Daftar Activities Excel Uipath Beserta Fungsinya

by - Januari 22, 2021

Salah satu kelebihan Uipath, Anda bisa melakukan manipulasi terhadap file Excel. Anda bisa menggunakan atau memasukan data ke Excel dengan cepat dengan bantuan tools RPA ini. Berbagai perubahan yang telah dilakukan membuat activities Excel telah disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga belajar Uipath menjadi lebih bermanfaat. 




Anda bisa menggunakan seluruh activities Excel dengan mudah. Anda bisa mencarinya melalui Package Manager untuk menemukan activities yang ingin digunakan. Jika Anda memiliki data dalam file Excel dengan jumlah banyak, Uipath akan sangat membantu untuk melakukan proses. Anda bisa menambahkan file Excel ke project Anda untuk dieksekusi dengan berbagai activities yang ada. 

Dalam menggunakan Uipath RPA, activities memang sangat dibutuhkan untuk merancang alur kerja yang optimal. Berikut ini beberapa activities Excel yang akan bermanfaat dalam membantu pekerjaan. 
Activities Excel Uipath Beserta Fungsinya 

Dalam Uipath Indonesia, ada banyak activities Excel yang tersedia. Kali ini, akan dibahas beberapa activities yang memang paling banyak digunakan. Anda bisa download tools ini di halaman Uipath download jika ingin mencobanya. 

● Excel Application Scope 


Activities ini akan bekerja dengan membuka workbook Excel yang dipilih. Nantinya, Anda bisa mengambil data dari file excel tersebut untuk diproses sesuai dengan kebutuhan. Jika prosesnya telah selesai, workbook Excel akan tertutup secara otomatis. Namun activities Uipath ini hanya bisa digunakan jika aplikasi Microsoft Excel tersedia di komputer Anda. 

Kelebihan dari activities ini, ketika workbook tidak ditemukan maka akan dibuat yang baru sesuai dengan nama yang telah ditentukan. Anda bisa mengambil data yang ada pada file Excel dengan bantuan activities Get Row Item. Ini akan jauh lebih cepat dibanding Anda melakukan secara manual. 

● Write Cell Dan Write Range 


Kedua activities Uipath ini sama-sama memiliki fungsi untuk menuliskan sebuah data. Untuk activities Write Cell ini, akan bekerja dengan menuliskan data ke sel yang ada pada spreadsheet. Pastikan sel yang dituju kosong, karena data baru nantinya akan menimpa data yang sebelumnya sudah tersedia. 

Sementara activities Write Range ini dapat menuliskan data ke sel dengan rentang yang sudah ditentukan. Jadi Anda bisa menentukan tujuan di awal sehingga tidak menimpa data yang sudah ada. Anda bisa menggunakan nama sheet maupun starting cell sebagai tujuannya. Ini yang membuat Uipath Indonesia dapat mempercepat pekerjaan yang berhubungan dengan excel. 

● Read Cell Dan Read Range 


Dengan activities Read Cell, Anda bisa melakukan proses untuk membaca nilai sel yang ada pada Excel. Activities Uipath RPA ini akan berfungsi dengan baik jika diaplikasikan dengan activites Excel Application Scope. 

Sementara Read Range akan membaca data pada Excel sesuai dengan rentang yang telah ditentukan. Ketika rentang tidak diatur, maka seluruh data yang ada di spreadsheet akan dibaca. Activities ini cocok digunakan untuk membaca data di kolom yang spesifik. 

Itulah beberapa activities Excel Uipath yang seringkali digunakan. Masih banyak activities lain yang memiliki fungsi komplek untuk membantu pekerjaan excel. Agar lebih memudahkan, Anda bisa membaca artikel Uipath tutorial yang ada di website resminya. 





You May Also Like

0 Comments

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah