Mengunjungi Taif dan Makan Nasi Mandi Arab Saudi

by - Mei 06, 2023

 Saat melakukan perjalanan ibadah umroh,biasanya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan termasuk menjelajahi beberapa kota lain di Arab Saudi. Ketika saya melaksanakan umroh beberapa Oktober 2022 lalu, perusahaan travel yang membawa saya dan jamaah lainnya memberikan rute untuk bisa keliling kawasan Saudi lainnya.

Nasi Mandi Taif


Mencicipi Nasi Mandi Taif, Arab Saudi

Kami pun berkesempatan untuk bisa mencicipi makanan lokal yaitu nasi mandi Arab Saudi. Memang ada perjalanan yang ditempuh agar sampai di lokasi yang biasanya digunakan sebagai tempat perhentian nikmati nasi mandi.

Sebelum dibawa menuju tempat makan nasi mandi, kami pun bepergian terlebih dahulu ke beberapa lokasi agar bisa lebih banyak yang bisa dilihat selama di tanah suci. Beberapa spot yang dikunjungi seperti toko coklat AL Nukaly, Masjid Ibnu Abbas hingga ke pabrik parfum Rashed Al Qurashi. Finally, bus yang membawa kami pun berhenti pada saat makan siang di Kawasan Al Shafa Mountain Park.

Pemandangan menuju tempat makan nasi mandi ini sangat indah, bisa melihat pegunungan sepanjang perjalanan. Sebuah pengalaman yang berharga dan tentunya tidak bisa sekedar dijelaskan dengan kata-kata. Sungguh indah bisa melihat sisi lain dari negara Arab Saudi khususnya kawasan Taif.

Nasi Mandi Taif


Tentunya para petugas tour and travel punya destinasi masing-masing untuk membawa jamaah menuju tempat makan nasi mandi di Taif. Biasanya sudah termasuk dalam biaya umroh yang dibayarkan kepada pihak travel sih karena ketika saya bertanya biaya yang dibayarkan ke ustadz pembimbing kemudian ia menjawab bahwa sudah dibayarkan termasuk jatah makan siang.

Mengenal Nasi Mandi, Tahukah Kamu?

Menurut Wikipedia, nasi mandi (Arab: مندي, mandī) adalah hidangan tradisional yang berasal dari selatan Jazirah Arab kemudian menyebar ke Indonesia dibawa oleh orang Hadhrami. Nasi mandi ini terdiri dari daging dan nasi dengan campuran khusus rempah-rempah.

Makanan yang dimasak di lubang bawah tanah ini sangat populer dan umum di sebagian besar wilayah Jazirah Arab dan dianggap sebagai hidangan pokok bagi banyak daerah, juga di Mesir, Levant, Turki, dan Indonesia.

Secara etimologi, kata "mandi" berasal dari kata bahasa Arab "nada", yang berarti "embun", dan mencerminkan tekstur lembab 'berembun' dari daging. Cara pengolahannya yaitu daging direbus dengan bumbu utuh sampai lunak, dan kaldu yang dibumbui lalu digunakan untuk memasak nasi basmati di bagian bawah tandoor. Kemudian dagingnya digantung di dalam tandoor di atas nasi dan tanpa menyentuh arang. Setelah itu, tandoor ditutup dengan tanah liat hingga 8 jam.

Suasana Makan Nasi Mandi 

Berhubung rombongan bersama jamaah maka suasana makan pun semakin seru. Satu porsi bisa dinikmati bersama 3 hingga 4 orang. Kami pun berkongsian nikmati nasi mandi karena sangat banyak jika dinikmati seorang diri.

Nasi Mandi Taif



Sebelum makan nasi mandi di Taif, kami pun memasuki kawasan restoran dengan tema khas ala Arab. Angin siang itu sangat sejuk, tentunya udara Taif dan Mekkah sangat berbeda. Jika berada di Taif itu bisa nikmati udara dingin, jilbab bisa bergerak tertiup angin sedangkan kota Mekkah bisa lebih panas suhu udaranya.

Nasi Mandi Taif



Setelah memasuki area restoran, kami pun memilih ruangan masng-masing yang bisa diisi sampai 8 orang bahkan lebih sih. Siang itu kami sekitar 8 orang yang memang sudah cukup dekat satu sama lain terutama saya dan 3 orang kawan sekamar. 

Berhubung sudah waktunya shalat zuhur dan nasi mandi pun belum selesai dimasak maka para jamaah melaksanakan shalat terlebih dahulu. Setelah itu, kami pun berfoto bersama untuk mengabadikan momen dan menjadi kenang-kenangan tentunya bisa berkumpul dengan seluruh jamaah.




Tampilan dan Isi Nasi Mandi 

Akhirnya nasi mandi datang dan hati pun menjadi senang berhubung perut sudah keroncongan. Selama ini belum pernah tergoda sama sekali dengan masakan olahan nasi Arab seperti nasi kebuli, nasi biryani dan aneka nasi lainnya. Namun, sekarang ada rasa antusias ingin mencoba nasi mandi pertama kalinya karena selama ini sudah nonton melalui youtube saja.

Awal melihat tampilannya langsung kepikiran bahwa nasi ini akan pedas tetapi ternyata salah perspektif. Justru rasanya sangat enak lho, warnanya yang cerah menambah nafsu untuk segera menyantap masakan tersebut.

Teksturnya lembut dan begitu nikmat dikunyah sehingga perut lapar pun segera terisi kenyang. Pengen berebutan makannya deh karena seru mau ambil cabai, bawang, jeruk, ayam dan tentu nasinya. Jika kalian sudah sering makan mungkin akan biasa saja tapi berhubung ini pertama kali maka langsung merasa happy donk.




Harga Nasi Mandi Taif


Saya kurang tahu pasti harga untuk satu porsi nasi mandi berhubung semua sudah dibayarkan oleh pihak travel. Sebagai jamaah cukup nikmati saja aneka fasilitasnya termasuk makan nasi mandi ini. Saya hanya mendengar totalnya yang sudah lebih dari 1 juta karena memang jamaah pun banyak sampai 50 orang. 

Well, sepertinya memang kawan melalak cantik wajib banget untuk mencobanya deh. Bisa langsung rasakan kenikmatan nasi mandi di Arab Saudi. Semoga dimudahkan untuk yang ingin berangkat ke tanah suci ya. Walaupun tujuan utama ibadah tapi tentu tidak ada salahnya mengenal budaya dan kuliner lokal.

Btw, ada yang punya pengalaman coba nasi mandi juga? Yuk boleh share pendapat kamu di kolom komentar ya.










You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.