3 Alasan Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sebelum Investasi

by - Juni 09, 2022

 Kawan melalak cantik biasanya mengenal istilah medical check up dalam hal pengecekan kesehatan. Namun ternyata bukan hanya untuk kesehatan perlu pengecekan,kondis keuangan pun perlu lakukan hal yang sama. Financial check up ini penting dilakukan dengan tujuan tertentu dari masing-masing orang. Oleh karena itu, baik kondisi kesehatan maupun keuangan perlu adanya check up yang dilakukan secara berkala.

Terkadang ada yang memiliki gaji besar namun ternyata belum tentu aman dari masalah keuangan. Masih ada saja merasa kekurangan dalam membiayai segala kebutuhan dalam kehidupan. Perlu adanya pengecekan atas kondisi keuangan pribadi maupun keluarga apabila sudah menikah agar bisa punya perencanaan tepat untuk kondisi keuangan tersebut.

Kegiatan pengecekan kondisi keuangan ini seringkali dilakukan oleh orang yang peduli terhadap kondisi finansial mereka, karena adanya risiko masalah keuangan yang mungkin muncul secara tiba-tiba. Dengan melakukan pengecekan keuangan secara rutin, nantinya kawan-kawan dapat segera memperkirakan masalah apa yang bisa mengancam kondisi keuangan. Dengan begitu kamu dapat segera merencanakan tindakan yang harus dilakukan guna mengatasi indikasi masalah keuangan tersebut.

Dengan melakukan financial check up, Kamu dapat mencatat segala hal yang berhubungan dengan keuangan dan kekayaan. Banyak hal bisa diketahui, seperti jumlah aset yang dimiliki, adakah utang yang perlu dilunasi, serta ke arah mana pergerakan arus keuangan berjalan saat melakukan financial check up.

Financial check up FWD Insurance


Pentingnya Financial Check up

Lalu, kenapa perlu adanya financial check up? Yuk, cari tahu alasan pentingnya melakukan financial check up sebelum investasi!

1. Mengetahui Semua Penghasilan dan Pengeluaran

Sebagian dari kamu mungkin merasa terbebani dengan banyaknya uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan setiap bulannya. Bahkan, beberapa dari kamu mungkin juga merasa bahwa jumlah penghasilan tidak sebanding dengan jumlah pengeluaran. Bisa jadi saat baru saja menerima slip gaji, jumlah pengeluaran telah dengan ‘sukses’ menghabiskan sebagian besar pemasukan tersebut.

Jika hal tersebut saat ini sedang kamu rasakan, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena tidak pernah melakukan pemeriksaan kondisi keuangan. Financial check up berguna untuk melakukan rekap ulang pada segala jenis pengeluaran serta pemasukan rutin. Dengan melakukan pengecekan keuangan, tentu kamu akan dapat dengan mudah mengetahui pengeluaran apa sajakah yang berhasil membuat penghasilan habis terkuras.

Hal ini tentu dapat memberikan informasi penting tentang bagaimana seharusnya mengatur keuangan dengan lebih baik. Tak hanya mengetahui pengeluaran pokok seperti untuk membayar tagihan dan kebutuhan sehari-hari, pengeluaran untuk kebutuhan sekunder, tersier, maupun untuk kegiatan refreshing pun bisa segera diketahui dengan melakukan pengecekan keuangan.

Hal ini tentu dapat memberikan penjelasan tentang keperluan apa saja yang membuat penghasilan “hilang” selama ini. Oleh karena itu, usahakan untuk rutin melakukan financial check up guna mengetahui segala penghasilan serta pengeluaran yang kamu miliki setiap bulannya. 

2. Lebih Handal Dalam Mengendalikan Keuangan

Dengan mengetahui seluruh pengeluaran, kamu tentu dapat dengan mudah memperkirakan nominal uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan. Hal ini tentu akan membuat kamu lebih memahami dengan kondisi keuangan dan bisa menjadi pengelola keuangan yang lebih handal.

Jika saat melakukan financial check up kamu merasa pengeluaran terlalu banyak dan dapat mengancam kondisi keuangan, kamu dapat dengan segera mencari cara terbaik agar pengeluaran bisa dikurangi. Seketika kamu bisa memeriksa ulang dan menghilangkan pengeluaran yang sepertinya kurang penting agar kondisi keuangan tetap terjaga. Tak jarang pula pengurangan pada jumlah kebutuhan yang dilakukan malah berimbas positif pada kondisi keuangan. Alhasil, keuangan akan memiliki surplus yang bisa dipergunakan pada hal-hal yang jauh lebih penting guna menambah penghasilan maupun untuk tabungan di masa mendatang.

Kelebihan uang tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk memulai investasi jika memang memungkinkan. Jadi, saat secara rutin melakukan pengecekan kondisi keuangan, secara tidak langsung akan membuat kamu menjadi pengelola keuangan yang lebih baik karena dapat mengontrol jumlah penghasilan dan pengeluaran.

3. Merencanakan Kehidupan di Masa Depan

Setelah mengetahui jumlah penghasilan serta pengeluaran, kamu akan menjadi lebih handal dalam mengontrol keuangan. Kamu juga akan memperoleh gambaran seberapa besar kemampuan untuk dapat mengelola serta menyisihkan sisa penghasilan. Melakukan financial check up dapat membantu untuk mempersiapkan kemampuan finansial di masa depan.

Kamu akan menyadari bahwa hal ini penting untuk dilakukan guna merencanakan kehidupan selanjutnya. Perlu dipahami juga saat mengetahui siklus keluar-masuk kekayaan yang dimiliki akan membuat kamu bisa memikirkan impian apa yang mungkin bisa dilakukan. Tentu impian tersebut bisa diwujudkan jika siklus keuangan bisa tetap terjaga dengan baik. Kamu bisa juga merencanakan masa depanmu dengan memiliki perlindungan ketika kamu mengalami risiko di kemudian hari.

Dengan perlindungan dalam bentuk asuransi, kamu dan keluarga bisa menikmati hidup berkualitas bebas dari rasa khawatir. Pas banget, FWD Insurance memiliki produk asuransi kesehatan bernama FWD Critical First Protection. Produk ini memberikan solusi proteksi yang tidak hanya mudah dipahami dan terjangkau preminya, tetapi juga mudah diklaim serta mencakup berbagai kondisi kritis, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan.

Selain itu, apabila tidak pernah mengajukan klaim, kamu tidak perlu khawatir karena uang premi dapat kembali 100% diakhir masa asuransi. Saat ini FWD Insurance sedang memiliki promo gajian lho, jadi jangan sampai ketinggalan! Diskon hingga 30% untuk setiap pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi dengan periode hingga 31 Mei 2022. Informasi lebih lanjut, silahkan cari tahu di fwd.co.id.


















You May Also Like

26 Comments

  1. Aku malah heran ngeliat orang yg terima gaji tapi ga ada perencanaan samasekali, cashflow nya bakal gimana. Ada temen yg kayak gitu, jadi setiap gajian, ya uangnya langsung dipake aja. Tapi ga ada rincian kemana sebelumnya.

    Kalo aku selalu ada list uang yg aku trima bakal untuk apa aja. Mungkin Krn sejak kecil uang jajanku dikasih papa secara bulanan Rin. Pas SD tuh. Di saat temen lain pada harian. Dan papa selalu minta laporan uangnya utk apa aja. Dari situ aku terbiasa bikin catatan sendiri buat keuanganku 😁. Malah bingung kalo ga ada

    BalasHapus
  2. Kayaknya, kalau sudah sampai ke tahap memahami diri mengenai seberapa pemasukan yang dimiliki, termasuk seberapa jumlah pengeluaran yang pasti kita alokasikan dalam keseharian, lama kelamaan jadi paham sendiri soal kebiasaan diri sendiri dalam memanfaatkan dana milik sendiri ya Kak.

    BalasHapus
  3. betul penting banget secara berkala untuk financial check up, saya lama dan jarang sekali mengecek soal ini. padahal ini penting banget untuk kesehatan keuangan kita

    BalasHapus
  4. perlu banget yang namanya perencanaan, aku juga sudah mulai membiasakan diri, biar nggak bertanya-tanya kemana uangku lari selama ini, biar jelas gitu

    BalasHapus
  5. Memang kalau mau berinvestasi ini bukan karena FOMO aja ya tapi bener2 udah stabil dari sisi pengelolaan keuangan. Soalnya kalau untuk financial freedom, investasi bisa membantu sekali dan jangka waktunya long term. Makanya memang perlu financial check up ini secara berkala

    BalasHapus
  6. Tidak hanya kesehatan badan yang butuh check up, keuangan juga ternyata sama vitalnya, ya. Harus banyak belajar lagi nih tentang check up keuangan, biar tambah sehat cash flownya

    BalasHapus
  7. Sejak kerja di luar negeri, saya mulai terbiasa menggunakan pencatatan untuk pengeluaran keuangan. Ternyata manfaatnya banyak banget apalagi kalau dilihat dari sisi financial planner gitu. Setidaknya manajemennya mulai terlihat meski belum profesional ya

    BalasHapus
  8. Hm ... jadi buru-buru melakukan financial check up nih. Sepertinya sih selama ini tidak besar pasak daripada tiang.Tapi investasi dan asuransi masih dinomorsejutakan :'(

    BalasHapus
  9. Jangan sampai semangat investasi tapi kesehatan keuangan tidak baik ya.
    Kalau sudah melakukan financial checkup maka kita dapat gambaran antara pemasukan dan pengeluaran dan berapa yg aman diinvestasikan ya kak.

    BalasHapus
  10. ternyata penting banget ya finansial check up, kurang lebih kayak ngatur keuangan usaha, bedanya ini untuk pribadi

    BalasHapus
  11. wah bener nih, perlu sesekali melakukan financial check up ya biar lebih tau aja alokasi dana yang tepat untuk keberlangsungan hidup ke depan :) biar gak gali lobang tutup lobang jatuhnya huhu

    BalasHapus
  12. Duh aku kayaknya butuh juga nih financial checkup sekarang, biar ngga boros juga gituu huhu. padahal udah setting goals,udah deposito dan bikin rekening dana darurat juga tapi tetep aja kayak gabisa nahan gituu misal ada kebutuhan

    BalasHapus
  13. Setelah paham dengan kondisi keuangan, bisa direncanakan ya investasinya seperti apa dan jangka waktunya juga, sehingga lebih terancana dan terukur

    BalasHapus
  14. Finansial check up ini memang penting banget dilakukan ya biar lebih memudahkan kita dalam mengatur keuangan termasuk ketika mau berinvestasi. Jadi investasj juga gak asal ya Mbak harus dicek dulu kondisi finansial kita

    BalasHapus
  15. Penting banget memang untuk mengetahui total penghasilan dan total pengeluaran kita. Agar kita nantinya bisa mengevaluasi, pos-pos pengeluarannya untuk apa saja. Untuk investasikah, atau untuk konsumsi.

    BalasHapus
  16. kita harus tahu banget kondisi kesehatan keuangan emang sebelum investasi apalagi investasi yang mengandung resiko cukup besar. Kudu tahu berapa besar juga dana yang bisa digunakan untuk investasi

    BalasHapus
  17. Wah jadi penasaran nih sama financial check up. Ini bisa dilakukan sendiri atau dengan panduan seorang ahli keuangan mba?

    BalasHapus
  18. Saya baru tahu soal financial check up ini dan saya jadi ingin untuk mencoba menggunakannya agar lebih bisa merencanakan masa depan dengan lebih baik. Saya masih sangat kurang kalau soal perencanaan keuangan

    BalasHapus
  19. huhu bener banget. tanpa financial check up, cash flow bisa acak-acakan, apalagi yang suka jajan sampai jebol T_T

    BalasHapus
  20. Sahabatku punya lisensi khusus untuk finansial planning untuk keluarga, sehingga sering banget mengingatkan para pasangan masa kini untuk tidak hanya mengecek kesehatan tubuh, tapi juga rutin melakukan Financial Check up.

    Rasanya agak berat di awal yaa.. Apalagi yang gak punya kebiasaan mencatat setiap detil pengeluaran keuangan.

    BalasHapus
  21. emang ya ngukur kemampuan finansial tuh penting banget biar kita ga kebablasan belanjanya sampe2 ga bisa mempersiapkan masa depan

    BalasHapus
  22. Ah iya, jangan sekadar ikutan invest sana sini, tapi nggak lihat posisi dan keadaan keuangan kita kek gimana ya. Takutnya bukannya untung malah buntung ya.

    BalasHapus
  23. Financial check up ga cuma pas mau investasi aja kan. Bisa buat kegiatan sejari2 juga ya..

    BalasHapus
  24. Finansial check up itu penting banget ternyata. Pantesan pengeluaran kadang lebih besar dari pemasukan karena emang gak pernah cek. Sekarang harus lebih peduli nih sama cek keuangan.

    BalasHapus
  25. Yap, financial checkup penting banget. Aku selalu lakukan klo menjelang tahun ajaran sekolah baru, dimana banyak yang bakal keluar hahaha. Penting juga soalnya demi kelangsungan pendidikan anak.

    BalasHapus
  26. Ternyata besar banget ya manfaat melakukan financial check-up sehingga kita bisa mengontrol rencana pengelolaan uang dengan baik. Sekarang pun sudah ada FWD yang bisa membantu kita untuk melakukan financial check-up, mantap banget!

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah