5 Alasan Harus Naik Transportasi Umum di Kuala Lumpur

by - Februari 10, 2024

 Sebagai solo traveler yang hobi berkelana ke beberapa kota pasti mencari kemudahan naik transportasi umum. Hal ini dikarenakan beberapa alasan termasuk budget yang pastinya bisa lebih hemat. Ketika berlibur di Kuala Lumpur sangat senang karena menemukan transportasi umum yang aksesnya mudah dan penggunaan pun mudah dipahami.

Transportasi Umum di KL


Alasan Naik Transportasi Umum di Kuala Lumpur

Beberapa alasan menjadi pertimbangan naik tranportasi umum pastinya efisiensi waktu agar tidak terkena macet. Tetapi alasan lainnya tentu penghematan sebagai solo traveler yang mau lebih murah dan sesuai dengan anggaran liburan.

Transportasi Umum di KL



Kenapa Harus Naik Transportasi Umum?


Well, sebelum membagikan alasan naik transportasi umum di Kuala Lumpur, Malaysia, Saya mau berbagi alasan naik transportasi umum secara general ke kawan melalak cantik. Cek informasinya di bawah ini:

Transportasi Umum di KL



1. Ekonomis: Naik transportasi umum seringkali lebih murah daripada menggunakan mobil pribadi. Biaya bahan bakar, parkir, dan perawatan mobil dapat menjadi lebih tinggi daripada biaya tiket transportasi umum.

2. Ramah Lingkungan: Transportasi umum dapat mengurangi polusi udara dan emisi gas rumah kaca karena dapat mengangkut banyak orang sekaligus. Dengan demikian, menggunakan transportasi umum membantu melindungi lingkungan.

3. Mengurangi Macet: Dengan menggunakan transportasi umum, Anda dapat membantu mengurangi jumlah mobil di jalan, sehingga membantu mengurangi kemacetan lalu lintas.

4. Praktis: Transportasi umum seringkali memberikan akses yang baik ke berbagai tujuan dan destinasi, terutama di daerah perkotaan yang padat. Anda tidak perlu khawatir tentang mencari tempat parkir atau menghadapi lalu lintas yang padat.

5. Mendukung Infrastruktur Publik: Dengan menggunakan transportasi umum, Anda juga memberikan dukungan bagi infrastruktur publik dan sistem transportasi yang penting bagi masyarakat secara keseluruhan.

Cara Naik Transportasi Umum di KL

Pilihan naik transportasi di Kuala Lumpur itu beragam, mulai dari MRT, LRT, KTM dan tentu bisa gunakan taksi online juga. Hanya saja, kali ini Saya mau membagikan cara naik transportasi umum yang berbentuk kereta.

Langkah naik transportasi umum di KL sebagai berikut:

1. Tentukan Rute dan Jenis Transportasi

Pertama, tentukan rute perjalanan, misalnya mau keliling dalam kota atau luar kota dan pilih jenis transportasi umum yang sesuai. Ini bisa berupa LRT, KTM, MRT tergantung tujuan yang mau didatangi.

2. Cari Informasi Jadwal dan Tarif

Periksa jadwal dan tarif transportasi umum yang akan digunakan. Kamu bisa mendapatkan informasi ini melalui situs website resmi operator transportasi, aplikasi seluler, atau langsung dari stasiun. Biasanya untuk naik MRT atau LRT di KL akan tertera pada layar mengenai kedatangan keretanya. Biaya pun akan diketahui ketika beli token di mesin atau saat kartu ditempelkan pada pembatas masuk ke platform kereta.

Transportasi Umum di KL


3. Persiapkan Uang Tunai atau Kartu

Pastikan kawan melalak cantik memiliki uang tunai yang cukup karena biasanya mesin itu hanya menerima beberapa uang pecahan saja. Atau bisa pula sudah beli kartu pembayaran seperti Rapid KL yang diterima di transportasi umum tersebut.

Alasan Naik Transportasi di Kuala Lumpur

Nah, sekarang Saya akan menginformasikan alasan naik transportasi di Kuala Lumpur di bawah ini:

1. Banyak Pilihan Rute

Jika tinggal di kawasan Bukit Bintang, KLCC atau bahkan lebih jauh sampai ke Ampang atau Chowkit serta Titi Wangsa bisa memilih naik LRT. Bagi yang tinggal dekat stasiun MRT maka bisa pula pilih moda transportasi tersebut.

Transportasi Umum di KL


2. Mudah Dipahami Jalurnya

Ketika naik transportasi umum di Kuala Lumpur baik MRT, LRT maupun KTM maka kamu akan mudah pahami jalurnya karena selalu tertera peta di setiap stasiun. Bahkan jika masih perlu bertanya pun, ada petugas di counter yang bisa memberikan informasi.

3. Beli Kartu Semakin Murah

Jika beli kartu Rapid KL maka pembayaran lebih murah dibandingkan beli token melalui mesin. Jika kamu akan menetap lebih lama di KL maka disarankan beli saja kartu yang mudah tap. Kelebihan sih lebih banyak tentunya terutama waktu sih, tidak perlu mengantri di mesin dan cukup tap bisa langsung masuk dan keluar aja gitu.

4. Melihat Warga Lokal

Saya bisa katakan bahwa naik transportasi umum di suatu kota atau negara itu maka kita akan menemukan warga lokal. Nah, menarik sekali saat naik MRT atau LRT di jam sibuk atau waktu kerja sehingga akan terlihat masyarakat yang terburu-buru mengejar waktu berangkat kantor.

Transportasi Umum di KL

Transportasi Umum di KL


5. Efisiensi Waktu

Mungkin bagi sebagian orang semakin lama waktunya karena harus berjalan menuju stasiun tetapi sebenarnya jauh lebih cepat sih. Kita tidak perlu menghadapi macet terutama jika memang jarak yang mau ditempuh lumayan jauh. Waktu semakin cepat karena memang jika naik kereta bawah tanah kecepatannya luar biasa sih.

Well, itulah alasan Saya menyarankan kawan-kawan melalak cantik untuk naik transportasi umum di Kuala Lumpur. Tentu banyak kemudahan, kemurahan dan kenyamanan pula sih. Hal itu pula yang membuat Saya ingin bisa jadi digital nomad dan stay lebih lama sampai dua minggu kerja online di KL.







































You May Also Like

1 Comments

  1. Apalagi transport umum di KL udah terintegrasi kemana1, dan memang jadi mudah. Rutenya juga luas. Makanya kalo kesana aku pun lbh suka pake kendaraan umumnya rin. Dan mudah dimengerti juga jalurnya

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.