Keseruan FamTrip ke Desa Wisata Lingga Bersama Astra

by - April 03, 2022

 Pernahkah kawan-kawan melalak cantik menjelajahi desa wisata? Apa yang paling kamu inginkan saat berada di lokasi tersebut? Mungkin beberapa dari kawan-kawan sudah biasa nikmati suasana sejuk kawasan Brastagi maupun Kabanjahe. Tetapi, pasti masih banyak yang belum coba mengunjungi langsung kawasan Desa Wisata Lingga yang mana kaya akan budaya dan sejarah.

Sebelumnya saya sudah pernah melakukan perjalanan ke Desa Lingga sekitar tahun 2010 bersama kawan-kawan di Pers Mahasiswa Teropong UMSU. Kegiatan yang dilaksanakan bernama Eksplorasi Budaya sehingga ada banyak pengetahuan dan pengalaman baru diperoleh saat berada di desa tersebut. Hal paling menakjubkan untuk saya adalah ketika melihat plakat yang kami bawa pada saat itu masih ada di Museum Karo Lingga.

Menjelajahi kawasan Desa Lingga ini memang tidak asik jika hanya sehari saja namun bukan berarti tidak bisa donk. Pada tahun 2010 lalu, saya dan teman seperjalanan menghabiskan waktu sekitar seminggu berada di rumah warga lokal. Nah, ketika famtrip bersama Astra yang diselenggarakan oleh KBA Lingga hanya sekitar setengah hari saja. Sstt, kegiatan yang dirasakan tetap menyenangkan dan selalu ada saja hal baru yang didapatkan.

Siwaluh Jabu Karo


Awal Mula Perjalanan

Seluruh undangan yang berangkat dari Medan berkumpul di Fakultas Ilmu Budaya USU. Saya pun mengajak dua orang teman berhubung diberikan dua slot kosong oleh penyelenggara. Kami pun semua berkumpul di depan kampus hingga akhirnya berangkat bersama dengan mobil yang sudah disediakan oleh pihak Astra.

Sekitar pukul 6 pagi sudah berada di depan kampus dengan suasana masih gelap dan tak ada seorang pun yang tiba disana. Syukurnya saya bersama seorang teman sehingga tidak terlalu menyeramkan. Hingga pukul 7 pagi baru berangkat menuju Kabanjahe dengan beragam drama yang muncul dari para peserta undangan di titik kumpul itu.

Selama perjalanan, saya hanya memfokuskan untuk menikmati suasana sepanjang jalan saja. Melihat aktifitas warga masyarakat di pagi hari yang tentu lebih menarik daripada mendengarkan hal-hal yang tidak baik lainnya.

Sudah sekian lama tidak melakukan perjalanan ke kawasan atas atau bisa dibilang area pegunungann. Trip kali ini menjadi moment yang asik bisa berpergian lagi setelah sekian lama tidak kesana. Efek bangun terlalu pagi, saya pun tidur sesekali karena sudah mengantuk. Beragam suara orang yang mengobrol pun sudah tidak terdengar lagi.

Tiba di Desa Lingga

Saat turun mobil, saya langsung melihat beberapa orang yang memakai pakaian seragam dan bisa ditelaah langsung bahwa mereka adalah pegawai dari Astra. Semua penumpang mobil yang dari medan pun turun dan mulai berbicara dengan yang lainnya. Saya pun mengambil posisi duduk di pinggir selokan hingga akhirnya disapa oleh seorang staff Astra. Kami pun memulai obrolan singkat untuk saling menyapa dan mengenal.

Acara sudah mau dimulai, kami diarahkan menuju rumah adat tradisional atau juga dikenal Siwaluh Jabu. Bangunan yang memiliki nilai tinggi dengan cerita sejarah dan budayanya. Alunan musik Karo dan beberapa penari menggerakkan tubuh mengikuti iringan musik menambah suasana semakin semarak.

Tari Penyambutan Desa Lingga


Para tamu undangan pun ikut menggerakkan tangan dan badan sambil senyum serta menyapa warga kampung. Para ketua adat dan orang-orang penting di desa sudah berdiri di depan Siwaluh Jabu untuk menyambut yang hadir. Acara pun dibuka oleh MC dimana ada beberapa sambutan dari ketua adat setempat dan perwakilan dari pihak Astra.

Selanjutnya kami pun diajak masuk untuk melihat langsung isi dari rumah adat. Berhubung saya sudah pernah sebelumnya maka tidak terlalu excited. Meskipun begitu, tetap ada rasa senang karena sudah sekian lama tidak datang kesana lagi.

Memasuki Siwaluh Jabu

Satu persatu para tamu undangan sudah masuk ke Siwaluh Jabu. Ruangan gelap hanya ada sedikit pencahayaan. Ketika berada di dalam sudah ramai dengan anak-anak muda yang juga sedang menyiapkan sajian kuliner khas untuk tamu.

Saya bersama kawan-kawan blogger memilih untuk duduk saja di dekat pintu agar memudahkan juga saat ingin keluar nantinya. Bulang asik memberikan penjelasan tentang rumah adat ini baik dari sejarahnya hingga konstruksinya yang kuat.

Tidak lama kemudian, makanan pun disajikan dalam bentuk kue khas yaitu cimpa. Sebelumnya saya pernah menyicipinya dan memang enak dengan rasa gula merah yang manis. Kali ini ada yang baru dicobain yaitu cimpa tuang yang bentuknya sih mirip serabi, hanya saja ini berwarna gelap karena ada campuran gula merah. Oh ya, cimpa yang pakai daun itu dinamakan cimpa unung-unung ya,gaes.

Cimpa Karo

Rumah SIwaluh Jabu


Memasuki Museum Karo Lingga

Dikarenakan hujan, kami pun berlarian mencari tempat perlindungan setelah keluar dari Siwaluh Jabu. Padahal seharusnya masih ada aktifitas menyenangkan lainnya, hanya saja tidak jadi terlaksana. Kami pun langsung menuju Museum Karo Lingga.

Saya tidak menyangka ketika melihat plakat yang dibawa pada tahun 2010 masih terpajang manis di atas meja di dalam musem tersebut. Sonya selaku penanggungjawab event banyak menjelaskan tentang musem karena ia memang sudah cukup lama berada di Desa Lingga sehingga mengetahui lebih banyak.

Museum Karo Lingga


Beragam benda-benda di dalam museum memang tampak tidak terawat dan kurang dikunjungi karena abu menempel di benda-benda tersebut. Saat memasuki museumnya bisa langsung merasakan bahwa jarang dimasuki orang-orang sehingga tampak kotor dan kurang perawatan.

Museum Karo Lingga


Makan Siang View Serba Hijau

Sebagai orang yang lebih banyak tinggal di kota maka pemandangan serba hijau ini sangat mahal dan berharga. Bisa nikmati udara sejuk dengan suara daun-daun terbawa angin menjadikan makan siang lebih menyenangkan.

Kami disajikan masakan ayam dan sayuran daun ubi yang dihancurkan. Kenapa saya tidak bilang dihaluskan? Karena memang tidak halus sih dan rasanya sedikit tidak cocok di lidah, mungkin karena aroma kincong yang begitu kuat menusuk hidung.

Makanan Tradisional Desa Lingga

Pemandangan Kabanjahe


Says bersama kawan blogger memang terbiasa makan dengan tambahan sambal sehingga kami akan kritis ketika rasa makanan kurang pedas

Tarian Tradisonal Karo

Tarian Desa Lingga

Astra dan Kampung Berseri Lingga

. Syukurnya kami pun disajikan sambal yang menjadikan makan semakin nikmat. Panitia memang keren sudah menyiapkan tempat menarik di lantai 2 begini.

Sharing Session

Selesai makan tentu tidak langsung pulang, ada sharing session terlebih dahulu. Kami membagikan kesan dan pesan agar panitia bisa menyiapkan kegiatan yang lebih keren ke depannya. Oh ya, sebelum makan tadi, kami pun diajak menari bersama karena ada iringan musik tradisional dan beberapa penari lokal juga.


Sharing session ini berlangsung cukup lama karena ada banyak tamu yang mengemukakan ide dan gagasan agar menjadikan program ini lebih baik dan tentu bisa mengajak lebih banyak lagi orang-orang berkunjung ke Desa Lingga serta sukses menjadi desa wisata.

Acara Penutupan 

Perut sudah terisi, keakraban pun mulai terjalin baik maka inilah waktunya berpisah. Kami harus kembali ke Medan dan acara pun selesai. Tetapi, kami tidak langsung pergi begitu saja karena masih ada acara penutupan yang disajikan oleh panitia. Penampilan dari anak muda lokal yang menceritakan kisah pada masa lalu sambil menggunakan propertinya juga di depan makam.

Tarian Tradisioanal Desa Karo Lingga

Tarian Desa Lingga


Overall, perjalanan ini menyenangkan meskipun sangat singkat bahkan tidak sampai seharian penuh. Hanya beberapa jam tetapi sudah dikonsep cukup baik oleh panitianya. Semoga ke depannya lebih baik dan bisa diajak liburan lagi donk.





You May Also Like

18 Comments

  1. Pengen rasain jugaaa 😄. Aku blm pernah ke tanah Karo. Pengen sbnrnya. Ntar Juni kan aku ke Medan Rin. Kalo adekku mau diajakin ke sana, bakal aku datangin sih. Apalagi bisa stengah hari gitu yaaa. Viewnya cakep bangetttt

    BalasHapus
  2. wah keren banget loh ini..Aku belum.pernah ke daerah ini. kearifan lokalnya masih terjaga banget ya.

    BalasHapus
  3. Seru banget bisa jalan bareng Astra. Perjalanan nya pasti dapet banyak insight baru di desa wisata ya. Semoga makin banyak yg aware terhadap desa yang bisa dijadikan potensi wisata. Bisa bantu warganya juga supaya lebih berdaya

    BalasHapus
  4. Salah satu tempat wisata yang paling suka saya kunjungi wisata desa. Kayaknya seru banget neh, kalau ke sini ya, alamnya kelihatan adem

    BalasHapus
  5. Kangen banget bisa traveling ke desa wisata kayak gini. Apalagi desa wisata yang jarang diekspos media. Aku belum banyak nih eksplore Pulau Sumatera. Dulu cuman ke Medan, itu pun transit waktu ke Aceh. Ke Lampung pun juga masih di sekitar kotanya, belum ke pelosok2. Duh jadi kangen jalan2 euyyy.

    BalasHapus
  6. Budaya di daerah Kato emang masih cukup kental ya kak.sayangnya 3 tahun di Medan belum sempat main ke desa Lingga ini. Padahal menarik banget untuk dikunjungi

    BalasHapus
  7. Pas bagian makanannya di zoom banget dah kak Ririn, bikin mupeng hehe, soalnya kalau ke lokasi keren seperti ini memang yang diincar juga adalah kuliner khasnya

    BalasHapus
  8. Aku penasaran sekalilah Rin ingin ke tanah Karo mampir ke desa Lingganya.Beberapa kali ke Medan pulkam ke Toba gak kesampaian kesana.Tapi reviewmu ini mengobati rinduku,thanks Rin

    BalasHapus
  9. Seru banget sih kegiatannya. Jadi kangen famtrip juga bersama teman-teman. Semoga bisa secepatnya kembali ngetrip.

    BalasHapus
  10. Aku penasaran sama Siwaluh Jabu si ruangan gelap dan hanya ada sedikit pencahayaan. Btw semga museumnya bisa lebih terawat lagi kedepannya ya kak.

    BalasHapus
  11. Wah beruntung sekali bisa ikut kegiatan famtrip ke desa wisata, Mba. Pastinya punya pengalaman menarik di sana. Semoga desa wisata Lingga makin dikenal dan makin banyak wisatawan yang datang ke sana ya.

    BalasHapus
  12. Betul banged Mbak, singkat waktunya tapi kenangan dan kesempatannya sangat mahal dan berharga. I wish bisa berkunjung kesana jugaa.

    BalasHapus
  13. Yes perjalanan yang menyenangkan mbak, jadi melihat sisi lain yang indah dan asri. Cimpa itu seperti kue cucur khas betawi kali ya? Penampakannya mirip dan rasa gula merahnya dominan

    BalasHapus
  14. Wah aku belum pernah ke tanah Karo. Seru banget ya wisata kesana, pemandangan nya juga cakep banget.

    BalasHapus
  15. Pengen banget bisa jalan2 ke sana ��. Seru ya bisa mendapatkan kesempatan untuk liburan ke sana. Tempatnya bagus banget dan adat dí sana masih kental banget ��

    BalasHapus
  16. pengen banget traveling ke medan, salah satu bucketlist aku, insya allah soon yaa mampir sumatera utara campervanan aamiin

    BalasHapus
  17. Desa wisata emang keren-keren ya sekarang... Apalagi sekarang..banyak desa wisata yang keren-keren dan bikin kita betah eksplor desa. Kayak desa ini juga.

    BalasHapus
  18. aku suka wisata kayak gini, ke desa wisata. Apalagi kalau bukan di kota sendiri, vibesnya beda gitu. penasaran sama desa-desa di sumatra, semoga bisa kesana

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.