5 Tips Traveling Saat Ramadan Harus Kamu Coba

by - April 17, 2021

Ramadan menjadi moment yang indah bagi umat islam di dunia. Beberapa orang akan senang menjalani ramadan di negara baru dengan sebuah pengalaman berbeda. Saya sendiri pun pernah merasakan puasa jauh dari rumah. Memang traveling saat bulan ramadan akan berbeda dari bulan-bulan biasanya. Tapi,ada banyak hal indah dan keutamaan yang bisa kita peroleh di bulan yang suci ini.

Masjid Kapitan Keling Penang


Tips Traveling Saat Ramadan


Berpergian saat bulan ramadan pernah saya lakukan saat ada perjalanan ke pulau Jawa dan ke negeri jiran. Memang perbedaan waktu tidak terlalu jauh sebagaimana jika puasa di benua Eropa atau Amerika. Suatu hari nanti,saya pun berkeinginan bisa merasakan puasa disana. Namun,kali ini saya ingin membagikan tips tips traveling saat ramadan yang sudah pernah dilalui beberapa tahun yang lalu.

Kawan melalak cantik mungkin sudah pernah membaca tips di berbagai artikel lainnya tetapi mungkin ada poin-poin yang tidak sama karena orang yang menuliskan dan menjalaninya pun berbeda pula. Selengkapnya yuk dibaca tips traveling saat ramadan di bawah ini:

1. Siapkan Menu Sahur Saat Malam


Ketika berada di negara orang mungkin belum terbiasa mencari makanan di luar ketika waktu sahur. Biasanya saya sudah membeli pada malam hari dan kemudian bisa dipanaskan di penginapan. Selain itu,jika kamu suka memasak tentunya bisa membeli bahan mentah dan kemudian dimasak sendiri. Pernah kejadian sih saat saya tidak menyiapkan makanan sahur,hanya punya persediaan buah apel dan susu. Alhasil memang lumayan lapar karena tidak terbiasa hanya sahur dengan menu simpel seperti itu. Syukur Alhamdulilah masih bertahan hingga waktu berbuka sih tapi menjadi pelajaran ke depannya untuk tetap siapkan makanan untuk sahur saat malam hari.




2. Kurangi Aktifitas Outdoor


Sebagai traveler yang senang menjelajahi tempat-tempat baru pastinya waktu liburan dihabiskan untuk berkeliling tempat wisata. Saat ramadan,energi sepertinya tidak semaksimal biasanya. Oleh karena itu,saya memilih untuk mengurangi aktifitas outdoor. Berjalan kaki adalah kesenangan saya ketika di negara orang karena memang bersih dan nyaman tapi tentunya tidak bisa terlalu lama seperti biasanya. Kebanyakan sih mengunjungi masjid-masjid indah dan bisa lebih lama berdiam di dalamnya setelah melaksanakan ibadah. Btw, saya punya artikel masjid-masjid indah di dunia loh,selengkapnya mampir ke Menelusuri Masjid Indah di Dunia Versi Melalak Cantik.

3. Berinteraksi Dengan Warga Lokal


Ketika bulan biasa saja pun saya senang berinteraksi dengan warga lokal apalagi saat ramadan. Mengunjungi negara yang mayoritas muslim pasti akan merasakan suasana ramadan yang meriah. Liburan saat ramadan tentu bisa menjadi lebih berkesan ketika mengenal budaya lokal,kebiasaan yang dilakukan hanya saat ramadan pastinya menjadi daya tarik untuk dilihat. Kita enggak pernah tau loh,ada rejeki bisa diundang untuk makan sahur dan berbuka bersama di rumah warga lokal. Wah,menjadi sebuah experience baru tentunya donk,hal tersebut merupakan salah satu impian saja juga di perjalanan selanjutnya.

4. Kunjungi Berbagai Event Musiman


Beberapa daerah atau negara tertentu ada yang memiliki sebuah event musiman. Saat saya menghabiskan beberapa hari ramadan di Pulau Penang,ada bazzar menarik yang menjual berbagai makanan lokal. Disitu kesempatan untuk melihat lebih banyak keberagaman lokal yang hanya ada saat ramadan. Selain itu,pernah ada event yang menghadirkan atraksi juga ketika bulan ramadan di Jogja. Itu pengalaman luar biasa sih karena pertama kali puasa jauh dari rumah sekitar tahun 2012 lalu. Saat itu,saya pun punya pengalaman sahur di kereta perjalanan Yogya menuju Jakarta. Moment sih pastinya bisa sahur dan buka di kota berbeda.






5. Mulai Mencoba Traveling Saat Ramadan


Nah, mungkin untuk bisa menjalani berbagai tips traveling saat ramadan tentunya kawan melalak cantik harus mulai lakukan trvelingnya terlebih dahulu. Memang tidak semua orang suka berpergian saat puasa,terkadang ada yang beralasan tidak enak karena sudah pasti ruang gerak terbatas. Biasanya restoran pasti tutup tapi pada sore hari menjelang berbuka pasti banyak hal menarik yang bisa dilihat. Eh, negara di Eropa biasanya tetap buka kok tempat makan dan bisa jadi banyak juga yang makan di sepanjang jalan. Kuncinya memang tahan sih,kuatkan iman agar tidak tergoda dengan apa yang tampak mata. 

Well,apakah sudah ada yang mulai ingin traveling saat ramadan? Atau ada yang punya pengalaman juga nih? Silahkan komentar yuk di kolom bawah,ditunggu ya kawan-kawan.




You May Also Like

25 Comments

  1. Aku jarang traveling kl ramadahan kak krn takut haus banget hahaha. Paling kyk ziarah wisata religi menarik tuh yak buat ramadahan kyk skrng. Selamat puasa ya kak. Sehat selalu.

    BalasHapus
  2. Sepertinya berinteraksi dengan warga lokal ini merupakan hal yang langka sekarang, banyak aplikasi yang memfasilitasi untuk berhubungan di dunia maya, tapi tidak mendukung untuk berinteraksi secara langsung, bahkan untuk bertanya alamat saja ketika berpergian sekarang tidak harus bertanya ke orang-orang, tapi bisa menggunakan maps, dan jadinya kebanyakan dari kita canggung untuk memulai percakapan dengan warga lokal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agree! Hal yang langka di zaman sekarang. Tapi saya sendiri masih senang membuka percakapan dengan warga lokal misal ketika makan. Biasanya suka ada cerita tak terduga saja yang mungkin bisa menambah referensi dan wawasan.

      Hapus
  3. Weeeeee enak kaliiii. Mau carik lupis ah nanti soreee.

    BalasHapus
  4. Aku ngeri2 sedap ah kalau jalan2 pas lagi puasa wkwkwkw. Tapi pernah sih ke Jatim Park duluuuu pas ramadan. Eh alhamdulillaah anak2ku masih kecil pol, kuat sampai maghrib tiba.

    BalasHapus
  5. Aku punya pengalaman juga dan sensasinya memang beda banget, waktu itu lagi di penang ada kerjaan sama temen pas bulan ramadhan, dan memang ga berasa banget waktu dan ga merassa lapar meski balas dendam pas malamnya wisata kulineraan.
    Nanti baru mau ngerasain camp pas bulan ramadhan nih mingguini, semoga tahan godaan syaiton2 mereka mentemen sendiri biasanya yang suka ngajak batal hahaa.

    BalasHapus
  6. Saya orang Jawa. Pada tahun 2008, saya traveling Ramadhan ke Banjarmasin.
    Terlihat di pinggir jalan banyak orang jualan kue manis seperti pasar tumpah. Mau beli, tapi gak paham bahasa Banjar. :))

    BalasHapus
  7. malah pengen banget traveling pas ramadhan tapi belum pernah kesampaian :(

    BalasHapus
  8. Saya pikir bukan travelling yach, tapi tepatnya kegiatan Ramadan. Menyenangkan berbeda dengan hari biasa. Sepertinya unik dan merasakan kehebohannya.

    BalasHapus
  9. Bagi yang jarang traveling seperti saya mungkjn agak repot ya traveling saat ramadhan. tapi kalau tujuan traveling ini wisata religi pas banget bulan ramadhan

    BalasHapus
  10. Aku ngerasain puasa di negara orang, ya pas kuliah :D. Tapi Krn saat itu aku memang tinggal di sana, buatku biasa aja. Apalagi Malaysia juga ga jauh beda iklimnya.

    Yg bener2 traveling di saat puasa, itu yg ga pernah :D. Dan kayaknya aku dan suami juga ga terlalu mau sih Rin :D. Soalnya jd kayak percuma sih, banyak tempat yg bakal dikurangin, demi ga terlalu capek. Kecuali tujuannya memang pengen rasain puasa di sana yaaa.

    Suami bbrp kali rasaian puasa di Eropa, pas msh tinggal di sana. Tp dia pinter, kalo puasa jatuh di saat summer, yg mana jam berbuka jadi panjaaaaaang bgt :p, dia lgs balik ke Jakarta :p. Ortunya yg ttp di LN. Tp pas puasa jatuh saat winter, dia balik ke negara itu :p. Krn wktu nya jadi singkaaat hahahahha. Dan dingin jd ga berasa .

    BalasHapus
  11. Sebenarnya enggak terasa banget kalau puasa pas travelling. Karena waktu cepat aja berlalu. Eh tahu2nya uda buka.

    BalasHapus
  12. Ternyata menarik banget travelling di bulan Ramadan
    Mau coba ah, insyaallah tahun depan kalo Allah mengizinkan
    Bisa nyobain kuliner baru,tarawih di masjid yang berbeda
    Sekalian tulis di blog ya? 😀😀

    BalasHapus
  13. Saya belum pernah nih travelling saat puasa. Pernah pas sama kakak yang mudik dari Medan namun ya itu masih seputar Surabaya saja, Itupun rada rada gak kuat karena menemani kakak belanja di saat Surabaya lagi panas-panasnya

    BalasHapus
  14. pasti ada rasa yg berbeda ya ketika traveling saat bulan ramadhan, sesungguhnya saat remaja aku pengen banget berkunjung ke masjid seluruh Indonesia, semoga aja kesampaian.

    BalasHapus
  15. Wah belum pernah nih, pernah sekali sahur pertama di kereta api pulang traveling menuju rumah tapinya hehe.. Kalau saya pribadi pengen maksimal Ramadan di rumah aja biar bisa lebih banyak waktu dan khusyu beribadah. Soalnya moment satu tahun sekali belum tentu tahun depannya dapat lagi.... Tapi itu memang pilihan masing2 sih ya... hehe...

    BalasHapus
  16. Kalau travelingnya jauh ke luar kota pas Ramadhan saya belum pernah kak. Pernahnya masih sekitaran Jakarta, dan masjid memang jadi lokasi paling segar untuk dikunjungi saat Ramadhan

    BalasHapus
  17. Pas gak pandemi, pasti menantang ya traveling saat Ramadan. Tantangannya jadi berkali-kali lipat karena pandemi menurutku hehee Tips yang menarik, kak :)

    BalasHapus
  18. klo tahu tipsnya, meski sedang puasa tetap bisa travelling dgn menyenangkan ya mbak..klo aku palingan jalan jalan kekiling kota buat ngabuburit

    BalasHapus
  19. waahhh traveling pas ramadan gimana tuh ya rasanya, aku kaya ga kebayang panas tapi tetep mau terus jalan2 nih

    BalasHapus
  20. Penasaran sih Kak, selama ini kalo traveling pasti di luar bulan Ramadan. Kalau saat Ramadan jadi bisa cicip kuliner Ramadan khas dari daerah yang dikunjungi ya. Aku penasaran sama jus tembikar yang ada difoto kakak lho jadinya.

    BalasHapus
  21. Saya jadi rindu jalan-jalan ke tempat wisata nih, gak kebayang sih kalau misalnya cuacanya panas dan berkeringat. Tetapi tetap semangat travellingnya meskipun masih di bulan Ramadhan

    BalasHapus
  22. Tahun ini belum travelling sama sekali. Kayaknya Ramadan ini juga enggak hiks

    BalasHapus
  23. Aku pernah traveling pas ramadhan, dan itu bikin aktivitas terbatas karena gampang capek. Tapi tetep seru sih, cuma pas buka agak kalap sama minum. Hehe

    BalasHapus
  24. Sekalinya traveling keluar nrgri pas saya ke Korea mba,..cuma karena suhunya sejuk jadi ga kerasa pa2 biasa aja ..hanya saja pas buka jadi kangen makanan tanah air hehehe

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.