Review Tido Hostel Penang,Penginapan 100 Ribuan Nyaman Kebangetan

by - Februari 04, 2020

Review Tido Hostel Penang,Penginapan 100 Ribuan Nyaman Kebangetan-Tido Hostel Penang dengan harga terjangkau untuk backpacker menjadi pilihan ketika liburan ke Penang. Lokasi yang strategis serta fasilitas nyaman menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan tempat bermalam oleh para petualang jalanan.







Sebelum pergi ke Penang, aku sudah mengantongi voucher dari tiket.com yang bisa digunakan untuk pemesanan tiket pesawat dan hotel. Malam pertama sudah aman menginap di Hotel Royal Penang. Untuk malam berikutnya masih galau mencari dormitory yang harga 100 ribuan. Namanya liburan ala backpacker enggak mau donk bayar mahal untuk penginapan. Aku memesan 3 malam terlebih dahulu karena biasanya bertemu teman di perjalanan dan bisa saja kan numpang di tempat couchsurfer. Nah, aku pun langsung memesan di Tido Hostel Penang..

Kenapa Tido Hostel Penang?


Well, ada beberapa hostel yang sudah pernah kucoba di Penang namun beberapa memang memiliki kesan menyeramkan sih. Bukan diganggu oleh orang atau kehilangan barang. Hmm, bukan juga langsung melihat penampakan tapi memang tidak nyaman seperti ada yang gentayangan. Sst, nanti akan ku review juga kok tentang hostel menyeramkan yang ada di Penang.

Berhubung perjalanan ke Penang ini tidak direncanakan dari jauh hari maka pemesanan penginapan pun baru dilakukan 3 hari sebelum keberangkatan. Aku memutuskan untuk langsung buka aplikasi tiket.com dan mencari yang menarik dengan budget sesuai voucher yang dimiliki tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Finally, aku pun memilih Tido Hostel Penang karena review dari para pengunjung sebelumnya cukup bagus. Dan, fasilitas yang diberikan juga cukup memudahkan dan buat nyaman termasuk ada sarapan. Beberapa hal yang akhirnya membuatku memutuskan untuk stay disitu sebagai berikut:

1. Lokasi Strategis


Traveler yang suka berjalan kaki pasti mencari lokasi penginapan yang mudah dijangkau untuk mendapatkan transportasi umum. Tido Hostel yang berada di perempatan ini membuatku nyaman berjalan kaki menuju stasiun bus Penang Road. Awalnya driver Grab yang mengantarkanku sempat bingung berhubung tidak melihat tulisan nama hostel. Akhirnya kumenelepon pihak hostel dan diberi petunjuk posisi dari hostel tersebut. Padahal sudah tepat di depan pom bensin dan persimpangan jalan loh tapi tulisannya memang berada menempel di bangunan sehingga tidak kelihatan dari dalam mobil.

Hostel ini juga berada di kawasan yang ramai traveler kok, tidak jauh dari kawasan Lebuh Chulia dan Love Lane. Aku pun pulang jam 3 pagi masih bisa berjalan kaki menuju hostel. Yeah, selain itu ada laundry yang hanya berjarak dua gedung dari hostel makanya kusuka dengan lokasi Tido Hostel ini.

2. Tidak Menyeramkan


Bangunan terlihat modern dari foto menjadi daya tarik bagiku meskipun kutau bahwa beberapa hostel hanya menampilkan luarnya aja yang bagus. Aku pun membaca review memang tidak ada yang mengatakan bahwa hostel ini seram. Kemudian, aku bertanya kepada teman yang sudah pernah kesana dan ternyata memang ini masih bangunan baru. Efek beberapa kali menginap di bangunan lama seperti merasakan aura keseraman dari makhluk halus yang tidak kelihatan. Syukur deh, foto sesuai dengan keadaan sebenarnya. So, ku bisa tidur tanpa ketakutan meskipun memang ramai sih namanya kupilih dormitory.

3. Harga Terjangkau


Harga juga menjadi pertimbangan bagi backpacker sepertiku, bayangkan saja jika harus bayar mahal hanya untuk tidur malam dengan waktu tinggal yang cukup lama. Hmm, hari pertama boleh lah nginep di tempat mewah dengan fasilitas kolam renang. Tapi selanjutnya pilih yang dormitory dengan harga 100 ribuan saja. Toh,fasilitas yang diberikan juga tetap menyenangkan kok. Disini sih ada juga kamar khusus untuk berdua saja atau empat orang saja dengan harga yang masih terjangkau juga pastinya.

4. Dapat Sarapan


Sebagai traveler yang mau leyeh-leyeh manjah di penginapan pasti saat bangun pagi agak males mau cari makan pagi-pagi. Nah, sarapan roti dari hostel menolong banget untuk mengisi perut di pagi hari. Aku pun tipikal yang memang sarapan tidak mau makan yang terlalu berat. Nikmati secangkir teh dan roti sudah cukup menyenangkan untuk mengisi perut. Dengan budget 100 ribuan sudah dapat sarapan roti dan minum teh maupun kopi. Hmm, menghemat budget banget sudah pasti.



5. Resepsionis yang Helpful


Dari sejak awal menelepon resepsionis untuk menanyakan lokasi pasti dari hostel sudah mendapat kesan yang baik. Eh, selanjutnya saat sudah berada disitu pun tetap dilayani dengan sopan. Beberapa kali akhirnya ku hanya meletakkan barang saja di kamar karena nginep tempat kawan. Dan saat pergi ke Thailand, barang juga dititipkan di bagian bawah dekat resepsionis. Bahkan saat tumbler ketinggalan dan mereka tetap mau carikan di gudang.



6. Fasilitas Lift


Siapa yang malas naik tangga?. Hayo ngaku aja yah, aku pun kalo uda capek melalak cantik kok males mau masuk kamar naik tangga gitu. Nah, Tido Hostel punya lift yang memudahkan donk naik ke kamar tanpa lelah. Barang bawaan yang banyak pun enggak susah dibawa ke lantai atas.

7. Lobby Nyaman Instagramable


Menurutku yah, lobby di hostel tersebut nyaman dan instagramable. Saat malam, aku suka duduk disitu sambil bawa laptop. Nikmati orang yang lalu lalang di luaran sambil ngemil snacks yang kubeli di market seberang. Bagian depan pun menarik dengan hiasan mural di dinding tentang khas dari kota Penang. Tersedia sofa dan bean bag yang nyaman untuk duduk santai. Musik yang diputar oleh resepsionis pun menarik untuk didengar sehingga tambah asik deh meskipun sendirian.




8. Ruang Komunal yang Luas


Di lantai 5 terdapat ruang komunal bersamaan dengan kitchen. Nah, ruangnya cukup luas dengan fasilitas buku-buku, aneka permainan, tempat duduk dan colokan, komputer sehingga tamu makin nyaman untuk santai. Saat sarapan pagi, kusuka duduk di ayunan putih yang nyaman sambil membaca buku di pagi hari. Sst, sambil menyantap sepotong roti dan minum teh menambah semangat sudah pasti. Terkadang saling bertegur sapa dengan tamu lainnya saat berada di ruang komunal tersebut.





9. Kitchen Set


Berhubung liburan cukup lama di Penang pastinya mau cari yang nyaman dan murah. Sesekali beli makanan dan suka dipanaskan. Tido Hostel ini menyajikan kitchen set seperti micro wave untuk memanaskan makanana, tersedia lemari es untuk menyimpan makanan, pembuat kopi dan teh, pemanggang roti dan perlengkapan dapur lainnya. Hmm, rasanya seperti di rumah sendiri donk dengan perlengkapan yang lengkap begitu. Tamu tidak boleh membawa makanan dan memakannya di dalam kamar makanya langsung nikmati saja di lantai 5 yang ada ruang komunalnya yah.



10. Penyimpanan Barang dan Sepatu

Saat liburan pasti bawa barang-barang kan dan saat jalan-jalan keliling kota enggak mau donk dibawa semuanya. Tempat penyimpanan yang besar pasti dibutuhkan makanya kusuka dengan laci di bawah tempat tidur yang disediakan. Sepatu pun tidak boleh masuk ruangan, hanya sebatas keluar lift langsung simpan di lemari penyimpanan sepatu. Ruang kamar tetap terjaga kebersihannya dan tidak merasakan bau kaki.

11. Meja dan Lampu Belajar


Di masing-masing tempat tidur tersedia meja dan lampu belajar yang memudahkan saat malam hari sudah dimatikan lampu utama. Kita bisa menggunakan meja dan lampu yang ada di tempat tidur masing-masing. Beberapa kali, ku pun memperhatikan cewek-cewek yang menggunakan meja dan lampu belajar untuk meletakkan kaca tempat berdandan.

Secara keseluruhan sih memang Tido Hostel Penang ini nyaman banget, bayangin aja aku stay disana lebih dari 5 malam loh. Setiap malam selalu punya teman sekamar yang asik bahkan di hari terakhir mau check out. Saat itu ada cewek berkewarganegaraan Singapura yang mengajak ngobrol dan kami asik sekali membahas aneka topik. Bahkan ku pun berpikir kok ternyata asik gini yah warga lokal Singapura, ramah dan mau ngajak ngobrol terlebih dahulu. Sayangnya tidak bisa berbincang lebih lama berhubung ku pun harus segera keluar.

Well, kapan mau liburan ke Penang?. Silahkan mampir bermalam di Tido Hostel yah sambil cari tempat wisata boleh ke Penang National Park juga.




Tido Hostel Penang

Alamat:

106, Jalan Argyll, George Town, 10050 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

Nomor Telepon : 
+60 4-251 9266

Check in Time : 15.00
Check out Time: 12.00












You May Also Like

28 Comments

  1. Asyik banget dong ya kalau 100 ribuan udah bisa senyaman ini

    BalasHapus
  2. Tempatnya instagramable!
    Murah meriah!
    Nyaman!
    Duh ini mah asyique banget hihihi.

    Kalau lagi traveling terus dapat tempat kayak gini tuh rasanya makin bikin hepi ya :D

    BalasHapus
  3. Harga segitu dengan fasilitas selengkap itu?? Kak Ririn lagi gak bercanda kan ya?? Ah tau gitu waktu ke Penang aku nginep di sini. Soalnya aku nginep di guesthose agak pricey tapi gak terlalu bersih. Ampuuuun

    BalasHapus
  4. Eh full colour gtu desainnya yak. Lucukk

    BalasHapus
  5. Untuk harga seratusribuan hotel ini patut dilirik nih utk para backpacker.. Murah meriah utk fasilitas dan layanan yg lumayan baik..

    BalasHapus
  6. Wah murah ya Mbak. Bawa anak nginep disitu recomended ga mbak? Terus kamarnya kedap suara ga?

    BalasHapus
  7. Backpacker friendly sekaliiiiii. Sebagai yang hobi jalan-jalan info ini yang bermanfaat. Kusimpan!!!

    BalasHapus
  8. Uwah keren banget, jadi pengen kesana. Suka banget dengan konsep kekinian kayak yang di Tido ini. BTW budget permalamnya berapa mba?

    BalasHapus
  9. Langsung fokus ke ayunan. Ada hasrat mau duduk di sana tapi takut patah buahaha. Asyik ya penginapannya. Jadi kangen jalan ke sana deh. Hiks.

    BalasHapus
  10. Wah, rekomended nih, mbak. Dan memang saya pun kalaunjalan sendiri, sukanya nginap di hostel atau dormitory saja. Soalnya kadang numpang tidur saja. Dan 100 ribu ini, pas sekali di hati dan kantong ya Mbak hehehe

    BalasHapus
  11. Wah 100 ribuan udah dapet fasilitas lengkap dan tempatnya juga nyaman banget. Kalo bawa anak balita, recommended gak ya ini?

    BalasHapus
  12. ini beneran mb 100ribu hotelnya? Kok murah banget dan keliatan itu fasilitasnya cukup lengkap dan mewah2. Gak salah apa pemilik hotelnya ngasih harga segitu?

    BalasHapus
  13. 100 ribuan apa nih?
    Rupiah atau ringgit?
    Apapun itu tetap murah untuk fasilitas tsb ya?

    BalasHapus
  14. wiii... murah sekali mbak dengan fasilitas yang lengkap kek gitu. Cocok nih buat emak-emak yang sekedar pengen me time ya. Btw, kapan ya bisa mampir penang, wkwkwk.Jauuuuh

    BalasHapus
  15. WAAAAH ASELIK ini si hidden gem bgt yaaak 100rb itu biasanya murah standar itu biasa, ini staffnya ramah dan fasilitasnya banyak banget, apalagi pesannya 3hr sebelumnya dong murah bgt waaa

    BalasHapus
  16. Wuih.. terjangkau sekali dengan harga 100ribuan dapat semua fasilitas2 keren. Mana tempatnya cozy banget gitu? Hmm.. catet ah.. siapa tahu dapat rezeki ke Penang bisa dijadikan pilihan menginap.

    BalasHapus
  17. Menarik nih Rin hostelnya. T kalo stay di sana, aku bakal pilih yg private room Dengan kamar mandi di dalam sih. Masih blm bisa menginap di dormitory dengan rame orang :D. Blm nyaman aja.

    Penang jd berubah banget yaaaa. Penginapannya lucuk2 begini. Prasaan dulu rada tua kebanyakan :p

    BalasHapus
  18. Tidak menyeramkan.

    Dua kata itu memang sering kali menjadi pertimbangan dalam menginap di hotel. Pernah ni kami sekantor ditawari nginep di hotel malah yang bergaya etnik. Kami menolak, karena serem abis kayak d film2 horror kuno itu. hahahaha.

    BalasHapus
  19. Wah. Lumayan murah nih..udah dapet makan pula

    BalasHapus
  20. hotel seperti inilah yang sangat di sukai oleh kaum millenial apalagi murah dan nyaman,, asalkan ada wifi auto jadi mager mau kemana" haha

    BalasHapus
  21. Wew murah banget dan tempatnya stategis dan ada banyak spot fotonya

    BalasHapus
  22. Aku dlu pernah nginep di hotel di Surabaya. Bangunannya megah & arsitekturnya gaya Eropa. Ehh ternyata anakku gak nyaman karena dia terasa ada yg ngikutin. Hemm.. serem... Padahal arsitekturnya modern

    Ini yg di Penang modern ya tampilannya. Ada muralnya segala. Apalagi ditunjang hargnya murah. Secara klo kita traveling kan boboknya cuma malem doang ya mbak. Mending pilih yg biasa aja nginepnya.

    BalasHapus
  23. Seratus ribuan dan tidak menyeramkan. Okelah hostel semacam ini. Soalnya aku pernah dulu bobo di hostel, murahnya bikin dompet happy, tapi malamnya kok merinding merinding ngeri gitu. untungnya waktu itu aku nggak sendiri.

    BalasHapus
  24. Di luar negeri hotel atau hostel dengan budget 100rb an fasilitas nya cukup baik. Coba bandingkan dengan yang ada di Indonesia. Ini harusnya orang PHRI atau penyedia layanan wisata bisa baca artikel ini.

    BalasHapus
  25. Wah murah meriah dan tempatnya menarik juga strategis untuk kelas penginapan di luar negeri. Dapat sarapan pula. Btw tinggalnya deket dari Indonesia kah ?

    BalasHapus
  26. Asyik banget Mbak, budget 100ribuan tapi fasilitas lengkap gitu, nyaman pula ya, dan yg pastinya gak seram dong, heheheh

    BalasHapus
  27. Waaah murah banget mba. Aku juga kalo backpackeran pasti cari yg low cost. Yang untuk 150k untuk hotel.

    BalasHapus
  28. Waaah bisa jadi alternatif kalau kapan-kapan main ke Penang nih....lumayan dapet pencerahan utamanya lokasi strategis dna tidak menyeramkan plus dapat sarapan ehehehehe

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan berkomentar yah