Hamad International Airport: Sebuah Kemewahan Bandara di Doha, Qatar

by - September 14, 2021

Hamad International Airport, Doha, Qatar merupakan salah satu bandara terbaik dunia yang selalu menjadi impian untuk dikunjungi sejak mengenal dunia traveling. Sebelumnya Changi Airport Singapore menjadi incaran pertama hingga akhirnya menaikkan standard impian ke bandara yang lebih jauh di negara lainnya. Punya kesempatan mengunjungi Hamad International Airport ini menjadi sesuatu pengalaman berharga dalam kehidupan ini karena sebelumnya hanya sekedar lihat foto liburan kawan-kawan yang terlebh dahulu kesana.

Hamad International Airport



Kesan Pertama Berada di Hamad International Airport, Doha, Qatar


Segala sesuatu yang pertama kali memang begitu mengesankan dan menjadi memori tak terlupakan tersendiri. Begitu pula saat pertama kali naik maskapai Qatar Airways, feeling pun susah dijelaskan karena terlalu bahagia dan terharu bisa punya kesempatan terbang bersama salah satu airline terbaik dunia.


Sejarah Hamad International Airport


Setiap menjelajahi tempat baru tenu tidak lupa untuk mencari tahu sejarah yang ada di dalamnya. Mengenal lebih dalam akan membuat kita semakin semangat untuk mengunjunginya sesering mungkin. Saya pun mulai cari tahu tentang bandara yang ada di negara Qatar ini. Ternyata sebelumnya sudah ada bandara internasional Qatar namun kini sudah digantikan dengan Hamad International Airport sejak 30 April 2014.


Beragam Prestasi Terbaik Diraih 


Hamad International Airport sudah meraih beragam penghargaan. Berikut ini informasi diperoleh dari website Hamad International Airport, beberapa yang sudah pernah diraih diantaranya Best Airport in the World 2021 yang mana diberikan posisi peringkat pertama oleh Skytrax World Airport Awards 2021. Selalu menjadi World's Best Airports sejak kehadirannya pada tahun 2014, Best Airport in the Middle East, Best Airport 25 to 35 million Passengers, Best Airport Staff in the Middle East dan COVID-19 Airport Excellence.

Sebuah Teddy Bear Gemuk di Departure Hall


Saat pertama kali memasuki departure hall pastinya akan melihat sebuah boneka Teddy bear gemuk yang duduk di bawah lampu hitam. Boneka tersebut langsung mencuri pandangan setiap penumpang dan tidak melewatkan kesempatan untuk berpose di depannya. Mengabadikan momen bersama Teddy bear sepertinya tidak boleh terlupa apalagi sebagai penumpang yang pertama kali menginjakkan kaki di Hamad International Airport seperti saya.




Pada saat itu,saya memiliki waktu transit sekitar 8 jam sebelum penerbangan berikutnya ke Istanbul, Turki. Tentunya tidak ingin melewatkan momen untuk berkeliling dan melihat situasi yang ada di bandara mewah tersebut. Pantas saja mendapatkan penghargaan terbaik sih karena hampir semua staf yang saya tanya tetap memberikan respon memuaskan meskipun sudah tengah malam pada saat itu.

Bandara Besar, Bersih dan Nyaman


Ada banyak bandara yang besar dan bersih tapi kenyamanan bisa saja belum tentu dirasakan penumpang. Mungkin saja ada bandara lainnya yang lebih baik versi kawan melalak cantik tapi menurut saya sejauh ini masih Doha Airport ini yang terbaik di antara beragam yang sudah disinggahi. Para petugas kebersihan seperti tidak berhenti melakukan pembersihan sehingga tidak ada nampak kotoran yang berserakan. Oh,hanya saja saya sempat melihat tumpahan air soda namun tidak berlangsung lama bersih kembali.




Fasilitas Terbaik


Saya bisa katakan bandara ini memiliki fasilitas terbaik karena penumpang tidak akan merasakan bosan berada di dalamnya. Bayangkan saja saya memiliki waktu transit sekitar 18 jam pada saat kepulangan dari Istanbul dan posisinya saat itu sendirian pula. Enggak mau berdiam diri, menjelajahi sebuah bandara besar sendirian adalah jalan ninja saya. 





Membawa tas backpack berisi laptop bukan hal yang mudah tentunya. Cukup berat menanggung beban rindu dengan negara Turki, ini dilanjutkan pula dengan bawa backpack berisi laptop serta isi lainnya sepanjang proses berkeliling. Enggak ada yang menjadi sulit kalau sudah namanya liburan. Semua menjadi bahagia saja tanpa kesusahan meskipun pasti bertemu struggle di perjalanan.

Hamad International Airport ini memiliki beragam fasilitas terbaik dan masuk kategori mewah a,k.a luxurious. Bayangkan aja bandara keren ini ada kolam renangnya loh namun sangat disayangkan saya mengunjungi bandara ketika pandemi sehingga ditutup saat itu.

Mau mencari barang dari brand hits dunia? Well, tentunya kawan melalak cantik bisa temukan disini dengan harga terbaik pula. Jangan pikir bisa dapat harga baju maupun tas kece seharga 100 ribuan ya. Saya makan siang di Burger King Hamad Internatioanl Airport saja lebih dari 10 dollar loh untuk makan sendirian. Eh,tentunya saya tetap bersyukur sih karena duit yang tersisa mata uang dollar dan tidak menukarkan duit ke mata uang qatar. Pramusaji dari Burger King membolehkan pembayaran pakai dollar sehingga bisa makan deh siang itu.




Transit berjam-jam dengan membawa anak pasti lumayan riweuh kan? Nah, ada juga loh tempat bermain anak di sekitar departure hall. Kemudian, memudahkan dalam pencarian informasi bisa juga gunakan beragam komputer yang tersedia,sst ini produk dengan brand apple loh. OMG, memang super mewah deh bandaranya sediakan fasilitas beginian untuk membuat para penumpang makin nyaman. Tenang aja,wifi tetap ada, pastinya kencang donk karena saya bisa gunakan untuk meeting via google meet kok.

Fasilitas lainnya tentu ada sky train juga yang menghubungkan dari satu terminal ke terminal lain. Bandara ini sangat besar dan saya memang belum terlalu puas nikmati fasilitas dikarenakan masa pandemi. Niat hati pengen bisa naik sky train,cobain mushola tapi sedang tidak beroperasi pada saat itu. Dan air minum yang bisa diminum langsung juga ditutup karena masih khawatir penularan virus covid-19. 

Ah,tentunya masih ingin bisa kembali lagi ke Hamad International Airport lah. Meskipun hanya sekedar sebagai bandara transit tapi jika melebihi 15 jam tentu bisa eksplor lebih banyak deh. Pokoknya tahun 2022 harus punya kesempatan menginjakkan kaki di Hamad International Aiport lagi. Insya Allah ada rejeki bisa memasuki Al Maha Lounge yang mewah itu donk, aamiin. Please bantuin doa yang kencang juga agar impian saya terwujud ya.















You May Also Like

4 Comments

  1. Masyaallah senangnya bisa eksplor bandara Doha. Aku sempat transit juga di sana tapi cuma beberapa jam saja. Pas berangkat nunggu bntr eh pesawat tujuan berikutnya udah dtg. Pas pulang ke Indonesia, lumayan kayaknya ada 4 apa 5 jam gitu. Sempat ngemil, beli kopi dan tidur2an di deket gate. Takut euy jalan2 di bandara luas, takut nyasar 🤭🤣

    BalasHapus
  2. Pantesan bagus Qatar negara yang kaya raya dan juga menjami pelayanan dengan baik setiap tamu yang datang baik hanya transit ataupun mau datang ke negara qatar

    BalasHapus
  3. kalau aku di sana, sibuk foto-foto di setiap sudut kali ya.... cakep banget bandara Doha.
    Semoga aku pun bisa segera bertualang lagi. Tapi lokal dulu aja, ga pa2

    BalasHapus
  4. Terakhir naik pesawat 1017, kangen ke bandara lagi. Semoga pandemi ini usaii, aamiin

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.