10 Kuliner Halal Wajib Coba di Hat Yai, Nomor 3 Favoritku !

by - April 08, 2023

 Pernah merasa sulit cari makanan halal saat di Thailand? Sepertinya kawan melalak cantik harus main ke Hat Yai yang posisinya berada di Thailand Selatan. Kamu tidak akan kesulitan cari makanan halal karena banyak penjual muslim. Kita bisa lihat dari pakaian yang digunakan biasanya pakai hijab dan logo halal yang disematkan di tempat jualan. Lalu, apa saja sih kuliner halal wajib coba di Hat Yai? Yuk ah kamu harus baca artikel ini sampai selesai!



Kuliner Halal di Hat Yai

1. Aneka Sosis/Bakso Street Food

Mungkin sudah biasa melihat aneka sosis/bakso street food di Indonesia. Tapi kamu harus banget coba pula yang ada di Thailand. Ada ciri khas tersendiri, jika biasanya dipanggang atau dibakar. Nah, saat di Thailand cukup dipanggang sebentar saja. Biasanya bumbu akan diberikan belakangan dimana akan dituangkan ke dalam plastik bakso/sosis yang dibeli. Bumbu cabainya pun sangat menggoda dengan rasa pedas khas menancap nikmatnya di lidah 




Harga pun bervariasi sesuai dengan sosis/bakso yang dipilih. Sebenarnya ada macam lainnya dengan bentuk beranekaragam pula serta nama dan komposisi tersendiri. Tapi, saya sungguh lupa nama dari tiap-tiap makanan tersebut.

2. Giant Lobster 


Bisa dikatakan memang lobster yang ada di Thailand itu cukup besar. Bahkan kekenyangan dinikmati sendirian. Harganya sekitar 100 Baht dan memang sangat worth it sih untuk dibeli. Warna lobster yang tampak merah segar itu menggoda banget apalagi sudah disiram bumbunya. Tentu makin enak buat dinikmati meskipun makan seorang diri.




3, Mango Sticky Rice


Siapa yang tidak tahu dessert ini?Thailand begitu dikenal dengan mango sticky rice. Isinya tampak sederhana, hanya pulut, mangga dan santan yang dituangkan ketika ingin memakannya. Namun berbicara rasa maka sangat nikmat. Saya selalu merindukan mango sticky rice tetapi tidak pernah beli berkali-kali ketika berada di Thailand. Entah mengapa demikian, saya pun heran.




4. Tom Yum


Bahkan menikmati Tom Yum ini bukan saja saat berada di Thailand. Kenikmatan Tom Yum ini memang beda, baik di Indonesia maupun di negara Malaysia pasti saya selalu coba Tom Yum. Apalagi langsung di negara Thailand pasti makin lezat donk. Nah, kalian wajib banget cobain lho dan banyak penjual Tom Yum halal kok. Kalian bisa temukan di Hat Yai, perhatikan logo halal dan pakaian yang dijual oleh si penjual,misalnya memakai hijab.

5. Pad Thai

Jika mencari olahan mie berasa bisa banget coba Pad Thai ini. Padahal saya pun sudah berkali-kali ke Thailand tetapi baru sekali cobain Pad Thai. Menurut saya mirip dengan mie pada umumnya, hanya saja bumbu yang dicampurkan pada mie tersebut yang membuatnya semakin lezat. Nah apalagi serbuk-serbuk cabai kering yang ditaburkan ke atas Pad Thai seperti topping dengan rasa pedas.




6. Kwetiau

Salah satu makanan yang bisa ditemukan di Thailand dan Malaysia. Hanya saja sedikit berbeda dalam racikan bumbunya. Pada umumnya kwetiau yang pernah dicoba di Thailand pasti kebanyakan kecapnya. Saya sudah coba beli di beberapa penjual dan hampir kebanyakan memang menambahkan kecap terlalu banyak.




7. Thai Tea dan Coconut Ice Cream


Wah, kalau Thai Tea ini bisa banget ditemukan dimana saja. Bahkan di Medan pun banyak banget penjual Thai Tea karena serbuk powder nya banyak dijual di pasaran. Nah, tentunya jika beli langsung dari negaranya akan merasakan sensasi rasa berbeda. Ada yang khas dari Thai Tea ini makanya semakin banyak yang suka. Rasa manis kemudian dicampurkan dengan es batu maka membuat menjadi segar untuk dinikmati.

Siang hari yang panas juga paling asik coba coconut ice cream lho. Kita bisa memilih aneka topping sesuai selera, biasanya diberi kesempetan untuk pilih 3 jenis topping. Saya biasanya hanya pilih kacang merah, kacang tanah dan nata de coco. Bagi penyuka cendol, delima, kolang kaling juga ada kok. Pokoknya disesuaikan saja dengan selera sehingga kamu tidak akan kecewa ketika menikmatinya.

8. Nasi Telur

Salah satu kuliner yang juga saya beli beberapa kali adalah nasi telur. Sebenarnya nasi putih biasa saja ditambahkan dengan telur dadar. Kenapa beli ini? Karena kebanyakan orang Indonesia suka mencari nasi. Kebetulan ini juga cukup aman dikonsumsi, menunya pun cukup sederhana. Biasanya saya beli jika memang sudah sangat butuh nasi.



9. Aneka Olahan Pisang

Siapa yang suka nikmati coklat Nutella? Pasti tidak ketinggalan beli pancake pisang dicampur Nutella. Atau pisang Nutella yang dimasukkan ke atas roti seperti canai. Saya lebih suka pisang Nutella karena rasa pisang bercampur dengan Nutella nya. Harga pun masih terjangkau sekitar 60 Baht. Oh ya, ada pula telur pisang Milo yang harganya 50 Baht.



10. Aneka Buah-buahan

Ini juga termasuk jajanan yang sering dibeli saat ke Thailand baik di Bangkok maupun Hat Yai. Aneka buah-buahan segar akan memberikan kesegaran dalam kondisi cuaca Thailand yang panas. Untuk harga pun masih terjangkau banget, kebanyakan dijual rata 30 Baht. Biasanya saya suka beli mangga dan nenas. Kamu bisa pilih kedondong, jambu air, mangga, nenas dan beragam buah lainnya. Nantinya akan dicampur dengan bumbu cabai membuat rasanya semakin beragam.




Gimana? Apakah kuliner ini akan segera dicobain? Tentunya harus dicoba donk saat bepergian ke Thailand, khususnya Hat Yai karena tidak sulit temukan yang halal. Semua harganya masih masuk akal di kantong sehingga tidak perlu khawatir duit menipis. Liburan menyenangkan sambil coba beragam kuliner lokal. Ada referensi lainnya? Yuk komen di kolom komentara bawah ya !

















You May Also Like

27 Comments

  1. Menunya sebagian besar mirip-mirip dengan yang ada di Indonesia, ya. Btw beneran bikin ngiler lihat foto2nya Mbak. Apalagi udangnya tadi, beneran porsi kenyang tuh, hehehe...

    BalasHapus
  2. wah ada kuliner halal juga yaa yaitu mango sticky rice. jadi penasaran mau coba kapan2 kalau ada kesempatan jalan2 ke thailand kak

    BalasHapus
  3. Nomor 3 ini kayaknya wajib di semua daerah di Thailand deh kak. Bahkan restoran Thailand di Indonesia pun menyediakannya walau tiap resto punya taste tersendiri.

    Yang wajib dicoba sih kreasi kue berbentuk buah2an mini sih plus lobstrrnya krn Hat Yai emang daerah pinggir pantai.

    BalasHapus
  4. Dari semuanya, aku sangat ingin mencoba Giant Lobster, tapi sayangnya di sini gak ada paling ya udang, kalau lobster nya harus beli di kota, hiks

    BalasHapus
  5. Ririiiiiiiiin aku lapeeeer liat iniiiii 🤣🤣🤣🤣🤣.

    Ya ampuun Thai memang surga kuliner sih. Makanya aku kalo kesana, ga mau yg lain, cuma mau wiskul doang 😂😂. Selalu suka Ama kuliner2nya, even yg jalanan...

    BalasHapus
  6. Salah satu PR buat teman-teman muslim yang suka traveling ke luar negeri pasti salah satunya masalah makanan halal. Beruntung Thailand masih muslim friendly yang sebagian destinasi wisatanya karena ada juga sebagian kecil umat Islam di sana, jadinya ga akan kesusahan nyari makanan halal

    BalasHapus
  7. Yaaa ampunnn, pas ke Thailand emang susah banget nyari makanan halal lho. Ngga tahu kalo ada Hat Yai di Thailand Selatan. Ngga was was lagi nyobain Tom Yum halal di sini ya kan.. Semoga bisa ada rejeki ke sana lagi deh!

    BalasHapus
  8. Salah satu kebahagiaan asaat tarveling ke luar negeri, itu mudah menemukan makanan halal ya, Mbak. Dan syukurlah di Thailand selatan mudah. Menunya juga hampir mirip Indonesia. Ada bakso pula hehehe.

    BalasHapus
  9. Walaupun di Indonesia juga ada, kalo udah beda negara pasti beda rasa karena ada unsur selera lokal. Ugh, kapan ya bisa nyicipin mango sticky rice langsung di Thailand?

    BalasHapus
  10. Kalau melihat aneka olahan pisangnya bikin menggoda. Ah rekomennya oke nih kak Rin buat pankapan ke sana

    BalasHapus
  11. Kelihatannya yummy banget ini. Pengin giant lobsternya 🤤

    BalasHapus
  12. Giant lobsternya menggoda selera sekali.. warnanya ituloh bikin ngiler hehe

    BalasHapus
  13. Giant Lobsternya bikin ngiler bangettt aslik wkwkwkw. pengeeenn jadinyaa mbaa.. hihi, segitu berapa rupiah ya?

    BalasHapus
  14. Wah kalau saya semuanya suka. Hehe... Lobster juga boleh tuh. Sama buah buahan nya itu sangat menyegarkan kayanya

    BalasHapus
  15. Sekarang jadi makin mudah juga menikmati menu-menu hidangan dari luar negeri. Sudah banyak juga resto yang menyediakan aneka menu dari negara lain. Tampilan dan rasanya pun tidak kalah menarik.

    BalasHapus
  16. Wah, jadi pengen liburan ke Thailand nih. Mencari halal food di sana tampaknya tak sulit lagi.

    Saya ngiler dengan giant lobsternya, Mbak.

    BalasHapus
  17. Wah lihat semua rekomendasinya jadi pengen juga cobain mango sticky rice

    BalasHapus
  18. Ya ampun, menggoda semuanya kulinernya. Thai emang terkenal akan kuliner enak2nya. Ngiler sama mango sticky rice.

    BalasHapus
  19. Bikin seger banget ya liat kuliner thailand ini. Aku juga penasaran sama mango sticky rice, duh jadi pengen ke thailand dan mencicipi semua jajanannya deh.

    BalasHapus
  20. So yummie semuanya yaa makanan halal di Hat Yai Thailand,, mango sticky rice ini dulu pernah menikmatinya justru malah di Kisaran,, pulut disiram kuah santan campur mangga. Ah,, Alhamdulillah sedapnyaa ..

    BalasHapus
  21. Wah nasi telur itu kok menggoda
    Beragam olahan pisangnya juga menarik
    Semuanya enak dan halal

    BalasHapus
  22. Anak-anakku lagi gencar menabung karena pengin ke Thailand. Ini gara2 suka nonton Vlogger ngereview street food Tahiland sih, jadinya mupeng, hehe. Makanannya hampir mirip kayak yang ada di Indo juga ya. Wajar sih, karena mungkin yg di Indo itu kan emang adaptasi dr sana cuma disesuaikan dengan lidah Indonesia.

    BalasHapus
  23. Wah..terima kasih rekomendasinya, kak. Jadi lebih tenang kalau sewaktu-waktu pergi ke Thailand. Ternyata banyak juga makanan halal yang bisa kita nikmati di sana ya...

    BalasHapus
  24. kalau dilihat-lihat sih sebenarnya mirip-miriplah ya jajanannya di Indonesia, tapi penasaran deh dengan mango sticky rice Thailand ini sama coconut ice creamnya juga pasti segar banget ya disantap di siang hari.

    BalasHapus
  25. lah kebalikan yaa, aku ga bisa makan mango sticky rice dicampur, mesti makannya terpisah mangga dulu atau sticky rice nya dulu wkwkwk. Kalo ke Hat Yai kayanya aku serbu tom yam dulu deh

    BalasHapus
  26. pengen banget nyobai kwetiawnya, sama gak ya dengan yang sering saya makan di sini, eh Mango Sticky Rice juga saya pengen nyobain, hehe

    BalasHapus
  27. saya baca kuliner thailand malah ingat jangkrik atau belalang apa gitu yang dijual kayak gorengan di sana. hihi. kalau makanan thailand paling familiar kayaknya tom yum yaa sama thai tea. eh itu beneran dari thailand kan ya minumannya?

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.