Inilah 4 Alasan Pentingnya Berinvestasi Bagi Perempuan!

by - Maret 21, 2022

Era digital ini menjadikan kita lebih mudah mengakses beragam informasi dari berbagai sumber. Kebutuhan dan keinginan pun meningkat seiring dengan seringnya mengakses sosial media. Melihat postingan orang lain pun bisa menumbuhkan keinginan untuk ikut memiliki barang mewah yang dipamerkan, ingin bisa nongkrong tiap akhir pekan atau bisa traveling ke berbagai tempat.

Apabila hanya sekedar memiliki hasrat konsumtif dan bisa menahannya tentu tidak menjadi masalah. Namun, ketika penghasilan hanya cukup membiayai kebutuhan bulanan sementara kemauan berlebihan maka akan menjadi sebuah masalah yang akan merusak kondisi keuangan baik pribadi maupun keluarga apabila sudah menikah.

Beberapa orang banyak juga yang masih beranggapan bahwa investasi hanya diperlukan untuk yang sudah menikah padahal masih single pun tentu perlu berinvestasi. Atau terkadang ada kalimat bahwa hanya pria memiliki kewajiban berinvestasi sementara wanita tidak perlu. Padahal ada banyak sisi baik ketika perempuan sudah mengalokasikan pendapatannya untuk investasi baik saat masih single maupun sudah berumahtangga.




Apa Sih Investasi Itu?


Siapa kawan melalak cantik yang sudah mulai berinvestasi? Memang manfaat itu tidak langsung dirasakan sekejap saja saat memulainya. Kita bisa tentukan investasi untuk jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Dipersiapkan sejak dini demi masa depan yang lebih cerah dengan kondisi keuangan yang stabil.

Perlu diketahui dari definisinya bahwa investasi adalah sebuah kegiatan menanam modal dalam jangka waktu cukup lama dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di masa depan. Kawan melalak cantik juga perlu tahu bahwa investasi ini berbeda dengan tabungan. Oleh karena itu, sudah harus mempersiapkan alokasi dananya setiap bulan mana yang harus dimasukkan ke tabungan dan mana untuk investasi.

Investasiku



Pentingnya Perempuan Berinvestasi

Saat ini dunia investasi memang masih didominasi oleh kaum lelaki tetapi bukan berarti perempuan tidak bisa ikut andil loh. Well, dunia investasi ini masih didominasi oleh laki-laki yang mana berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari 2.484.354 investor di pasar modal, komposisi investor perempuan dan laki-laki di pasar modal adalah 40:60. Sedangkan dari sisi aset, jumlah aset yang dimiliki perempuan bahkan lebih kecil lagi, yaitu 21 persen sedangkan laki-laki menguasai 79 persen aset.

Jika ada persepsi bahwa investasi hanya cocok dan paling penting untuk laki-laki tentunya hal tersebut sangat keliru. Investasi ini kan untuk menyeimbangkan antara kebutuhan, pengeluaran dan sumber pendapatan. Oleh karena itu, apapun gender bukan menjadi penghalang memulai investasi. Lalu apa sih alasan pentingnya berinvestasi ini bagi perempuan?

1. Mewujudkan Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan tidak hanya dimiliki oleh kaum lelaki donk karena para perempuan pun juga harus punya agar keuangan tetap stabil dan beragam impian bisa diwujudkan. Tujuan keuangan dari setiap orang sih berbeda-beda ya, tentu ada yang mau melanjutkan pendidikan, menyiapkan dana pendidikan anak, menabung untuk pengeluaran besar seperti biaya pembelian rumah atau agar menumbuhkan kekayaan. Nah, dengan berinvestasi ini perempuan bisa menjangkau tujuan keuangan yang sudah direncanakan tersebut.

2. Kesetaraan Finansial

Sekarang isu kesetaraan gender memang sedang hangat diperbincangkan dan informasi di berbagai media pun bermunculan tentang isu tersebut. Dengan adanya kesetaraan ini bukan berarti perempuan ingin merasa hebat namun agar tidak terjadinya kesenjangan yang jauh antara keduanya.

Tentu penting untuk perempuan bisa mencapai kesetaraan dan kemandirian secara finansial terutama dalam menghadapi masalah seperti kesenjangan gaji maupun pajak. Investasi adalah salah satu cara terbaik bagi perempuan untuk memastikan bahwa diri mereka punya potensi untuk mengakumulasikan jumlah kekayaan yang sama dengan laki-laki.

3. Agar Punya Dana Pensiun Sendiri

Semua perempuan pasti ingin hidup aman dan nyaman, punya segalanya yang bisa membuat kehidupan semakin bahagia. Tetapi tentunya semua tidak selalu berjalan mulus dan sesuai keinginan. Ada hal tak terduga yang bisa saja terjadi di masa mendatang.

Lalu, bagaimana menyikapinya? Inilah penting sudah berinvestasi bagi saat masih single atau sudah menikah sehingga jika ada kejadian jeleknya pun suami diambil orang lain atau Tuhan sebagai perempuan ada persiapan dana untuk jalani hidup. Dana pensiun ini yang akan membantu ketika terjadi hal di luar dugaan tersebut.

4. Inflasi

Pastinya inflasi ini akan ada berdampak ke kondisi keuangan, jangan sampai pendapatan yang dimiliki bisa tergerus inflasi tersebut. Nilai uang dari waktu ke waktu pastinya berubah.  Bisa kita pahami bahwa inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Bagaimana Perempuan Berinvestasi?


Adakah yang bertanya-tanya cara untuk memulai investasi yang mudah dipahami dan dijalankan di era digital ini? Beragam informasi pun mudah ditemukan di media sosial maupun artikel-artikel di internet lho. Nah, sekarang saya akan membagikan ke kawan melalak cantik caranya agar segera bisa mulai investasi. 

1. Tentukan Jenis Investasi

Beragam jenis investasi bisa dipilih dan sekarang membuka akun untuk berinvestasi pun semakin mudah. Semua hanya dalam genggaman smartphone saja lho. Jenis investasi itu bisa seperti reksadana, obligasi, saham, deposito atau emas.

2. Buat Akun Investasiku

Jika sudah mengetahui jenis investasi yang mau dipilih maka selanjutnya pembuatan akun investasi. Langkah-langkah pun cukup mudah karena bisa hanya dengan mengisi data pada kolom isian saat mendaftar ke platform. Kali ini, saya akan mengajak kawan-kawan untuk berinvestasi di Investasiku.

Mengenal Investasiku

Sudahkah kamu tau? Investasiku ini merupakan aplikasi finansial super yang siap membantu untuk mencapai tujuan finansial dengan beragam produk unggulan yang ditawarkan seperti saham, obligasi, reksadan maupun rencana.

Kenapa harus Investasiku? Karena sudah terdaftar donk di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terus banyak edukasi dalam bentuk eduvest yang bantu kamu makin pintar seputar dunia investasi. Ssst, masih ada beragam benefit lainnya loh seperti membership, dapatkan dan gunakan point dari transaksi untuk semua unit bisnis di bawah CT-Corp serta adanya kupon potongan belanja bikin kamu hemat berbelanja nih.

Cara Mulai Buka Akun Investasiku

1. Instal aplikasi Investasiku melalui smartphone yang dimiliki baik berbasis android maupun IOS. Selanjutnya buat akun dengan mengklik bagian "Kamu belum miliki akun", isi data yang diminta lanjut klik sign up ketika sudah mengisi semuanya. Kamu cukup memasukkan data nama, email, nomor handphone dan tentu passwor untuk log in nantinya. Mudah sekali bukan?




Setelah itu, kamu akan masuk ke tampilan layar profil yang sudah diisi sebelumnya. Disitu akan muncul nama dan ada pilihan investasi di bagian bawahnya. Berikut ini adalah contoh tampilan yang bisa kamu lihat nantinya. 




Selanjutnya jika mau mulai berinvestasi, klik bagian portofolio dan tentu harus ada validasi KTP, isi formulir pembukaan rekening investasi dan verifikasi biometrik. Setelahnya kamu sudah bisa mulai langsung beli saham favoritmu. Gimana? Mudah sekali bukan untuk berinvestasi di Investasiku. Yuk, mulai dari sekarang!













You May Also Like

48 Comments

  1. Aku sendiri rutin investasi di saham, P2P dan LM, Krn ga pengen ngerepotin anak2 di masa tua. Dan yg terpenting, aku punya plannutk Reus traveling keliling dunia Ama suami saat udh pensiun.

    Makanya udah kami hitung2 itu semua ga akan bisa dicapai kalo hanya nabung biasa. kegerus inflasi yg ada.

    Udah banyak Yaa aplikasi terdaftar dan resmi utk investasi gini. Buatku sama aja, yg penting rutin investnya, dan mau belajar ttg cara2 investasi yg sesuai risk profile :)

    BalasHapus
  2. Aku juga mulai terpikir untuk investasi, nih. Terima kasih ya, inspirasinya

    BalasHapus
  3. Zaman now semakin dipermudah ya, Mbak. Termasuk urusan investasi. Dan siapa saja bisa berinvestasi. lewat aplikasi, maka investasi semakin mudah dan cepat. Dan yang sering saya baca, sebelum investasi, jangan lupa tentukan tujuan investasi, lalu pilih investasi yang sesuai.
    Selamat berinvestasi, Mbak.

    BalasHapus
  4. Berinvestasi jaman skrg memang harus pintar milih yah platform nya krn takut kejadian ikutin platform bodong.

    BalasHapus
  5. Urusan kesetaraan finansial ini emang iya sih. Apalagi dengan kesenangan perempuan pada urusan belanja. Hehehe

    BalasHapus
  6. Kemajuan teknologi memudahkan kita untuk berinvestasi. BTW, saya juga udah install nih Investasiku, tapi belum mulai berinvestasi, hehehe.... Masih memantau terus. Entah memantau sampe kapan.....

    BalasHapus
  7. wajib nih kak, apalagi di perkenalkan sejak dini, kalo bisa sih jangan pandang cewek coweok, sebab semua memiliki potensi yang sama.

    BalasHapus
  8. Perempuan harus mandiri ya kan, zaman sekarang perempuan kudu punya penghasilan biar gak disepelekan sama suami,apalagi sekarang mulut mertua lebih pedes dari cabe cabean ,jadi wanita harus berdikari dan berinvestasi

    BalasHapus
  9. Setuju sih sama poin poin yang disampaikan di artikel ini, setidaknya kita jadi perempuan mandiri mau apapun bisa pakai uang sendiri termasuk traveling.

    BalasHapus
  10. Buat jaga2 investasi memang perlu demi mensejahterakan keluarga tercinta. Thankyou for sharing.

    BalasHapus
  11. Perempuan harus melek finansial terutama karena sekarang pilihan investasi tidak lagi sebatas emas, tanah dan properti. Dan biasanya perempuan aka ibu ibu lebih rentan dalam hal finansial karena tidak terbiasa menjadi bread winner.

    BalasHapus
  12. Aku juga sudah pengen investasi. Tapi masih mempertimbangkan banyak hal. Mudah-mudahan dapat lembaga investasi yang pas.

    BalasHapus
  13. Sekarang era digital, perempuan harus melek literasi finansial ya.
    Apalagi sekarang semua sudah dipermudah, berinvestasi bisa dilakukan melalui ponsel. Tinggal pilih yg tepat dan sesuai seperti di Investasiku ini.

    BalasHapus
  14. bagi saya perempuan yang mandiri finansial itu penting, menjadi manajer keuangan keluarga bukan hanya jadi kasir

    BalasHapus
  15. Berinvestasi selagi masih mampu dan muda, makin banyakin investasi kalau ngerasa bahwa itu menguntungkan supaya pada saat tua dan tidak mampu nanti bisa digunakan untuk macem macem. Semangat ngumpulin pundi pundi investasi

    BalasHapus
  16. Penting nih buatku, karena selama ini masih maju mundur untuk berinvestasi. Sedangkan godaan belanja kian menggelora, haduhhh...

    BalasHapus
  17. Investasi memang diperlukan untuk kebutuhan tidak terduga, 4 alasan tersebut memang benar

    BalasHapus
  18. Nah iya, perempuan juga harus punya investasi ya. Supaya bisa lebih mandiri secara finansial dan mempersiapkan dana untuk masa depan.

    BalasHapus
  19. Setuju, perempuan harus pandai berinvestasi. Syukurlah sekarang kalo mau investasi makin dipermudah dengan hadirnya aplikasi

    BalasHapus
  20. Masalah inflasi ini yang bikin aku membuka mata lebar-lebar akan pentingnya investasi. untung udah pake InvestasiKu juga jadi bisa mempersiapkan masa depan lebih baik.

    BalasHapus
  21. Diantara jenis aplikasi saya lumayan tertarik deng Obligasi, karena belum pernah mencobanya. Kalau yang lain sudah pernah

    BalasHapus
  22. Emang penting banget sih Kak buat perempuan itu punya kemandirian secara finansial walaupun kelak akan menikah dan mungkin saja urusan keuangan akan berbagi sama si pasangan. Punya dana pensiun sendiri pun penting, biar kelak nggak menyusahkan anak-anak dan keluarga di masa tua.

    BalasHapus
  23. Saya termasuk orang yang telat mengetahui dan melakukan investasi, sedikit menyesal kenapa dulu sebelum menikah tak pernah terpikir untuk berinvestasi. Karena keterbatasan informasi juga sih ya kala itu. Kini, lewat investasiku kita bisa belajar dan mengenal seluk beluk dunia investasi

    BalasHapus
  24. jaman sekarang perempuan harus melek investasi ya kak, untungnya makin kesini makin banyak platform untuk investasi seperti investasiKu ini. aq pun kepikiran mau inves disini juga

    BalasHapus
  25. Setuju,, perempuan kudu melek investasi. Secara dia adalah pengatur ekonomi rumah tangga. Biar semua bisa disiapkan dengan matang, termasuk untuk menyongsong hari tua.

    BalasHapus
  26. Perempuan juga harus melek investasi
    Saya belajar investasi pas pandemi, saham dan reksadana
    Sekarang merambah ke P2P lending

    Apa lagi kebutuhan makin dalam makin mahal
    Investasi harus bisa melawan inflasi

    BalasHapus
  27. Mudah dan praktis banget berinvestasi dengan aplikasi investasiKu apalagi aplikasi ini udah terdaftar di OJK jadi tentunya aman

    BalasHapus
  28. Setuju nih bahwa perempuan wajib mengalokasikan pendapatannya untuk investasi baik saat masih single maupun sudah berumahtangga. Demi masa depan yg lebih baik kudu bisa pilih investasi yg tepat dan menguntungkan ya mbak

    BalasHapus
  29. Penting memang kita untuk berinvestasi. Tapi kudu melek dulu dan ngerti bagaimana sebaiknya berinvestasi. Makasih ya insight ya mba...

    BalasHapus
  30. wah betul perempuan memang perlu sih belajar literasi finansial khususnya investais ini karena bisa menjadi dana di masa tua kan ya , insya Allah

    BalasHapus
  31. Perempuan wajib melek investasi ya mbak. Untunglah ada Investasi ku, Bisa belajar sekaligus berinvestasi di satu aplikasi..

    BalasHapus
  32. Ini yang aku telat sadari waktu lajang dulu. Berdaya dengan income lumayan, tapi nggak aku barengi dengan kesadaran investasi. Akhirnya kerasa ruginya sekarang.

    BalasHapus
  33. Yup saya setuju. Demi kemandirian finansial, saya pun sudah buka investasi di InvestasiKu dan belajar terus sehingga tabungan yang ada tidak tergerus oleh inflasi

    BalasHapus
  34. perempuan juga harus yaa melek masalah keuangan, investasi memang penting untuk tabungan masa depan

    BalasHapus
  35. Bener bangett meskipun perempuan yg jadi ibu rumah tangga sekali pun tetep harus mandiri finansial juga yaa. Sisihkan sebagian untuk investasi

    BalasHapus
  36. investasi penting banget nih, biar ada simpanan buat masa depan. hidup sedih kalau deg-degan mulu soal uang.

    BalasHapus
  37. pengin berinvesatasi mbak, tapi belum tahu caranya dan punya ketakutan uangnya malah hilang

    BalasHapus
  38. Iya , penting banget buat perempuan agar bisa berinvestasi
    Investasi jadi salah satu cara untuk mengatur keuangan ya mbak

    BalasHapus
  39. setuju nih, aku juga makin kesini makin sadar, kalau investasi memang perlu. Beruntungnya, sekarang udah banyak akses yang gampang gbuat investasi, asal hati-hati aja, biar gak kena invest bodong :)

    BalasHapus
  40. Benar mbak. Investasi adalah jalan untuk mencapai tujuan keuangan. Selain itu juga salah satu cara untuk melawan inflasi. Nggak kebayang kalau gak investasi, pasti rugi.

    BalasHapus
  41. Aku baru tahu banget kalau apps Investasiku bisa digunakan untuk berinvestasi sesuai dengan kebutuhan keuangan masing-masing.

    BalasHapus
  42. Perempuan harus melek investasi ya mbak. Apalagi di zaman sekarang kadang terjadi ketidak pastian hidup. Investasiku bisa jadi solusi juga

    BalasHapus
  43. setuju banget dengan alasan kenapa harus berinvestasi. tujuan keuangan, kesetaraan finansial, tabungan hari tua, dan inflasi

    BalasHapus
  44. Semakin dimudahkan untuk berinvestasi... jadi ga ada alasan lagi untuk tidak berinvestasi... tinggal mengumpulkan niat dan keberanian untuk memulai investasi

    BalasHapus
  45. perlu banget berinvestasi. Dulu aku bingung kalau mau berinvestasi di produk apa, taunya ya tabungan, sekarang udah banyak cara untuk berinvestasi seperti di saham

    BalasHapus
  46. Sepertinya mudah ya kak investasi saham melalui investasi ku. Jadi pengen nyoba deh .. minimal nabung berapa ini kak buat beli saham?

    BalasHapus
  47. Platform investasi dari investasiku ini sangat cocok buat pemula yang ingin belajar berinvestasi. Selain aman juga sistemnya gak merugikan investor

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.