Penang National Park,Pesona Kawasan Lindung Indah Dekat Pantai

by - Januari 30, 2020

Penang National Park, Pesona Kawasan Lindung Indah Dekat Pantai - Mengunjungi sebuah tempat baru yang belum pernah didatangi sebelumnya ternyata seru sih. Yeah, meskipun memang terkadang enggak sesuai ekspektasi gitu.



Rencana Tanpa Perencanaan

1. Destinasi Tidak Sesuai Harapan


Well, hari itu adalah sabtu cerah dengan nuansa ceria di kamarku. Aku sekamar dengan rombongan tiga orang perempuan Malaysia. Mereka sedang mengobrol tentang beberapa destinasi di Penang. Ternyata pertama kalinya menginjakkan kaki di negeri yang terkenal akan laksa ini. Aku pun akhirnya ikut obrolan dan menunjukkan foto indah di Batu Ferringhi. Silahkan dibaca cerita Makan Laksa ke Batu Ferringhi Sendirian.

Kebingungan muncul di wajjah para gadis-gadis itu saat ingin menentukan tempat wisata. Aku pun bertanya lokasi mana yang akan dikunjungi, ternyata sudah berencana akan ke Bukit Bendera. Awalnya tidak ada menggoda, hanya sekedar foto yang ditunjukkan. Eh, langsung mereka ingin ke Monkey Beach. Well, rencana tanpa perencaan deh langsung memutuskan untuk kesana.



Berhubung ramai-ramai, mereka terbiasa naik grab saat berpergian. Nah, aku pun mengajak untuk backpacker ala melalak cantik. Bus menjadi pilihan untuk tiba di stasiun terakhir sebelum naik boat menuju Monkey Beach. Pilihan bus masih sama seperti tujuan ke Batu Ferringhi sih dengan biaya yang juga terjangkau RM 2.70 untuk sekali jalan. Hanya saja turunnya di stasiun akhir Penang National Park.

Cuaca Penang panas dan sudah dipastikan kulit makin eksotis. Nuansa sejuk dari bus langsung berubah ketika turun dan keluar. Matahari yang menyengat sedikit membakar wajah. Beberapa counter mini sudah berjajar di dekat pantai. Kami menanyakan satu persatu para tenant yang menawarkan jasa boat menuju Monkey Beach.

Ternyata tidak ada yang sesuai ekspektasi harganya. Aku sih santai aja berhubung memang ingin kesitu tapi ketiga gadis tidak mau jika harga kemahalan. Seharusnya sih bisa mendapat harga lebih murah jika kami berjumlah 10 orang namun hanya berempat.

Kenapa destinasi tidak sesuai harapan?. Well, kami pun batal pergi ke Monkey Beach tapi ada kunjungan tempat baru donk. Yeah, akhirnya pergi ke Penang National Park yang posisinya juga sudah disitu. Kami pun mengisi data terlebih dahulu sebelum memasuki National Park tersebut.




2. Kunjungi Penang National Park Sekedar Berjalan-jalan


Setelah mengisi data diri di lembar yang diserahkan oleh petugas counter, kami pun langsung berjalan memasuki kawasan Penang National Park. Nah, ada banyak pilihan yang bisa diisi sesuaikan dengan tujuan saat masuk kesana. Ada juga yang hiking loh sampai menuju Monkey Beach dan bisa juga ke destinasi lainnya. Hmm, aku dan ketiga gadis Malaysia itu tentu hanya sekedar berjalan-jalan di dalam sana sambil foto-foto tentunya sih.



Mengenal Penang National Park

1. Hutan Lindung dengan Banyak Flora dan Fauna


Sebagai penyuka pemandangan alam dan suka segala sesuatu yang berhubungan dengan pepohonan hijau tentunya senang memasuki kawasan ini. Aku tuh sudah berkali-kali ke Penang tapi baru kali ini sampai di National Park loh. Yeah, seandainya tidak memiliki tujuan awal ke Monkey Beach pasti deh enggak akan tiba disini.

Menurut Wikipedia, Penang National Park ini adalah Taman Nasional Penang yang sebelumnya dikenal sebagai cagar hutan pantai Acheh. Situs murni ini diketahui menampung 417 flora dan 143 spesies fauna. Hutan lindung pantai Acheh ini terletak di ujung barat laut Pulau Pinang dimana dinyatakan sebagai Taman Nasional Penang pada April 2003.

Penang National Park adalah kawasan lindung pertama yang ditetapkan secara hukum di bawah Undang-Undang Taman Nasional Malaysia tahun 1980 yang menandakan upaya perlindungan lingkungan negara dan pemerintah federal.

2. Tujuan Keberadaan Taman Nasional


Well, menurut informasi yang didapatkan bahwa Taman Nasional Penang didirikan dengan tujuan untuk melestarikan dan melindungi flora dan fauna serta benda-benda dengan minat geologis, arkeologis, historis, etnologi, ilmiah dan indah.

Saat aku beserta ketiga teman baru masuk ke kawasan ini langsung deh mendengar suara hewan-hewan. Berjalan dengan sedikit tanjakan membuat kelelahan karena jarang olahraga. Apalagi pakaian yang dikenakan juga tidak sesuai untuk pendakian sehingga sedikit kurang nyaman saat melangkah. Kami pun tidak begitu jauh berjalan, hanya sampai 2 perhentian saja. Kemudian, langsung memutuskan untuk kembali ke pintu masuk saja.

3. Pantai di Sekitarnya


Asiknya lagi tuh saat berada di dalam Taman Nasional adalah saat mendengar suara air dan hewan menjadi satu. Kelebihan lainnya dengan nuansa dingin, sepi di dalam hutan. Yeah, aku sih tetap saja ada rasa takut berhubung memang tidak terlalu ramai dan jarak antar pengunjung juga jauh sih.



Di sekitar Penang National Park ini ada beberapa pantai loh, ada sekitar 9 yang terbaik di sekitar sini karena memang lokasinya juga kan terpencil diantaranya yaitu Pantai Teluk Bahang, Pasir Pandak, Teluk Tukun, Tanjung Ailing, Teluk Duyung (Pantai Kera), Teluk Ketapang, Pantai Kerachut, Teluk Kampi, dan Pantai Mas.



Nah, sebenarnya niat awal tuh memang Monkey Beach karena jaraknya tidak jauh dari Penang National Park ini, naik boat paling sekitar 30 menit lah. Pantai ini tuh banyak dihuni oleh monyet dari kera spesies pemakan kepiting, Hmm, seperti namanya kan Monkey Beach makanya banyak kera deh. Berbagai fauna dan flora dapat ditemukan di dalam taman termasuk penyu hijau, tupai terbang, dan lebih dari 150 spesies burung

You May Also Like

17 Comments

  1. Wah...cakep.. bisa mamlir sejenak menikmati taman kota penang... semoga nanti bisa ke sana dan mencobanya langsung... baru sampe ke lam wah ee doang dipenang kak

    BalasHapus
  2. Yah pengen liat gadis Malaysia itu. Tapi gak ada 😁😁😁.

    Pengen liat flora dan faunanya juga. Tapi gak terlihat 😁😁😁🙏

    BalasHapus
  3. Jadi ke penang itu sekali masuk ada banyak destinasi yang ditawarkan ya. Seru juga sih, semua masih dalam kawasan..kapan2 kalau ada rejeki bisa diagendakan ini..

    BalasHapus
  4. Wah traveler ala backpacker spti sy terkadang jg berhitung soal HTM.kalo Tdk sesuai kantong wkwk..paling aman klo backpacker ala share cost ya jadi harus berbanyak supaya biaya terjangkau ..sepertinya banyak destinasi menarik nih di Penang..jadi pengen berbacpacker ke sana

    BalasHapus
  5. Keren ya ternyata Penang National Park ini. Walaupun gak jadi ke Monkey Beach, sedikit terobati lah ada tempat yang bisa dikunjungi. Aku penasaran deh sama tempatnya, bagus banget gak sih kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap malah bs main di 9 pantai di sekitarnya yak. wow! ternyata gadis2 malaysia itu jg sama ngiritnya dengan kita ya, anti mahal2 club. wkwkw

      Hapus
  6. Wah asyik bisa jalan-jalan sampai ke Penang. Moga suatu saat bisa balik lagi dan pergi ke Monkey Beach ya.

    BalasHapus
  7. Saya belum pernah kunjungan ke taman nasional di luar negeri, kalo di Indonesia mah sudah sering. Kalo di sana untuk fasilitas wisata sama seperti di Indonesia kah mba? Fasilitas permanen (seperti semen dan batu bata) diminimalisir, lebih banyak ke fasilitas alami, misalnya boardwalk. Duh, jadi pengen kunjungan ke sana.

    BalasHapus
  8. banyak hikmh dari perjalanan. makanya anjuran agama seringlah melakukan perjalanan. hehe.. si mbaknya berkssempatan jalan2 aja nih. semoga bisa kayak mbak..

    BalasHapus
  9. Kok bagus banget siih tempatnya. Makasih kak reviewnya. Semoga someday bisa ke sini.

    BalasHapus
  10. jadi penasaran pingin wisata ke penang malaysia, kawasan hutan lindungnya terlihat indah. mudah-mudahan bisa kesana dan menikmati pesona penang national park.

    BalasHapus
  11. saya paling suka jalan-jalan menyusuri gunung maupun pantai. sekilas melihat foto-foto Penang National Park sepertinya keren tempatnya. jadi pingin ke sana...

    BalasHapus
  12. Masyaallah, keindahan alam Penang national park membuat saya takjub. Semoga saja suatu saat nanti saya dapat menapaki jejak ke situ

    BalasHapus
  13. Tulisan mbak jadi bikin saya inget, dlu pernah ngebet bgt pergi ke suatu destinasi karena foto"nya bagus pas tempat aslinya benar" zonk wkwkwk

    BalasHapus
  14. Aku baru sempat ke pantai Feringhi aja. Belum ke National Parknya. Penang asik untuk wisata kuliner dan wisata alam. Ah, kan jadi ingin ke Pinang

    BalasHapus
  15. Jadi kangen ke taman nasional Penang, waktu kesana cuaca lagi gak bagus dan pengen lagi blusukan ke sini

    BalasHapus
  16. Hutan dan pantai, wah klop banget bagi pencinta alam nih. Kadang kadang jalan dadakan tanpa perencanaan matang justru lebih seru. Ada aja sesuatu diluar ekspetasi yang menyenangkan. Kalaupun ada yang menyebalkan anggap aja bagian dari cerita perjalanan, hehehe

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah