Cara Naik KLIA Express dari KLIA Airport ke Pusat Kota

by - Februari 04, 2024

 Cara naik KLIA Express dari KLIA airport baik terminal 1 maupun 2 menuju pusat kota tentu tidaklah sulit. Kemudahan dan kecepatan ini menjadi pilihan banyak pelancong lebih memilih naik KLIA Express. Tentu saja harga tidak lebih murah dibandingkan bus namun efisiensi waktu bisa menjadi alasan untuk naik KLIA Express saja.

Cara Naik KLIA Express


Cara Naik KLIA Express

Sebenarnya sudah begitu sering melalak cantik ke Kuala Lumpur bahkan sejak 2016 bisa berkali-kali main ke negeri jiran. Namun, pengalaman naik KLIA Express ini justru baru saja pada tahun 2023. Kenapa begitu? Karena selama ini memang tidak terburu-buru dan mau nikmati perjalanannya saja dengan budget lebih hemat.

Cara Naik KLIA Express



Mengenal KLIA Express

KLIA Ekspres adalah layanan kereta api bandar udara tanpa-henti yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia, menghubungkan Kuala Lumpur Sentral dengan Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur Terminal 1 dan 2.

Jadwal KLIA Express


Kawan melalak cantik yang tiba di bandara pagi hari atau malam hari masih bisa memilih naik KLIA Express ini lho. Jadwal KLIA Express itu dimulai dari pukul 5 subuh sampai tengah malam. Saat itu, Saya naik sekitar pukul 6 sore dari KLIA Terminal 2 dan kembali dari KL Sentral menuju Terminal 1 sekitar pukul 1 siang. 

Perbedaan KLIA Express dan KLIA Transit


Ternyata sudah ada KLIA Transit yang ketika dicek itu harganya lebih murah. Namun, tentu saja harus sedikit repot karena ada turun di stasiun lain dan berganti kereta jika mau menuju KL Sentral. Selain itu, terletak pada stasiun perhentiannya, di mana KLIA Ekspres beroperasi tanpa transit, sementara KLIA Transit berhenti pada semua stasiun yang berada dalam jalur perjalanannya.

Saya pun sempat mengecek untuk rute perjalanan naik KLIA Transit ini karena bisa lebih murah jika turun di Putrajaya lalu ambil LRT menuju KL Sentral. Tetapi membayangkan harus turun pindah platform dengan bawa koper akan melelahkan. Akhirnya masih memutuskan untuk naik KLIA Express saja untuk kedatangan dan keberangkatan dari dan menuju bandara melalui KL Sentral.

Cara Beli Tiket KLIA Express

Bagi sebagian traveler masih ada yang bertanya mengenai cari beli tiket KLIA Express ini terutama buat pelancong pertama kali ke Kuala Lumpur. Sebenarnya proses pembelian tiketnya pun cukup mudah karena bisa saja langsung menuju counter penjualan.

Beli Tiket di KLIA Airport


Kawan-kawan tentu sudah harus melewati proses imigrasi, pengambilan bagasi dan naik lift menuju counter tiket penjualan. Nantinya ada bertemu counter berwarna ungu dan terdapat gambar KLIA Express serta KLIA Transit.

Cara Naik KLIA Express



Saat sudah tiba di counter langsung sampaikan saja ke petugas penjualan bahawa ingin membeli tiket menuju stasiun yang diinginkan. Nah, biasanya paling rame memang menuju KL Sentral terutama para pelancong karena pasti banyak yang penginapan di Kawasan Bukit Bintang atau KLCC.

Bayarkan tiket sesuai harga yang diinfokan oleh staf counter, berikan uang tunai saja agar lebih mudah jika tidak punya kartu pembayaran. Tentunya lebih diutamakan cashless tetapi jika ada tunai maka bukan menjadi permasalahan.

Oh ya, kawan-kawan juga bisa dimudahkan dengan jadwal keberangkatan karena ada pula tertera informasinya di counter. Infokan pula ke petugas mau ambil jadwal yang pukul berapa. Biasanya sih tentu pilih jadwal terdekat karena tidak mau menunggu lagi.

Berikan RM 55 untuk perjalanan sekali saja dari KLIA Terminal 1 maupun 2 menuju KL Sentral. Nah, untuk KLIA Transit bisa dibayarkan RM 33. Tentu memang lebih murah biayanya jika mau transit di beberapa stasiun terlebih dahulu. Hanya sekitar 30 menit saja dari KLIA menuju KL Sentral jika naik KLIA Express makanya lebih efisien deh.

Cara Naik KLIA Express



Beli Tiket di KL Sentral

Pembelian tiket di KL Sentral untuk tujuan KLIA Airport tentu sama saja ketika belinya dari bandara. Hanya saja lokasi counter yang berbeda dan pasti staf pekerjanya bisa saja pun tidak sama. Nah, kalian yang naik MRT tentu harus berjalan dulu dari platform menuju KL Sentral.

Saat itu, Saya naik taksi online dari hotel menuju KL Sentral dikarenakan sedang hujan dan mau lebih nyaman saja. Kondisi saat itu memang malas mau naik transportasi umum karena membayangkan bawa koper dan aneka perintilan lainnya. 

Cara Naik KLIA Express



Saat turun dari taksi online langsung masuk ke KL Sentral, berjalan lurus saja sampai menemukan counter berwarna ungu bertuliskan KLIA Express dan KLIA Transit. Pada saat itu, jadwalnya pun sudah mendekati sehingga cukup cepat bisa segera naik ke kereta. Biaya pun sama saja kok serta waktu perjalanannya sampai tiba di bandadra.

Cara Naik KLIA Express



Well, apakah kalian pernah punya pengalaman naik KLIA Express? Atau adakah yang mau berbagi cerita, boleh ke kolom komentar yuk !






You May Also Like

21 Comments

  1. Izin bookmark ya mbak, kebetulan bulan depan rencana mau ke KL :)

    BalasHapus
  2. Mirip kereta bandara yang ada di Indonesia. Yang membedakan mungkin pelayanannya karena lebih dulu ada.

    BalasHapus
  3. Ini penting bgt nih buat para traveller. Seneng bgt deh kalau bisa travelling ke berbagai lokasi yang saya minati. hehe

    BalasHapus
  4. Ahay kudu di save nih kapan tau aku ke sana bisa jadiin artikel kak ririn buat panduan hihi

    BalasHapus
  5. Sayang bngt pas jalan2 ke KL dulu udh dianter jemput pake travel. Jd blm sempat cobain KLIA Express ini.

    Tp spt-nya gampang bgt ya kak mengakses KLIA Express ini. Jd mkn gampang ke kota. Dan murah lagi tarifnya. Ga perlu repot sewa taksi/bus yg kdg bikin pusing di negeri org. Hehe.

    BalasHapus
  6. Keretanta terlihat bersih dan nyaman ya mba.. Aksesnya juga sepertinya mudah. Nanti kalau ada kesempatan ke Malaysia, bisa nih nyobain naik KLIA express .

    BalasHapus
  7. Sampai sekarang belum pernah ke Malaysia, ntah kenapa belum ada minat padahal kalau kesana gak ada kendala bahasa (sepertinya) dan kendala makanan. Btw makasih infonya, mana tau nanti tiba2 liburan Malaysia. Hahaha

    BalasHapus
  8. Aku belum pernah naik yang kelas ekspress. Nampak banget ya pelayanannya. Kursinya nyaman buat duduk. Perjalanan makin mengesankan deh. Bisa chassless ya ternyata

    BalasHapus
  9. Pantesan pas baca kaya nggak familiar, ternyata di Malaysia wkwk manifesting nih baca ini sebelum ke sana :) jadi sekarang dah tahu deh cara naiknya, tinggal praktekin aja

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah ke Malaysia, jadi belum pernah naik KLIA Express. Jadwalnya asyik mulai dari subuh hingga tengah malam.

    BalasHapus
  11. Bermanfaat banget buat para travelling pemula saat naik KLIA Ekspress akupun jadi tahu banyak nih

    BalasHapus
  12. Belum pernah ke Malaysia, tapi penasaran juga buat naik KLIA Express ini. Jadwalnya lumayan banyak ya. Gak perlu nunggu lama sepertinya kalau mau coba transportasi umum ini

    BalasHapus
  13. KLIA Express jadi rekomendasi banget sepertinya nih, pengen coba lain waktu

    BalasHapus
  14. Tinggal disesuaikan sama lowongnya waktu dan bujet juga ya kak. Kalau semisal. Mau yang lebih terjangkau, paling ya jaraknya jadi jauhan karena transit ya

    BalasHapus
  15. Seru banget ya kak bisa eksplor transportasi negara tetangga. Pasti menjadi pengalaman luar biasa. Aku yang belum pernah kemana-mana ini jadi excited juga baca ceritanya. Semoga suatu hari aku punya kesempatan untuk nyobain juga ya.

    BalasHapus
  16. Rekomen banget yaa... naik KLIA Express.
    Bagi yang belum pernah ke KL atau yang baru pertama kali, review mengenai pengalaman pribadi saat naik KLIA Express ini akan sangat membantu.

    BalasHapus
  17. Thanks kak infonyaa! berguna banget nihh buat para traveler yang mau jalan jalan ke KL

    BalasHapus
  18. jangankan ke malaysia, naik KA aja aku jarang banget, wkwkwkwk. kemarin hampir mau naik KA pas liburan tapi tiket sold semua. sedih kan. insyallah next holiday mah udah terencana jadi beli tiket jauh jauh hari. btw noted banget nih kalau ada rezeki ke kuala lumpur aku buka lagi artikel ini

    BalasHapus
  19. Wah, traveller bisa punya pengalaman baru yang menyenangkan nih dengan KLIA ya. Apalagi beesih dan nyaman banget tuh KLIA.

    BalasHapus
  20. Belum punya pengalaman naik KLIA mbak😱😱 boro boro naik kereta api dalam negeri aja belum pernah hehe

    BalasHapus
  21. Wihh serunya jalan-jalan naik KLIA Ekspress.. Jadi pengen ke Malaysia rasanya. Tapi belum tau kapan waktunya huhu

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.