Cara Beli SIMCARD di Singapura

January 30, 2018

I like You as Much as WIFI

Are You WIFI?
Cause We Have a Great Connection

Liburan menjelajah ke tiga negara memang masih banyak menyisakan kenangan yang buat baperan (bawa perasaan) dan tak terlupakan. Koneksi internet pun masih dihubungkan dengan perasaan. Liburan tanpa koneksi internet memang sepi makanya saya selalu ingin dekat dengan kamu agar tidak kesepian.

Negara pertama yang saya jelajahi adalah Singapura yang mana memang merupakan salah satu negara termahal di dunia. Namun, siapa pun bisa liburan loh di Singapura dengan cara murah ala melalak cantik lah tentunya, selengkapnya baca lah disini yah.

Perlukah Koneksi Internet dalam Perjalanan?

Anak hits zaman now itu pasti eksis punya akun instagram, enggak liburan aja pun buat instastory apalagi yang lagi liburan di luar negeri.
"Ihh,, itu liburan atau pamer sih?,nyinyir tetangga sebelah."
"I don't care lah, saya yah cuma bisa jawab sambil senyum."

Meskipun kita berlibur tidak ingin buat instastory atau update status namun koneksi internet itu tetap diperlukan. Kamu yang berlibur di luar negeri tetap harus selalu terhubung dengan internet apalagi jika solo traveler seperti saya yang mana ingin tetap terhubung dengan keluarga.

Jika kamu ingin hemat bisa memanfaatkan WIFI (Wireless Fidelity) di penginapan, restoran atau dimana saja yang menyediakan koneksi WIFI gratisan. Sekarang ini memang era digital yang mana serba mudah untuk mencari bantuan jika tersesat atau terjadi hal di luar dugaan selama perjalanan. So, kenapa harus ragu untuk tetap memiliki koneksi internet yah kan. Nah, WIFI kan tidak selalu tersedia dimana saja maka kamu tetap membutuhkan paket data di smartphone sendiri. Darimana bisa internetan tanpa WIFI? Yeah, beli SIMCARD aja di Singapura meskipun memang harganya tidak tergolong murah namun tetap masih bisa terjangkau lah.

Saya membeli SIMCARD di Singapura karena memang membutuhkannya, jika tidak ada koneksi internet maka saya tidak bisa menghubungi teman yang berada di Singapura apalagi belum pernah bertemu sebelumnya maka komunikasi yang terjalin saat tiba disana itu sangat diperlukan. Selain itu, ketika saya berkeliling sendiri dan belum tahu arah dari sebuah tempat maka ada google maps yang bisa dibuka untuk membantu ketika terjadi kendala selama berjalan kesana kemari. So, intinya perlu koneksi internet?. Kamu saja yang menjawab yah kawan melalak cantik.

Cara Beli SIMCARD di Singapura

Berhubung saya liburan di Singapura maka cara beli simcard di Singapura lah yang saya infokan terlebih dahulu kepada kawan melalak cantik. Ada banyak counter yang bisa kamu temukan saat pertama kali tiba di Singapura. Yeah, jika kamu mengunjungi Singapura dengan menggunakan pesawat terbang maka kamu akan tiba di bandara yang mewah nya Singapura yaitu Changi International Airport.

Saya sempat berkeliling dari satu counter ke counter lainnya untuk mensurvei harga namun ternyata harganya mirip kok, tidak jauh berbeda antara satu counter dengan counter lainnya. Di bandara, kamu tidak akan menemukan sim card yang biasa namun kebanyakan menjual simcard untuk turis. Yeah, harganya memang mahal untuk kantong traveler yang hemat budget apalagi backpacker yang masih memiliki banyak rute perjalanan negara selanjutnya seperti saya. Namun, berhubung saya memang membutuhkannya maka yah tetap saya beli dengan harga SGD 34.



Kamu juga bisa membeli di Seven Eleven atau di seputaran Little India juga banyak counter yang menjual simcard dengan harga lebih murah sekitar SGD 15-20, hanya saja tetap perlu waspada karena banyak yang tertipu menurut informasi. Saya sih tetap menyarankan coba beli di Seven Eleven karena teman baru saya yang tinggal di Singapura mengatakan seperti itu.

Syarat Beli SIMCARD di negara orang lain gimana?

Well, kita sebagai turis atau pendatang di negara lain harus menyertakan passport ketika akan membeli SIMCARD karena nantinya petugas counter yang akan mendaftarkan data kita sesuai dengan nominal angka yang kita bayarkan dan berapa lama waktu yang diinginkan. Mudah kan?



Selanjutnya kamu bisa memilih kartu sesuai pilihan, budget dan selera. Ada beberapa provider di Singapura diantaranya Singtel, Starhub dan M1. Saya memilih Starhub pada saat itu untuk digunakan selama 3 hari di Singapura dan kartu tersebut masih bisa saya gunakan ketika saya di Malaysia dengan cara mengaktifkan roaming dan paket datanya selama disana karena Starhub ini bekerjasama juga dengan beberapa negara.



Cara membeli SIMCARD juga cukup mudah kok, kamu usahakan untuk berbicara dengan bahasa Inggris karena memang masyarakat Singapura menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari bahkan versi mereka yaitu Singlish (Singapore English). Kamu datang ke counter dan tanyakan mengenai SIMCARD namun tanyakan yang biasa karena lebih murah dibandingkan yang khusus turis. Jika memang tidak ada dan kamu tidak terlalu membutuhkan saat berada di bandara maka bisa menunggu saat keluar dan carilah Seven Eleven.





















You Might Also Like

4 komentar

  1. Mahal bengeyyyy harga sim nya edak... Bte buku kita koq sama yaa yg jenius... Ah dasar sagitarius ahaha

    ReplyDelete
  2. Iyaa memang mahal. Eh di SG memang segala-gala mahal sik. Tapi koneksi internetnya cepat. Pengalaman aku beli di counter dekat hotel dan di Mustafa Center. Langsung minta regist ke penjualnya.

    ReplyDelete
  3. nice artikel gan, lanjutkan .kunjungan dari softkini.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  4. Wahhh.. nama blog nya unik..
    Melalak bahasa Medan, artinya suka jalan-jalan ya hehehe.
    Btw Salam kenal Kak Ririn :)

    ReplyDelete

Hai, silahkan tinggalkan kesan saat berkunjung ke melalak cantik.