Terus, bagaimana jika semua data foto hilang?. Kamu pernah diejekin orang lain karena nangis kehilangan foto?





Kehilangan Based on True Story

Well, kehilangan calon suami yang tiba-tiba nikah dengan orang lain aja pernah apalagi data pribadi yang lupa dilakukan back up. Saat itu smartphone dipinjam oleh adek sepupu yang hobi difoto. Seperti biasanya langsung diberikan saja karena memang sudah biasa digunakannya untuk melakukan swafoto. Setelah beberapa menit, ekspresi wajahnya pun berubah. Saya pun langsung menanyakan ada apa yang terjadi. Kemudian, ia hanya menunjukkan telepon genggam tersebut dan saya melihat sudah tidak ada lagi satu pun foto yang muncul di galery.

Smartphone itu bukan baru dibeli yang mana sudah pasti isi fotonya ribuan. Ada banyak foto-foto kenangan hasil liburan keliling Jawa beberapa tahun lalu. Apalagi saya belum punya kamera pada saat itu sehingga tidak ada back up koleksi foto lainnya meskipun ada satu dua yang sudah dibagikan di sosial media. Saat itu pun langsung menangis dan tidak bisa banyak komentar karena sepupu juga masih sekolah. Tiap cerita ke teman soal kehilangan foto-foto pasti nangis dan selalu diejekin karena hanya perkara foto. Lah, orang lain enggak tahu aja rasanya punya koleksi kenangan yang kemudian hilang tanpa pesan seperti mantan yang sudah menikah tanpa salam perpisahan.

Ssstt, tahun 2019 sudah bangkit dari semua keresahan mantan apalagi soal data yang harus dilakukan penyimpanan. Nah, kemunculan USB OTG SanDisk ini mengobati kegalauan dan keresahan saat kehilangan. So, produk apaan sih ini?. Kawan melalak cantik sudah kenal dengan produk tersebut?



Hasil Survey Western Digital


Perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp belakangan baru saja menerbitkan hasil studi tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia yang berjudul “ Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”. Studi yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar ini menemukan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone.

Menurut survei oleh DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp bahwa 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, yang berujung pada perasaaan kesal. Lebih dari 80% responden survey telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali.

Pada bulan September 2018, tingkat penetrasi smartphone di Indonesia telah mencapai 27,4%2. Angka ini setara dengan kira-kira 73 juta pengguna smartphone di Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak keenam di dunia. Oleh sebab itu, tren dalam aktivitas digital dan manajemen data masyarakat urban Indonesia menjadi menarik untuk ditelusuri lebih jauh.

Ketika saya membaca hasil survei tersebut diketahui bahwa masih ada banyak masyarakat yang tidak melakukan back up data. Saya pun menjadi bagian dari masyarakat tersebut meskipun tidak ikut menjadi sampel dalam survei. Nah, setelah dilakukan survey maka terdapat beberapa penemuan menarik dari Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh Western Digital:

1. Sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka. Responden yang lebih muda cenderung lebih banyak menggunakan smartphone mereka untuk lebih banyak fungsi, mulai dari gaming, navigasi, video streaming, atau berbelanja online. Menariknya, survei ini juga menunjukkan bahwa smartphone sudah menjadi pengganti ‘kamera’. Lebih dari 90% responden yang memiliki smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Akibatnya, data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%). 

2. Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16- 32 GB (56% responden). Namun, tentu kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah di smartphone. Survei membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka. Kapasitas terbatas ini menyebabkan para responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan — dan hampir semua responden yang mengalami masalah ini mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori. 

3. Ada banyak faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data mereka. Beberapa di antaranya adalah memori yang penuh sehingga mereka harus menghapus data, perangkat yang rusak, virus, file yang rusak, atau kehilangan perangkat. Walaupun sebanyak 67% responden pernah mengalami kasus kehilangan data sebelumnya, hanya sepertiga dari mereka yang rutin melakukan pencadangan atau back up data sebulan sekali (atau lebih). Ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden belum memiliki rencana atau jadwal back-up yang teratur, padahal back-up merupakan hal yang vital untuk dilakukan di era serba digital ini. 

Perusahaan Western Digital

Western Digital® menciptakan lingkungan untuk pengembangan data. Perusahaan ini mendorong inovasi yang dibutuhkan untuk membantu para pelanggan dalam menciptakan, menyimpan, mengakses dan mentransformasi data yang semakin bertambah. Dimanapun data berada, dari data center hingga sensor mobile hingga perangkat-perangkat personal, solusi-solusi terdepan industri kami memberikan kemungkinan-kemungkinan data. Solusi-solusi data-sentris Western Digital dipasarkan dalam merek-merek G-TechnologyTM, HGST, SanDisk®, UpthereTM dan WD®. 

Kehadiran USB OTG SanDisk Sebagai Solusi Kehilangan

Kehilangan data-data penting tentunya menyedihkan apalagi jika foto-foto liburan yang sudah pasti moment tidak akan terulang lagi. Kehadiran USB OTG SanDisk ini menjadi solusi dari kehilangan tersebut. Western Digital menawarkan solusi lengkap mobile storage dengan brand SanDisk, yaitu SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives yang membantu para pengguna gawai untuk mengelola dan mem-backup data dengan mudah dan cepat.



Western Digital menawarkan solusi dan tips berikut untuk pengguna smartphone di Indonesia: 

1. Bebaskan memori penyimpanan di smartphone.
2. Plug and Play yang praktis.
3. Lakukan back-up untuk konten sosial media.
4. Upgrade smartphone untuk menambah kapasitas.

Well, ketika kita sudah memiliki alat untuk mem-back up maka tidak ada lagi kegalauan mengenai penyimpanan. Saya sering melihat teman-teman yang membagikan foto-foto di sosial media dengan  kata-kata berikut pada captionnya #DibuangSayang. Yeah, terbukti memori smartphone sudah tidak muat lagi sehingga membagikan semuanya di sosial media karena mau dibuang pun sayang karena ada kenangan. Sejak kehadiran USB OTG SanDisk tentunya memudahkan semua kawan-kawan untuk menyimpan file  dengan #SanDiskAPAC.



































































14 Komentar

  1. Alhamdulillah aku udah punya OTG sandisk dua mba. Yang lain FD sandisk pas belum ada OTG ak belinya fd. Sukaa dan puaz sama kualitas e

    BalasHapus
  2. Makin butuh ya dengan memori berkapasitas besar dan otg begini

    BalasHapus
  3. Yeeee aku juga udh pake usb otg sandisk yang 32GB jadi foto2 di hp pas ada kegiatan bisa langsung dipindahin ke usb

    BalasHapus
  4. BUTUH BANGET akutuuu ama USB OTG ini.
    Mau cuss cari ahhh, supaya dokumen foto dll terselamatkan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Harus punya USB memang ya, bisa untuk backup foto dan video yang diambil. Kalo mendadak ilang bikin nangis pasti ya. pengen beli juga nih USB OTG Sandisk ini

    BalasHapus
  6. Wah iyaa bener banget nih hampir 80% memori smartphoneku isinya foto semua hihi..aku baru punya 1 OTG tapi ya itu kadang suka males mindahinnya..hihi..tengkyu dah ngingetin buat mulai mindahin foto2ku biar ga kzl kl tiba2 kehapus��

    BalasHapus
  7. Aku juga pake ini mbak, dikasih adekku wkwkwkwk

    BalasHapus
  8. nggak kebayang gimana galau dan sedihnya kalau file liburan hilang tiba2. apalagi kalau belum sempat di back up

    BalasHapus
  9. setuju banget ini. semenjak pake usb otg sandisk udah nggak khawatir lagi

    BalasHapus
  10. Flasdisk di rumah semuanya pakai Sandisk, yang ini belum punya euy, ntar carai ah. Makasih infonya

    BalasHapus
  11. Aku belum punya ni..

    Harus punya ya, bahaya klo foto2 pada ilang..

    G bisa buat konten dong

    BalasHapus
  12. SanDisk emang berguna banget buat backup data.
    Aku ngerasainnya sekarang. kalo memori penuh tinggal colok deh OTG SanDisk nya

    BalasHapus
  13. Aku merasakan manfaat USB OTG SanDisk mbak,
    Kalau mau nonton drakor atau anime tinggal plug dan play USB OTG SanDisk ke smartphone aja heheee

    BalasHapus
  14. kehilangan foto emang sama kayak kehilangan kenangan, hiks, sayang kalo kenangannya manis, kan gak bisa dilihat lagi. aku juga pake sandisk otg untuk jaga data aku yg di hp khususnya, karna sering banget memori full

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan tinggalkan kesan